Dunia Internet

10 Sikap Profesional Yang Perlu Di Terapkan Pada Saat Berkerja

Sikap profesional? Mungkin tidak asing lagi ditelinga kita, sering banget kita dengar kata profesional di lingkungan kantor apalagi yang sudah lama berkerja. Tidak merujuk pada profesi kata profesional juga ada yang menunjuk pada sifat dan sifat seseorang.

Misalnya nih sobat bertanya ke temen “eh lu , kerjanya apa?” Nanti temen sobat “oh, gue pekerja profesional”. Tapi kadang-kadang ada beberapa kondisi atau insiden yang membuat orang lain mengatakan “ah elu kurang profesional dalam hal ginian” temen sobat “biar gue yang ngerjain”. Sering banget kan kita dengerin omongan seperti ini dikantor.

Kata profesional itu sebenernya berarti berkaitan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya. kurang lebih seperti itu.

Sobat mungkin melihat kata profesional itu sepertinya ga susah, tapi untuk menerapkannya saat bekerja itu susah loh. Dan sikap Profesional dalam bekerja itu pasti sangat dibutuhkan dalam bidang apapun ditempat bekerja ataupun dunia kerja sobat.

Nah sekarang saya akan sedikit menjabarkan hal-hal yang mencerminkan sikap profesional yang perlu diterapkan pada saat bekerja :

1. Memperhatian Penampilan Saat Bekerja !

sikap profesional

Kapan, dimana pun kita bekerja dan sebagai apapun kita bekerja kita harus selalu memperhatikan penampilan apakah sudah terlihat baik. Memperhatikan penampilan yang saya maksud bukan menggunakan jas setiap hari saat bekerja, itu sih namanya lebay.

Kecuali kita menjadi orang nomer satu di perusahaan tersebut, manager dan presiden pun belum tentu menggunakan jas setiap hari.

Untuk bagian terpentingnya kita bisa menyesuaikan penampilan dengan acara atau pekerjaan yang sedang kita tekuni. Misalnya nih kita sedang ada bersama teman kantor, nggak mungkin sobat menggunakan sandal dan memakai kaos saat meeting tersebut.

Yang harus kita ingat kita harus memperhatikan penampilan, sobat itu representasi di perusahaan. Jadi image perusahaan kita juga akan terkena dampaknya jika sobat kurang memperhatikan penampilan saat bekerja.

Ini mungkin sedikit tips dari saya, gunakan lah pakaian formal seperti rok/celana bahan, kemeja, jangan lupa untuk menyetrikanya. Dan pakai sepatu pantofel  sehari-hari saat bekerja untuk menjaga penampilan sobat, walaupun sobat bekerja di bidang IT, dunia kreatif, maupun dunia indusrti lainnya.

Kalau sobat mau melaksanakan meeting dengan klien luar sebaiknya perhatikan baik-baik penampilan. Ane sih menyarankan menggunakan pakaian formal. Apa salahnya berpakain rapi ? Ketimbang sobat menggunakan pakaian kucel, karena tidak rapi akan membuat orang lain menanggapi anda tidak sopan.

Ini tips kedua dari saya, apabila sobat di undang ke dalam sebuah acara, kalau kurang yakin dengan pakaian yang sobat kenakan untuk acara tertentu. Misalnya acara atau event-event kantor, saran saya sih sobat jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada atasan sobat.

Biasanya pada saat event-event di perusahaan ada aturan untuk menggunakan dresscode sebagai bagian dari acara kantor tersebut. Misalnya nih menggunakan pakaian batik sobat tanyak dengan detail kepada atasan sobat gimana.

Batik lengan pendek atau batik lengan panjang dan batik klasik atau batik modern, memperhatikan penampilan merupak sikap profesional seseorang dalam menjalankan pekerjaannya. Dari pada salah pakain mending bertanya jauh jauh sebelum acara tersebut dimulai.

2. Tepat Waktu Dalam Bekerja

Tepat Waktu atau yang biasa disebut on-time biasanya banyak yang menganggap remeh hal ini. Padahal orang yang suka datang telat sudah melekat bagi masyarakat indonesia. Belum lagi masyarakat yang tinggal di Jakarta kalau udah telat pasti menggunakan alasan macet. Jika sobat selalu datang tepat waktu maka sobat termasuk orang yg memiliki sikap profesional dalam bekerja.

Tepat waktu atau tidaknya seseorang tersebut tergantung pada komitmen kehidupan mereka atau diri sendiri. Pengalam saya sih, datang terlambat atau tidak tepat waktu paling banyak dipengaruhi oleh kultur perusahaan tersebut. Kaya ane nih yang punya atasan selalu datang tepat waktu sebelum jam pekerjaan di mulai.

Mungkin sobat mulai sekarang harus mulai membiasakan diri untuk hadir minimal 15 menit sebelum jam bekerja. Itu mencerminkan sikap profesional sobat dalam bekerja.

Tepat waktu juga termasuk dalam mengerjakan deadline yang akan kita serahkan kepada atasan. Kalau bisa sebaiknya sebelum deadline tersebut kita bisa menyelesaikannya akan sangat baik, jika tidak mungkin untuk menyelesaikannya dengan cepat yang penting jangan sampai telat.

Apabila ada hal-hal yang membuat sobat terlambat, sebaiknya sobat memberitahukan segera ke atasan. Atau pada orang yang sedang menunggu sobat bisa dengan menelfon atau sms orang tersebut terlebih dahulu.

3. Menepati Janji

Hal ini juga sama, misalnya sobat mau janjian ketemu atau makan bareng sama temen-temen kantor usai bekerja. Biasakan untuk bikin janji jauh jauh hari sebelumnya, sobat juga harusnya ngerti setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing. Makanya kalau sobat mau bikin janji pastikan 1-2 minggu sebelumnya.

Nah usahakan banget dari pihak sobat apalagi kalau kita yang membuat janji tersebut, jangan sampai sobat yang membatalkannya. Jadi sobat sendiri harus belajar berkomitmen dan ber sikap profesional terhadap janji yang telah sobat buat.

4. Berpegang pada Komitmen Saat Bekerja

sikap profesional

Komitmen ini biasanya berhubungan dengan pembicaraan kita terhadap orang lain mengenai suatu hal, sering terjadi ketika kita sedang melakukan meeting di kantor. Sebenernya orang meeting itu untuk menyelesaikan suatu persoalan dan mencari solusinya bersama sama, dan juga waktu yang tepat untuk solusi tersebut. Kita sebagai pihak yang berkomitmen harus menyelesaikan dan merealisasikan kapan dan bagaimana caranya.

Biasanya kalau sobat meeting di kantor, biasakan untuk mencatat hal hal penting saat meeting tersebut, yang biasanya disebut dengan minutes of meeting  (MOM). Fungsinya bukan cuman ngingetin sobat mengenai pembicaraan meeting tersebut. Tapi juga mereminder semua orang yang hadir dalam meeting tersebut dan mengenai hal- hal apa saja yang akan di kesepakati bersama-sama,

Jika setiap berjanji kita tepati maka orang akan mulai mempercayai kita, ini yang biasanya disebut credible. Artinya agan dapat diandalkan dalam bekerja, karena hanya orang yang  menetapi janji yang akan di percayai oleh orang lain.

5. Berkompeten Dalam Bekerja

Berkompeten artinya sobat harus tahu pekerjaan yang sobat kerjakan harus ngapain dan punya kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan sobat tersebut. Berkompeten atau tidak seperti kredibilitas, jadi bukan sobat yang menilai melainkan orang lain yang menilainya. Bagaimana caranya sobat tahu apakah sobat termasuk orang yang berkompeten atau tidak  ?

Dalam  bekerja mungkin sobat sehari hari biasanya tidak menemui hal hal kendala, kalaupun sobat menemui kendala, sobat harus tau untuk bertanya kepada siapa dan meminta bantuan.

Misalnya sobat tanya kepada atasan sobat, atau sobat bisa tanya kepada rekan kerja sobat yang gak pelit buat ngajarin sobat, mungkin ternyata sobat menemui kendala yang bersifat teknis. Dan selama agan mau terus untuk belajar dan tidak malu untuk bertanya ane yakin nanti sobat bakalan kompeten selama keinginan untuk berkompeten tersebut ada!!!…

6. Berprilaku Sopan

Sopan? hal yang sangat penting ini merupakan fondasi karena berhubungan dengan prilaku dan attitude seseorang, di kantor sobat misalnya, sekarang banyak sekali direktur yang sudah melewati usia pensiun, terkadang sobat juga berkomunikasi tidak terlalu lancar karena perbedaan usia.

Makanya diusahakan untuk generasi sekarang yang biasanya berkomunikasi lewat internet atau komunikasi chat pasti sering terjadi miss comunication ke pihak-pihak yang secara jauh usianya lebih tua dari kita. Komunikasi lewat chat atau telfon biasanya hanya kita lakukan jika kita sudah mengenal dekat orang itu dan berkomunikasi lewat chat dianggap tidak formal.

Dan yang di maksud dengan berprilaku sopan disini maksud nya ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Kita harus bisa menjaga kata kita apalagi terhadap orang yang lebih tua dan sobat juga harus menyusuaikan dengan sikap kita berbicara dan berprilaku.

Ketika sobat berbicara dengan rekan kerja ataupun bos sobat sudah pasti berbeda, ga mungkin kan kalau kita sedang berbicara dengan formal. Misalnya melalui email ataupun chat kita mengirim emoticon, jika sobat sudah kenal secara personal mungkin sobat boleh melakukanya. Dan berperilaku sopang termasuk sikap profesional dalam bekerja.

Baca : Stop, Melakukan Kebiasaan Buruk pada saat Bekerja

Berprilaku sopan saat meeting juga sangat penting, antara lain karena menjaga nama perusahaan. Sobat menjaga diri agar tidak menggunakan ponsel saat sedang berlangsungnya meeting. Jika ada telfon yang harus sobat angkat sebaiknya sobat sebaiknya segeralah keluar agar tidak mengganggu pembahasaan saat meeting di langsungkan.

7. Jangan Suka Bergosip Saat Bekerja

sikap profesional

Bergosip? kadang sobat atau rekan kerja di kantor  suka lupa bahwa tempat yang mereka gunakan adalah tempat untuk bekerja, bagusnya obrolan atau ngomongin orang lain itu di kurangin atau wajib di hindarkan. Nanti sobat bisa repot kalau udah ikutan ngegosipin rekan kerja dan sobat bisa di cap sebagai orang yang suka tukang gosipin orang lain !

Jika agan tidak bisa menghindar ketika rekan-rekan kantor mulai bergosip sebaiknya apalagi pas makan siang. sebaiknya sobat cukup menjadi pendengar yang baik ga usah ikut ikutan komentar atau terlibat dalam pembicaraanya.

Baca : Tipe-Tipe Seseorang yang Baru Memulai Sebuah Pekerjaan

Misalnya temen sobat ada yang bertanya nih ” menurut lu gimane ?” Sobat jawab aja kalau sobat belum pernah berinteraksi dengan orang-orang yang lagi gosipin orang lain. Bergosip saat bekerja tidak baik lho ! bisa saja itu membuat rekan kerja anda menjadi marah, kesal jika mereka di bicarakan.

8. Jangan Suka Komplain Saat Bekerja, Tunjukkan sikap profesional

Komplain dalam bekerja sebenernya menularkan energi negatif, kalau denger omongan orang yang sedang komplain bawaan nya pasti kita jadi ikutan bete dengerinnya. Sobat seharusnya langsung permisi bila ada kerjaan kalau rekan kerja anda mendadak komplen suatu hal kepada sobat.

Sobat juga harus membiasakan diri supaya di komplain jika diberi sebuah pekerjaan tambahan dan juga kalau kita menemukan masalah di tempat kerja atau sobat marah kepada rekan sobat yang tidak becus bekerja.

Mending sebaiknya sobat mendinginkan pikiran atau energi kita alihkan kepada hal-hal yang positif. Misalnya kita berfikir bagaimana caranya agar kita bisa menyelesaikan masalah tersebut, tunjukkan sikap profesional.

9. Jangan Membawa Urusan Pribadi Saat Bekerja

Selain bekerja pasti sudah jelas kita memiliki urusan pribadi, apakah itu urusan dirumah ataupun urusan pasangan. Misalnya urusan anak sobat atau urus pekerjaan di rumah dan juga orang tua sobat, hindari untuk membawa urusan pribadi sobat ke dalam lingkungan bekerja.

Contohnya nih misalnya sobat baru habis ditinggal oleh pasangan sobat terus bawaannya sobat sedih terus dan menggangu pekerjaan sobat di kantor kan ga baik juga. Intinya masalah pribadi itu tidak boleh sampai di bawa ke kantor soalnya dapat menganggu pekerjaan sobat sendiri.

10. Bersih Bersih Media Sosial

Sekarang ini jaman media sosial, ane jamin pasti sobat punya segala jenis media sosial yang sobat gunakan di gadget sobatkan?. Apakah sobat pernah berfikir ga? kalau  sobat ketik nama sobat di internet dan kira-kira keluarnya bakal apaan ya ?

Sangat penting juga buat sobat untuk  menjaga image sobat di media sosial yang sobat gunakan di gadget sobat. Ga cuma teman-teman di media sosial tetapi rekan kerja sobat mungkin ada yang bakal kepo dengan akun media sosial sobat.  Melihat atau menilai kita kadang ada orang yang menjelek-jelekan sobat di media sosial, memang tidak bisa dianggap sepele.

Trus buat apa kita bersih-bersih media sosial kita? Yang paling penting buat ngebersihin image kita yang semisal terkesan kekanak-kanakan, ga dewasa atau ada hal-hal lain yang memang tidak pantas untuk dilihat.

Demikianlah artikel  yang saya tulis ini semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan tentang sikap profesional bagi orang yang membaca artikel  saya. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati.

Saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel saya  ini akan bertambah motivasinya dan mengapai cita-cita yang di inginkan akan tercapai, karena saya menulis artikel ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam.


Loading...
Baca selengkapnya

Bukan seorang penulis.. tapi ingin belajar menjadi penulis yang baik .. untuk tulisan saya yang lain bisa di baca di : www.blogorang.xyz

Artikel terkait

3 Comments

  1. Bener gan..

    ane paling gak tahan liat rekan kerja datang ke tempat kerja, ngobrol sama ngegosipnya sampe ngabisin berjam-jam, kerjanya malah cuma beberapa jam..
    buat kesal aja orang begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close