Bisnis Food Truck

Pelajari Serba-serbi Bisnis Food Truck Sebelum Memulai, Lihat Ini untuk Panduannya!

Serba-serbi Bisnis Food Truck – Sampai kapan pun bisnis makanan akan selalu menjanjikan karena kebutuhan pokok untuk semua orang. Maka dari itu banyak sekali orang-orang yang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis makanan.

Salah satu cara menjajakan makanan yang saat ini sesuai dengan perkembangan zaman adalah dengan menggunakan food truck. Di Indonesia memang bisnis food truck belum terlalu populer dibandingkan di luar negeri. Maka dari itu menjadi peluang yang sangat tepat jika ingin banyak dilirik para calon konsumen.

Menjual makanan dengan food truck konsepnya adalah menjual makanan menggunakan mobil besar. Di dalamnya terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Pintu bagian sampingnya akan terbuka sehingga konsumen bisa langsung memesan menunya di situ.

Ingin mencoba membuka bisnis food truck? Jika memang ingin tapi belum tahu caranya maka Anda harus tahu dulu serba-serbi mengenai bisnis ini. Dari mulai pemilihan makanan dan minuman yang dijual, desain food truck, tempat untuk memarkirkan food truck, dan lain sebagainya.

Baca juga6 Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise Modal Kecil

Pilihan Menu yang Tepat untuk Bisnis Food Truck

Oleh karena tempatnya yang terbatas maka biasanya menu yang ada di sebuah food truck adalah makanan cepat saji atau makanan yang mudah sekali untuk diolah. Bisa juga berupa minuman yang sedang hits atau populer.

Menu pertama yang harus dimasukkan ke dalam pilihan adalah makanan-makanan yang sudah populer di Indonesia. Misalnya saja ayam goreng, bakso, mie ayam, sosis, kentang, burger, dan lain sebagainya.

Dengan menjual makanan-makanan yang populer maka akan semakin tinggi peluang bisnis Anda untuk sukses. Pilihan makanan lain yang cocok dipilih antara lain sebagai berikut.

Loading...

1. Makanan Meksiko

Makanan Meksiko
Via taste.com

Makanan-makanan asli Meksiko kebanyakan memang termasuk makanan yang mudah disiapkan. Dengan memilih makanan ini maka bisa juga meningkatkan perhatian masyarakat terhadap bisnis Anda. Oleh karena cukup jarang ada tempat yang menjual menu-menu makanan dari Meksiko.

Beberapa jenis makanan meksiko yang bisa Anda pilih antara lain nachos, tacos, enchilada, burritos, dan tamales.

2. Kebab

Kebab termasuk makanan yang populer di Indonesia karena bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Memang sudah ada lumayan banyak penjualnya dan sering ditemukan di pinggir-pinggir jalan.

Namun tidak ada salahnya untuk dijual lewat food truck. Pastinya makanan ini akan lebih mendapatkan perhatian karena tempat berjualannya unik.

3. Kopi dan Milkshake

Untuk pilihan minuman ini bisa menjadi tambahan menu dengan makanan-makanan yang dijual di bisnis food truck Anda. Bisa juga dijadikan sebagai menu utama.

Minuman-minuman pun tidak akan kalah populer dari makanan. Aneka jenis kopi dan milkshake termasuk jenis minuman yang populer di Indonesia. Pelanggan akan banyak yang tertarik membelinya dari Anda karena harganya pasti lebih murah dibandingkan dengan membelinya di cafe.

4. Es Krim

Es Krim
Via roaminghunger.com

Hampir semua orang menyukai es krim karena rasanya yang enak dan menyejukkan. Maka dari itu bisa dijadikan ide untuk menu di food truck. Supaya banyak dilirik maka jual es krim dengan bentuk yang menarik.

Seperti es krim-es krim saat ini yang terlihat lebih modern. Misalnya ditambah dengan gulali/ aromanis, marshmallow, aneka buah-buahan dan topping-topping lain yang menarik. Bisa juga jenis es krim unik. Misalnya es krim nitrogen, es krim Turki, es krim Jeju, dan lain sebagainya.

5. Jajanan Korea

Jajanan khas negeri ginseng cocok sekali dijadikan menu untuk bisnis food truck Anda. Di negara asalnya memang makanan-makanan Korea banyak dijajakan di pinggir jalan.

Cocok dengan sedang menjamurnya musik K-Pop dan kebudayaan Korea Selatan lainny. Pasti banyak anak-anak muda yang penasaran dengan rasa makanan-makanan asal negara idola-idolanya.

Beberapa makanan korea yang bisa dijual antara lain bungeoppang, odeng, toppoki, hotteok, dan lain-lain.

6. Camilan Manis

Supaya mendapat perhatian lebih maka camilan-camilan manis yang dijual lewat food truck lebih baik yang sedang hits. Ada banyak sekali camilan manis yang populer di kalangan anak muda.

Seperti waffle, crepes, martabak manis aneka topping, dan camilan-camilan dengan bentuk menarik lainnya.

Tempat yang Tepat

Oleh karena bisnis food truck ini konsepnya mobile atau berpindah-pindah maka harus dipikirkan baik-baik tempat parkirnya.

Pastinya food truck harus disimpan di tempat yang luas karena ukuran mobil yang lumayan besar. Jangan sampai mengganggu arus lalu lintas atau kegiatan orang lain.

