Internet

Semakin Terdepan, Singapura Akan Terapkan 5G di Tahun 2020

Indonesia Kapan Nih?

Pada Kamis (03/10/2019), Malaysia resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan Huawei terkait penyelenggaraan jaringan 5G. Jika Malaysia masih bersiap-siap untuk membangun jaringan 5G, maka Singapura justru berbeda di mana mereka sudah siap untuk menggunakan 5G mulai tahun depan.

Baca juga: AS Larang Negara Lain Gunakan 5G Huawei, Malaysia Justru Pakai

Dilansir dari CNBC, regulator telekomunikasi negara Singapura, Infocomm Media Development Authority (IMDA), mengumumkan pada hari Kamis (17/10/2019) bahwa setidaknya 50 persen separuh wilayah di Singapura akan ditutupi dengan jaringan 5G mandiri pada akhir tahun 2022.

5G Singapura Akan Dijalankan Dua Operator

Agar penyebaran jaringan 5G optimal, pemerintah Singapura akan menunjuk dua operator untuk menjalankannya. Menurut Channel News Asia, saat ini ada empat perusahaan telekomunikasi yang siap untuk mengemban tugas tersebut, yaitu Singtel, StarHub, M1, dan TPG Telecom.

“Dengan partisipasi lebih banyak operator jaringan seluler, IMDA mengharapkan persaingan yang lebih besar untuk memberi manfaat bagi konsumen dan bisnis, dan membawa pilihan yang lebih besar, harga kompetitif, dan inovasi layanan,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi S. Iswaran dalam pidatonya seperti yang dikutip dari Channel News Asia.

Dua operator yang terpilih nanti akan dinilai atau yang lebih tepatnya dipilih berdasarkan desain dan ketahanan jaringan, peluncuran dan kinerja jaringan, harga yang ditawarkan untuk satu lot pita 3,5GHz, dan kemampuan finansial. Penunjukkan dua operator sendiri akan diumumkan pada pertengahan tahun depan.

Indonesia Kapan Nih?

Indonesia nampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjalankan jaringan 5G. Dharmesh Malholtra, Managing Director and Service Provider Cisco ASEAN memprediksi jika Indonesia baru akan menjalankan 5G pada tahun 2023, dan penggunaannya akan semakin meluas pada tahun 2025.

Pernyataan Dharmesh Malholtra diperkuat dengan salah satu ulasan dari Nikkei Asian Review yang mengatakan negara-negara ASEAN akan tertinggal jauh dari Singapura dalam urusan 5G. Jadi, ketika Indonesia diprediksi baru akan bisa menjalankan 5G di tahun 2023, maka hal yang demikian itu tidak terlalu mengagetkan.

singapura 5g 1

Apa yang Anda lihat dari data di atas? Pasti Anda melihat jika Singapura memang lebih baik dari negara ASEAN lainnya. Bahkan di dunia pun, Singapura memang lebih baik di mana mereka berhasil menduduki urutan kedua tepat di bawah AS.

Indonesia urutan berapa?

Indonesia berada di urutan ke-56. Bahkan Indonesia kalah dari Filipina yang ternyata berada di urutan ke-55. World Digital Competitiveness Ranking for 2019 sendiri dibuat berdasarkan faktor kemampuan ekonomi untuk mengembangkan inovasi digital baru dan kesiapan untuk perkembangan baru pada sebuah negara.

Baca juga: India Ingin Hadirkan 5G, Tapi Masih Bingung Tentukan Pilihan

Ketika jaringan 4G hadir, saat itu Singapura juga menjadi negara ASEAN pertama yang meluncurkannya pada tahun 2011. Usai Singapura meluncurkan 4G di tahun 2011, negara ASEAN lain pun mulai mengikuti, di antaranya adalah Filipina pada tahun 2012, Malaysia dan Thailand pada tahun 2013, Kamboja dan Indonesia pada tahun 2014, Myanmar pada tahun 2016, dan Vietnam pada tahun 2017.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close