Internet

Sekelumit Tahapan Dalam Proses Audit Energi

Besar kecilnya suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi besaran penggunaan energi listrik. Ketika suatu perusahaan dalam fase berkembang dapat dipastikan kebutuhan listrik terus meningkat.

Seringnya penggunaan energi listrik yang tak terkendali membuat Anda membutuhkan perusahaan audit energi. Adanya pihak audit energi ini akan membantu Anda menganalisis seberapa banyak energi listrik yang digunakan. Dan juga memperkirakan berapa banyak energi listrik yang dibutuhkan kedepannya.

Secara umum audit energi merupakan suatu proses untuk mengevaluasi seberapa besar pemanfaatan energi serta mengidentifikasi seberapa besar peluang dalam rangka untuk penghematan energi.

Selain itu, audit energi ini juga bertugas untuk memberikan rekomendasi terkait dengan efisiensi peningkatan pemanfaatan energi dan konservasi energi. Lantas bagaimana tahapan dari audit energi itu sendiri? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Tahap persiapan

Pada tahap persiapan ini, seorang auditor bertugas melakukan sebuah perencanaan seperti membuat jadwal pelaksanaan, membuat quisioner, persiapan yang dibutuhkan ketika di lapangan, dan persiapan lainnya.

Tahap survei di lapangan

Setelah selesai di tahap persiapan, selanjutnya masuk pada tahap survei lapangan. Pada tahap ini, auditor mengidentifikasi manajemen energi, melakukan pengumpulan dan juga verifikasi data yang diperoleh, serta mengklarifikasi hasil dari survei.

Tahap analisis data

Setelah hasil survei berupa data terkumpul, kemudian dilakukan analisis data. Analisis ini berupa analisa penerapan sistem manajemen energi, peluang adanya penghematan, hingga peningkatan kinerja untuk keberlangsungan proses pemanfaatan energi.

Tahap laporan

Setelah data terkumpul dan sudah diketahui hasilnya yang mana berasal dari proses analisis maka pada tahap terakhir adalah laporan dari proses audit.

Laporan ini berupa hasil seberapa besar intensitas penggunaan energi, maksimal tidaknya peralatan yang digunakan, faktor yang membuat borosnya penggunaan energi, hingga rekomendasi penghematan yang bisa dilakukan.

Itulah keempat tahapan yang biasa dilakukan oleh auditor energi. Sewatama sebagai perusahaan yang menyediakan audit energi siap membantu Anda dalam proses audit energi. Semaksimal mungkin hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Sewatama selalu menerapkan standar tertinggi dalam menjalankan seluruh pekerjaan. Maka dari itu, Sewatama memiliki tim ahli yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Informasi lebih lanjut Anda bisa langsung menghubungi kami atau mengunjungi situs resmi https://sewatama.com/id/


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close