Baca juga5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis di Car Free Day, Keramaian Masyarakat yang Mendatangkan Rezeki

Maka dari itu Anda harus tahu tempat yang tepat untuk membuka food truck. Beberapa tempat rekomendasi untuk “mangkalnya” food truck antara lain.

1. Festival atau Pameran

Food Truck di Festival
Via blogto.com

Di kota-kota besar pasti pameran dan festival sering sekali digelar. Dalam beberapa bulan saja kadang ada banyak event yang dibuka. Manfaatkan acara ini untuk membuka food truck Anda.

Pastinya akan sangat banyak orang yang datang sehingga peluang Anda untuk menjual makanan-makanan semakin besar. Namun biasanya Anda harus membayar sejumlah uang untuk tempat menyimpan dagangan Anda.

Biasanya pada acara ini permintaan akan semakin banyak maka dari itu bawa bahan-bahan lebih. Supaya bisa mendapatkan omset yang lebih banyak.

2. Dekat Tempat Belanja

Anda bisa membuka food truck di tempat-tempat yang penuh dengan orang berbelanja. Misalnya saja di tempat parkir depan minimarket. Akan lebih baik jika Anda datang pada sore sampai malam hari. Oleh karena biasanya di waktu-waktu tersebut jumlah orang yang berbelanja lebih banyak.

Namun sebelumnya minta izin dulu kepada pengelola parkiran. Bisa juga meminta izin kepada pengelola supermarket atau tempat yang akan disinggahi.

3. Area Pendidikan

Pasti banyak anak muda yang tertarik membeli makanan di food truck. Maka jualan di tempat-tempat yang dekat dengan area pendidikan seperti kampus atau sekolah.

Tentunya para pelajar di sana banyak yang ingin jajan ketika sedang istirahat atau sedang tidak ada dosen. Untuk menarik perhatian sediakan menu yang sedang trend dan menarik.

Untuk harganya sesuaikan dengan uang jajan rata-rata anak remaja. Supaya banyak yang tertarik membeli makanan atau minuman dari food truck Anda.

4. Tempat Rekreasi atau Olahraga

Contoh tempat seperti ini adalah taman kota atau tempat jogging. Pastinya ada banyak sekali orang-orang yang berada di tempat tersebut. Supaya banyak pembelinya maka lebih baik buka pada waktu weekend di pagi hari atau sore hari. Coba survei dulu kapan waktu dengan jumlah pengunjung yang lebih banyak, apakah pagi, sore atau malam.

Dua hal ini adalah sesuatu yang paling penting dari sebuah bisnis foos truck. Maka harus dipikirkan baik-baik supaya bisnis ini bisa berlanjut terus dan dapat memberikan keuntungan kepada Anda.

Namun selain itu masih banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Desain food truck

Tidak perlu menggunakan mobil yang sangat besar, bisa juga menggunakan mobil dengan ukuran lebih kecil yang telah dimodifikasi. Supaya lebih menarik maka pikirkan desainnya.

Supaya bisa mendapatkan perhatian lebih maka buat food truck dengan desain yang mencolok. Misalnya dengan warna-warna cerah, gambar-gambar lucu, konsep yang unik, dll.

Desain Food Truck
Via hock.id

Supaya tidak salah memilih desain maka bisa mencoba mencari ahli desain untuk food truck yang telah berpengalaman. Tidak masalah jika awalnya Anda harus mengeluarkan uang yang mahal untuk mempercantik sebuah food truck. Namun nantinya food truck Anda bisa dikenal dan banyak konsumennya.

  • Selalu meminta izin

Oleh karena tempatnya berpindah-pindah dan lokasi yang digunakan biasanya ramai. Maka kapan pun Anda akan datang ke tempat untuk memarkirkan foof truck, Anda perlu mendapatkan izin dulu dari pengelola atau pemerintah setempat.

Tanyakan ketentuan-ketentuan perizinan kepada pihak-pihak yang memiliki kewenangan atas area tersebut. Agar nantinya tidak terjadi masalah seperti pelanggaran atau sanksi karena mengganggu ketertiban umum.

  • Cari supplier terbaik

Anda harus bisa memilih supplier penyedia bahan-bahan mentahnya. Supaya kualitas makanan yang dibuat akan baik dan Anda akan dipercaya oleh orang banyak.

Cari supplier yang memang sudah terkenal dengan kualitas bahan-bahannya yang bagus. Akan lebih baik jika harganya terjangkau. Lalu selalu siapkan stok bahan yang baru agar kualitas makanan atau minuman terjamin.

  • Promosikan lewat sosial media

Oleh karena tempat yang bisa berpindah-pindah maka Anda harus mempunyai tempat untuk memberikan informasi lokasi. Cara paling mudah adalah dengan memanfaatkan sosial media.

Anda bisa membuka website atau akun Instagram yang update mengenai jadwal-jadwal, lokasi, dan menu yang disediakan. Dengan demikian kemungkinan memiliki pelanggan tetap akan lebih besar. Oleh karena mereka tahu di mana saja harus mencari food truck Anda.

Selain itu masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Anda bisa mengikuti komunitas para penjual food truck yang sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Tanyakan semua hal-hal yang belum Anda pahami kepada para anggota. Jadi nanti semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan.

Demikianlah informasi mengenai cara menentukan menu dan tempat bisnis food truck yang harus Anda ketahui supaya sukses dan lancar.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *