Dunia InternetTekno

Perhatikan 9 Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Smartphone

Perhatikan 9 Hal – What’s Up! Sahabat Klik Mania dimana pun Anda berada kembali lagi hadir dengan mengulas seputar tekhnologi. Sesuai dengan judul di atas kita akan membahas seputar tips sebelum Anda membeli smartphone.

Nah terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan guna membukakan mata Anda untuk menentukan ponsel idaman Anda. Saat ini ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa terhindarkan dari kebudayaan modern ini.

Saat ini beberapa kegiatan pun bertransformasi dengan sistem online atau digitalisasi. Sebagai contoh kita sudah kenal dengan berbelanja online, surat menyurat, dan sistem tilang online. Tekhnologi ini hadir dengan tujuan mempermudah pekerjaan yang tentunya memiliki sisi positif dan negatifnya.

Tips Sebelum Membeli Smartphone

Membeli Smartphone

Berbicara soal tekhnologi informasi dan komunikasi khususnya gadget atau yang lebih di kenal smartphone. Saat ini perkembangannya sangat pesat sekali hal ini terlihat dari hadirnya inovasi yang melekat pada ponsel pintar.

Kita sebagai “user” tentunya harus jeli dalam membeli sebuah produk elektronik. Dengan beberapa tips sebelum membeli smartphone ini, di harapkan Anda tak menyesal dengan produk yang akan Anda beli.

Apakah Anda seorang gamer atau pecinta photoghrafi? Nah untuk itu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bila Anda membutuhkannya hanya untuk menelpon saja lalu Anda membeli ponsel dengan spek dewa.

Tak masalah sebetulnya namun tentunya hal ini merugikan untuk Anda. Oleh karnanya Perhatikan 9 Hal berikut sebelum Anda membeli ponsel pintar.

  1. Baterai

Baterai merupakan sektor penting dari sebuah ponsel pintar. Meskipun memiliki RAM 8 GB dan kamera 20 MP akan terbuang percuma bila baterai tak berkualiatas. Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja dan performa smartphone serta menghambat aktivitas.

Nah untuk itu, sebelum Anda membeli smartphone cek dan recek kapasitas, fitur, tipe, dan tekhnologinya. Smartphone saat ini memiliki standar yang lebih baik dengan tipe non removable. Selain itu ponsel-ponsel saat ini juga meskipun bukan flagship telah di lengkapi dengan fitur fast charging.

Mengenai tekhnologi terdpat dua varian yakni Li-Ion dan Li-Pho. Sebenarnya keduanya memiliki kualitas yang baik namun di sarankan untuk memilih Li-Pho.

Mengapa demikian? Berdasarkan apa yanga saya baca bahwa tipe ini merupakan pengembangan dari Li-ion. Serta memiliki kemampuan untuk memutus aliran listrik saat daya baterai sudah terisi penuh.

  1. Brand

Vendor asal “Negeri Tirai Bambu” nampaknya sudah menguasai pasar global. Namun saat ini merk “hp china” tak semuanya memliki kualitas yang rendah. Justru kini brand asal Tiongkok banyak yang tampil dengan kualitas yang mumupuni seperti Meizu, Huawei, Xiaomi dll.

Merk atau brand ini merupakan reputasi dari sebuah produk dan juga memiliki jaminan pembelian yang baik seperti garansi dan service. Banyak brand ternama yang tampil berdasar kepercayaan para penggunanya.

Kita juga sudah tak asing lagi dengan brand ponsel asal Jepang Nokia. Ya, ponsel yang satu ini merupakan ponsel terpopuler dan dipercaya oleh “user” karena mudah digunakan. Sebuah brand dapat di bangun bila produk tersebut memiliki ciri khas contoh Oppo dengan “selfie Expert”.

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi yang populer saat ini adalah Android, Windows, Mac OS dan masih banyak lagi. Untuk itu pilihlah Android dengan versi terkini sehingga Anda bisa menjamahi fitur-fitur kece yang kekinian.

Untuk versi terbaru akan muncul Android Oreo yang kemungkinannya akan di sematkan pada ponsel yang rilis pertengahan tahun ini. Namun bila “user” masih stak pada Android versi lampau maka hanya perlu melakukan upgrade saja.

  1. Kamera

Sudah menjadi sebuah fakta bahwasanya sektor kamera merupakan magnet yang ampuh untuk menggaet konsumen. Hal timbul dari kejelian para vendor dengan hadirnya budaya selfie yang semakin hari semakin ramai saja.

Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi kamera namun hal itu tak menjadi jaminan bila kualias kamera tak memungkinkan. Untuk itu pilihlah ponsel dengan kamera yang baik sebagai saran bila Anda pecinta photoghrafi yakni Sony, Oppo, Vivo dll.

Resolusi pada kamera bukanlah jaminan menghasilkan kualitas foto yang bokeh karena itu perlu tehnik. Hanya saja setidaknya bila mempunyai kamera dengan resolusi besar akan menambah kepedean dan foto yang berkualitas.

Pilihlah kamera dengan trend terkini sperti dual kamera depan maupun belakang. Karena dengan demikian tekhnologi dan fiturnya pun lebih canggih dan modern.

  1. Design Dan Bahan

Design ponsel saat ini terlihat ramping dan modern dengan ke khasanya dari setiap vendor. Nah sebelum membeli smartphone perhatikan juga yang akan menjadi trend yakni dengan sedikit bezel.

Konsep ini di kenalkan oleh beberapa brand seperti LG G6 dan Samsung Galaxy S8. Konsep seperti ini juga menajdi acuan ponsel lain seperti Google dan iPhone pun akan melakukan hal yang sama. Maka dari itu pilihlah design terkini dan juga sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Juga di sarankan untuk memilih ponsel berbahan metal selain lebih nyaman juga mampu menghantarkan panas lebih cepat. Ada juga yang berbahan keramik, emas dan berlihan namun hal ini di sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Layar

Banyak sekali jenis layar namun kebanyakan ponsel mempercayakan kepada tekhnologi IPS LCD Capasitive. Oleh karenanya, usahakan untuk membidik ponsel minimal dengan tekhologi IPS ini. Tentunya akan menampilkan warna dan pencahayaan yang terang dan jernih.

Bila Anda pecinta games atau mungkin pebisnis dengan keperluan kerja dan persentasi maka layar 5.5 inchi sangat cocok. Namun apabila Anda seorang yang mobile dan ingin mudah menyimpanannya. Seperti menyimpan ponsel dengan mudah di saku maka 5 inchi kebawah mungkin cocok bagi Anda.

  1. Dapur Pacu

Dapur pacu smartphone terdiri dari RAM , Memori Internal, Chipset, dan kecepatannya. Bila Anda seorang gamer maka pilihlah RAM dengan minimal 2 GB di jamin gak leg.

RAM sendiri berfungsi untuk pengolahan data sementara yang memungkinkan untuk mempercepat performa dan kinerja. Dengan kata lain semakin besar RAM maka semakin cepat pula kinerjanya. Ada yang berpendapat RAM terlalu besar itu percuma padahal itu bertujuan untuk menampilkan fitur dan kinerja yang lebih kekinian.

Apabila membeli smartphone, sesuaikan ruang penyimpanan ponsel namun lebih besar lebih baik ini bertujuan  untuk menghindari memori penuh. Gunakanlah ponsel minimal dengan ROM 16 GB serta ponsel yang telah disokong dengan slot tambahan.

Untuk memperhatikan chipset dan prosesor serta kecepatan performa yang di terapkannya. Smartphone yang mengusung chipset Snapdragon biasanya dibanderol lebih tinggi di banding dengan ponsel berchip Mediatek.

  1. Fitur

Apabila membeli smartphone, Pilihlah fitur yang trend kekinian seperti dual kamera, fast charging, fingerprint, Less bezel, dan water resistent. Selain membuat Anda tampil kece tentunya juga dengan fitur tersebut tersemat tekhnologi kekinian.

Tampil kece maksimal dengan ponsel less bezel berfoto selfie dengan dual kamera ini menjadi nilai tambah. Selain untuk bergaya juga untuk efisiensi dengan fitur dan tekhnologi terkini hasil pengembangan.

  1. Harga

Harga memang menjamin kualitas yang diberikan seperti ponsel dengan berjuluk flagship tentunya tampil dengan kualitas yang mumpuni. Untuk solusi membeli smartphone dengan harga yang murah Anda bisa membandingkannya.

Dengan membandingkan tiap jengkal ponsel dalam artian RAM, Baterai, Fitur, Kamera dll. Lalu bandingkan harganya. Jika Anda memiliki budget lebih, mengapa tidak memilih dan membeli smartphone dengan spek dewa.

Sebagai rekomendasi saja bila Anda memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki spek yang mempuni maka membeli smartphone brand Tiongkok adalah solusinya.

Sekian informasi yang dapat di sampaikan semoga menambah wawasan Anda seputar memilih dan membeli smartphone dengan tekhnologi modern.

Baca Juga :


Loading...

Aden

Menulis adalah kegemaran saya semoga apa yang saya tulis dapat memberikan informasi yang bermanfa'at.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close