Dunia InternetInternet

Situs dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia Versi Mobile 2017

Dari tahun ke tahun situs di Indonesia berkembang begitu pesat. Entah itu situs blog, toko online, portal berita, situs streaming musik dan film online, situs jasa dan lain sebagainya bertumbuh sangat pesat tahun ini. Puluhan juta situs bersaing untuk merebut predikat sebagai situs dengan pengunjung terbanyak.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan referensi mengenai situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia di awal tahun 2017 ini. Perhitungan yang diambil ini berasal dari perhitungan dari pengunjung versi mobile. Jadi perhitungan ini mengabaikan kunjungan dekstop. Hal ini karena hampir seluruh trafik di dunia internet sudah dikuasai oleh trafik mobile.

Data ini saya ambil dari comScore Mobile Metrix pada quartal pertama tahun 2017 dengan mempertimbangkan usia pengguna dalam laporannya yaitu 18 tahun ke atas. Silakan anda amati situs apa saja yang berhasil meraih peringkat 10 teratas di Indonesia.

Situs dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia

Inilah 10 situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia yang dihitung berdasarkan trafik mobile device. Silakan simak.

1. Google sites (google web search)

Google selain menduduki peringkat pertama di Indonesia juga menempati peringkat pertama di dunia. Namun google sendiri tentunya tidak menggunakan 1 domain saja, melainkan di masing masing negara memiliki ekstensi domain masing masing. Misalnya di Indonesia google.co.id di malaysia google.co.my di Inggris google.co.uk dan sebagainya.

Sebagai situs search engine paling terkemuka di dunia. Setiap harinya ratusan juta kueri di cari oleh milyaran orang di seluruh dunia. Karena kemudahan, relevansi, dan fleksibilitas itulah yang membuat google menjadi pilihan utama para peselancar dunia maya.

Mesin pencari yang dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997 ini dibuat dengan tujuan awal untuk membuat suatu mesin pencarian dengan isi tak terbatas. Jadi cara kerjanya adalah dengan mengcrawl semua dokumen dokumen web di dunia maya dari berbagai format seperti HTML, PDF dan masih banyak lagi.

Ada 23 fitur penting yang dimiliki oleh google search diantaranya meliputi pencarian kata, pencarian gambar video berita, pencarian hotel, sinonim, zona waktu, ramalan cuaca, data gempa, suhu, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, pelacakan paket, harga, konversi mata uang, kalkulator, kode wilayah, hak paten, dan lainnya.

Google sendiri memiliki saingan berat Yahoo dan bing saat ini. Dimasing masing negara pun memiliki saingan seperti baidu, soso, naver, yandex, seznam. Namun semua itu tidak menjadikan google turun peringkatnya sebagai situs paling banyak dikunjungi di dunia.

Pertumbuhan trafik google search ini dari waktu ke waktu terus menerus naik. Hal ini karena google dipercaya sebagai gudang informasi. Bahkan banyak persepsi masyarakat yang salah yang menyebut google sebagai penyedia informasi. Padahal google sebenarnya hanya situs yang menyedikan rujukan situs situs relevan sesuai hasil pencarian.

Maka dari itu, saya sering menemui banyak berkas atau artikel yang menyebutkan sumber referensinya dari google. Bukan dari artikel di web yang dituju.

2. Facebook

Facebook sebagai sosial media paling berpengaruh di dunia menduduki peringkat ke dua di Indonesia. Jejaring sosial satu ini memang memiliki pertumbuhan yang sangat luar biasa. Berdiri di tahun 2004 sampai saat ini terus menerus meningkat popularitas dan juga penggunanya. Menurut data dari wikipedia, tiap tahun sejak tahun 2008 mengalami perkembangan hingga 100 juta pengguna tiap semester atau bahkan kurang dari waktu itu. Pengunjungnya pun banyak didominasi oleh kaum muda.

Mark Zuckerberg mendirikan facebook di Amerika Serikat pada Februari tahun 2004. Dulunya memiliki nama Facemash. Dan hebatnya, sejak 4 jam dari peluncuran, situs ini sudah mendapatkan 450 anggota dan 20 ribu tampilan. Seiring berjalannya waktu facebook pun terus menerus berkembang untuk menjadi situs yang besar hingga saat ini.

Facebook memang tak hanya mengembangkan situs web saja. Bahkan untuk mengurangi berbagai masalah seperti loading yang lama, facebook membuat aplikasi mobile yang begitu mudah dan cepat digunakan.

Jika dilihat dari data yang ada, pengguna facebook web dibandingkan dengan menggunakan aplikasi facebook langsung baik facebook biasa ataupun facebook lite lebih sedikit. Namun dengan perhitungan analitik yang dilakukan comScore menunjukan bahwa pengguna facebook untuk web mobile saja menunjukan peringkat kedua dunia. Tentunya jika dihitung bersamaan dengan pengguna yang menggunakan aplikasi akan lebih banyak lagi.

Berbagai hal seperti inovasi, kemudahan, keamanan, dan tentunya popularitas yang tinggi membuat facebook menjadi pilihan daripada sosial media lainnya. Inilah yang menjadikan situs situs lain seperti halnya twitter sulit untuk mengalahkan facebook yang lebih bebas dan lebih mudah digunakan.

Tentunya situs dengan pengunjung terbanyak ke dua di Indonesia ini terus berkembang untuk menjadi sosial media yang terus menerus diminati oleh semua orang. Namun sesuai ketentuan situs ini hanya memperbolehkan pengguna di atas 13 tahun untuk bisa ikut berpartisipasi. Tapi fakta dibalik itu banyak sekali pengguna yang masih dibawah umur.

Selain itu, banyak respon negatif yang diberikan ke facebook karena masalah spam yang merajalela. Tak hanya itu, soal facebook menjadi media penyebaran hoax paling efektif juga menjadi perhatian dan kecaman dari banyak orang.

3. Kompas Gramedia

Situs: kompas.com, tribunnews.com, kontan.co.id, surya.co.id, suryamalang.com, wartakota.tribunnews.com Untuk situs perusahaannya beralamatkan di kompasgramedia.com.

Kompas Gramedia yang disingkat KG ini merupaan merupakan media yang sudah berdiri sejak lama sekali. Tepatnya didirikan pada 17 Agustus 1953 oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama. KG memiliki kantor pusat di Jakarta.

Selain mengeluarkan dalam bentuk majalah, kompas juga memiliki situs portal berita online yaitu kompas.com dan tribunnews.com. Kedua situs inilah yang menjadikan kompas gramedia menjadi situs paling banyak dikunjungi di Indonesia dalam hal situs berita.

Jika kita lihat secara langsung, kompas dalam hal penyiaran melalui media daring mereka tidak menggunakan banyak situs sesuai dengan kategori masing masing seperti halnya situs lainnya semisal kapanlagi network dan kreatif media karya online.

Namun yang menjadikannya memiliki pengunjung begitu banyak, situs yang beralama di tribunnews.com memiliki banyak sekali subdomain sebagai situs untuk masing masing daerah. Berbagai kota kota besar di Indonesia dijadikan pembahasan oleh tribunnews. Hal inilah yang menjadikan situs ini begitu banyak memiliki pengunjung.

Misalnya jabar.tribunnews.com, bali.tribunnews.com, makassar.tribunnews.com, atau batam.tribunnews.com. Pelokalan konten berita inilah yang mampu menarik perhatian pengunjung untuk mendapatkan berita sesuai keadaan lokal setempat.

Selain menggunakan metode lokalisasi, KG juga menempatkan berbagai kategori atau topik web dalam 1 direktori situs yang sama. Misalnya tribunnews.com/news, tribunnews.com/nasional, tribunnews.com/seleb.

Namun yang menjadi banyak keluhan banyak orang, KG ini sering menyebarkan informasi yang menjebak. Misal konten tidak sesuai dengan judul yang dibacanya. Hal inilah yang menjadikan nilai positif KG di mata masyarakat berkurang.

4. Kapan Lagi Network

Situs: merdeka.com, kapanlagi.com, bola.net, vemale.com, otosia.com, fimela.com, sooperboy,com, mucila.com fream.co.id, hemat.com, brilio.net, famous.id. Untuk situs induknya yaitu KLN.id

Kapanlagi network merupakan situs internet yang memiliki jangkauan untuk wilayah Indonesia dalam media daring. Kapan Lagi Network atau yang biasa disebut KLN ini berkantor pusat di Jakarta yang didirikan pada Agustus tahun 2003.

KLN menggunakan berbagai situs berbeda sesuai dengan topiknya masing masing dalam menjaring pengunjung. Walau bisa dibilang KLN berdiri kalah jauh dari KG, namun KLN terus berkembang untuk menyajikan media media dengan konten yang baik dan tidak menyinggung siapapun. Ia selalu menjaga dari konten yang hoax, menjebak ataupun menghasut.

5. Kreatif Media Karya Online (Liputan6)

Situs: liputan6.com, bintang.com, bola.com, vidio.com, hijup.com, bukalapak.com, bobobo.com,rumah.com, karier.com, oto.com, bridestory.com, hometesterclub.com, reservasi.com, kudo.com, suitmedia.com, hypergrowth.co. Untuk situs pusatnya berada di kmkonline.co.id.

Kreatif Media Karya Online atau yang biasa disingkat dengan sebutan nama KMK Online ini memang media yang belum lama berdiri. Tepatnya pada tahun 2012 situs ini berdiri yang kala itu didirikan oleh Adi Sariatmadja. Media yang memiliki perusahaan Induk Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) ini memiliki kantor pusat di Jakarta.

Kelima situs itu meliputi Liputan6.com sebagai situs portal berita, bola.com sebagai situs portal olahraga, bintang.com sebagai situs portal hiburan dan karier.com sebagai situs portal kerja lokal dan juga vidio.com sebagai situs vidio. Namun liputan6 menjadi situs paling mendapatkan trafik di Indonesia.

Berbagai macam situs situs diatas tersebut terus menduduki peringkat atas dalam masing masing bidangnya. Tak ayal jika KMK Online berhasil meraih predikat sebagai situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia nomor 5. Apalagi ia saat ini begitu gencar untuk melakukan berbagai upaya yang dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

6. WordPress

Situs: wordpress.org, wordpress.com, id.wordpress.com, id.wordpress.org

WordPress.com menjadi situs dengan pengunjung terbanyak nomor 6 ini seakan akan saya sendiri tidak percaya. Karena jika saya lihat secara keseluruhan, tentunya situs yang sebagai platform web atau blog terbanyak di Indonesia adalah blogspot.com.

Tapi ternyata dugaan saya salah, wordpress lebih banyak digunakan oleh orang Indonesia dari berbagai kalangan. Hal ini membuktikan bahwa minat orang Indonesia itu tidak hanya soal baca berita dan soal belanja, tapi mereka hobi nulis dan ngeblog.

WordPress selain sebagai platform blog juga sebagai CMS (Content Manegement System) yang dapat diaplikasikan secara bebas dan gratis di situs manapun. Hal inilah yang menjadikan wordpress sebagai open source paling populer di dunia saat ini.

WordPress mampu menempati peringkat 6 sebagai situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia karena memang lebih fleksibel dalam hal akses mobile. Sehingga para pengguna pun tak perlu repot repot untuk ngechek trafik dan kostumisasi web mereka melalui PC.

7. Trans Media/Trans Corp

Situs: detik.com. Situs perusahaan transcorp.co.id

Trans corp memiliki cabang yang sangat besar di Indonesia, mulai dari berbasis media, gaya hidup, hiburan, properti, ritel, komunikasi, penerbangan, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadikan kenapa Chairul Tanjung mampu menjadi orang terkaya di Indonesia ke empat karena dia menjabat sebagai CEO CT Corp.

Media online yang menjadi kebanggaan dari CT yaitu detikcom, disamping ada bagian kepemilikan di CNN Indonesia. Namun untuk tahun ini situs detikcom tampaknya tidak menjadi situs portal berita nomor 1 di Indonesia seperti beberapa tahun sebelumnya. Peringkatnya menurun karena kurangnya inovasi dari trans media.

Selain berkutik di media daring, transcorp sendiri memiliki banyak sekali anak perusahaan yang begitu banyak tersebar di berbagai bidang.

8. Elevenia

Elevenia yang memiliki alamat situs di elevenia.co.id merupakan toko online yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari hari. Dalam segi bisnisnya ia tergolong jenis B2C marketplace sehingga seller seller bisa menjual apapun yang sesuai dengan peraturan layanannya. Namun sistem marketplacenya terpisah antara penjual dan pembeli, tidak semuanya bisa membuka toko seperti halnya tokopedia dan bukalapak.

Situs belanja daring ini merupakan milik dari PT XL Planet yang juga memiliki perusahaan lain yaitu XL Axiata dan SK Planet. Elevenia berdiri pada 1 Maret 2014. dari tahun ke tahun pertumbuhannya selalu meningkat tajam. Bahwa dalam sebuah statistik, satu tahun setelah peluncuran situs ini sudah memiliki lebih dari 23 ribu seller dengan jumlah produk lebih dari 2 juta. Dalam waktu bersamaan, situs ini juga sudah memiliki 1 juta pengguna yang sudah terjadi 400 ribu transaksi pengiriman produk.

Masalah pendapatan, situs ini juga mendapatkan lebih dari 250 milyar di tahun 2014 saja. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan situs toko online ini bekerja dengan sangat cepat dari waktu ke waktu.

Di elevenia, ada 8 kategori yang tersedia meliputi gadget, elektronik, home, kids, beauty and health, fashion, sports, dan juga service food. Hal yang menarik dari elevenia adalah sering adanya promo untuk berbagai kategori tertentu. Sehingga hal ini akan menarik banyak perhatian banyak orang untuk membeli produk di elevenia.

9. Lazada Indonesia

Lazada yang beralamatkan di lazada.co.id ini merupakan e commerce yang didirikan oleh Rocket Internet dan saat ini telah diakuisisi oleh alibaba milik Jack Ma dengan nilai sangat fantastis. Lazada sendiri memiliki banyak kembaran di beberapa negara di asia tenggara seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Filipina. Namun tidak semua jaringan lazada di asia tenggara di akuisisi oleh alibaba.

Berbagai kucuran dana dari investor juga terus datang ke lazada Indonesia. Sehingga situs ini terus menerus tumbuh menjadi retail online yang begitu besar. Apalagi kategori kategori produk yang ada juga terus menerus meningkat, mulai dari elektroik, alat kesehatan, produk peralatan rumah tangga, produk kesehatan, perlengkapan bayi, perlengkapan travelling, alat olahraga dan masih banyak lagi.

Situs dengan pengunjung terbanyak nomor 9 versi mobile ini sebenarnya tak beda jauh dari elevenia. Hanya keduanya terus bersaing untuk berebut posisi sebagai e commerce pilihan masyarakat Indonesia.

10. Yahoo sites

Sebenarnya, yahoo ini berdikri 3 tahun lebih muda daripada google. Namun karena relevansi hasil penelusuran yang kurang baik, peringkat yahoo terus menerus menurun. Memang di awal awal tahun 2000 an hingga pertengahan tahun 2000an, yahoo sempat menjadi search engine pilihan banyak orang.

Namun setelah itu peringkat terus menurun sehingga pendapatan pun terus menurun hingga rugi. Maka dari itu, beberapa waktu lalu telah terjadi akuisisi dengan nilai yang tidak begitu memuaskan. Akusisi tersebut dilakukan oleh verizon senilai 63 triliun rupiah atau 4,83 miliar dollar AS.

Sebenarnya inovasi dari yahoo pun terus berkembang. Hal ini dibuktikan dengan berbagai akusisi akusisi yang banyak sekali dilakukannya. Selain itu, ia juga memiliki berbagai layanan layanan yang begitu dibutuhkan banyak orang.

Itulah bebarapa situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia versi mobile untuk tahun 2017. Peringkat ini pastinya akan selalu naik turun sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam menjaga peringkatnya tersebut. Tapi setidaknya hal ini bisa menjadi referensi bagi kita semuanya mengenai super web di Indonesia.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

5 Comments

  1. ulas juga blog dengan pengunjung terbanykan Gan, biar bisa dipelajari untuk mendatangkan pengunjung

  2. kalau google sepertinya ga perlu disebutkan gan, orang2 juga sudah tau kalau google pasti bnyak pengunjungnya.

  3. di lain sisi ane baca Fb No 12 kok gan?
    kalau enyong jujuran mending buka Klik mania alasan 1 karena memberi inspirasi yang akan berkaitan dengn will power otak saya
    matur suwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close