Penipuan Online

Begini Cara Mengetahui Situs Belanja Online Abal-abal Dengan Mudah

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional ) telah berakhir sejak dimulai pada tanggal 12 desember kemarin. Harbolnas yang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dan di dukung dari berbagai mitra kerja sama. Sepantasnya kita bangga bahwa perkembangan situs belanja online semakin maju, sehingga pelanggan bisa membeli barang secara online dengan aman.

Masalah keamanan dalam bertransaksi melalui toko online ini adalah hal yang paling penting, setidaknya calon pelanggan bisa mengetahui perbedaan situs belanja online resmi terpercaya dan abal-abal alias penipu. Sehingga pada akhirnya tergiur dengan barang yang di tawarkan, tetapi ternyata kena tipu. Alhasil, uang sudah dikirimkan tetapi barang tidak pernah kunjung datang.

Mengetahui situs belanja online abal-abal secara mudah

Nah, disini akan saya beri gambaran secara mudah, tentang perbedaan situs belanja online resmi dan palsu. Banyak calon pelanggan yang kurang memperhatikan hal ini, biasanya yang menjadi perhatian utama adalah tampilan produk sekilas dan harga yang relatif murah. Hati-hati kena tipu.

1. Perhatikan alamat situs dengan jelas

Apakah menggunakan TLD domain (domain berbayar) atau domain gratisan. Caranya mudah sekali, jika menggunakan domain gratisan maka belakangnya pasti ada embel-embel wordpress.com atau blogspot.com. Karena 2 domain ini yang sering digunakan untuk membuat web atau situs secara gratis. Situs belanja Online resmi, kebanyakan menggunakan Https di depannya, karena untuk transaksi online yang lebih aman.

2. Perhatikan tampilan web

Tampilan web yang dipunyai situs belanja online biasanya terlihat rapi dan profesional. Karena hal ini merupakan dukungan kepercayaan terhadap pelanggan. Jangan percaya dengan situs belanja atau toko online dengan tampilan yang kurang jelas dan menyakinkan. Bisa diindikasi itu adalah situs belanja online palsu.

Loading...

3. Cek harga dengan seksama

Biasanya situs belanja online abal-abal menawarkan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran biasa, cek terlebih dahulu dan bandingkan dengan harga standar di pasaran. Jika harganya terlalu terpaut jauh dan lebih murah, anda perlu curiga.

4. Dukungan customer service Review

Perlu diperhatikan, bahwa situs belanja online mempunyai dukungan customer service (CS) yang profesional, dan biasanya sangat mengusai seluk beluk barang yang ditawarkan. Mulai dari fungsi produk, jenis dan macamnya termasuk seri produk di bawah dan di atasnya, sebagai pembanding harga dan kualitas barang. Jangan percaya kepada CS yang tidak bisa menjelaskan produk yang dijual secara terperinci.

5. Dukungan customer service Online 

Sebagai tambahan dan pelengkap dukungan service untuk situs belanja online, biasanya stanby pada jam-jam kerja yang sudah ditetapkan oleh situs online tersebut. Jangan percaya bila ada customer service yang online diluar jam kerja. Begitupun sebaliknya, jangan percaya pada toko belanja online yang customer servicenya tidak bisa dihubungi pada jam kerja.

6. Perhatikan cara pembayaran 

Situs belanja online atau e-commerce selalu menyediakan lebih dari satu sistem pembayaran. Misalkan tranfer nmelalui rekening bank, pasti terdapat lebih dari 1 rekening bank. Jangan percaya kepada toko online yang hanya mempunyai 1 sistem pembayaran saja.

Saat ini bukan hanya situs belanja online besar saja yang bisa mengusai pasaran dan memperoleh pelanggan. Blog personal atau perorangan juga berpotensi untuk mengembangankan bisnis melalui toko online. Biasanya banyak bergerak dibidang jasa online, seperti jasa verifikasi paypal, pengisian saldo paypal, pembuatan akun bank online lain seperti neteller dan masih banyak lagi.

Perlu di ingat, untuk bisnis jasa online ini kita harus benar-benar cermat memilih jasa yang akan kita gunakan. Cari referensi terbaik mengenai situs atau blog personal yang dikelola, bisa melalui forum atau media sosial yang merekomendasikan. sehingga mendapatkan blog personal dan toko online terpercaya.

Baca juga : Modus Baru Penipuan Jual Beli Rumah Online

Tingkat kepercayaan pelanggan serta pelayanan yang bagus maka kita akan mengetahui perbedaan situs belanja online yang asli dan yang abal-abal. Sekali lagi, pilihan di tangan anda. Cermati dengan bijak dan selalu perhatikan. agar anda tidak menjadi korban penipuan.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button