SIM Card Tidak Terbaca di Smartphone

SIM Card Tidak Terbaca di Smartphone ? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

SIM card tidak terbaca merupakan suatu masalah yang tidak bisa dianggap remeh. SIM card yang menyimpan nomor ponsel, merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi diri seseorang. Melalui SIM Card juga, siapa saja dapat menghubungki kta dengan mudah.

Coba bayangkan jika seandainya kita memiliki banyak rekan, dan saudara yang saat ini terpisah oleh jarak yang cukup jauh. Sementara SIM card tidak terbaca di smartphone.

Tentu ini akan sangat mengganggu jalinan komunikasi dan silaturahmi kita. Apalagi jika kita tidak memiliki akun media sosial yang terhubung dengan mereka. Komunikasi pun akan jadi terhambat.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita perlu mengetahui cara mengatasi SIM Card tidak terbaca ,agar bisa kembali seperti sediakala.

Baca jugaRegistrasi Kartu SIM Gagal? Jangan Panik..Coba Cara ini Terbukti Berhasil

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca di Smartphone

via jalantikus.com

Sebelum mengetahui cara mengatasi SIM Card tidak terbaca, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut. Semoga dengan mengetahui hal ini, maka kita bisa segera memperbaikinya dengan tepat dan cepat.

Meskipun pada dasarnya banyak hal yang menjadi penyebab SIM Card tidak terbaca, namun umumnya ada 3 masalah yang kebanyakan terjadi. Adapun ketiga hal tersebut antara lain adalah :

Loading...

1. SIM Card Sudah Terlalu Lama Digunakan

Tidak bisa dipungkiri, bahwa banyak diantara kita yang sudah menggunakan SIM Card dengan sangat lama. Padahal setiap barang memiliki komponen yang bisa rusak, jika digunakan dalam waktu tertentu. Tak terkecuali pada sebuah SIM Card.

Salah satu komponen, yang dapat berkurang kualitasnya jika digunakan dalam waktu yang sangat lama pada sebuah SIM card adalah material plastik dan kuningan yang menyertainya.

Kedua benda tersebut, dapat mengalami degradasi sehingga menjadi kurang layak saat digunakan.

2. Kuningan SIM Sudah Rusak

cara mengatasi SIM Card tidak terbaca

Kuningan pada SIM Card adalah komponen terpenting. Sebab pada benda inilah data-data dari penggunanya tersimpan. Oleh karena itu jika kuningan SIM Card rusak maka tidak akan dapat dibaca smartphone.

Selain karena usia penggunaan yang sangat lama, lembaran kuningan juga akan mudah rentan rusak jika sering memindahkan SIM tersebut.

SIM Card yang sering dilepas akan sering mengalami gesekan, tentu saja dapat mengurangi umur pakai.

3. SIM Card Mengalami Panas Berlebih

Panas berlebih selain dapat merusak baterai dan smartphone, ternyata juga dapat merusak SIM Card. Sebab SIM Card biasanya berada didekat benda yang mudah terjadi panas.

Dampaknya tentu saja mengakibatkan kuningan mudah menjadi rusak dan menghilangkan data yang tersimpan di dalamnya, dan SIM Card tidak dapat terdeteksi lagi.

Setidaknya itulah beberapa penyebab SIM Card tidak terbaca smartphone. Lantas apa solusi dari SIM Card yang tidak bisa terbaca smartphone tersebut?

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama di bawah ini :

1. Bersihkan SIM Card

via jalantikus.com

Hal yang mudah namun bisa memberikan dampak yang besar adalah dengan membersihkan SIM Card. Sebab tidak jarang lapisan kuningan pada SIM Card, tertutup noda sehingga tidak terdeteksi sistem.

– Untuk melakukan pembersihan SIM Card, silahkan sobat buka dan lepaskan kartu SIM dari dudukan smartphone.

– Setelah terlepas bersihkan SIM tersebut dari debu dan berbagai kotoran yang menempel.

– Jika kotorannya terasa membandel, sobat bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkannya.

– Jika dirasa sudah bersih, langkah selanjutnya sobat bisa memasang kembali SIM Card pada dudukannya di smartphone.

Silahkan hidupkan smartphone dan kemudian tunggu beberapa saat. Apakah langkah ini sudah cukup untuk memperbaiki kartu SIM agar terbaca smartphone atau belum.

2. Lepaskan SIM Card dan Masukan ke Smartphone Lain

cara mengatasi SIM Card tidak terbaca

Jika langkah pertama belum juga membuahkan hasil. Maka langkah selanjutnya adalah melepas SIM Card tersebut dari smartphone.

Setelah terlepas, silahkan pasang pada smartphone lain, apakah masih belum terbaca atau tidak.

Agar lebih pasti lagi, sobat bisa juga mencoba memasukan SIM Card lain ke smartphone yang sobat miliki. Hal ini sangat penting dilakukan, guna dapat mendeteksi kerusakan dengan mudah.

Jika SIM yang telah dibersihkan berfungsi di smartphone lain, maka kemungkinan komponen yang ada di dalam smartphone sobat, sedang mengalami malfungsi.

Sedangkan jika SIM Card lain berfungsi di smartphone sobat, maka sangat besar kemungkinannya jika SIM Card yang sobat miliki sudah rusak.

3. Lakukan Pengaturan Ulang Jaringan

via jalantikus.com

SIM Card yang tidak bisa terbaca, selain diakibatkan kerusakan pada komponen SIM Card, bisa juga diakibatkan karena operator seluler, yang sedang mengalami gangguan.

Dalam kasus ini SIM Card yang digunakan dalam smartphone tidak mampu memerankan fungsinya dengan baik.

Untuk mengatasi kendala seperti ini, solusi paling jitu adalah dengan mengatur ulang jaringan pada smartphone sobat.

Jika dalam pengturan otomatis tidak membuahkan hasil, silahkan sobat bisa melakukan pengaturan jaringan secara manual.

Untuk mengatur jaringan secara manual, sobat bisa melakukannya dengan masuk melalui menu Setting, kemudian pilih Network & Internet, pilih Mobile Network, dan selanjutnya pilih Access Point Names.

Apabila belum paham, silahkan browsing terlebih dahulu mengenai data APN jaringan yang sobat gunakan. Hal ini sangat diperlukan, karena data tersebut akan sobat gunakan untuk mengatur APN pada jaringan smartphone sobat.

4. Kembalikan Smartphone ke Kondisi Semula dengan Factory Reset Android

cara mengatasi SIM Card tidak terbaca

Jika ketiga cara diatas, belum juga membuat kartu SIM terbaca smartphone. Maka langkah selanjutnya sobat bisa melakukan Factory Reset Android.

Factory Reset Android memiliki fungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula. Yaitu seperti ketika sobat baru membelinya.

Dengan melakukan Factory Reset Android, maka selain dapat memperbaiki SIM Card yang tidak terbaca, juga dapat membuat smartphone berada pada kondisi semula.

Cara Factory Reset Android

– Untuk dapat melakukan Factory Reset Android, silahkan sobat masuk ke menu setting. Lalu di menu setting silahkan sobat pilih Backup and Reset.

– Kemudian pilihlah Factory data reset. Pada bagian ini sobat bisa mencetang tulisan Erase intetnal storage, yang dapat digunakan jika sobat ingin menghapus data-data yanga ada di memory telpon.

– Silahkan sobat masukan kode kemanan yang sobat gunakan pada smartphone.

– Tunggu sampai proses Factory Reset Android benar-benar selesai semua.

Perlu diingat dengan melakukan langkah ini, semua pengaturan termasuk akun aplikasi akan terhapus.

Sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan proses back up, terhadap berbagai data yang sobat anggap penting.

5. Langkah Pamungkas, Segera Konsultasikan dengan Customer Service

Langkah terakhir, jika semua cara sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, cobalah untuk mendatangi atau menghubungi customer service.

Dengan demikian sobat dapat mengetahui penyebab masalah SIM card tidak terbaca tersebut, hingga akhirnya dapat dicari solusinya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *