tehnik seo yang aman

Teknik SEO Yang Aman Dan Mudah Digunakan Untuk Blog

Saat artikel ini saya tulis banyak sekali tehnik SEO yang bisa kita terapkan. Tetapi apakah anda tau tehnik seo yang aman untuk blog. Sebab dari banyak pelajaran SEO tidak semua harus kita praktekkan, mana yang aman untuk blog dan mana yang justru akan membahayakan blog anda sendiri. Ini bisa berakibat fatal, karena blog anda akan semakin tenggelam dan bahkan tidak ditemukan oleh mesin pencari, kalau sudah begitu lantas siapa yang akan di salahkan?

Banyak pelajaran SEO di ungkap tidak berdasarkan kepada riset dan praktek secara langsung, SEO yang aman untuk blog terkadang di abaikan. Seperti yang anda lihat banyak orang membicarakan SEO tetapi mereka sebelumnya tidak pernah melakukan uji praktek yang sebenarnya, bahkan ada yang asal menulis dengan acuan artikel dari blog yang sudah terkenal, tetapi ketika mereka ditanya, jawabannya terkadang justru membuat tertawa.

Pergantian gelombang algoritma google dari waktu ke waktu memaksa kita untuk mengikuti arus, bahkan seorang webmaster dan ahli SEO pun tidak bisa memastikan, teknik yang di gunakan dulunya bisa menempatkan artikel di 10 besar sekarang sudah tidak bisa di andalkan. Jawabannya sederhana, karena algoritma google telah berubah dan berevolusi. Kita ikuti aturan dari tuan rumah, karena google sekarang tidak bisa dikelabuhi.

Baca : Teknik SEO yang menjerumuskan dan wajib ditinggalkan

tehnik seo yang aman
Tehnik seo yang aman

Seperti yang kita ketahui ada 200 faktor yang menentukan peringkat sebuah website/blog di halaman pencarian google, kalau di pelajari lebih mendalam kita tidak akan jadi menulis posting dan akan terpaku serta fokus untuk mengejar peringkat saja. Saya tidak begitu ambil pusing untuk terlalu memikirkan hal itu, karena google hanya memprioritaskan relevansi artikel, dan mengutamakan pengalaman pengguna yang sesuai dengan pedoman mutu webmaster. Nah itu saja, sederhana bukan?

Tehnik SEO natural

Tehnik SEO yang aman untuk blog yang saya terapkan saat ini adalah SEO natural, saya hanya belajar dari pengalaman selama menulis di blog ini saja, dan hasilnya justru banyak artikel yang perlahan lahan menempati posisi di halaman google. Secara sederhana yang bisa kita terapkan untuk blog adalah sebagai berikut.

  • Membuat konten yang relevan dan original.
  • Membangun link building yang benar.
  • Membangun internal link secara wajar.
  • Membangun SEO on page dan Off page standar webmaster

Membuat konten yang relevan dan original

Loading...

Buatlah artikel yang mengutamakan pengalaman pengguna dan bukan untuk mesin telusur. Jadi dalam membuat artikel, kita lebih dituntut untuk mengutamakan kualitas artikel itu sendiri  seberapa besar dan manfaatnya untuk pengunjung blog. Bukan membuat artikel yang menipu pengunjung yang hanya mengutamakan kata kunci dengan tujuan menguasai mesin pencari. Artikel original akan lebih di prioritaskan oleh google.

Tehnik SEO ini adalah tehnik natural yang paling aman dan paling mudah di terapkan untuk blog, Sebagai contoh penerapannya bisa kita lakukan seperti tehnik “Skyscraper“, yaitu membuat konten yang lebih bagus dari hasil pemenang di search engine. Penjelasannya begini, jika ingin mengalahkan artikel orang lain yang menduduki peringkat di google, maka buatlah artikel sejenis itu, tetapi dengan kualitas yang lebih bagus dan tingkat relevansi yang memadai sebagai penunjangnya.

Membangun link building yang benar

Tehnik SEO masa lalu lebih mengutamakan jumlah backlink untuk memperkuat posisi artikel dalam SERP (Search engine result page) bahkan praktek jual beli backlink sudah menjadi hal yang wajar. Akan tetapi, tehnik backlink ini sudah tidak berlaku lagi untuk algoritma google yang sekarang. Jadi dalam mencari backlink, gunakanlah dalam batas sewajarnya saja.

Membangun internal link secara wajar

Anda mungkin tau tentang internal link, yaitu link yang menghubungkan artikel satu dengan artikel lainnya dalam satu halaman di blog kita sendiri, tehnik ini terbbukti sukses diterapkan dalam blog ini. Tetapi kita juga harus mengetahui cara yang tepat untuk membangun sebuah internal link, sebab jika tidak akibatnya justru akan memperburuk peringkat blog anda di mesin pencari.

Baca : Fungsi dan manfaat internal link

Membangun SEO on page dan Off page standar webmaster

Semua standar SEO on page dan SEO off page yang kita terapkan di blog haruslah sesuai dengan pedoman mutu webmaster. Dengan menerapkan SEO on page dan SEO off page secara benar dan maksimal, sebuah artikel akan mudah terindex oleh mesin pencari dan tujuannya jelas, mendatangkan trafik pengunjung ke dalam sebuah blog.

BacaPenerapan SEO On Page dan SEO Off Page untuk blog

Dengan menerapkan SEO yang aman untuk blog, kita bisa meningkatkan performa dan kinerja blog itu sendiri dari hasil pencarian terutama google. Semuanya membutuhkan kesabaran, membangun blog tidak bisa secara instan apalagi untuk memenangkan persaingan di halaman pencarian google. Tehnik SEO yanga aman akan menjamin kelangsungan blog itu sendiri dan tidak beresiko di hapus dari halaman mesin pencari. Semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Nuhan Nahidl

    ( - 14:17)

    Tulisan orisinil ….menurut saya yang sangat penting selain menjaga kualitas seo ….

    Tulisan yang kita buat sendiri lebih aman…. apa lagi kalau bagus bisa punya banyak pembaca setia….

    Seperti klikmania net….

    Lama nggak baca-baca di blog ini jadi seperti orang asing … hshahah

    Avatar

    Eh mas membuat link building yang benar itu gimana sih mas? Hmm kira-kira blog saya ini udah seo belum sih? Mungkin mas ada saran buat blog saya. Maaf mas heheh maklum masih newbie, dah lama gak ngeblog juga. Mencoba nongol kembali ke blogsphere, ternyata banyak yg udah berubah ya mas, hehehe denger2 algoritma google juga dah berubah banyak.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:54)

      Untuk backlink sudah tidak seberapa berpengaruh untuk SEO mas kecuali backlink natural :D, wah Veteran blog tahun berapa ni mas Jefri 😀 ? Betul, mas Algoritma google lebih mengutamakan original konten.

    Avatar

    Syamsu

    ( - 09:37)

    Natural?, ya saya setuju banget mas, karena artikel yang natural dan pembahasannya detail maka secara otomatis Google suka akan hal itu

    Avatar

    Benar Sekali Mas, biarkan mengalir seperti air. Walau terasa lama tetapi seo yg berkualitas lebih lama pula dinikmati, ketimbang yg ekspress cepat juga ditendang sama si om gugel…hehe

    salam kenal
    _Alfian

    Avatar

    Mas Nawir

    ( - 10:24)

    saya sangat setuju gan…
    infonya dilanjut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *