Tekno

Ketahui Penyebab Kinerja Smartphone Android Sangat Lambat

Bagi para pemburu informasi terkini, jangan sampe ketinggalan tongkrongin terus Klik Mania yang selalu memberikan sajian info terbaru. Selain bisa diakses melalui situs web, pastinya banyak juga pembaca setia yang mengakses blog ini via Smartphone Android. Tapi apa jadinya apabila Smartphone Android sangat lambat?

Beberapa pengguna smartphone Android sering mengalami lemot saat digunakan internetan atau ketika dipakai membuka beberapa aplikasi secara bersamaan? Kondisi tersebut pastinya menjadi hal yang sangat menjengkelkan sekali, apalagi disaat kamu butuh akses cepat untuk mendapatkan informasi.

Baca : Trik Menggunakan Android Menjadi Modem Agar Bisa Internetan di Komputer

Di gudang aplikasi seperti plasystore, atau di toko aplikasi yang kini sudah banyak disediakan oleh pihak ketiga. Pengguna android bisa memilih dan mendownload berbagai app booster ataupun cleaner gratis yang di klaim mampu mempercepat Smartphone Android.

Tapi rupanya, keberadaan puluhan aplikasi tersebut tidak menjadi satu-satunya pilihan jitu yang dapat mengatasi Smartphone Android sangat lambat. Justru dalam beberapa kasus, dengan menambahkan aplikasi yang katanya dapat membantu mempercepat Smartphone Android itu, yang terjadi malah kondisi sebaliknya. Ponsel pintar milik pengguna malah bekerja semakin lelet.

Lalu apa yang menjadi penyebab kinerja Smartphone Android sangat lambat?

Pada dasarnya faktor pendukung utama kecepatan kinerja sebuah smartphone, ada pada Processor dan RAM yang ditanam di dalam sebuah ponsel pintar seperti Android. Spesifikasi kedua perangkat keras itulah yang harus diketahui pengguna smartphone, supaya nantinya pengguna dapat menyesuaikan berapa banyak aplikasi yang sekiranya dapat diinstall di HP Android tanpa menjadikannya lelet.

Persoalan mengenai spesifikasi itulah yang tidak banyak disadari, bahkan seringkali diabaikan oleh para pengguna Android. Saya kasih sebuah contoh, misalnya kamu membeli sebuah smartphone dengan kecepatan processor 1Ghz didukung oleh kinerja RAM sebesar 500MB.

Tanpa memperdulikan spek dari perangkat tersebut, dengan penuh semangat kamu mendownload banyak aplikasi yang membutuhkan RAM besar. Misalnya saja kamu install beberapa aplikasi seperti Fb, Instagram, BBM, Twitter, WA, Line.

Loading...

Belum lagi ditambah dengan menginstall game yang membutuhkan kinerja RAM cukup besar seperti COC, Game balapan mobil, Game Sepak bola, dll.

Jika semua aplikasi tersebut kamu install di HP Android dengan spesifikasi processor yang hanya 1Ghz dengan RAM 500MB, maka dapat dipastikan kinerja Smartphone Android sangat lambat. Oleh sebab itu, mau tidak mau kamu harus cari tau dulu spesifikasi HP Android yang digunakan, sebelum menginstall banyak aplikasi.

Hal itu dimaksudkan agar kamu bisa membatasi untuk tidak terlalu banyak menginstall aplikasi besar di handphone milikmu.

Tapi bagaimana jika menggunakan bantuan aplikasi yang bisa menghapus cache, history, dan file sampah secara otomatis? Aplikasi tersebut sebetulnya memang dapat membantu meringankan kinerja HP selama kapasitas RAM mencukupi untuk bekerja dengan aplikasi dimaksud.

Karena dengan bantuan aplikasi seperti Cleaner, akan lebih memudahkan pengguna dalam hal menghapus file sampah, history, atau cache dari browser maupun aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Kesimpulannya

Agar Smartphone Android  tidak lambat, pengguna harus mengetahui spesifikasi Processor dan RAM dari smartphone yang digunakan. Setelah itu sesuaikan banyaknya aplikasi yang diinstall dengan kemampuan kinerja sesuai kapasitas RAM.

Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang membutuhkan kinerja RAM cukup besar untuk Random Akses Memori yang kurang dari 1GB, seperti pada penjelasan yang sudah diuraikan di atas.

Gunakan aplikasi yang dapat membantu membersihkan file sampah, history, dan cache untuk mempercepat Smartphone Android kamu. Disarankan untuk tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan, apalagi jika aplikasi yang digunakan tersebut merupakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Referensi lain : Mengatasi Android Lupa Pola Kunci atau Lupa Sandi

Selain akan membuat Smartphone Android sangat lambat dan boros baterai, terlalu lama membuka aplikasi online secara bersamaan dapat membuat suhu smartphone Android kamu meningkat dengan cepat. Sehingga handphone akan terasa panas digenggaman.

Jika HP seringkali mengalami kondisi seperti itu, lama kelamaan bisa mengalami Hang atau Bootloop.



Loading...

Baca selengkapnya

Kreator konten di Klikmania, My Blogspot. Desain Logo dan Video Editing Part Time. Motto: "Kebenaran bukan milik semua orang, tapi hanya milik orang-orang yang mencarinya".

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button