Dunia Internet

Serba Serbi Pillow Block Bearing

Pillow block bearing merupakan alas yang digunakan untuk memberi dukungan pada poros yang berputar dengan bantuan batalan gigi dan aksesoris lainnya. Bahan untuk bantalan ini biasanya terbuat dari besi atau baja. Terdapat anti gesekan pada bantalan ini. Pillow block bearing dapat dipadukan dengan salah satu dari elemen bantalan seperti ball bearing, roller bearing dan tapered roller baering.

Aplikasi dari bantalan ini adalah memastikan cincin luarnya diam namun cincin dalamnya berotasi. Aplikasi dari bantalan ini hanya bisa dengan daya beban rendah. Terdapat dua tipe yaitu split yang bagian alas dan tutupnya dapat dilepas dan solid yang merupakan suatu kesatuan atau tidak bisa dilepas.

Selain besi dan baja, bantalan ini terbuat dari besi cor abu-abu, besi ulet, dan berbagai jenis plastik termoplastik. Bantalan terdiri dari braket pemasang sebagai penampung bantalan. Blok bantal dibautkan ke pondasi, merekatkannya agar aman sementara porosnya dapat berputar.

Setiap unit yang dipasang dapat bertindak sebagai sistem untuk menempatkan bantalan dengan aman untuk melakukan operasional. Secara sederhana, bantalan ini dibagi berdasarkan ukuran dengan bantalan yang lebih kecil dengan uraian sebagai berikut.

1. Collar Clamp Ball Bearing

Collar Clamp Ball Bearing

Collar clamp ball bearing digunakan untuk memasang poros dengan mudah dan sekrup yang sederhana. Pada dasarnya, bantalan ini adalah bantalan insert miniatur dan sering digunakan pada industri pengemasan.

2. ER Cartridge Ball Bearing

Turbo Ball Bearing Cartridge
Turbo Ball Bearing Cartridge

Ini adalah bantalan dengan cincin bagian dalam yang diperpanjang. Dirancang khusus untuk pemasangan poros tanpa bantuan adaptor, mur, atau lainnya.

Bantalan ini lebih serbaguna dan banyak digunakan pada barang keseharian. Selain itu, bantalan ini juga dapat menghemat biaya. Biasanya bantalan ini diaplikasikan dalam industri pertanian, pengangkutan, konstruksi, tekstil dan pengemasan.

Banyak orang yang menganggap bahwa pillow blok baering dan plummer blok bearing adalah dua hal yang sama. Namun, sebenarnya keduanya adalah berbeda. Pillow blok digunakan dalam banyak jenis aplikasi dan didukung oleh poros penggerak. Terdapat desain yang dibuat untuk mengamankan poros.

Bantalan ini juga digunakan sebagai bantalan antara poros panjang. Sedangkan plummer blok bearing adalah blok bantalan untuk roller pelurus atau penyelaras. Dirancang untuk menangani beban yang lebih tinggi dan kecepatan sedang dan memungkinkan pembongkaran poros tanpa harus memindahkan pemasangan rumah. 

Perbedaan lainnya terdapat pada pengaplikasiannya, yaitu pillow block bearing sebagian besar digunakan di lingkungan yang kurang industri atau dapat ditemui pada keseharian.

Sedangkan pada plummer block bearing digunakan ditempat dengan kinerja yang tinggi dan kapasitas beban yang tinggi pula, seperti di pabrik.

Terdapat variasi yang banyak pada ukuran dan jenis dari pillow block bearing. Anda dapat membeli barang ini dengan mudah seperti di toko bangunan atau secara online. Sesuaikan tipe bantalan dengan kebutuhan atau keinginan Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya Blogger rajin menulis.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close