Kisah Inspiratif

Sikap Buruk Penghalang Sukses yang Harus Anda Singkirkan

Hai semua, siapa sih dari kita semua yang tak ingin menjadi orang sukses. Apalagi sukses diusia muda, pasti itu sudah menjadi impian bagi setiap orang. Memang sih, predikat sukses bagi tiap tiap orang itu berbeda beda, namun kesuksesan sesungguhnya itu terlihat saat kita memiliki banyak kekayaan dan banyak berbagi kepada orang lain. Nah dalam artikel ini, nanti akan mengulas mengenai beberapa sikap buruk penghalang sukses yang sering melekat kepada diri tiap tiap orang.

Mental negatif yang menjadi penghalang kesuksesan bagi seseorang itu sangat susah dihilangkan. Ini benar, karena itu adalah sifat dan sikap yang sudah menjadi bawaan manusia. Namun apabila kita selalu berusaha untuk memerangi itu dan mencoba keluar dari itu, maka sikap buruk penghalang sukses itu dapat anda singkirkan dengan mudah.

Mungkin anda bisa melihat ada orang yang tanpa pendidikan tinggi mereka bisa sukses, atau orang yang masih muda tapi bisa melebihi kesuksesan orang yang lebih tua. Selain karena faktor keberuntungan, orang itu juga karena faktor kerja keras dan kepandaiannya dalam memanfaatkan keadaan. Karena kerja keras saja tidak cukup untuk bisa membuat orang sukses, namun dengan kepandaian dalam memanfaatkan keadaan itulah yang akan membantu seseorang lebih cepat mencapai tujuan.

Dengan hidup yang terarah, seseorang akan lebih mudah meraih kesuksesan. Jadi dalam setiap langkah, mereka berpijak di pijakan yang tepat dan selalu berada di jalur yang tepat. Nah dengan kecepatan yang mereka miliki, maka mereka akan mudah mencapai tujuan yang selama ini mereka impikan.

Sikap buruk penghalang sukses yang sering melekat dalam diri kita

sikap buruk penghalang sukses

Kadang sikap buruk ini memang masih dimiliki oleh mereka yang telah sukses. Namun yakinlah bahwa mereka saat perjalanan menuju sukses itu, perjalanan mereka pasti berdarah darah dan penuh dengan pengalaman yang tidak baik. Jadi kita jangan melihat kesuksesan seseorang dari hasil yang mereka miliki, tapi dari kepahitan mereka yang telah dikorbankan untuk mencapai kesuksesan itu. Jadi paradigma atau cara pandang seseorang terhadap masalah ini harus segera diubah.

Nah di bawah ini ada sikap buruk penghalang sukses yang mungkin sampai sekarang masih kita miliki dalam tubuh ini. Jadi sesegera mungkin, mulai dari sekarang, jika kita masih memiliki sifat ini, maka usahakan untuk menghapusnya sedikit demi sedikit. Karena bagaimanapun jika sikap buruk penghalang sukses ini terus kita pelihara, maka akan menimbulkan banyak masalah bagi diri kita.

1. Hanya menunggu, tanpa mengejar apa yang diinginkan

Gambarannya yaitu mereka hanya menganut paham “mengikuti kemana air mengalir atau kemana angin membawanya”. Jadi mereka pasrah dengan kondisi hidup saat ini, hanya menunggu keberuntungan menyertai dirinya tanpa ada usaha untuk mencapai apa yang mereka impikan.

Loading...

Jadi misal angin atau air itu mendaratkan kita ditempat kotor dan kumuh penuh sampah, maka mau tidak mau kita harus menerimanya jika menggunakan prinsip demikian dalam hidup. Sikap buruk penghalang sukses inilah yang harus anda hindari.

Tapi cobalah kita gunakan prinsip “tetap mendayung walau tsunami menerjang”. Jadi dengan kondisi apapun, dan risiko apapun yang dihadapi, kita harus tetap hadapi itu dengan penuh keberanian, terus berusaha dan bekerja keras. Ibaranya ada tsunami kita tetap mendayung sampan kita menuju tempat yang banyak terdapat ikan ditengah laut yang sudah direncanakan.

Semua manusia itu memiliki tujuan baik tujuan di dunia atau di hari lain nanti. Untuk menggapai tujuan itu, tentu tidak semudah dilakukan dengan menunggu datang sendiri kepada kita. Namun kita sendirilah yang perlu melakukan perubahan untuk bisa mencapai semua yang kita inginkan. Mungkin ada orang yang hidup dengan memegang prinsip mengalir seperti air tapi mereka bisa sukses. Mereka itu hanya memiliki keberuntungan yang lebih besar.

Gapai keinginan, jangan cuma menunggu keajaiban menghampiri

Maka dari itu, untuk bisa mendekatkan diri menuju kesuksesan, maka kita harus berusaha dan mengejar apa yang kita inginkan, jangan hanya berharap keberuntungan itu akan datang menghampiri. Cara yang anda bisa tempuh itu dengan belajar materi dan praktik. Mungkin anda dalam puluhan kali akan gagal. Namun jika anda sudah menemukan passion dari binis itu, maka segalanya akan terasa mudah.

Memang sih, segala hal yang kita lakukan itu pada awalnya sulit dan berakhir dengan kegagalan. Tapi yakinlah bahwa kalau kita gagal itu masih lebih baik daripada kalau kita hanya terdiam termenung menunggu saja tanpa ada usaha. Memang dengan kita hanya terdiam saja kita tak akan sakit saat gagal. Namun dari bekas sakit itu justru membuat diri kita semakin tebal sehingga saat jatuh lagi dan lagi tidak akan merasakan kesakitan lagi.

2. Hidup boros dan serba konsumtif

sikap buruk penghalang sukses

Mereka suka hidup foya foya. Kalau habis gajian, uang selalu dihabiskan. Dan justru uang itu digunakan untuk membelanjakan hal hal yang tak terlalu dibutuhkan bagi kebutuhan sehari hari. Jika hal ini terus dibiarkan, kapan anda bisa sukses. Ini adalah sikap buruk penghalang sukses seseorang yang memang sulit dihilangkan.

Seseorang yang sudah terbiasa dengan gaya hidup konsumtif itu akan sulit terlepas dari itu. Memang mereka tahu bahwa hal itu adalah pemborosan dan tidak baik bagi kondisi perekonomian sekarang ataupun di masa depan. Namun saat ada uang, tangan dan hatinya gatal banget kalau tidak menggunakan uang itu. Apakah anda juga pernah mengalami hal sama demikian?

Hidup boros itu sebenarnya mudah untuk anda lakukan jika gaya hidup, lingkungan dan pergaulan diubah. Coba kalau teman anda memakai kendaraan serba mewah, handphone mahal, tas branded dan sebagainya, pasti nantinya akan mempengaruhi diri anda. Tapi kalau anda tidak gengsian, dan berani tampil beda, maka tak khayal jika anda bisa hidup hemat walau dilingkungan seperti itu.

Baca : Kebiasaan Orang Kaya dan Orang Miskin yang Jadi Jurang Perbedaan

Mulailah perubahan dari diri sendiri

Jadi segalanya memang berawal dari diri anda sendiri. Cobalah mulai sekarang anda pikirkan hingga 2 atau 3 kali terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang, apakah nantinya uang itu bermanfaat ataukah tidak.

Misal di zaman yang serba canggih ini, kebutuhan alat komunikasi canggih layaknya smartphone menjadi begitu vital alias sangat penting. Namun kebutuhan anda dengan orang lain itu berbeda beda. Mungkin anda punya smartphone hanya untuk sms, browsing, nonton youtube dan sebagainya.

Jadi belilah yang memiliki kriteria seperti itu, tidak perlu membeli dengan harga hingga 5 atau bahkan 10 kali dari gaji bulanan anda. Karena saya sering menemukan orang akan kesusahan sendiri jika memaksakan membeli sesuatu dengan mengorbakan hingga beberapa kali jumlah gaji bulanan.

Lagi hidup seret justru menambah seret lagi hidup itu. Maka dari itu, pikirkan baik baik apakah barang yang akan anda beli itu memang sesuai dengan kebutuhan dan tidak berdasarkan gengsi. Karena boros adalah sikap buruk penghalang sukses yang begitu sulit dihilangkan jika tidak ada upaya berkelanjutan.

3. Tidak punya target dan tujuan hidup

sikap buruk penghalang sukses

Seberapa penting sih untuk memiliki target dan tujuan hidup?

Penting atau tidaknya itu sesuai dengan masing masing orang menyikapinya. Karena bagaimanapun juga, target dan tujuan akan menuntun kita menuju banyak perubahan dalam setiap langkah yang kita lakukan. Coba anda rasakan ketika anda punya target untuk bisa membeli mobil di tahun depan. Tentu dengan perhitungan yang matang, maka setiap bulannya anda akan melakukan segala sesuatu dengan penuh kerja keras agar mobil bisa didapatkan di bulan depan.

Kalaupun belum bisa mendapatkan mobil karena uangnya belum cukup, maka anda bisa menunggu hingga beberapa bulan lagi. Berbeda dengan orang yang tidak punya harapan seperti itu, tentu hidup semakin boros, tidak mengelola uang dengan baik, suka foya foya, kerja malas malasan, dan sebagainya. Jadi inilah peran penting diri kita memiliki target dan tujuan yang mana nantinya akan menyemangati diri kita.

Tidak memiliki target membuat hidup hanya menunggu keberuntungan datang

Jadi ini masih ada hubungannya dengan poin nomor 1 diatas. Kalau sikap buruk nomor 1 di atas adalah hanya menunggu, kalau ini adalah tidak memiliki target hidup. Jadi keduanya adalah hal yang saling berkaitan satu sama lain. Berawal dari tidak memiliki target dan harapan dalam hidup, maka hal yang dilakukan hanya menunggu keajaiban datang dan menghampiri tanpa adanya usaha yang pasti.

Cobalah mulai sekarang anda harus berusaha sekuat tenaga untuk meraih target kesuksesan. Target yang dapat anda coba adalah dalam 10 tahun mendatang, anda sudah punya rumah dan kendaraan roda dua. Atau bagi anda yang masih berumur 20 tahunan, dalam umur 30 tahun nanti, sudah memiliki uang minimal 1 milyar. Dengan itu maka anda akan terpacu lebih semangat dalam meraih target dalam batas waktu yang ditentukan.

Jadi mulai sekarang, jika ingin sukses, buatlah target, dan buat juga batas waktu yang telah dipertimbangkan terlebih dahulu. Kalaupun dalam rentang waktu itu belum mendatkan hasil yang ingin dicapai, jangan psimis, pasti tinggal selangkah atau dua langkah lagi untuk mendapatkannya.

4. Suka meremehkan segala hal

Sikap buruk penghalang sukses satu ini kadang terjadi pada diri kita sendiri saat kita sedang berada di posisi atas. Kadang saat kita sedang merasa bahwa kita sudah mencapai kesuksesan kita meremehkan berbagai hal, termasuk nasihat dari orang yang lebih pintar dari kita. Maka dari itu, bukan semakin tambah sukses, melainkan nantinya akan semakin melorot dan akan berada dalam hidup yang penuh kesusahan.

Meremehkan segala sesuatu itu tidak boleh, walau kita telah menjadi orang sukses sekalipun. Apalagi bagi yang belum sukses, maka ini sangat dilarang.

Kesuksesan memang kadang datang dari kegagalan yang bertumpuk tumpuk.

Nah anda jangan pernah meremehkan kegagalan itu, karena bisa jadi anda akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman serta pelajaran berharga dari setiap kegagalan yang telah dilalui.

Kadang sikap buruk penghalang sukses ini sering ditemui pada anak muda. Mereka yang memiliki kondisi paling memungkinkan dan paling produktif dalam rentang hidup, maka itu menjadikan mereka meremehkan segala hal dan bisa dibilang sombong. Apalagi bagi mereka yang sudah mapan, pasti tambah deh kesombongannya, yang gak punya aja dibela belain beli ini dan itu demi untuk disombongkan.

Jangan pernah meremehkan apapun selagi muda dan punya banyak kesempatan

Perlu anda tahu, semua hal di dunia ini itu ada masanya, yang kaya juga ada masanya, yang miskin juga ada masanya. Bill gates juga ada masanya nantinya sehingga tak selamanya memiliki uang yang belimpah tersebut. Kalau anda jadi karyawan, semakin anda tua pasti akan ada masa akhirnya. Jadi kesombongan dan sikap suka meremehkan itu nantinya hanya akan disesali di masa tua.

Coba deh gunakan waktu muda mumpung masih seger bugar untuk mendulang ilmu sebaik mungkin. Jangan hanya “ah nanti” atau “ah gampang” saja saat diberi nasihat oleh orang lain. Tapi perhatikan itu dan lakukanlah apa yang orang nasihatkan kepada anda.

Selagi masih muda, pelajari investasi, pelajari tentang mengelola keuangan, pelajar cara hidup sehat, pelajari mengenai pentingnya asuransi dan sebagainya. Jadi jika sudah punya banyak ilmu dan pemahaman dalam hidup, masa tua anda akan hidup tentram dan bahagia walau tidak menerima dana pensiun dari perusahaan anda, karena sudah punya dana sendiri bahkan lebih banyak hingga berkali kali lipat.

Sekali lagi, jika anda masih memiliki sikap buruk penghalang sukses yang satu ini, maka mulai dari sekarang tinggalkanlah. Karena tak ada gunanya meremehkan segala sesuatu. Terlebih lagi meremehkan nasihat dari orang yang lebih tua dan lebih banyak ilmunya dari pada kita. Karena itu akan disesali dengan sendirinya dimasa masa tua nanti.

5. Cepat merasa puas diri

sikap buruk penghalang sukses

Merasa puas diri merupakan sikap buruk penghalang sukses yang memang kelihatan ringan ringan saja tapi dampaknya besar. Banyak orang yang berfikir demikian untuk usaha dan dirinya sendiri, “ah sudah cukup begini, saya sudah melakukan yang terbaik, atau saya sudah mendapatkan sesuatu yang besar”, hal hal seperti itulah yang akan menjadikan anda tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan nantinya.

Kadangkali orang menganggap puas sebagai bentuk ucapan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Padahal itu salah, dengan dalih berbuat segitu saja dengan disyukuri itu artinya anda masih menyimpan rasa malas untuk berbuat sesuatu.

Karena makna syukur yang sesungguhnya itu tidak menjadikan anda berhenti dari setiap hal yang ingin dicapai, melainkan dengan terus menambah semangat kerja untuk mencapai hal yang lebih besar untuk bisa bersyukur lebih banyak lagi.

Jika anda masih muda, maka anda memiliki waktu dan kesempatan yang lebih besar. Peluang anda untuk bisa meraih keinginan juga lebih besar daripada mereka yang sudah tua. Apalagi masih muda biasanya memiliki gejolak ambisi yang sangat besar. Sebenarnya, dari ambisi itulah seseorang bisa mendapatkan segala sesuatu dengan lebih mudah.

Manfaatkan ambisi positif

Ambisi bagi diri seseorang itu sangat diperlukan asalkan ambisi itu adalah ambisi positif dan selama tidak berlebihan. Dengan ambisi yang besar itulah anda seharusnya memanfaatkan untuk berbagai hal yang positif. Misalnya untuk merintis usaha untuk menuju kesuksesan.

Jangan anda sia siakan ambisi yang telah dikarunikan tuhan kepada anda semua. Raihlah segala sesuatu dengan sekuat tenaga dengan penuh rasa percaya diri dan tidak cepat berpuas diri.

Berpuas diri itu perlu, setiap usaha yang menorehkan keberhasilan memang membuat diri kita bangga dan puas. Tapi jangan terlalu puas sampai kita lupa masih ada hal yang harus kita lakukan lebih banyak lagi kedepannya.

Demikianlah pembahasan mengenai sikap buruk penghalang sukses yang harus anda hindari. Jadi jika anda memiliki berbagai sikap sikap seperti yang telah disebutkan diatas, maka usahakan untuk segera mengubahnya dan memperbaiki dengan sikap sikap positif. Karena dengan sikap positif itulah seseorang bisa meraih kesuksesan yang lebih baik lagi.

Semoga artikel tentang sikap buruk penghalang sukses ini mampu memberikan manfaat buat diri kita. Jangan lupa untuk share artikel ini jika memberikan manfaat bagi orang lain. Terima kasih atas kunjungan anda. Jangan lupa untuk bookmark artikel ini untuk mendapatkan artikel yang unik dan menarik setiap harinya ya. Jangan lupa juga kunjungannya dilain waktu ya. Terima kasih.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *