Vlog jadi mata pelajaran sekolah

Seandainya Vlog jadi Mata Pelajaran Sekolah

Rasanya akan sangat cocok sekali apabila Vlog jadi mata pelajaran sekolah, khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Karena perkembangan era teknologi semakin cepat, terutama media digital seperti video. Dengan adanya penambahan jurusan baru pastinya akan semakin meningkatkan kemampuan siswa mengenai ilmu olah grafis.

Video blog atau sering dikenal dengan Vlog saat ini bukan merupakan hal baru lagi, banyak pelaku dibidang ini sukses dengan gemilang. Bahkan saat ini media video sudah hampir secara keseluruhan mendominasi penyampaian informasi digital, selain blog atau portal sebagai sarana berbagi informasi.

Seandainya Vlog jadi mata pelajaran sekolah pastinya akan lebih meningkatkan sumber daya manusia, khususnya siswa pada bidang kejuruan. Jadi tidak hanya terpaku pada jurusan mesin, bangunan, listrik, dan jurusan lainnya yang tingkat persaingan untuk mencari kerja dalam bidang ini sudah terlalu banyak.

Dengan adanya mata pelajaran Vlog, tentunya tidak hanya mengulas tentang media blog dan video saja. Akan tetapi berpotensi meluas pada pelajaran bidang  jaringan IT, aplikasi, digital animasi dan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan itu.

Beberapa wacana positif apabila Vlog jadi mata pelajaran sekolah

Vlog jadi mata pelajaran sekolah

Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang olah video dan grafis

Dengan menambahkan jurusan dan menjadikan Vlog sebagai mata pelajaran sekolah akan mengasah skill pada sektor teknologi dan digital. Selain itu sumber daya manusia lokal akan mampu mengejar ketinggalan dan mampu berkompetisi di ranah global.

Disamping itu siswa kejuruan akan mendapatkan bekal serta kemampuan dalam mengembangkan media digital video. Seperti yang kita tau, bahwa media video diramalkan akan merajai era teknologi dan menjadi tren global dimasa yang akan datang.

Menjadikan siswa individualis yang mandiri dengan kreatifitas tanpa batas

Dengan bekal dasar ilmu media dan grafis akan sangat berpotensi menjadikan siswa sebagai individu yang mandiri. Apabila Vlog jadi mata pelajaran sekolah, setiap siswa berpotensi untuk menciptakan kreasi-kreasi baru pada bidang video digital.

Loading...

Selain itu juga akan lebih mengasah siswa untuk lebih mendalami aplikasi bahkan dapat menciptakan aplikasi baru sendiri. Dengan bimbingan belajar dan pembahasan yang lebih mendalam akan lebih menggali kreatifitas tanpa batas.

Lapangan kerja dibidang media grafis dan video masih terbuka luas

Vlogger saat ini tak ubahnya suatu pekerjaan profesional dengan penghasilan yang relatif cukup tinggi. Pendapatan bisa diperoleh melalui media periklanan seperti Google dengan cara daftar Adsense melalui Youtube.

Baca disini : Bagaimana Perincian dan Cara Youtube Membayar Para Vlogger

Disamping itu para pengiklan juga sering berkolaborasi dengan vlogger tenar untuk bekerja sama melakukan kampanye pemasaran produk. Konsep video mobile yang saat ini lebih menjadi trending akan lebih menyasar para pengiklan untuk lebih banyak membuat iklan video kreatif.

Selain kedua hal diatas, vlogger mandiri mampu berkreasi untuk mempromosikan jualan sendiri melalui media video secara gratis di Youtube. Bahkan beberapa video animasi bisa di sodorkan pada perusahaan – perusahaan besar sebagai video periklanan produk dan jasa.

Membuat Vlog Itu mudah

Seandainya Vlog jadi mata pelajaran sekolah justru menjadi bahan materi pelajaran yang menyenangkan. Disamping lebih berorientasi pada hoby dan kesenangan siswa dalam mengolah video, vlog juga bisa dibuat dengan sangat mudah.

Tidak dibutuhkan perangkat kamera yang mahal untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Saat ini banyak sekali smartphone yang dijual dipasaran yang telah dilengkapi dengan kamera yang cukup mumpuni.

Bahkan beberapa vendor smartphone sudah menjual produknya dengan slogan “Vlog ready”, seperti smartphone Vivo V5LG G5 ataupun seri Samsung Galaxy S7 dan iPhone.

Untuk membuat blog sebagai sarana dan dokumentasi video juga terbilang mudah, bisa manfaatkan fasilitas gratis seperti blogger ataupun menyewa penyedia hosting dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan ada pula yang menyediakan hosting gratis terbaik untuk vlogger.

Mungkin wacana ini suatu saat bisa terwujud dengan kebijakan Presiden Jokowi yang menginginkan Vlog jadi mata pelajaran sekolah, yang dilansir dari Kompas Tekno, beberapa hari yang lalu.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    saya malah belajar vlog dari ukm kampus hehe, soalnya banyak yang dari smk multimedia yang mainan vlog, disini daya dapet limpahan ilmu editing video

    Avatar

    ObrolanKita

    ( - 11:57)

    Video youtube yg di tempelkan (di link kan) di suatu facebook, twitter atau blog sehingga dapat di play di di tempat itu juga tanpa kita harus pergi ke youtube. Apakah saat di play di facebook/twitter/blog tsb monetisasinya dapat berjalan normal atau tak dihitung oleh pihak youtube. Mohon dijawab, penting sekali bagi saya. Makasih sebelumnya

      Avatar

      ObrolanKita

      ( - 07:14)

      Dari dulu selalu tanya, namun selalu gak pernah dijawab, capek dech

    Avatar

    Aku sekolah lagi ah kalau ada mata pelajaran Vlog 😀 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:45)

      Wah, kalau saya sekolah lagi udah terlalu tua mas 😀
      Jadi gurunya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *