Review ProdukTekno

7 Rekomendasi Smartphone Bezelless Terbaik Pada Tahun 2017

Rekomendasi Smartphone Bezelless Terbaik. Perkembangan smartphone belakangan ini sudah semakin ketat dan penuh persaingan. Maka tidak heran jika setiap vendor berusaha untuk menelurkan produk – produk yang mumpuni.

Smartphone dengan berbagai kecanggihan dan teknologi terbaru terus dilahirkan. Tidak mau kalah dengan vendor yang satu, vendor yang lain pun tentu akan mengikuti. Beberapa kecanggihan ataupun teknologi yang dipakai terkadang mencontoh dari para rival masing – masing.

Mulai dari spesifikasi dapur pacu, kapasitas RAM dan memori internal, kapasitas baterai, harga yang kompetitif, sampai dengan kualitas dan desain layar. Belakangan ini, teknologi layar pun semakin dikembangkan dan selalu mendapat perhatian khusus dari setiap vendor.

Selain penggunaan layar dengan berbagai pengaman dari goresan, resolusi layar yang digunakan, design layar pun tidak kalah ketinggalan. Layar dengan desain atau teknologi bezelles sekarang ini sudah semakin diminati oleh konsumen.

Saat konsumen mengingingkanya, maka mau tidak mau vendor smartphone pun harus menurutinya. Dimulai dari Samsung yang pertama kali melahirkan smartphone dengan layar bezelles, sekarang ini sudah banyak pabrikan lain yang mengikutinya.

Jika Samsung memberikan harga yang lumayan mahal dengan smartphone bezelles-nya, maka vendor lain berusaha menekan harga serendah mungkin untuk menarik perhatian konsumen. Terlebih kehadiran vendor asal negeri Tiongkok, yang memang sedikit banyaknya berpengaruh besar.

Tidak bisa dipungkiri jika smartphone dengan layar bezelles memang sangat menawan dan menarik kalau soal penampilan. Dengan memandangi layar ponsel, mata tentu tidak akan terlalu terganggu lagi dengan bezel tebal di sisi luar layar yang ada pada smartphone pada umumnya.

Beralih ke bobot smartphone, tentu model bezelles juga akan mengurangi bobot smartphone. Berkat pengurangan bezel pada bagian sisi luar layar, maka dipastikan bobot dari smartphone bisa ditekan seminimal mungkin. Untungnya, tangan tentu tidak akan cepat pegal saat memegangi smartphone dengan satu tangan.

Selain itu, penggunaan layar bezelles juga akan mengurangi lebar desain dari smartphone. Tidak bisa dipungkiri jika sekarang ini kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan layar 5 inchi ke atas. Lebar ponsel seperti ini tentu akan sangat menggangu ketika digenggam menggunakan satu tangan.

Namun, berkat penggunaan layar model bezelles, lebar dari ponsel akan bisa berkurang. Jadi, walaupun layarnya tergolong lebar, ponsel akan tetap compact dan nyaman untuk digenggam. Hal ini karena bagian dari sisi luar layar sudah berkurang dimensinya.

Pada tahun 2017 ini tercatat sudah ada beberapa smartphone bezelles yang telah diproduksi dan diperkenalkan berbagai vendor. Berikut adalah smartphone bezelless terbaik pada tahun 2017 ini.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ – Smartphone Bezelless Terbaik

Samsung adalah smartphone pertama kali di tanah air yang memperkenalkan layar bezelles lewat Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Sekarang Samsung kembali mengeluarkan smartphone bezelles mereka lewat Samsung Galaxy S8 dan S8+.

Smartphone Bezelless Terbaik
Samsung Galaxy S8 dan S8+ via redmondpie.com

Kedua smartphone besutan Samsung ini tidak memiliki banyak perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada dimensi layar, dimana Samsung Galaxy S8 memiliki layar seluas 5.8 inchi dan Samsung Galaxy S8+ dengan layar 6.2 inchi.

Perbedaan kedua terdapat pada kapasitas baterai, dimana Samsung Galaxy S8 dengan baterai berkapasitas 3.000mAh dan saudaranya mengusung baterai berkapasitas 3.500mAh. Selain kedua sektor diatas tadi, kedua smartphone ini sama sekali tidak memiliki perbedaan lagi.

Kedua smartphone ini menggunakan dapur pacu dengan chipset Exynos 8895 dengan CPU Octa-Core (8 inti). Untuk kinerja membuka aplikasi dan multitasking, kedua smartphone ini menggunakan RAM sebesar 4GB. Sedangkan untuk penyimpanan data, sudah disediakan memori internal dengan kapasitas 64GB.

Layar kedua smartphone ini memang menjadi andalan dari kedua smartphone ini. Bukan hanya mengusung model bezelles, layar smartphone ini semakin dipercantik berkat penggunaan layar melengkung pada bagian sisinya, atau yang sering disebut sebagai Curved Display.

Tidak hanya itu, teknologi pengamanan pada layar kedua smartphone ini juga tergologng mumpuni berkat penggunaan Corning Gorilla Glass 5. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir akan goresan terhadap layar, bahkan goresan dari benda tajam sekalipun.

Samsung Galaxy S8 sendiri memiliki perbandingan 83.6% screen to body ratio, sedangkan saudaranya memiliki perbandingan sebesar 84% screen to body ratio. Perbandingan layar terhadap body ini benar – benar menghemat sisi luar dari smartphone.

Walaupun kedua smartphone ini memiliki ukuran yang besar, namun berkat layar bezelles tersebut, maka bagian sisi luar layar bisa diminalisir dengan baik. Keuntungannya, body smartphone pun bisa dibuat secompact mungkin dan nyaman untuk digenggam.

Untuk banderol harga, Samsung S8 dibanderol seharga Rp. 10 Jutaan dan saudaranya seharga Rp. 12 Jutaan.

LG G6 – Smartphone Bezelless Terbaik

Tidak lama setelah kedua smartphone Samsung diatas diperkenalkan, vendor LG pun tidak mau kalah dan memperkenalkan LG G6. Walaupun memang tidak membawa layar dengan Curved Display, namun layar bezelles nya masih sangat menarik perhatian.

Smartphone Bezelless Terbaik
LG G6 via three.co.uk

LG G6 ini sendiri dipersenjatai dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 821 dengan 4 inti (Quad-Core). Clockspeed yang digunakan pun lumayan tinggi, yakni 2.35GHz. Sedangkan versi Android nya sudah menggunakan Android 7.1 Nougat.

Spesifikasi dapur pacu yang sudah mumpuni tersebut kemudian dipasangkan dengan RAM sebesar 4GB dan memori internal dengan pilihan 32GB, 64GB, dan 128GB. Tidak cukup hanya disitu, LG masih menyediakan slot Micro SD yang bisa diperbesar hingga 256GB.

Untuk sektor kamera, LG G6 sudah menggunakan dual camera pada bagian belakang dengan resolusi 13MP untuk kedua lensanya. Kamera ini masih dilengkapi fitur yang tergolong lengkap, yakni phase detection AF, dual LED Flash, geo-tagging, touch focus, face detection, dan mode HDR.

Pada bagian kamera depan dilengkapi dengan lensa resolusi sebesar 5MP. Bukan hanya untuk urusan memotret, kamera depan ini juga sanggup merekam video hingga resolusi 1.080 piksel.

LG G6 dilengkapi dengan layar berukuran 5.7 inchi, yang sayangnya masih menggunakan jenis IPS LCD capacitive touchscreen. Di saat vendor lain sudah beralih dan menggunakan layar AMOLED, LG G6 masih setia menggunakan layar kelas lawas.

Layar seluas ini memiliki perbandingan sebesar 78.6 screen to body ratio, lumayan jauh dibawah Samsung Galaxy S8 series. Namun, layar ini masih kelihatan sangat menawan berkat penggunaan sisi melengkung pada setiap bagian sudutnya.

