Dunia Internet

Situs Penyedia Video Gratis yang Bisa Kamu Gunakan untuk Berbagai Keperluan

Situs Penyedia Video Gratis – Situs layanan manajemen konten asal Kanada, Hootsuite mengatakan jika 46% responden dalam survei tahunan pelanggan mereka sudah menggunakan video untuk akun sosial media.

Angka survei dari Hootsuite ini pun berpeluang naik, karena di tahun 2018 diperkirakan akan ada tambahan 26% dari mereka-mereka yang baru akan memulai mengisi konten sosial medianya dengan video.

Survei yang dilakukan Hootsuite ini bukannya tanpa alasan, karena faktanya konten yang berupa video memang lebih digemari, disukai dan menarik minat para netizen.

Untuk memanfaatkan tren yang sedang berkembang ini, kami telah mengumpulkan beberapa situs penyedia video gratis yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Mau tahu apa saja situs-situs penyedia video gratis yang dimaksud? Ini dia situs-situsnya.

1. Pixabay

situs penyedia video gratis
Gambar: Pixabay

Kurang lebih ada 1,3 juta gambar dan video yang ada di Pixabay. Di situs ini, status gambar dan video yang ditawarkan berupa lisensi CC0 (Creative Commons Zero).

Apa itu CC0? Adalah lisensi yang memudahkan para penggunanya, yaitu para pengguna tidak perlu mendapatkan izin, memberikan kredit kepada pemilik gambar atau video untuk menggunakan atau memodifikasi konten.

Meski para pengguna diberi kebebasan untuk memodifikasi konten, baik itu untuk tujuan komersial atau non komersial. Sebagai seorang netizen yang baik, ada baiknya kamu tetap memberikan kredit kepada sang pemilik asli (opsional).

Loading...

2. Pexels

pexels
Gambar: Pexels

Awal mulanya, Pexels hanyalah situs yang menyediakan gambar-gambar gratis. Namun kini, situs tersebut mulai menjadi situs penyedia video gratis yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Pexels sama seperti Pixabay, dimana dua situs ini sering digunakan untuk keperluan artikel blog, website perusahaan, atau yang lainnya.

Adapun untuk lisensi video yang ada di Pexels, kamu tidak perlu khawatir atau takut, karena Pexels sudah menggunakan lisensi CC0 yang berarti membebaskan para pengguna dari batas penggunaan.

3. Videvo

videvo
Gambar: Videvo

Kamu yang saat ini sedang menjalankan video marketing sangat cocok menggunakan Videvo untuk menunjang pemasaran. Kok bisa cocok?

Karena Videvo menawarkan begitu banyak video gratis yang terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti:

1. Animals

2. Food and Drink

3. Industry

4. Medical

5. Musical

6. Nature

7. People

8. Production

9. Space

10. Sport

Di Videvo pun, kamu akan diberikan kemudahan dalam hal akses (lisensi), karena di situs ini terdapat tiga lisensi, yaitu:

1. Videvo Standard License

Adalah lisensi gratis yang bisa digunakan untuk selama-lamanya, tanpa perlu mengaitkan (memberi kredit) kepada pemiliki asli.

Penggunaan Videvo Standard License:

1. Kamu bisa menggunakan klip secara gratis dan untuk selama-lamanya.

2. Kamu tidak perlu memberikan kredit kepada pemilik asli.

3. Kamu dapat menggunakan dan mempublikasikan klip di semua platform, baik itu web, siaran, pertunjukan, aplikasi, permainan, dll.

4. Kamu tidak boleh mendistribusikan atau menyebarkan klip dalam bentuk asli, misalnya didownload, kemudian diupload ulang pada situs lain.

2. Videvo Attribution License

Jika Videvo Standard License gratis untuk selama-lamanya dan tanpa perlu mengaitkan (memberi kredit) kepada sang pemilik asli, maka di sini pun hampir sama, kecuali urusan pemberian kredit.

Penggunaan Videvo Attribution License:

1. Kamu bisa menggunakan klip secara gratis dan untuk selama-lamanya.

2. Kamu harus memberikan kredit kepada pemilik asli.

3. Kamu dapat menggunakan dan mempublikasikan klip di semua platform, baik itu web, siaran, pertunjukan, aplikasi, permainan, dll.

4. Kamu tidak boleh mendistribusikan atau menyebarkan klip dalam bentuk asli, misalnya didownload, kemudian diupload ulang pada situs lain.

3. CC 3.0

Adalah lisensi yang membebaskan (membolehkan) para penggunanya untuk mendistribusikan klip di tempat lain, baik itu dalam bentuk asli atau diedit.

Penggunaan CC 3.0:

1. Kamu bisa menggunakan klip secara gratis dan untuk selama-lamanya.

2. Kamu harus memberikan kredit kepada pemilik asli.

3. Kamu dapat menggunakan dan mempublikasikan klip di semua platform, baik itu web, siaran, pertunjukan, aplikasi, permainan, dll.

4. Kamu diperbolehkan berbagi, mendistribusikan klip. Namun, kamu tidak diperkenankan untuk menjualnya.

4. Life Of Vids

life of vids
Gambar: Life Of Vids

Situs penyedia video gratis yang satu ini cukup simple dalam penggunaannya. Bagaimana tidak simple, di situs ini kamu bisa menggunakan videonya secara gratis dan dapat mendistribusikannya di tempat lain dengan jumlah 10 video (dibatasi 10 video).

Adapun untuk mendowload video-video yang ada di Life Of Vids, kamu bisa klik logo Vimeo di pojok kanan bawah pemutar video. Setelah itu, kamu akan dibawa menuju halaman baru, dan akan muncul tombol download.

Selain untuk mencari video, di situs ini kamu juga bisa mencari gambar-gambar yang bagus hanya dengan klik Photography (disamping home).

5. Splitshire

splitshire
Gambar: Splitshire

Splitshire sama seperti situs-situs penyedia video gratis sebelumnya, dimana kamu bisa menggunakan video-video yang ada di Splitshire untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Bagaimana caranya mendownload video di Splitshire? Kamu cukup klik judul video yang diinginkan. Misal, kamu ingin download video Flying To Sailboat. Maka kamu cukup klik judul videonya, kemudian klik Download “Flying To Sailboat.”

Selain mencari video-video gratis di Splitshire, di situs ini kamu juga bisa mencari gambar-gambar yang bagus, karena Splitshire memang sudah menyediakannya.

6. Videezy

videezy
Gambar: Videezy

Saat pertama kali membuka situs Videezy, maka kamu akan mendapati sebuah kalimat “Free HD Stock Footage & 4K Videos.” Apa itu artinya?

Artinya adalah video-video Videezy memang berkualitas tinggi, apalagi 4K adalah video yang resolusinya 4 kali lebih detil dari video HD biasa.

Bagaimana download video di Videezy? Cukup klik video yang dianggap menarik, kemudian pilih Free Download. Setelah itu, lihat lisensi video yang digunakan, apabila CC 3.0 berarti kamu wajib memberikan kredit kepada pemilik asli.

Adapun untuk video-video yang bertanda hijau dan bertuliskan pro sangat tidak disarankan kamu klik, karena untuk mendapatkan video-video tersebut, kamu diharuskan membayar.

Namun, apabila kamu memang memiliki uang dan tertarik untuk menggunakannya, silakan memilih video-video yang bertuliskan pro.

7. Vidsplay

vidsplay
Gambar: Vidsplay

Vidsplay adalah salah satu situs penyedia video gratis yang memberikan banyak pilihan kepada para penggunanya, karena menawarkan begitu banyak kategori video, seperti:

1. Animals

2. Architecture and Buildings

3. Army

4. Backgrounds and Abstract

5. Business

6. Education

7. Food and Drink

8. Health and Medical

9. Holidays and Celebrations

10. Household

11. Industry and Craft

12. Nature and Landscapes

13. People

14. Places and Monuments

15. Production Elements

16. Religious

17. Society

18. Sports

19. Technology and Science

20. Time-Lapse

21. Transportation and Traffic

Untuk download video di Vidsplay pun cukup mudah, dimana kamu hanya tinggal mencari video yang dibutuhkan. Kemudian, apabila sudah menemukan video yang dicari, silakan klik tombol download.

Adapun untuk masalah lisensi, Vidsplay mewajibkan para penggunanya untuk mengaitkan (memberi kredit) kepada pemilik asli.

Situs Penyedia Video Gratis Tambahan

Masih ada tiga situs tambahan lagi yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari video-video gratis. Dan ketiga situs tersebut adalah:

1. Videoblocks

Video gratis yang ditawarkan Videoblocks sangatlah banyak, dan kamu bisa mendapatkannya dengan mendaftar terlebih dahulu. Setelah proses pendaftaran selesai, maka 20 file setiap hari selama 7 hari akan kamu dapatkan.

2. Stock Footage 4 Free

Untuk mendapatkan video dari Stock Footage 4 Free harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah proses pendaftaran dilakukan, video-video bebas royalti dari Stock Footage 4 Free sudah bisa kamu unduh.

3. Distill

Sama seperti Stock Footage 4 Free, kamu pun diharuskan mendaftar terlebih dahulu, apabila ingin mencari video-video gratis di Distill. Apabila proses pendaftaran sudah dilakukan, maka kamu akan mendapatkan 10 video gratis selama 10 hari.

Semoga dengan adanya tiga tambahan situs di atas, perbendaharaan video-video gratis yang kamu miliki akan semakin banyak dan tentunya banyak pilihan.

Kesimpulan

Untuk apa video-video gratis itu? Bisa untuk berbagai keperluan, seperti usaha, pembuatan video motivasi, pemasaran, dan konten sosial media, sebagaimana yang sudah dipaparkan Hootsuite di awal.

Selain untuk keperluan-keperluan yang sudah disampaikan tadi, pastinya kamu juga akan mendapatkan informasi baru, bahwasanya di dunia internet itu terdapat beberapa situs yang menyediakan video gratis, sehingga kamu yang membutuhkan sebuah video tak lagi pusing-pusing untuk mencarinya.

Baca: Situs Penyedia Audio Gratis

Semoga pemaparan yang disampaikan ini bermanfaat, dan seperti biasa, apabila ada tambahan atau saran, silakan mencantumkannya di kolom komentar.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *