Tekno

Saving Live Drone Nokia, Bisa Terbang dan Berenang

Saving Live Drone Nokia – Menyebutkan kata Nokia apa yang ada di benak sobat klik mania sekalian? Yap! Smartphone atau handphone. Jika itu jawaban sobat 100 buat yang menjawab karena memang benar. Namun jangan sampai ada yang nggak tau ya.

Harus banyak belajar tuh hehehe. But! Ternyata sekarang Nokia tidak hanya menjelajahi dunia gawai (gadget). Setelah beberapa waktu lalu Nokia mengeluarkan si legendaris yaitu Nokia 3310 reborn. Nokia ini sempat booming.

Karena memang setelah kemunculan banyak smartphone. Ternyata Nokia 3310 ini lah yang tahan lama dan tahan banting. Jangan tanya soal baterai. Ini yang awet sepanjang masa hehehe.

Terus bagaimana bisa Nokia malah membuat drone? Bukannya sekarang Nokia kembali mencoba melebarkan sayapnya di dunia smartphone atau bahasa kerennya dunia per hape an. Ingat HP! Bukan PHP. Jangan baper sobat.

Dari pada penasaran langsung saja kita simak artikel yang satu ini, langsung ke TKP sob.

Drone Nokia berbeda konsep

Saving Live Drone Nokia
https://www.nokia.com

Muncul sebagai sebuah konsep baru dalam perusahaan Nokia. Sudah kita kenal lama bahwa perusahaan yang satu ini selalu memberikan terobosan terobosan teknologi yang keren. Dulu sempat ada smartphone berbasis windows yang sempat booming.

Walau tidak bertahan lama karena android berhasil merampas masa kejayaan HP windows atau yang di kenal windows phone ini. Tapi setidaknya ini memberikan warna baru didalam dunia gawai atau gadget.

Emangnya hanya laptop dan komputer. Hp juga bisa kali. Mungkin itu yang di pikirkan dalam benak developer Nokia waktu itu.

Muncul sebagai drone pertama Nokia. Drone ini diberi nama Drone Nokia Saving Lives. Dari namanya sendiri mungkin sobat sudah bisa memprediksi ini drone fungsinya buat apa? Jika kalian menjawab untuk video grafis yang keren seperti di youtube.

Selamat! Jawaban kalian salah. Ya drone ini di ciptakan bukan untuk konsumsi para penikmat videografi atau para film maker yang lagi tren trennya beberapa waktu lalu.

Karena drone Nokia Saving Lives ini di khususkan untuk bencana alam. Dari namanya sendiri sudah bisa kita artikan yaitu “Menyelamatkan Nyawa.” Bener gak ya? Hehehe ya seperti itu intinya.

Drone ini pertama kali di perlihatkan oleh Nokia pada D4g Event di Dubai. Buat sobat Klik Mania yang nggak tau D4G itu apa artinya. Nih saya kasih tahu. Yang jelas D4G itu bukan Digimon 4 ya.

D4G adalah Drone For Good. Dimana ini adalah event bergensi bagi para pecetus teknologi. Memang Drone merupakan prospek masa depan. Karena akses drone sendiri melalui udara. Tidak ada macet.

Kecuali ada burung yang lagi migrasi. Itu juga bisa nyalip lewat bawah. Jadi akses yang nyaman membuat drone semakin di kembangkan oleh para developer teknologi.

Kolaborasi Nokia

Bisa di bilang ini adalah project yang sangat keren. Jelas Nokia tidak akan sembarangan mencari partner kerja atau kolaborasi kerja dalam membuat project besar ini. Ya nggak besar amat sih.

Project briliant maksudnya. Tidak ragu-ragu. Dalam Project ini Nokia mengajak UAE-GCAA. Pada bingung kan itu apaan? Itu kepanjangan dari United Arab Emirates General Civil Aviation Authority.

Kebayang Arab di ajak collab. Untuk masalah dana pasti udah deh jangan takut kehabisan. Lihat saja kemarin yang sempat booming siapa? Raja Salman. Yap! Jangan di tanya kekayaan disana.

Makanya drone ini bukan main main sob.

Ide Pembuatan Drone

Saving Live Drone Nokia
Saving Live Drone Nokia via https://networks.nokia.com

Drone ini tidak sembarangan di buat karena lagi suwung. Tidak! Dalam segi kondisi drone ini di ciptakan karena pengalaman. Setiap terjadi bencana alam seperti sehabis hujan badai dan lainnya.

Sering kali ada tempat yang sulit di lihat. Ntah itu rumah penduduk yang tertimpa pohon atau jalan yang tidak bisa di lewati. Maka dari itu drone ini di ciptakan guna memberikan sedikit kelegaan dalam mengakses informasi lanjut.

Sehingga para penyelamat dapat lebih mudah mencari jalan keluar dan proses bantuan juga akan lebih efektif.

Kelebihan Drone

Drone ini jelas keren. Karena support koneksi 4G LTE. Dalam kondisi ini saya tidak tahu apakah drone ini bisa sebagai pemancar sinyal wifi atau tidak. Namun tertera ada koneksi 4G.

Masih ada beberapa dugaan saya mungkin koneksi ini di gunakan untuk komunikasi ke kantor pusat guna memberikan informasi. Peralatan atau kendaraan apa saja yang harus di bawa untuk mempermudah evakuasi (gelombang ke dua).

Atau mungkin memang ini di berikan sinyal wifi untuk para korban bencana alam. Bisa tidak bosan sembari menunggu evakuasi. Bisa jadi loh! karena Nokia sendiri memberikan konsep dengan mempernyaman akses penggunannya.

Spesifikasi lain. Drone ini bisa dua medan. Udara maupun air. Jadi kemampuan drone Nokia ini bisa berenang dan terbang. Eits tapi jangan di pakai sebagai pelampung ya.

Dengan sistem Ai artifical intellegent dan Air craft UAV system. Drone ini semakin keren. Tidak hanya bisa terbang dan berenang. Drone ini juga bisa mendeteksi ketinggian, luas, lebar lokasi.

Drone ini juga bisa mendeteksi apakah lokasi tersebut dapat di lewati oleh para penyelamat atau tidak. Selain itu di dalam layar sudah terlihat map yang jelas. Dengan bentuk kondisi saat itu. Nah mungkin ini fungsi dari koneksi 4G tadi sob.

Tertarik memiliki drone yang satu ini? Eits . sepertinya drone ini tidak dijual bebas. Hanya di jual untuk perusahaan yang bergerak di bidang sosial / penyelamatan.

Lagian untuk apa seorang filmmaker membeli drone penyelamat. Sudah jelas untuk keperluan film lebih baik menggunakan drone yang khusus film kan?

Sekian dulu postingan kali ini.

-RJ-


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :) Find me: Instagram : Chardsonz Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close