Smartphone dengan Kamera Terbaik

8 Smartphone dengan Kamera Terbaik Versi DxOMark 2018

Saat ini, kamera merupakan salah satu komponen yang sangat dalam sebuah smartphone. Beberapa vendor bahkan membuat smartphone dengan kamera terbaik sebagai salah satu keunggulan dari produk mereka.

Kemampuan dan kualitas kamera ini juga sering menjadi topik yang diangkat ketika ada ponsel keluaran terbaru. Termasuk fitur dan teknologi yang digunakan pada kamera tersebut.

Baca juga : 6 Smartphone Dual Kamera Terbaik 2018, Cuma Rp 2 Jutaan

Smartphone dengan Kamera Terbaik Versi DxOMark

Untuk melihat kemampuan dari berbagai kamera smartphone, kita bisa mengacu pada hasil pengujian dari DxOMark.

Dalam situsnya, DxOMark akan menilai dan mengukur kamer ponsel serta memberikan berbagai informasi terkait kualitas kameranya secara rinci.

Hasil pengujian dari DxOMark ini seringkali dijadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas kamera oleh berbagai pihak.

Baru-baru ini, situs ini merilis daftar smartphone dengan kamera terbaik dan skor tertinggi. Penasaran? Berikut 8 di antaranya.

8. Google Pixel 2

Menempati posisi ke-8 ada smartphone buatan Google, yakni Pixel 2 yang mendapatkan skor DxOMark sebesar 92 poin.

Loading...

Poin ini terbilang cukup besar di kelasnya, karena Google Pixel 2 hanya memiliki single kamera. Hasil ini bahkan lebih baik daripada iPhone X dan Huawei Mate 10 Pro yang menggunakan konfigurasi dual kamera.

Untuk kamera utamanya, smartphone ini menggunakan kamera dengan resolusi 12 MP dengan berbagai fitur pendukung seperti Dual-Pixel Autofocus, HDR+, Optical Image Stabilization, dan software Portrait Mode.

Meskipun kamera depannya hanya memiliki resolusi 8 MP. Namun, Pixel 2 merupakan Smartphone dengan kamera terbaik untuk produk Google ini.

Pixel 2 hadir dengan mengusung layar dengan panel AMOLED berukuran 5 inch dan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dan aspek rasio 16:9.

Desain smartphone ini juga lebih ramping sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

7. Xiaomi Mi 8

Pada posisi ke-7 ini diduduki oleh Xiaomi Mi 8 diberikan skor sebesar 99 poin.

Mi 8 dibekali dengan dual kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP dan dengan dukungan wide-angle serta telefoto pada masing-masingnya.

Selain itu, kamera ini juga didukung dengan 4-axis optical image stabilization (OIS) dan LED flash.

Sementara untuk kamera depannya, Xiaomi Mi 8 memiliki kamera sebesar 20 MP dengan dukungan fitur AI Portrait dan fitur face unlock.

Xiaomi Mi 8 juga sudah didukung dengan opsi fotografi Studio lighting yang dapat meningkatkan hasil foto dengan adanya teknologi AI.

Ponsel Xiaomi ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,22 inch dengan resolusi FullHD+ 2248 x 1080 pixel dan aspek rasio 18.7:9, serta tingkat kecerahan layar sampai 600 nits.

6. Samsung Galaxy S9 Plus

Di peringkat selanjutnya diisi oleh Samsung Galaxy S9 Plus dengan poin 99.

Smartphone dari Samsung ini memiliki dual kamera utama yang sama-sama beresolusi 12 MP. gabungan kedua kamera ini juga diklaim dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Salah satu fitur menarik dari ponsel ini adalah memungkinkannya Anda untuk membuat emoji yang disesuaikan dengan wajah penggunannya.

Kamu cukup memotret wajah, lalu ikuti berbagai instruksi setelhanya, maka kamu kamu akan mendapatkan model 3D yang mirip dengan wajah kita sendiri.

Keunggulan lain dari Galaxy S9 Plus juga ada pada audio premiumnya. Audio ini berasal dari speaker stereo berkualitas tinggi dari AKG yang tertanam pada kedua sisinya.

5. Huawei P20

Pada posisi kelima ini terdapat Huawei P20 yang diberi skor oleh DxOMark sebanyak 102 poin.

Ponsel ini sudah mengusung dual kamerautama yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP dan 20 MP yang sudah mendukung 3x optical zoom. Sementara pada kamera depannya dibekali dengan sensor 24 MP.

Huawei P20 hadir dengan mengusung layar berjenis LTPS IPS LCD berukuran 5,8 inch dan beresolusi 1080 x 2240 piksel serta aspek rasio 18.7:9.

Ukuran kamera ini tentu cukup luas untuk mendukung bermain game maupun menonton video.

Untuk dapur pacunya, smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan ini ditenagai dengan prosesor HiSilicon Kirin 970 dan sokongan RAM 4 GB serta ROM 128 GB.

Untuk baterainya, Huawei memberikan baterai dengan kapasitas 3400 mAh.

4. Samsung Galaxy Note 9

Pada posisi keempat adalah Samsung Galaxy Note 9 yang mendapatkan skor DxOMark sebanyak 103 poin. Dan merupakan Smartphone dengan kamera terbaik dari vendor Samsung.

Galaxy note 9 sendiri hadir dengan dual kamera belakang dengan resolusi sama, yaitu 12 MP + 12 MP.

Satu kameranya menggunakan lensa wide yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel AF dan Dual Aperture. Sementara pada kamera yang lainnya menggunakan lensa tele dengan aperture f2.4.

Selain itu, kedua kamera belakang ini juga sudah disematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dibekali dengan teknologi Intelligent Camera yang dapat membuat kamera menajdi semakin jenius.

Teknologi ini akan memaksimalkan teknologi AI (artificial intelligence) dan dapat mengidentifikasi elemen foto, seperti scene maupun subyek.

3. HTC U12+

Pada peringkat ketiga ada HTC U12+ yang mencatatkan skor sama dengan Samsung Galaxy Note 9, yaitu 103 poin.

Salah satu smartphone dengan kamera terbaik dari HTC ini hadir dengan dual kamera baik pada bagian belakang maupun pada bagian depannya.

Pada kamera belakangnya, HTC membekali ponsel ini dengan dual kamera yang masing-masing beresolusi 12 MP dan 16 MP.

Pada kamera pertamanya 12 MP wide-angle dengan dilengkapi teknologi UltraPixel 4 HTC. Sementara kamera keduanya menggunakan lensa telefoto 16 MP.

Kamera belakang ini juga mampu merekam video dengan kualitas 4K pada 60fps, 1080p slow-motion di 240fps dan video HDR 10.

Kamera belakang ini juga diklaim memiliki ultra fokus yang sangat baik untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang dalam.

2. Apple iPhone XS Max

Pada peringkat kedua dengan skor 105 poin, ada smartphone terbaru dari Apple, iPhone XS Max dan sekaligus menjadi smartphone dengan kamera terbaik dari vendor Apple.

Apple memberikan dual kamera utama yang keduanya sama-sama memiliki resolusi 12 MP. Lensa utama kamera ini tetap menggunaan bukaan f/1.8 dan lensa telefoto dengan bukaan f/2.4 dan 2x zoom optik serta fitur OIS.

iPhone XS Max hadir dengan layar berjenis AMOLED berukuran 6,5 inch dan resolusi 1242 x 2688 piksel serta rasio aspek 19,5:9.

Pada smartphone ini, Apple mempertahankan adanya sensor Face ID sebagai satu-satunya metode otentikasi biometrik dan menghilangkan sensor Touch ID.

Meski demikian, Apple menjamin bahwa fitur ini sudah diperbarui menjadi lebih baik lagi.

1. Huawei P20 Pro

Berdasarkan pengujian oleh DxOMark, Huawei P20 Pro diberi nilai tertinggi, yaitu 109 dan menjadi smartphone dengan kamera terbaik pada urutan pertama.

Seperti yang diketahui, smartphone ini merupakan yang pelopor dari ponsel dengan tiga kamera utama.

Tidak tanggung-tanggung, ketiga kamera ini pun memiliki resolusi yang cukup besar, 40 MP + 20 MP + 8 MP.

Dengan spesifikasi kamera ini membuat kamera P20 dinilai lebih baik dan lebih berkualitas jika dibandingkan dengan iPhone Xs Max.

Baca juga : Ternyata Kinerja Kamera iPhone Xs Max Kalah Dengan Huawei P20 Pro

Kamera pertamanya yang beresolusi 40 MP hadir dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Untuk kamera keduanya 20 MP memiliki komposisi aperture f/1.6.

Sedangkan kamera ketiga memiliki jenis telefoto dengan sensor 8 MP yang sudah mendukung 3x optical zoom. Untuk pembuatan kameranya, Huawei bekerja sama dengan Leica.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *