Blogging

20 Sikap yang Wajib Dimiliki Blogger untuk Mencapai Kesuksesan

Menjadi seorang blogger adalah pilihan bagi sebagian orang, bahkan ada dari mereka yang menjadikan ngeblog sebagai tujuan hidup dengan menjadi seorang full time blogger. Nah bagi anda semua, menjadi seorang blogger itu untuk apa? Apakah untuk media belajar, mencari uang atau hanya ikut trend semata?. Apapun tujuan anda, anda harus memiliki sikap yang baik yang harus ditujukan bagi kehidupan anda. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai sikap yang wajib dimiliki blogger.

Dalam hal apapun ada suatu peraturan tak tertulis maupun peraturan tertulis. Nah peraturan peraturan itulah yang akan menjadikan kenyamanan dan ketertiban. Salah satu dari peraturan itu pasti ada yang membahas mengenai sikap. Karena yang namanya sikap baik itu memang dibutuhkan dalam hal apapun. Termasuk saat anda menjadi seorang blogger.

Maka dari itu, saya disini akan membahas lebih jauh lagi mengenai berbagai sikap yang wajib dimiliki blogger yang mana ini demi kebaikan antara blogger itu sendiri dengan kebaikan semua orang terutama mereka pembaca artikel kita. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan terus ikuti pembahasan artikel ini ya:

Sikap yang Wajib Dimiliki Blogger

Berikut beberapa sikap yang wajib dimiliki blogger, jika ingin sukses dan menjadi blogger sukses dan terkenal maka anda harus bisa memiliki sikap berikut ini:

1. Disiplin

sikap yang wajib dimiliki blogger

Dalam pekerjaan apapun dan dalam hal apapun yang namanya kedisiplinan merupakan hal yang wajib dilakukan secara pasti. Karena kedisiplinan ini akan membawa anda kedalam hal yang lebih baik. Misalnya dengan disiplin ini, anda mampu menamajemen waktu dengan baik, mampu menjadikan kerja lebih optimal, mengurangi risiko keterlantaran suatu pekerjaan.

Kedisiplinan yang wajib dimiliki oleh seorang blogger ini meliputi berbagai hal, misalnya menjaga agar bisa ngeblog dengan baik setiap hari. Dengan disiplin ini akan menjadikan anda lebih mudah dalam menggapai tujuan anda.

Mampu menyelesaikan jadwal yang telah dibuat juga termasuk sikap disiplin. Misal anda telah menjadwalkan diri anda untuk bisa ngeblog setiap hari minimal 2 artikel dan pada hari tertentu menyempatkan untuk blogwalking, jika anda bisa melaksanakan hal itu secara konsisten maka itu bisa disebut sikap disiplin.

Loading...

Disiplin ini adalah sikap yang wajib dimiliki oleh blogger, karena seorang blogger yang tidak disiplin maka akan tersingkir dengan mereka yang disiplin. Jadi mau tidak mau anda harus bisa menjaga kedisiplinan saat ngeblog.

Disiplin ini mengajarkan kepada anda akan arti pentingnya waktu. Karena waktu tidak dapat diulang, diperbanyak dan disimpan. Waktu akan terus bergerak menggeroti habis dunia. Jadi kalau tidak disiplin, anda akan sangat rugi suatu saat nanti karena tidak mampu memanfaatkannya sebaik mungkin.

Karena pada dasarnya kita sebagai manusia pasti memiliki rasa malas dan ingin selalu santai setiap saat. Namun hal itu kalau dibiarkan, akan menjadikan diri anda merasa ketagihan dalam kondisi zona nyaman dan sulit mencapai kesuksesan.

Karena sesungguhnya mereka orang orang sukses dunia itu sebelum mereka bisa seperti itu, mereka jarang merasakan zona nyaman. Bahkan mereka sangat takut kalau berada di zona nyaman. Jadi jangan terperdaya dengan semua itu.

2. Kemauan terus belajar

sikap yang wajib dimiliki blogger

Kemauan untuk terus belajar juga menjadi keharusan bagi setiap manusia. Jadi sebenarnya ini bukan cuma sikap yang wajib dimiliki blogger saja, karena belajar adalah perintah yang harus kita kerjakan dari saat lahir hingga ajal menjemput. Selama kita masih hidup didunia, kita diharuskan untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu itulah yang bisa membawa manfaat bagi kita baik di dunia maupun diakhirat.

Dengan belajar kita jadi tahu. Jadi jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi yang terbaik. Belajar akan menjadikan kita lebih memahami mengenai masalah itu. Dan percaya atau gak percaya kita akan selalu dimudahkan dibidang itu saat kita belajar. Misalnya kita ingin belajar mengenai blog, maka kita akan lebih mudah paham dalam mempelajari hal tersebut. Serasa alam sekitar ikut membantu dalam mempelajari.

Ruang lingkup yang dipelajari blogger itu bukan hanya soal tulis menulis sesuai EYD saja, namun lebih dari itu. Misalnya dengan mempelari seni menulis untuk memikat hati seseorang, belajar lebih lanjut mengenai pemrogaman, CMS, jaringan internet hingga berbagai potensi lain dari blog. Jadi jika sudah paham mengenai 1 hal saja, jangan anda merasa sudah cukup dan tidak mau menulisnya lagi.

Kemauan untuk terus mempelajari hal-hal baru juga merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger. Hal ini karena dunia itu selalu berkembang dari yang buruk ke arah lebih baik atau bahkan sebaliknya. Jadi kita bisa responsive dalam menghadapi perkembangan dunia ini. Karena jika tidak bisa mengikuti dengan baik maka kita akan menjadi manusia terbelakang.

Adaptasi dan cepat menyesuaikan

Dalam dunia internet, semua terus berkembang, begitu juga dalam dunia blogging, jadi kita harus cepat menyesuaikan agar bisa bertahan disana. Misalnya sekarang zamannya mobile, maka kita juga harus belajar mengenai penggunaan blog yang mobile friendly.

Sekarang zamannya media sosial, maka manfaatkanlah media itu, sekarang banyak saingan, maka jadilah berbeda dari yang lain, sekarang lebih sulit untuk berada di halaman pertama google, maka kita harus belajar untuk bisa memenangkannya.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang harus dipelajari blogger, yang terpenting menurut saya adalah menulis artikel yang bisa memberikan suatu efek dahsyat bagi pembaca. Selain itu ilmu semisal SEO, pemrogaman dan sebagainya juga penting untuk dipelajari.

Jadi intinya kemauan untuk terus belajar dan menjadi lebih baik itu adalah sikap yang wajib dimiliki blogger seperti kita semuanya. Jangan pernah berhenti belajar sebelum nafas terakhir kita.

3. Inisiatif

sikap yang wajib dimiliki blogger

Inisiatif atau pola pikir yang maju dan juga pengertian adalah sesuatu yang sangat penting. Inisiatif akan menjadikan diri kita lebih maju lagi kedepannya. Karena kita sebagai seorang blogger itu tak perlu menunggu waktu untuk diperintah ini itu oleh orang lain. Namun blogger bekerja untuk diri sendiri dan segalanya juga harus bisa dikendalikan oleh diri sendiri.

Jadi setidaknya kita bisa mengendalikan diri kita sebaik mungkin dalam hal ngeblog. Misalnya waktunya menulis ya menulis, waktunya mengatur blog ya gunakan sebaik mungkin mengatur blog, waktunya berhubungan dengan para pengunjung maka gunakanlah sebaik mungkin, waktunya promosi blog ya gunakan untuk promosi. Jadi jangan menunggu ada orang lain yang mengingatkan.

Pola pikir seorang blogger itu maju dan mandiri. Selalu ingin tahu hal hal yang baru dan juga melakukan segala sesuatu dengan mengandalkan kemampuan dirinya sendiri, ya walaupun orang lain juga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Karena jika pola pikirnya hanya ingin mencari keuntungan saja tanpa melakukan sesuatu yang harus dilakukan sebagaimana mestinya, maka itu tidak akan mencapai kesuksesan.

Jadi inisiatif ini merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger. Tanpa sikap yang satu ini, mereka tidak bisa mengembangkan kemampuan ngeblog dan memaksimalkan potensi yang ada dalam blog. Karena sebenarnya potensi dari blog itu banyak sekali, dan kesemuanya itu bisa saja anda tidak memanfaatkannya.

Misalnya anda selalu ditolak untuk bekerja sama dalam periklanan google adsense. Sebagai blogger yang memiliki sikap inisiatif,maka anda harus bisa mencari jalan lain untuk bisa mendapatkan uang dari blog tanpa harus dari google adsense. Jadi pola pikir seperti itulah yang bisa disebut sebagai inisiatif.

4. Peduli

Salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger adalah peduli. Peduli ini meliputi banyak hal, salah satunya adalah peduli terhadap keamanan dan kenyamanan pengunjung. Pengunjung memang harus diutamakan dan dipedulikan, namun bukan berarti kita harus mengikuti semua keinginan pengunjung begitu saja. Peduli adalah sikap toleran terhadap orang lain.

Misal kalau pengunjung request artikel tentang ini dan itu, maka anda bisa membuatkannya untuk mereka. Bila mereka bertanya, maka sebisa mungkin dijawab. Dan hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menyediakan feedback.

Jadi mereka bisa menilai blog kita, jadi kita tahu apakah blog sudah sesuai dengan harapan pengunjung atau tidak. Jadi misal ada pengunjung yang tidak puas dengan salah satu hal tentang diblog anda, misal tampilan, ukuran huruf, pelayanan, gaya bahasa dan sebagainya, maka anda bisa segera memperbaikinya.

Sikap yang bisa ditunjukan blogger dengan rasa kepedulian adalah membantu sesama blogger yang masih butuh bantuan. Hal ini juga akan memupuk rasa rendah hati. Jadi kita yang sudah berada diatas mereka, kita harus membantu mereka, jangan malah mengejek mereka dan menyombongkan diri sendiri.

Peduli dengan mereka yang butuh bantuan juga suatu saat kalau mereka misalnya sudah berada di atas kita, mereka masih mengingat kita. Kalau kita yang butuh bantuan pun akan mendapatkannya dnegan mudah.

Peduli dengan diri sendiri

Kepedulian terhadap diri sendiri juga penting, karena kalau tidak peduli terhadap diri sendiri bagaimana kita bisa memaksimalkan untuk peduli terhadap mereka yang lainnya bukan? Peduli terhadap diri sendiri bisa diwujudkan dengan menjaga kesehatan, tidak memaksakan terlalu keras untuk menulis, mengembangkan ide-ide agar lebih baik lagi dan sebagainya.

Dan juga kepedulian terhadap blog itu sendiri juga penting. Misalnya dengan menjaga kesehatan blog, mencegah spam, selalu menjaga kualitas konten, mengurangi baclink jahat dan sebagainya. Karena sikap peduli itu bukan hanya terhadap diri sendiri dan orang lain, tapi terhadap banyak hal.

Misalnya saja peduli terhadap laptop yang biasa digunakan untuk ngeblog, dengan kita peduli terhadap laptop kita misal dengan service rutin, selalu menjaga kebersihan laptop dan lainnya maka laptop tidak mudah rusak. Kan kalau laptop rusak pekerjaan kita sendiri yang akan terlantar.

Sikap kepedulian ini akan memberikan dampak postitif bagi diri kita dan bagi orang lain. Jangan sampai kita sebagai seorang blogger memiliki sikap acuh tak acuh terhadap kondisi sekitar kita. Kalau ada dari mereka yang membutuhkan kita, maka tunjukanlah kepedulian kita sebagai sikap yang wajib dimiliki blogger. Karena besarnya nama seseorang itu bisa diwujudkan dengan tingginya rasa kepedulian terhadap orang lain.

5. Mampu mempengaruhi orang lain

Apa maksud dari mempengaruhi orang lain? Jadi kita sebagai seorang blogger juga dituntut untuk belajar mengenai psikologi seseorang. Karena dari situ kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai keuntungan. Dengan mempengaruhi orang lain pula, kita akan lebih mendapatkan keuntungan dari ngeblog itu sendiri.

Mempengaruhi orang lain melalui tulisan ini memang suatu seni yang tidak mudah. Kita perlu berbagai teknik mulai dari kata kata yang bersifat persuasif hingga berbagai kalimat yang menandung sugesti kuat untuk bisa mempengaruhi mereka.

Sebenarnya gak semua blog butuh ini, namun alangkan baiknya bagi blogger untuk mempelajari hal ini. Jadi pengunjung yang membaca artikel kita akan terperdaya dan sangat betah dengan lika liku kalimat yang tersedia dalam artikel. Selain itu, misalnya pengunjung membaca judul dari blog kita, maka akan sangat tertarik untuk membaca keseluruhan artikel.

Namun bagi mereka yang memiliki blog untuk menjual sesuatu, menulis dengan berbagai gaya dengan maksud mempengaruhi orang lain (copywriting) itu sangat diperlukan. Teknik copywriting ini jika dilakukan secara tepat memang bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Namun hal yang perlu dipelajari juga adalah, bahwa anda harus mengutamakan kejujuran dalam menuliskan sesuatu.

Jangan sampai membuat judul artikel viral dan berhasil mempengaruhi orang lain untuk tertarik membacanya namun setelah dibaca ternyata berbeda jauh sekali terhadap judulnya. Untuk membahas lebih lanjut mengenai kejujuran dan sikap kreatif dalam menulis bagi seorang blogger, akan saya bahas lebih lanjut nantinya pada nomor 14 dan 15 di bawah nanti.

6. Bermimpi besar dan berusaha mewujudkannya

sikap yang wajib dimiliki blogger

Salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger adalah selalu ingin menjadi yang terbaik. Mereka berani bermimpi besar, namun juga selalu berusaha untuk mewujudkan sikapnya itu. Sikap yang satu ini mengajarkan kepada kita semua untuk berani mewujudkan mimpi setelah berani bermimpi. Jadi tidak bermimpi lalu tidur semakin nyenyak. Namun setelah bermimpi lalu bergegas bangun dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi itu.

Memang, bermimpi besar itu mudah, namun mewujudkan mimpi itu sendiri yang bisa dibilang sangat sulit. Namun tidak ada larangan bagi kita untuk bermimpi, dan juga tidak ada batasan untuk kita dalam bermimpi. Yang terpenting untuk kita lakukan adalah bukan sekedar mimpi yang merupakan imajinasi belaka.

Namun mimpilah jika mimpi itu menjadi jembatan antara kerja keras dengan keberhasilan yang selalu anda impikan itu. Inilah sikap yang wajib dimiliki blogger, jadi jangan hanya bermimpi dan membayang-bayangkan menjadi blogger sukses yang sering dilakukan banyak orang. Namun bangunlah dan bekerja keraslah untuk mengejar dan mewujudkan mimpi itu menjadi nyata.

7. Punya target

Blogger juga harus memiliki target, baik target jangka pendek maupun jangka panjang. Target ini akan menuntun anda untuk dapat meraih keberhasilan. Jadi target ini memang bersifat optional dalam segala hal, namun mereka yang menjalankan sesuatu tidak dengan target akan kesulitan dan lebih lama dalam meraih apa yang diharapkan.

Seberapa pentingkah membuat target bagi seorang blogger?

Bisa dibilang ini sangat penting. Mereka blogger yang sukses dan memiliki blog besar pasti memiliki target dalam hidupnya. Mereka tahu batasan yang harus dicapai dan mereka akan sebisa mungkin memenuhi dan menyelesaikan target itu.

Hidup tanpa target itu ibarat sayur tanpa garam, jadi terasa hampar. Karena dengan memiliki target maka hidup dan kegiatan yang dilakukan lebih terarah. Yang terpenting dalam membuat target itu harus menyesuaikan dengan kemampuan diri kita sendiri, sehingga target itu tidak akan memberatkan diri kita sendiri.

Penerapan target bagi seorang blogger itu misalnya anda menargetkan untuk menulis minimal 25 artikel perminggu. Maka anda harus berusaha sekuat mungkin untuk mencapai target yang telah ditetapkan tersebut. Bandingkan dengan blogger yang tidak memiliki target dalam hidupnya, mereka paling hanya menulis sekadarnya saja. Paling paling 1 artikel perminggu bahkan tidak sama sekali.

Target bukan hanya ditentukan dari seberapa hal yang harus dilakukan, namun bisa juga akumulasi penghasilan dalam suatu waktu tertentu. Misalnya dalam semester kedua penghasilan harus naik minimal 15% dari penghasilan semester pertama. Dengan menargetkan penghasilan agar bisa tercapai dalam waktu sekian, maka akan mendorong sikap pada diri kita untuk terus bergerak maju agar tujuan itu dapat tercapai.

Jadi membuat target dan berusaha untuk mencapai target itu adalah salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger. Buatlah target dan penuhi target itu, maka anda akan lebih cepat sampai pada kesuksesan.

8. Konsisten, terjadwal dan teratur

sikap yang wajib dimiliki blogger

Mereka yang konsisten ngeblog akan menjadikan blog semakin kaya akan konten dan juga semakin disukai oleh para pengunjung. Blog yang kaya konten akan mendatangkan banyak pengunjung , dan itu akan menjadikan penghasilan semakin naik. Konsisten ngeblog berarti selalu mengupdate blog secara teratur dan terjadwal.

Memang pengaruh konsistensi ngeblog terhadap penghasilan ini sangat berpengaruh saat diterapkan di blog saya sendiri. Karena sesuai dengan pengalaman, apabila kita semakin rajin dalam mengupload artikel dalam blog, maka penghasilan dan pengunjung akan naik drastis, namun disaat tidak konsisten ngeblog, maka penghasilan malahan cenderung turun.

Konsisten membuat berbagai macam artikel yang unik menarik adalah sikap yang wajib dimiliki blogger seperti kita semuanya. Namun konsistensi ini bisa dibilang sulit, karena berbagai hal yang mungkin bisa mengganggu ditengah jalan, terutama karena malas.

Agar bisa konsisten ngeblog saran saya adalah membuat waktu ngeblog yang terjadwal dengan baik. Misalnya pagi hari, sore atau malam hari. Waktu yang menurut anda tepat untuk ngeblog jadikan sebagai jadwal ngeblog. Sehingga dapat ngeblog secara teratur setiap hari diwaktu itu.

Menyempatkan waktu untuk menulis artikel perhari itu bisa sangat sulit. Namun daripada anda tidak menulis sama sekali, maka menulis 1 artikel setiap hari itu lebih baik. Karena itu yang disebut dengan konsisten. Daripada hari ini menulis 10 artikel lalu selanjutnya menulis hanya 1 kali sebulan itu justru tidak baik. Pengunjung tidak menyukai hal itu. Karena mereka lebih suka blog yang setiap harinya tersaji artikel unik dan menarik untuk dibaca.

9. Tidak mudah puas tapi selalu bersyukur

Puas adalah hal yang dirasakan banyak orang ketika target itu tercapai atau bahkan telah melampaui target yang diharapkan. Namun rasa mudah puas itu akan menjadikan diri kita tidak mudah berkembang dan juga tidak berharap ada kemajuan lagi. Jadi puas itu boleh, namun jangan terlalu puas dengan hasil yang telah kita capai. Jadikan diri kita untuk tidak mudah merasa bangga dan puas, maka kita bisa dengan mudah melangkah untuk mencapai kedepannya.

Misalnya kita menargetkan untuk bisa mendapatkan 5 juta perbulan dari blog, namun bila kita ingin mendapatkan hasil yang lebih banyak, maka jangan puas dengan hasil 5 juta itu, berusahalah lebih kuat lagi untuk mencapai hasil yang lebih banyak. Jika kita puas dengan hasil saat ini, maka kita akan sulit untuk melangkah maju kedepannya dan mendapatkan hasil yang lebih banyak misal hingga 10 juta atau bahkan 120 juta.

Jadi tidak mudah puas merupakan salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger, karena blogger harus terus bergerak maju, sehingga tidak ada kepuasan terhadap apa yang telah dicapai saat ini. Namun dengan tidak cepat merasa puas , bukan berarti anda tidak bersyukur. Bersyukur itu penting, selain menenangkan hati kita, juga akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Selain itu, bersyukur juga akan menambah kenikmatan dari dalam diri kita. Jangan sampai hal tersebut menjadikan kita melupakan terhadap siapa yang telah memberi rezeki itu kepada kita.

Karena dalam suatu hadits nabi Muhammad SAW berbunyi: “kejarlah dunia seperti kau akan mati 100 tahun lagi dan kejarlah akhirat seolah olah kita akan mati besok pagi”.

Hal itu mengajarkan kepada kita bahwa untuk urusan dunia hendaknya kita terus berusaha dan tak mudah puas karena waktu kita masih sangat lama untuk terus berusaha. Begitu juga untuk urusan akhirat , kita harus tak mudah puas, dan disuruh untuk beribadah sebaik mungkin karena mungkin seperti besok tidak akan tinggal di dunia ini lagi.

10. Tidak mudah putus asa

Selain tidak mudah puas, blogger juga tak boleh mudah putus asa. Karena siapa yang putus asa berarti ia akan putus dari rahmat Tuhan. Jadi seberapapun kita telah gagal maka kita harus bangkit dan berjuang untuk melawan kegagalan itu. Karena kegagalan itu mengajarkan kepada kita untuk bisa berbuat sesuatu yang lebih baik.

Banyak orang yang gagal sebelum mencapai kesuksesan, karena gagal itu sebagai penyaring seseorang. Ya jadi tidak semua orang bisa sukses seperti mereka yang sudah sukses terlebih dahulu. Karena mereka yang sukses adalah mereka yang sudah lolos dari berbagai macam filter kegagalan. Jadi mereka memang sudah benar benar mencicipi masa masa yang menyakitkan dalam hidup mereka.

Jangan lihat mereka dari apa yang mereka punya, namun lihatlah mereka dari apa yang mereka lakukan dan seberapa besar perjuangan mereka untuk mendapatkannya.

Belajarlah dari kegagalan, karena sesungguhnya kegagalan itu mengajarkan kepada kita untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi. Jadi kita butuh 1 formula untuk melawan 1 kegagalan. Jangan hanya menggunakan 1 formula untuk semua hal, karena itu akan membuat kita jatuh berulang kali kedalam jurang yang sama.

Sebagai seorang blogger pasti banyak sekali kegagalan yang didapat. Mulai dari pengunjung yang segitu-gitu aja yang berdampak pada stucknya penghasilan, kegagalan diterima google adsense, kemampuan menulis yang tak kunjung baik, hingga tidak mendapatkan respon yang baik dari berbagai orang. Namun belajarlah dari kegagalan itu, dan jangan menjadikan itu sebagai alasan anda untuk berhenti ngeblog.

Tidak mudah putus asa adalah salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger, dan itu memang harus ada. Karena kesuksesan kita bisa dicapai apabila bisa melewati masa masa kegagalan yang selalu menyapa dan menghalangi ditengah jalan. Salah satu cara mengatasinya adalah selalu tabah, tidak mudah putus asa dan selalu mencari jalan keluar untuk bisa keluar dari kegagalan.

Baca juga artikel lainnya: Strategi membeli rumah diusia muda sebelum 30 tahun

11. Be yours self dan percaya diri

sikap yang wajib dimiliki blogger

Meniru mereka yang telah lebih dulu sukses itu memang perlu, namun tidak meninggalkan jati diri sendiri itu adalah hal yang terpenting. Menjadi diri sendiri sesuatu yang unik, karena pada dasarnya semua orang itu diciptakan berbeda beda dan memiliki kemampuan sendiri sendiri yang unik. Apabila hal ini diterapkan kepada blog, maka akan menjadi blog yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Kadang seseorang merasa tidak percaya diri kalau menjadi diri sendiri. Mereka malu karena ada kekurangan yang dimilikinya. Namun itu sejatinya lebih baik daripada anda harus berpura pura menjadi orang lain. Maka dari itu, menjadi diri sendiri yang disertai dengan rasa percaya diri merupakan satu kesatuan yang baik dan juga merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger.

Anda bebas meniru orang lain, belajar dari orang lain. Namun dalam diri anda sendiri itu ada gaya yang unik yang bisa anda terapkan dalam setiap hal. Jadi dengan mengikuto gaya yang unik itu, maka anda akan lebih baik dan lebih beda dari orang lain.

12. Tanggung jawab

Tanggung jawab ini sangat erat kaitannya dengan tugas dan jabatan seseorang. Segala yang kita lakukan itu akan ada pertanggung jawabannya, baik didunia maupun diakhirat. Karena tanggung jawab inilah kita diharuskan untuk berbuat sesuatu yang positif dan sesuai aturan. Tanggung jawab ini ada hubungannya dengan banyak orang, jadi ini merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger.

Pertanggungjawaban seorang blogger bisa kita lihat dalam hal yang sepele, misalnya dari kebenaran atas informasi yang telah diberikan di blognya itu. Jika memang ada yang menyangkal ataupun menuntut nantinya, maka anda harus siap bertanggung jawab atas hal itu.

Jadi apapun yang anda tulis, hak cipta yang anda buat dan semua yang anda lakukan dan tercantum di blog, maka anda harus benar benar memperhatikannya. Jangan sampai karena hanya satu masalah kecil, anda harus berurusan dengan hukum untuk mempertanggungjawabkan semua itu.

Jadi alangkah baiknya bagi seorang blogger untuk membuat halaman disclaimer untuk menyangkal terhadap segala sesuatu yang mungkin terjadi. Namun yang paling penting ya itu tadi, saat anda berbuat, anda harus berani mempertanggungjawabkannya.

13. Tidak suka sombong dan pamer

Pernah lihat blogger yang memperlihatkan gempokan uang dan screenshot penghasilan yang sangat banyak? Mereka memang biasanya menunjukan hal itu untuk bersyukur, dan juga agar orang lain termotivasi. Namun yang jadi masalah adalah mereka tetap memiliki rasa pamer atau ria dalam hal itu. Bahkan mereka akan dianggap sombong oleh orang lain.

Memang sombong dan pamer adalah hak setiap orang. Namun anda mungkin tidak tahu bahwa apa akibat dari sombong ini. Berdasarkan pengalaman saya dan orang lain bahwa akibat dari sombong ini walaupun kita sombong sedikit saja atau sangat kecil itu pasti ada. Jadi akibatnya itu sesuatu yang buruk baik itu terjadi setelah itu juga atau suatu saat nanti.

Jadi seberapapun anda bisa mendapatkan uang dari blog, dan seberapapun suksesnya anda menjadi seorang blogger, jangan sampai anda pamer. Namun selalu rendah hati dan membantu mereka yang baru belajar itu justru menjadi sikap mulia. Jangan malah mengompor ngompori mereka yang ingin baru belajar. Tidak sombong adalah sikap yang wajib dimilki blogger, karena dengan itulah para pengunjung akan selalu dekat dengan kita dan selalu menyukai kita.

14. Jujur dan tidak suka kebohongan

Blogger yang baik itu selalu jujur, baik dalam penyampaian materi, dalam menjawab setiap pertanyaan, jujur dalam mendapatkan uang, dan jujur dalam setiap tingkah laku. Mereka membenci kebohongan karena dengan kebohongan itu mereka akan merugi sendiri nantinya.

Kejujuran itu amat penting. Kejujuran itu memang sedikit butuh perjuangan dan sedikit lama hasilnya, namun itu akan bertahan lama. Berbeda dengan mereka yang menggunakan cara blackhat atau cara tidak jujur, maka hasil yang didapat tidak lama walaupun banyak. Dan hasilnya itu tidak akan membawa keberkahan bagi mereka.

Jadi jujur merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger, karena hal ini akan menentukan mereka kedepannya menjadi lebih baik lagi. Mereka yang suka akan kebohongan akan tidak akan mendapatkan kebaikan suatu saat nanti.

Jujur menjadi investasi terbaik bagi reputasi anda kedepannya.

15. Kreatif tapi tidak menjebak

Blogger itu perlu kreatif dalam melakukan sesuatu, namun tidak menjadikan kreatif itu sebagai hal yang buruk bahkan menjebak orang lain. Salah satu hal buruk yang dilakukan blogger kreatif adalah dengan membuat judul yang menarik perhatian pengunjung. Namun ada yang menyalahgunakan hal itu sehingga menjadikan judul itu sesuatu yang menjebak orang lain. Kreatif sih tapi tidak baik.

Untuk menjadi blogger yang kreatif, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara berkreasi semaksimal mungkin. Mencoba sesuatu yang unik dan menarik yang berbeda dari lain untuk menambah keuntungan terhadap blog kita sendiri. Misalnya dengan membuat blog dengan menambahkan beberapa fitur yang dibutuhkan oleh orang lain.

Dengan semakin berkreasi sebaik mungkin maka blog akan disenangi oleh orang lain terutama oleh pengunjung blog yang setia. Jadi kreatif itu perlu namun jangan sampai menjadikan hal itu untuk merugikan orang lain. Misalnya pintar pemorogaman, namun jangan sampai membuat blog yang mengandung virus dengan tujuan mencuri data pengunjung, jangan membuat sesuatu untuk mengakali search engine dan sebagainya. Karena hal itu jelas membawa dampak buruk bukan justru dampak baik yang akan didapat.

16. Bersaing positif dan Tidak saling menjatuhkan

Blogger yang baik adalah mereka yang bisa bekerja sama untuk kemajuan masing-masing. Bukan mereka yang saling mejatuhkan dan menggunakan black competition. Bersaing secara positif merupakan sikap yang wajib dimiliki seorang blogger.

Memang setiap blogger harus bersaing untuk menjadi yang terbaik. Walau mereka mungkin melakukan kerja sama dalam suatu hal, namun persaingan itu tetap saja ada. Dunia maya itu luas dan sulit terkendalikan. Kalau didunia nyata, saat ada orang yang berbuat buruk kepada kita atau perusahaan kita maka kita dengan mudah mengetahuinya.

Namun di dunia nyata, bila ada orang yang berbuat jahat kepada blog kita misal dengan membuat blog down, menaruh backlink jahat, bahkan meretas blog itu sulit kita cari tahu siapa yang berbuat ulah tersebut.

Mereka yang bermain secara sportif dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain adalah hal yang terbaik. Karena bagaimanapun juga, kalau terjadi saling serang antara satu pihak dengan pihak lain maka akan membuat keadaan semakin buruk.

Saya masih sering melihat berbagai hal yang berkaitan dengan kompetesi yang tidak sehat antar sesama blogger. Namun hal itu tidak akan memberikan manfaat apapun kedepannya.

Untuk menjadi nomor satu, memang itu hal yang diperebutkan oleh semua orang. Karena dengan itu, mereka juga akan bersaing untuk menempati posisi itu. Jadi banyak dari mereka yang menggunakan berbagai cara buruk untuk menjatuhkan pesaing. Itu bukanlah sikap yang baik, mereka akan menjadikan diri mereka sendiri hilang reputasinya.

Sebenarnya ada banyak cara positif yang bisa dilakukan untuk bisa memenangkan suatu persaingan. Jadi maksimalkan kemampuan anda untuk bisa memenangkan hal tersebut dengan cara positif. Saya yakin anda bisa melakukannya.

Ya benar, walau sekarang ini bisa dibilang persaingan dalam dunia blog itu semakin kuat dan didominasi dari mereka blog besar. Namun anda bisa mencoba sesuatu dengan mengandalkan inovasi sehingga bisa memenangkan persaingan itu. Untuk hal mengenai inovasi, silakan simak poin nomor 17 berikut ini.

17. Inovatif dan punya progam khusus

sikap yang wajib dimiliki blogger

Inovative adalah sesuatu yang mewujudkan sebuah inovasi. Jadi inovatif ini adalah suatu hal yang dilakukan dengan tujuan membuka hal-hal baru lalu mengembangkannya. Di dunia internet banyak sekali potensi yang bisa didapatkan untuk bisa menghasilkan uang. Salah satunya dengan memanfaatkan blog.

Namun hal yang harus anda pahami juga adalah bahwa persaingan blog semakin ketat, jadi banyak yang kalah dalam hal ini. Bagi anda yang memiliki sikap inovative, maka akan berusaha untuk menciptkan strategi baru dan jalan pintas yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Misalnya dengan memanfaatkan tema atau niche yang dibutuhkan banyak orang namun belum banyak yang menjajalnya. Jadi hal ini akan menjadikan anda berbeda dari yang lain, dan anda akan memenangkan sebuah persaingan.

Jika kita lihat saat ini pakar SEO selalu mencari jalan baru untuk bisa menjebol halaman utama google. Pakar internet marketer selalu berusaha mencari jalan pintas untuk bisa membuat dagangan laku keras. Pakar sosial media selalu berusaha mengenai cara promosi yang paling efektif dan bahkan mengelabuhi sistemnya untuk bisa mencapai tujuannya. Para pakar dari developer berbagai bidang selalu mengembangkan berbagai hal baru untuk bisa menciptkan sesuatu yang baru.

Jadi intinya semua orang terus menerus bergerak dan terus mencari jalan baru. Jadi kalau anda hanya diam dan tak melakukan perubahan apapun juga, maka akan terlempar jauh dari yang lain. Jadi jika anda punya kemampuan yang lebih, kembangkan kemampuan itu dan cari cara agar lebih efektif untuk diterapkan dalam segala hal.

Selain punya inovasi, anda juga harus membuat berbagai progam khusus untuk blog anda. Jadi tidak hanya sekedar jalan begitu saja. Kalau perlu keluarkan sedikit uang untuk memperkenalkan blog anda kepada orang banyak. Misalnya dengan membuat acara lomba menulis, maka hal ini akan menjadikan blog anda akan cepat dikenal banyak orang. Jadi setidaknya anda harus punya progam khusus yang rutin dilakukan, maka hal ini akan memberikan banyak manfaatnya.

18. Profesional

Profesional ini juga merupakan hal sangat penting dan merupakan sikap yang wajib dimiliki blogger. Dengan mengedapankan sikap profesional, maka anda akan lebih dihargai dan dipercayai banyak orang.

Profesional itu mampu membagi waktu dengan baik, mampu mengedapankan hal yang lebih penting, berani menghukum sesuatu yang benar terbukti salah, berani mempertanggungjawabkan semua perbuatannya dan sebagainya. Profesional ini tidak memihak dan cenderung netral, jadi tidak merasa ada yang lebih diutamakan dan lebih dikasih sayangi.

Sikap profesional yang bisa ditunjukan dari seorang blogger itu adalah dapat membagi waktu dengan baik walau sesibuk apapun. Jadi misal ada banyak kerjaan lain dan belum ngeblog, maka tunjukan sikap profesionalnya itu dengan mampu menyelesaikan keduanya dengan baik.

Selain itu, misal anda ada masalah dengan pihak lain, maka kebijaksanaan yang anda miliki ini akan menuntut anda pada sikap profesional. Jadi jangan mudah menuduh orang lain salah, dan jangan pula membiarkan diri kita kalah.

Profesionalitas dalam hal apapun memang diperlukan. Karena dengan itulah anda akan lebih dihargai orang lain, sehingga banyak orang yang nantinya ingin bekerja sama dengan anda nantinya. Jadi profesional merupakan salah satu sikap yang wajib dimiliki seorang blogger seperti anda.

19. Pelayanan yang bagus

Misal saat anda menjalin kerja sama dengan blogger lain, maka mau tidak mau harus anda perhatikan pelayanannya. Jangan sampai mereka kecewa, karena dari situlah harga diri akan dipertaruhkan. Karena berdasarkan pengalaman ada blogger yang menjalin kerja sama dengan blogger lain dengan content placement.

Namun ujung-ujungnya tidak sesuai dengan perjanjian jadi yaitu yang tidak membayar kepada blogger yang telah menyediakan untuk content placement. Nah hal seperti inilah hal yang sangat mudah menghancurkan reputasi blog anda.

Jadi pelayanan yang baik kepada mereka pengiklan dan pengiklan kepada para blogger adalah salah satu kunci kerja sama yang baik.

Selain itu pelayanan yang bagus kepada pelanggan ini akan menjadikan diri anda semakin baik kedepannya. Misalnya menanggapi pesan dari mereka. Walau ini hal sepele, namun dampak yang dihasilkan itu tidaklah sepele. Akan berdampak besar bagi kita. Karena tiadalah maknanya apabila blogger tidak memiliki pengunjung bukan?

Jadi utamakanlah pelayanan terhadap orang lain maka anda akan dilayani baik oleh mereka. Jangan sampai mereka kecewa dengan pelayanan yang anda berikan. Karena kekecewaan itu adalah hal yang tidak akan bisa dengan mudah dipulihkan.

20. Kerja keras

Salah satu sikap yang wajib dimiliki blogger adalah kerja keras. Jadi blogger itu jangan loyo, dan bekerja seadanya saja, namun buktikan kalau anda mampu bekerja keras.

Kerja keras akan menentukan kesuksesan seseorang. Karena kerja keras ini adalah hal yang paling dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan. Ini akan membantu mewujudkan mimpi anda. Jadi kita ini tak bisa hanya berharap dan berdoa, namun diperlukan kerja keras untuk mewujudkan semua itu.

Jika kita hanya berpangku tangan alias malas malasan dalam melakukan segala hal maka itu akan menjauhkan kita dari impian. Contoh yang sering dilakukan oleh blogger adalah bahwa mereka itu memang benar benar ingin bisa sukses dan mendapatkan banyak uang dari ngeblog. Namun mereka mau menulis saja selalu nanti-nanti alias uring-uringan untuk bertindak. Maka yang seperti itu tidak akan cepat menjadi blogger sukses.

Kerja keras ini sangat dibutuhkan dalam berbagai hal, termasuk setiap pekerjaan dan setiap kegiatan kita dituntut untuk bekerja keras. Bagi saya untuk bisa melakukan sesuatu dengan bekerja keras adalah belum berhenti bekerja apabila target belum tercapai. Dengan hal itu akan memaksa diri saya sendiri untuk bisa bekerja sekuat mungkin untuk bisa mencapai target itu.

Selain itu, masih ada beberapa hal yang menyangkut sikap yang wajib dimiliki blogger seperti:

  • Sabar
    Bijak dalam menggunakan uang
    Tidak terlalu memaksakan kehendak
    Suka bersedekah
    Mampu bekerja sama dengan baik
    Tidak sungkan bertanya
    Mau menjawab pertanyaan orang lain

Saya ingin membahas detail namun waktu dan tenaga yang terbatas. Jadi saya akhiri sampai disini mengenai pembahasan tentang sikap yang wajib dimiliki blogger jika ingin sukses. Semoga artikel ini memberikan manfaat buat kita semuanya. Terima kasih atas kunjungannya diblog ini. Sampai jumpa!.



Loading...

Tags