Mata pun akan dimanjakan berkat penggunaan resolusi layar yang tinggi, yakni 1440 x 2880 piksel, yang sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan pengaman Corning Gorilla Glass 3 ini, maka dipastikan layar smartphone ini aman dari goresan walaupun tidak menggunakan pelindung layar.

Untuk harga smartphone ini, LG membanderolnya dengan harga Rp. 6.9 Jutaan.

Xiaomi Mi Mix 2 – Smartphone Bezelless Terbaik

Smartphone besutan Xiaomi ini masih baru saja diperkenalkan di Indonesia. Walaupun di luar negeri, seperti India dan China sudah diperkenalkan sejak bulan Agustus lalu, namun Indonesia baru bisa merasakan smartphone ini pada bulan September ini.

Smartphone Bezelless Terbaik
Xiaomi Mi Mix 2 via thenextweb.com

Xiaomi Mi Mix 2 ini merupakan generasi penerus dari Xiaomi Mi Mix sebelumnya. Namun karena kali ini kita sudah membahas mengenai seri terbarunya, maka kita tidak perlu lagi membahas seri pertamanya, karena ponsel ini masih memiliki banyak persamaan. Perbedaan yang paling mencolok yakni pada layar, yang menjadikanya layak disebut sebagai smartphone bezelles terbaik.

Desain dari smartphone yang satu ini memang betul – betul menggoda. Bukan hanya pada bagian layar, namun bagian belakang yang menggunakan bahan material keramik tersebut juga menjadi nilai plus tersendiri buat smartphone ini.

Xiaomi Mi Mix 2 ini menggunakan layar berukuran 5.99 inchi yang memang akan kelihatan sang besar untuk sebuah smartphone, namun terlalu kecil jika harus disebut phablet. Bisa dibilang, hampir keseluruhan bagian depan smartphone ini adalah layar.

Layar seluas 5.99 inchi ini sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4, yang tentunya akan tahan terhadap goresan walaupun tidak menggunakan pelindung layar. Layar ini memiliki perbandingan sebesar 80.8% screen to body ratio.

Seperti biasanya ssmartphone besutan Xiaomi, smartphone ini menggunakan dapur pacu dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, merupakan chipset varian tertinggi dari Qualcomm untuk saat ini. Chipset ini berisikan 8 inti (Octa-Core) dengan clockspeed 2.45GHz.

Dapur pacu yang sudah mumpuni tadi kemudian dipasangkan dengan GPU Adreno 540 sebagai pengolah grafis. Bukan hanya itu, smartphone ini juga dibekali RAM sebesar 4GB untuk urusan membuka aplikasi dan multitasking. Sedangkan pada sektor penyimapan sudah dipersiapkan dengan pilihan 64GB, 128GB, dan 256GB.

Kamera belakang Xiaomi Mi Mix 2 ini hanya beresolusi 12MP dan pada kamera depan resolusi 5MP. Untuk spesifikasi lengkap Xiaomi Mi Mix 2, bisa dilihat dibawah ini.

Xiaomi Mi Mix 2, Smartphone Paling Canggih Di Dunia

Xiaomi Mi Mix dihargai sekitar Rp. 6.6 Jutaan.

Vivo V7 Plus – Smartphone Bezelless Terbaik

Seakan tidak mau kalah dengan vendor lain, Vivo pun ikut memproduksi smartphone bezelles di tahun 2017 ini. Belum lama ini Vivo memperkenalkan Vivo V7 Plus sebagai smartphone penerus sekaligus suksesor dari generai sebelumnya, yakni Vivo V7.

Smartphone Bezelless Terbaik
Vivo V7 Plus via unbox.ph

Sama seperti layar yang digunakan Xiaomi Mi Mix 2, Vivo V7 Plus ini juga menggunakan layr berukuran 5.99 inchi. Layar seluas ini dilengkapi dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi, yakni 720 x 1440 piksel. Untungnya hal tersebut mungkin bisa terobati berkat penggunaan layar model bezelles.

Layar Vivo V7 Plus ini sudah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 4. Jadi pengguna tidak perlu khawatir jika layar smartphonenya akan tergores oleh benda tajam sekalipun. Layar ini memiliki perbandingan 78.4% screen to body ratio.

Pada bagian sisi kanan dan kiri layar memang terlihat jelas kalau layar smartphone ini hanya menyisakan sedikit bezel saja, bahkan untuk unit yang berwarna hitam akan tidak terlalu kelihatan. Pada bagian sudut – sudut layar juga terdapat lengkungan, walaupun tidak selengkung pada layar LG G6 dan Samsung Galaxy S8 series.

Sangat disayangkan smartphone ini masih menggunakan chipset yang tergolong sudah lawas dan rendah, yakni Qualcomm Snapdragon 451. Chipset ini berisikan 8 inti (Octa-Core) dengan clockspeed 1.8GHz, yang tentunya lumayan mengecewakan.

Untungnya dapur pacu yang kurang maksimal ini ditutupi dengan kehadiran RAM yang besar, yakni 4GB dan memori internal 64GB, sebagai tempat penyimpanan. Memori ini masih bisa diperbesar dengan penggunaan Micro SD hingga kapasitas 256GB.

Walaupun memiliki dapur pacu yang lumayan lawas, namun berkat penggunaan RAM yang besar, Vivo yakin jika kinerja dari Vivo V7 Plus tidak akan kalah dengan smartphone dari vendor lainnya yang berada di rentang harga yang sama. Untuk spesifikasi lengkap smartphone ini, silahkan lihat dibawah ini.

Xiaomi Mi Mix 2, Smartphone Paling Canggih Di Dunia

Untuk banderol harga, Vivo mematok harga sekitar Rp. 4.5 Jutaan untuk Vivo V7 Plus ini.

ZTE Nubia My Prague – Smartphone Bezelless Terbaik

Walaupun smartphone yang satu ini memang sudah tergolong lawas dan jadul, namun layar bezelles yang diusungnya masih sangat menarik. Pada bagian sisi kanan dan kiri layar, terlihat jika bagian depan smartphone ini hanya menyisakan sedikit bezel saja, walaupun masih kelihatan tebal pada bagian atas dan bawah.

Smartphone Bezelless Terbaik
ZTE Nubia My Prague via dx.com

Smartphone ini menggunakan layar seluas 5.2 inchi, yang memang tergolong kecil dibandingkan para rivalnya pada daftar kali ini. Layar seluas ini memiliki perbandingan 70% screen to body ratio. Bukan hanya bezelles, layar smartphone ini juga sudah tipe 2.5D, yang membuatnya kelihatan sedikit melengkung pada bagian terluar layar.

Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm 615 Octa-Core dengan clockspeed1.5GHz. Untuk pilihan RAM, smartphone ini sudah dilengkapi dengan RAM 2GB dan RAM 3GB. Sedangkan pada memori internal terdapat pilihan 16GB dan 32GB.

Jika berbicara spesifikasi, memang tidak ada yang terlalu menarik dari ponsel ini, mengingat umurnya yang sudah berusia 2 tahun sejak diperkenalkan. Namun layar bezellessnya masih tetap saja menggoda hingga sekarang ini.

Ulefone Future – Smartphone Bezelless Terbaik

Vendor smartphone yang satu ini mungkin memang terdengar asing di telinga kita. Namun, ternyata vendor ini memiliki smartphone bezelless yang sangt baik dan benar – benar bezelless. Pada bagian kiri dan kanan smartphone ini sama sekali tidak kelihatan bezel sedikitpun.

Smartphone Bezelless Terbaik
Ulefone Future via fonearena.com

Mengusung layar 5.5 inchi dengan resolusi 1080 piksel, membuat smartphone ini nyaman digenggam dan memanjakan mata. Teknologi 2.5D sudah disematkan pada layar smartphone ini, sehingga pada bagian terluar layar akan kelihatan sedikit melengkung.

Berkat penggunaan layar yang menyentuh bagian kiri dan kanan smartphone, Ulefone menjuluki smartphone ini sebagai smartphone Truly Bezel-Less Display. Mereka juga mengklaim jika dengan memegang smartphone ini sama saja dengan memegang smartphone berlayar 5 inchi.

Semua itu berkat penggunaan layar yang memang tidak menyisakan sedikitpun ruang pada bagian kiri dan kanan smartphone. Smartphone ini menggunakan chipset Mediatek Helio P10 dan Mali-T860 sebagai pengolah grafisnya.

Untuk membuka aplikasi dan kinerja multitasking, Ulefone Future ini menggunakan RAM sebesar 4GB yang memang sangat besar untuk ukuran smartphone seperti ini. Untuk urusan penyimpanan, samrtphone ini menyediaakn memori internal sebesar 32GB yang masih bisa diperbesar dengan menggunakan Micro SD hingga 128GB.

Apple iPhone X – Smartphone Bezelless Terbaik

Apple iPhone X adalah satu – satunya produk dari Apple yang akan kita bahas pada daftar smartphone bezelless terbaik kali ini. iPhone X ini memang lahir benar – benar berbeda dari generasi – generasi sebelumnya.

Smartphone ini menggunakan layar seluas 5.8 inchi dan sudah berteknologi Super AMOLED capacitive touchscren. Resolusi yang diawarkan pun tidak main – main, yakni mencapai 1125 x 2436 piksel. Layar seluas ini dilindungi dengan scratch-resistant glass yang membuatnya tahan akan goresan.

Smartphone Bezelless Terbaik
Apple iPhone X via indiatoday.intoday.in

Layar Apple iPhone X ini memiliki perbandingan sebesar 82.9% screen to body ratio. Bagian depan ponsel ini memang hanya menyisakan sedikit ruang saja. Bahkan tombol home yang merupakakn ciri khas produk Apple pun harus dihilangkan untuk menciptakan smartphone dengan layar bezelless ini.

Tidak hanya pada bagian kanan dan kiri, bagian bawah dan atas smartphone ini pun dimaksimalkan dengan layar Bahkan bagian atas yang harus ditempati dengan beberapa sensor dan lensa kamera depan, dikelilingi oleh layar dengan bentuk yang melengkung.

Smartphone ini menggunakan chipset buatan Apple sendiri, yakni A11 Bionic, yang merupakan chipset tertinggi dari Apple sekarang ini. Dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal pilihan 64GB dan 256GB. Seperti biasanya produk Apple, iPhone X ini juga menggunakan tampilan antarmuka iOS, yakn iOS 11.

Untuk spesifikasi lengkap smartphone ini, bisa dilihat dibawah ini.

Apple iPhone X, Ponsel Dual Kamera Dan Tanpa Tombol Home

Sedangkan untuk harganya, Apple membanderolnya dengan harga yang menurut sebagian orang terlalu mahal, yakni sekitar Rp. 13 Jutaan.

Kesimpulan

Belakangan ini, smartphone dengan layar bezelles tidak hanya diproduksi oleh vendor – vendor terkenal saja. Bahkan, beberapa vendor pemula juga sudah mulai ikutan memproduksinya. Jika anda tidak sanggup untuk membeli smartphone bezelles dari pabrikan raksasa, maka masih banyak pilihan dari pabrikan pemula.

Walaupun masih termasuk pendatang baru, namun tidak serta merta mengurangi kualitas dari smartphone tersebut. Beberapa smartphone berkualitas tapi murah telah disediakan oleh beberapa vendor dari negeri Tiongkok. Mereka ikut turut serta untuk menciptakan smartphone bezelless terbaik.

Konsumen tentu akan semakin diuntungkan berkat banyaknya pilihan yang tersedia. Jadi, konsumen tidak perlu memaksakan dana yang banyak untuk bisa menikmati smartphone dengan layar bezelless yang semakin ngeterend belakangan ini.

Baca Juga :

Xiaomi Mi A1, Smartphone Murah Kamera Belakang Ganda

Samsung Galaxy Note 8, Smartphone Mewah Dan Berkelas

Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close