Schiermonnikoog, Pulau Misterius Yang Bisa Berpindah Sendiri

Schiermonnikoog – Anda pernah berjalan-jalan ke negeri kincir angin? Ya, Belanda. Awalnya 70 persen wilayah Belanda adalah laut. Tetapi untuk memperbesar wilayahnya, maka Belanda mengeruk pantai di sekeliling wilayah tepi untuk dibuat bendungan. Dalam proyek perbesaran wilayah tersebut, kincir angin memegang peran terpenting karena merupakan alat yang berfungsi untuk mengalihkan dan membendung air.

Selain itu kincir angin juga berfungsi untuk menangkaap dan juga mengalihkan apabila ada angin besar yang datang. Kemudian semakin berkembangnya teknologi, kini fungsi kincir angin Belanda ini pun juga ikut berkembang. Pada perkembangan teknologi ini kincir angin di Belanda telah dimanfaatkan oleh orang-orang di Negara Belanda untuk pembant dalam bidang pertanian dan industri.

Anda pernah mendengar kata Schiermonnikoog? Ya, selain kincir anginnya juga ternyata Negara Belanda dikenal dengan pulau yang konon bisa berpindah-pindah tempat dengan sendirinya. Banyak yang bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi pada suatu pulau.

Bahkan banyak yang mengira dan menebak-nebak bahwa pulau Schiermonnikoog berhantu. Padahal nyatanya bukan seperti itu. Ternyata ada fakta dibalik pergerakan pulau bagian dari Negara Belanda ini yang dianggap pulau misterius oleh banyak orang ini.

Misteri Pulau Schiermonnikoog

Nama Schiermonnikoog berasal dari para biarawan yang bertempat tinggal di wilayah pulau ini. Monnik berarti biksu, Schier berarti abu-abu, warna yang menjadi favorit para biarawan, dan Oog berarti pulau. Maka dari itu kemudian banyak orang pula yang menjuluki pulau kecil ini sebagai pulau biarawan abu-abu.

Letak Pulau Schiermonnikoog
Letak Pulau Schiermonnikoog via http://www.schierweb.nl

Pulau Schiermonnikoog merupakan pulau kecil yang berada di lepas pantai Belanda. Pulau ini merupakan salah satu Kepulauan Frisian Barat, Provinsi Friesland yang terletak di antara pulau Ameland dan Rottumerplaat di Belanda.

Ada keunikan dari salah satu bagian dari Belanda ini, yaitu kemampuannya yang dapat berpindah-pindah ke arah selatan dan timur. Pada 700an tahun yang lalu, Schiermonnikoog berada 2 km ke utara dari posisinya saat ini dan memiliki bentuk yang berbeda secara signifikan. Secara sistematis dan berdasarkan penelitian, pulau bagian Negara Belanda ini mengalami pergerakan rata-rata sekitar 2,62 meter per tahunnya.

Bukan mistis, perpindahan pulau ini terjadi karena adanya efek kombinasi dari arus pasang surut angin dan laut. Adanya faktor air laut yang mengikis sebagian pulau ini membuat celah batu di sisi yang lain dan menyebabkan pulau ini berubah selalu mengalami perubahan bentuk.

Loading...

Pulau yang telah dihuni sekitar 1.000 orang secara permanen ini memiliki area sepanjang 16 km dan lebar 14 km. Karena pulau Schiermonnikoog termasuk pulau yang tidak begitu luas dan daratannya yang datar menyebabkan hanya ada 200 penduduk yang memiliki mobil dan harus memiliki lisensi khusus. Hal tersebut dilakukan agar pulau ini terlihat lapang dan nyaman untuk dinikmati pemandangan sekitarnya.

Wisata Pulau Schiermonnikoog

Sumber pendapatan utama dari penduduk pulau bagian Negara Belanda ini adalah Pariwisata. Pulau ini menyediakan banyak fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung, seperti perkemahan, dermaga untuk kapal feri, pelabuhan untuk kapal-kapal kecil, dan menginap di 5.500 kamar yang tersedia di villa, apartemen dan juga hotel. Setiap tahunnya pulau ini dikunjungi oleh sekitar 300 ribu wisatawan dari Negara Belanda sendiri maupun dari Negera-negara lain.

Jalanan di pulau Schiermonnikoog via http://www.denhelderkustdezee.nl
Jalanan di pulau Schiermonnikoog via http://www.denhelderkustdezee.nl

Melihat pengunjung yang begitu banyaknya per tahun, berwisata ke pulau Schiermonnikoog menjadi destinasi  tempat liburan bagi para traveller, terutama yang menyukai ketenangan. Saat masuk ke dalam wilayah pulau kecil ini, pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan yang nyaris kosong oleh kendaraan. Bahkan di sepanjang jalan pulau yang diincar para turis ini lebih didominasi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang dapat membuat pengunjungnya tenang dan merasa nyaman.

Referensi lain : Pulau Anambas, Kepulauan Tropis Indonesia yang Terindah di Asia

Transportasi Menuju Schiermonnikoog
Transportasi Menuju Schiermonnikoog via http://www.schierweb.nl

Untuk menuju pulau bagian Negara Belanda ini dapat ditempuh menggunakan kapal feri yang tersedia dari Pelabuhan Lauwersoog di Provinsi Groningen menuju Schiermonnikoog. Perjalannya pun tidak begitu lama, hanya memerlukan waktu 45 menit diatas kapal dan pengunjung akan segera tiba di pulau yang penuh dengan ketenangan ini.


Loading...

Bagikan

Penulis

ArifaNida
ArifaNida
"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer-
Email: [email protected]
IG: @arifa_nida
ArifaNida

Penulis

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *