Ulasan Bisnis

10 Sifat Ini Hanya Akan Menghancurkan Bisnis Atau Usaha Anda

Jika anda adalah seorang pebisnis, tentu anda akan melakukan apa saja, agar bisnis atau usaha yang anda jalankan bisa berkembang seperti yang diinginkan. Namun, apakah melakukan semua usaha saja sudah cukup ?

Jawabananya memang sudah cukup, karena dengan melakukan usaha memang sudah cukup untuk membuat bisnis anda berkembang. Tetapi adakalanya anda telah melakukan segala usaha, namun bisnis anda tetap tidak mengalami perkembangan, alias jalan ditempat.

Bisnis yang tidak mengalami perkembangan, bila terus dibiarkan seperti itu tanpa melakukan pembenahan, maka lama-kelamaan bisnis tersebut akan mengalami kehancuran.

Maka dari itu, seorang pebisnis atau pengusaha, sangat wajib untuk mengetahui faktor eksternal dan internal yang berpotensi menyebabkan gagalnya bisnis atau usaha.

bisnis atau usaha

Hanya saja, dari apa yang kebanyakan terjadi, para pebisnis atau pengusaha terutamauntuk mereka yang masih pemula, biasanya hanya fokus untuk menghindari faktor eksternal dari penghancur usaha mereka. Padahal, seorang pebisnis juga dituntut untuk mengetahui dan mewaspadai kehancuran bisnis mereka, yang berasal dari faktor internal, seperti sifat mereka.

Benar sekali, sifat yang anda miliki bisa saja menjadi boomerang bagi bisnis anda. Oleh karena itu, anda sangat perlu untuk mengetahui apa saja sifat yang memiliki potensi menghancurkan bisnis, hal ini agar anda bisa mewaspadai sifat-sifat tersebut, untuk kemajuan dan perkembangan bisnis atau usaha anda dikemudian hari.

Mengapa sifat sangat penting untuk diwaspadai ??

Jujur saja, saya yakin semua orang pasti memiliki sifatnya masing masing, bahkan orang kembarpun akan memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi setiap manusia pasti memiliki sifat yang akan saya sebuatkan dalam artikel ini, karena memang sifat tersebut merupakan sifat bawaan setiap manusia.

Loading...

Anda tidak perlu menghilangkan sifat tersebut, karena memang sifat tidak dapat dihilangkan, namun setiap orang memiliki kemampuan yang sama untuk mengendalikan sifat yang dimilikinya

Sehingga sangat penting sekali, untuk mengetahui dan mewaspadai, serta menghindari beberapa sifat di bawah ini, agar bisnis yang anda jalankan bisa berkembang, tentu saja berkembang secara sehat. Selain itu, anda akan merasakan kemudahan atau bisa menjalankan usaha dan bisnis secara santai, bila berhasil mengendalikan sifat-sifat penghancur tersebut.

Baca Juga : Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

10 Sifat Ini Hanya Akan Menghancurkan Bisnis atau Usaha Anda

10 Sifat Ini Hanya Akan Menghancurkan Bisnis atau Usaha Anda

1# Malas

Sifat pertama yakni malas, kemalasan hanya akan membuat seseorang terjebak dalam zona nyamannya, dan membuat bisnis atau usaha yang dijalankan tidak akan mengalami perubahan dan perkembangan. Sehingga mewaspadai rasa malas merupakan hal pertama yang wajib untuk dilakukan.

Rasa malas bukan hanya menjadi penghalang akan kesuksesan bisnis, tetapi akan menjadi penghalang atas apapun yang anda jalankan.

Hanya saja, untuk mengatasi sifat yang satu ini, memang tidak mudah. mengendalikan sifat ini memang tidak bisa dilakukan dengan waktu yang sebentar, sehingga anda perlu berusaha dan berlatih secara terus menerus, agar anda benar-benar bisa mengendalikan rasa malas yang ada pada diri anda.

Sedangkan cara agar terbiasa mengendalikan sifat malas, yakni dengan selalu berfikir dan berusaha untuk mencari terobosan baru, hal ini dilakukan agar anda tidak terlalu lama berada dalam zona nyaman, sehingga anda tidak akan menunda waktu lagi untuk mewujudkan apa yang anda inginkan.

2# Egois

Ego, merupakan sifat yang ada sejak manusia lahir, namun hal tersebut bukanlah alasan untuk anda menjadi seorang yang egois, alias selalu ingin menang dan mementingkan kebutuhan sendiri.

Sifat egois ini, bila terlalu lama ada dalam diri anda tanpa adanya usaha dan kemampuan untuk mengendalikan sifat tersebut, khususnya untuk anda yang merupakan seorang pebisnis. Maka, sifat ini lama-kelamaan akan membuat bisnis anda hancur.

Egois

Sifat egois dalam bisnis atau usaha, dapat dilihat dari keinginan anda yang terlalu besar, atau terlalu terobsesi untuk mengalahkan saingan bisnis dengan segala cara, termasuk dengan melakukan persaingan yang tidak sehat. Atau tidak mau mendegarkan masukan, serta penjelasan atas hasil yang tidak sesuai, bisa juga merupakan ceriminan dari sifat egois dalam diri anda.

Sedangkan agar dapat mengendalikan sifat egois, bisa anda tempuh dengan langkah kecil seperti menerima pendapat dam masukan orang lain terlebih dahulu, dengan terkendalinya sifat ego ini, maka anda selaku pemimpin akan lebih disukai oleh kariawan anda, dengan begitu kariawan akan menjadi lebih loyal terhadap perusahaan, dan perusahaan anda akan semakin berkembang secara sehat.

3# Iri hati

Iri hati bukan hanya dapat menghancurkan bisnis atau usaha yang anda miliki, tetapi akan menghancurkan diri anda selaku pemimpin dari perusahaan tersebut.

Sifat iri hati, biasanya tercermin dari sikap anda yang terlalu terobsesi untuk menghancurkan saingan bisnis meskipun bisnis anda tidak layak bersaing, sehingga melakukan persaingan tidak sehat akan anda tempuh untuk mewujudkan cita-cita anda.

Sifat ini sangat perlu untuk dikendalikan, agar bisnis atau usaha anda dapat berkembang secara sehat, selain itu mengendalikan sifat iri hati dapat membantu anda berpikiran lebih jernih, serta meringankan beban anda sebagai seorang pemimpin dalam perusahaan yang anda miliki.

4# Emosional

Sifat emosional merupakan salah satu sifat yang perlu diwaspadai serta dikenalikan, terutama untuk anda yang merupakan seorang pemimpin perusahaan.

emosi

Sifat emosional yang tidak dapat dikendalikan, tercermin dari kemarahan anda yang terlalu membeludak saat kariawan anda terbukti melakukan kesalahan, meskipun kesalahan kecil sekalipun.

Sifat seperti ini, hanya akan membuat kariawan membenci anda, sehingga kemungkinan untuk memiliki kariawan yang loyal akan semakin menjauh, atau bisa saja suatu saat nantisifat ini dapat membahayakan bisnis atau usaha anda, oleh karena kariawan yang merasa sakit hati terhadap sifat anda.

Jadi, sangat penting untuk tetap waspada dan kendalikan sifat emosi dalam diri anda.

5# Terlalu merendah

Merendah memang perlu dilakuakan, namun jangan terlalu sering merendah juga. Sikap rendah diri ini memang dapat membawa teman baru serta orang lain akan kagum dan senang terhadap anda.

Namun dengan sikap merendah yang berlebihan, juga tidak baik untuk usaha yang anda jalankan, karena bisa saja anda tidak akan melakukan inovasi baru karena takut bersaing dalam bisnis yang anda jalankan.

Maka dari itu, kita tetap harus mempunyai sikap rendah diri, namun tidak juga untuk dilakukan secara berlebihan.

6# Terlalu percaya orang lain

Anda mungkin mempunyai partner atau kariawan kepercayaan, tetapi jangan sampai untuk mempercayai mereka secara 100 persen, hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Pernahkan anda mendengar kasus pelarian properti usaha yang dilakukan oleh kariawan, kebanyakan hal ini memang dilakukan oleh kariawan yang abal-abal, alias tidak loyal, tetapi jangan terlalu percaya juga terhadap kariawan atau partner yang terlihat loyal.

Bisa saja mereka melakukan hal tersebut agar rencana yang mereka jalankan bisa berjalan dengan mulus dan rapi, maka dengan mewaspadai dari awal, maka anda dapat meminimalkan kerugian dalam bisnis atau usaha anda, dengan tidak mempercayai siapapun secara 100 persen.

Kecual bila kariawan atau partner tersebut merupakan pendamping hidup anda. 🙂

7# Terlalu banyak bicara tanpa menunjukkan aksi

Ini merupakan sifat yang sering menjumpai pengusaha muda, biasanya mereka akan selalu berbicara tentang kelangsungan bisnis kedepannya, namun tidak dibarengi dengan aksi nyata untuk mewujudkan omongan tersebut.

Less talk more action!

Seorang yang sedikit bicara, tetapi menunjukkan banyak perubahan dan aksi nyata, akan lebih disegani ketimbang mereka banyak bicara, namun tidak menunjukkan perububahan dan aksinyata sama sekali.

Jadi, bila anda ingin usaha anda berkembang, maka sedikitkan bicara anda, dan mulailah untuk melakukan inovasi dan aksi nyata yang dapat mendongkrak popularitas bisnis, sehingga bisnis akan semakin berkembang, serta mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

8# Obsesi yang berlebihan

Memiliki obsesi memang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha, namun bila dilakukan secara berlebihan malah akan menghancurkan bukan mengembangkan.

obsesi

Sifat ini tercermin dari anda yang mengeluarkan beragam produk dengan tujuan untuk menguasai pasar dari segala lini, padahal menguasai satu pasar saja belum dapat anda lakukan.

Hal ini tentu saja, akan membuat rugi serta menghancurkan usaha anda, terutama karena pemasukan yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan untuk mengeluarkan produk tersebut.

9# Terlalu curiga

Curiga merupakan sifat bawaan manusia, namun bila sifat ini dilakukan tanpa adanya kontrol serta pengendalian, maka bisa berdampak buruk juga bagi bisnis atau usaha yang anda jalankan.

Sikap curiga yang berlebihan juga akan membuath anda tidak disukai oleh kariawan serta partner bisnis anda, hal ini tentu saja karena anda selalu menaruh kecurigaan akan aktiviatas dan kinerja mereka dalam perusahaan.

Sedangkan semua orang tentu saja tidak akan senang, serta tidak akan mau berlama-lama bekerja dengan bos yang terlalu curiga akan kinerja dan apa yang mereka lakukan.

10# Terlalu berpikiran optimis

Seorang pengusaha memang harus optimis, namun sikap berlebihan akan optimis tersebut juga tidak baik untuk perkembangan bisnis kedepannya.

optimis

Hal ini dikarenakan anda yang terlalu memiliki sikap optimis, akan senantiasa meremehkan pemikiran dan penanganan bila suatu saat nanti produk yang dikeluarkan tidak laku dipasaran, serta saat perusahaan mengalami krisis.

Maka dari itu, langkah yang tepa yakni memikirkan apa saja keuntungan serta kerugian dari apapun yang akan dijalankan untuk kepentingan bisnis.

Jadi, bukan hanya keuntungan yang akan didapatkan saja yang dipikirkan dengan matang, tetapi penangananan saat tidak mengalami keuntungan, serta saat perusahaan mengalami krisis, harus dipikirkan matang matang

Baca Juga : Teknik Menentukan Ciri Khas Bisnis Yang Anda Jalankan

Itulah sifat yang perlu diwaspadai serta dikendalikan, agar tidak membawa dapak yang buruk untuk perkembangan bisnis kedepannya, mungkin yang saya bahas pada artikel ini tidak banyak, maka dari itu tetap waspadai juga sifat-sifat yang tidak saya tuliskan dalam artikel ini.

Semoga bermanfaat.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *