Artikel Adsense

Di Tolak Adsense : Situs Belum Mematuhi Kebijakan Google (Coba Tips Ini)

Halo sobat..Siapa yang pernah mengalami hal ini? Atau mungkin anda yang lagi membaca mengalami hal yang demikian? Baru saja menerima email google ya? Di tolak dengan alasan “Situs belum mematuhi kebijakan google”, rasanya gimana? jengkel, sakit hati, gondok, galau, marah, kecewa dan lain sebagainya. Padahal kita selama ini sudah merasa mematuhi semua kebijakan google tersebut dan dalam postingan kita tidak ada sesuatu yang di langgar, lalu apa lagi?

Tenang sobat, saya dulu juga pernah mengalami hal tersebut dan bahkan hampir putus asa memikirkannya. Karena alasan “situs belum mematuhi kebijakan google” tersebut tidak di perinci secara jelas oleh pihak tim adsense, tidak di tunjukkan mana letak kesalahannya. Siapa yang tidak kelimpungan jika mengalami hal ini, kita hanya bisa menebak-nebak saja dan berkata “Apa sih yang masih kurang dalam blog saya”..??

Saya dulu juga mengalami hal yang demikian, bahkan berkali kali dan hampir putus asa. Apa mungkin nama domain saya yang bermasalah? Apa domain Klik mania tidak sesuai dengan kebijakan adsense? Dan saya sempat berpikiran untuk mengganti domain agar di terima mendaftar adsense.

di tolak google adsense
Dokumen Pribadi

Namun setelah membaca blog juragan Cipir punya mbak Indri dan Portal uang milik Gee jhon saya mencoba sedikit membenahi sesuatu yang penting dalam blog saya, saya mengedit serta membuang kata dalam kalimat posting yang sekiranya cukup sensitif terhadap kebijakan yang di berlakukan oleh google adsense. Setelah itu baru didaftarkan lagi. Lalu apa langsung di terima? Ternyata tidak juga…tapi tunggu dulu, baca yang di bawah ini.

Pengertian situs belum mematuhi kebijakan google

Pengertian kata tersebut sangat luas, karena pihak google adsense juga tidak menerangkan secara detail letak kesalahan yang sebenarnya, hanya memuat tulisan tersebut di dalam email dan mereferensikan kita untuk melihat halaman bantuan adsense. Dan ini beberapa hal yang wajib kita perhatikan dan secepatnya dilakukan perbaikan, terkait pedoman dan kebijakan google adsense.

  • Mengulur waktu antara 2-3 minggu untuk mengajukan ulang permohonan dengan meneliti kembali apa yang salah.
  • Jangan menggunakan gambar posting terlalu banyak, cukup 1 atau 2 saja dan bebas hak cipta.
  • Menghapus konten yang mereview jasa produk apapun dengan tujuan komersial dan promosi.
  • Menghapus konten yang berhubungan dengan download software. (crack, ilegal)
  • Menghapus konten yang berhubungan dengan download Mp3, Lyric, ataupun video.
  • Menghapus konten yang berhubungan dengan PTC, MLM dan sejenisnya.
  • Menghindari kata kata yang membuat ajakan atau menghasut seseorang untuk sesuatu yang belum terbukti kebenarannya.
  • Mengedit kata dalam posting yang sekiranya bukan sebagai bahasa yang sering di gunakan. (bahasa gaul)
  • Melepas kode histats dan blog translate.

Baca : Situs penyedia gambar gratis bebas hak cipta

Untuk bagian template banyak yang menyarankan penggunaan template bawaan blogger, hal ini banyak terbukti juga bahwa sebagian sobat blogger sukses dan di terima dengan template klasik blogger, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Loading...
  • Menggunakan template yang simpel, bersih dan tanpa fitur readmore.
  • Pasang widget penunjang, popular post, artikel terkait dan archive.
  • Membuat halaman about me, privacy, disclaimer dan halaman kontak.

Penempatan kode iklan harus sesuai pedoman adsense

Jangan asal menempatkan kode iklan sembarangan, sewaktu proses pengajuan kembali. Kita harus mentaati pedoman penempatan iklan yang tidak melanggar ketentuan yang sudah di buat oleh pihak google adsense. Sebaiknya anda baca artikel di bawah ini tentang penempatan iklan yang dilarang adsense.

Baca : Penempatan Iklan Yang Dilarang Dan Melanggar Kebijakan Adsense

Hal yang sering diremehkan oleh sobat blogger adalah membuat halaman profil Gplus sesuai dengan email yang didaftarkan ke adsense, pihak goole menganggap hal ini serius sebab kita akan menggunakan semua fasilitas google yang saling terintegrasi.

  • Lengkapi halaman dan profil Gplus, tulis halaman uraian serta alamat kontak email.
  • Cari teman dan buat lingkaran teman di Gplus minimal 10 orang.

Setelah semua selesai, kita bisa mengajukan ulang permohonan adsense dalam waktu 2-3 minggu. Dalam menunggu waktu tersebut, kita bisa tetap posting seperti biasa dan tetap menghindari kalimat yang sekiranya sensitf terhadap kebijakan adsense.

Jika email penolakan hanya berisi “situs belum mematuhi kebijakan google”, itu hanya alasan klasik dari google saja, anda tidak usah panik dan putus asa, karena sebelumnya masih ada email penolakan seperti konten tidak memadai, situs yang sensitif, atau situs belum sesuai dengan pedoman mutu webmaster. Dalam tahap ini, kita tinggal selangkah lagi.

Dengan memperhatikan hal di atas insya Allah permohonan pengajuan ke google adsense berikutnya pasti di terima dan di setujui sepenuhnya. Ini hanya pengalaman saya saja, sewaktu menerima email yang sama dan akhirnya di terima sebagai publisher adsense. Semoga artikel ini bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

74 Comments

  1. mas saya ditolak dengan alasan situs tidak memenuhi kebijakan google terus padahal saya rasa gak ada yang salah tapi tetap aja ditolak

    Jika berkenan tolong review blog saya dong mas apa aja yang salah soalnya mau saya perbaiki lagi

  2. Mas blog saya banyak postingan gambar soalnya blog saya tentang tutorial, berarti susah dong

  3. saya mau tanya mas, sy sudah lama tidak buka blog dan ketika saya buka saya ganti template dan tiba-tiba adsense saya tidak diaktifkan, Bagaimana ya mas agar bisa aktif kembali.
    Tolong pencerahannya ya mas.
    ID Akun: pub-1597406242856225
    ID Klien: ca-pub-1597406242856225
    Trimakasih

  4. Masih soal penolakan adsense ni. Saat di pengaturan > daftar postingan/kita> Lalu klik “Lihat”. Apakah termasuk Melanggar TOS?

  5. Kalau keterangan di menu penghasilan : Akun yang dikaitkan dengan penayangan ca pub tidak disetujui. / lalu di email isinya: Konten Tidak memadai, —2 kali kepeleset dah tuh, ada yang bisa memberitahu,arti terperinci nya, tks

  6. mas, situs saya ditolak dengan alasan situs belum mematuhi kebijakan Google. Saya meski gimana ya? Padahal udah ngerasa bahwa blog saya gak melanggar.

  7. Nanya Mas,
    Kalau jawaban adsense seperti ini, apa yang harus saya lakukan?
    Soalnya, sudah 2 x blog saya ditolak. Mohon bantuan penjelasannya ya mas..

    Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini
    Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna dan kaya, menerima lalu lintas organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

    Berikut beberapa saran untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda dan memenuhi kriteria AdSense:

    Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda.
    Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali.
    Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.

    1. Biasanya penolakan umum dari pihak Adsense ya seperti itu mas, nanti bisa dicoba lagi untuk daftar kembali.
      Cek lagi apakah ada sekiranya konten dari posting blog yang melanggar pedoman Adsense, cek juga penggunaan gambar, jangan gunakan gambar yang diambil dari Internet, gunakan gambar yang free bebas lisensi.

  8. terima kasih banyak ya mas, membaca ini jadi semangat lagi, ada yang saya ingin tanyakan, blog saya sebenernya sudah ada account GA nya saya custum domainnya jd TLD dan dapat account GA non Hosted, iklan di youtube sudah jalan tapi kenapa di blog belum tampil ya mas, mohn pencerahannya mas, terima kasih ya

    1. Setelah akun Adsense disetujui (sudah dikirim email persetujuan) maka dalam waktu maksimal 48 jam iklan akan tampil.

  9. Mas saya memiliki 3 pertanyaan ni :
    1. Boleh nggak kalo kita ngambil gambar dari postingan instagram atau facebook teman/orang lain?
    2. Blog saya juga ada lirik lagunya apa harus di hapus??? (-_-) padahal banyak pengunjungnya,
    3. Apakah ketiak mengajukan adsense, menu navigasi di header tidak boleh di isi dengan link yang menuju label??

    Mohon jawabannya mas 🙂

    1. 1. Sebaiknya gunakan gambar yang free bebas lisensi, itu jauh lebih aman.
      2. Bisa ditempatkan dalam draft mas, tidak perlu dihapus,
      3. Boleh mas, kan harus di isi menu kedalam kategori postingan (Label)
      Yang tidak boleh adalah memasang banyak link yang menuju keluar halaman blog.

      1. untuk point no. 2, “Bisa ditempatkan dalam draft, tidak perlu dihapus” aduh, saya gagal paham ni,,,,, cara memindahkan postingan ke draft tanpa dihapus itu gimana mas?

  10. mas saya mau tanya maksudnya akun adsense tidak di stujui itu gimana
    “This account has been disapproved by Google”
    sebelum nya saya dapat penangguhan akun adsense karena invalid pada tanggal 9 okto 16
    apakah akun adsense saya dinonaktifkan google??

  11. Saya jg baru menerima alasan tersebut, tapi setidaknya dari artikel anda saya tahu jika jenis penolakan diatasi adalah status tahapan terakhir dari penolakan adsense, coba liat web saya kasih saran kira2 kurangnya dimana, apakah artikel promo Telkomsel menyalahi konten google

    1. Blognya sudah bagus gan, hanya saja kabar terakhir yang banyak dibahas dalam forum adalah penggunaan gambar, biasanya gambar yang diambil dari internet berpeluang kecil untuk diterima. Lebih baik gunakan gambar sendiri atau gambar gratis bebas lisensi.

      1. oooh gitu gan ya, klau gambar diedit ulang dengan digabungin 2 gambar menjadi satu apa bole gan. soalnya saya keslitan mencari gambar asli. ya sy akan coba juga sebagian artikel saya carikan gambar asli saja