Smartphone dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Terbaru, Daftar 16 Smartphone dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Beberapa produsen smartphone asal China terindikasi sebagai smartphone dengan tingkat radiasi paling tinggi dari merek smartphone lainnya. Data ini berdasarkan analisis  dirilis dari Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz).

Bagaimana tingkat radiasi smartphone diukur?

Tingkat radiasi smartphone diukur dalam satuan SAR (specific absorption rate) watt per kilogram. Satuan ini mengukur berapa banyak radiasi yang diserap oleh tubuh pada saat digunakan.

Menurut Federasi Jerman, radiasi yang aman bagi tubuh maksimal adalah 2 watt per kilogram.

Selain Federasi Jerman, Federasi Komisi Komunikasi (FCC) Amerika Serikat (AS) menetapkan batas SAR yang aman bagi tubuh adalah 1,6 watt per kilogram.

Angka ini ditetapkan dikarenakan efek panas dari radiasi smartphone. Namun angka tersebut belum mengukur potensi kerusakan tubuh yang lain, seperti kerusakan DNA atau kanker.

Meski demikian, hingga saat ini tidak ada ketentuan secara universal mengenai berapa jumlah radiasi yang tidak membahayakan.

Tetapi Jerman mempunyai sertifikasi lingkungan yang dinamakan Der Blaue Engel. Sertifikasi ini hanya meloloskan ponsel yang memiliki tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt perkilogram.

Direktur Pusat Keamanan Perangkat dan Radiologi pada Federasi Administrasi Makanan dan Obat (FDA) AS juga menyebutkan bahwa radiasi smartphone ini masih dalam batas aman.

Loading...

Hal tersebut didukung oleh studi dari salah satu divisi Institusi Kesehatan Nasional di AS dan sejumlah penelitian lainnya.

Apakah Smartphone dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi aman digunakan?

Lantas, beberapa smartphone dengan tingkat radiasi paling tinggi yang rata – rata di dominasi oleh pabrikan China tersebut apakah aman digunakan?

Smartphone bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik yang dapat  menimbulkan radiasi pada sekitar kepala terutama mata.

Efek panas yang disebabkan dari gelombang tersebut  juga dapat menimbulkan akibat buruk pada mata, terlebih untuk pemakaian dalam jangka waktu lama.

Penting!! Inilah 10 Cara Mencegah Paparan Berbahaya Radiasi Layar Smartphone

Dilansir dari Nakita, kantor Federal Jerman yang bergerak dibidang Perlindungan Radiasi (Bundesamt fur Strahlenschutz) merilis daftar 16 smartphone dengan tingkat radiasi paling tinggi yang beredar di pasaran.

Smartphone dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

1. Xiaomi Mi A1(dual SIM) dengan angka radiasi 1,75 (Watt per Kilogram)
2. OnePlus 5T (dual SIM) dengan angka radiasi 1,68
3. Huawei Mate 9 dengan angka radiasi 1,64
4. Nokia Lumia 630 dengan angka radiasi 1,51
5. Huawei P9 Plus dengan angka radiasi 1,48
6. Huawei GX8 dengan angka radiasi 1,44
7. Huawei P9 dengan angka radiasi 1,43
8. Huawei Nova Plus dengan angka radiasi 1,41
9. OnePlus 5 (dual SIM) dengan angka radiasi 1,39
10. Huawei P9 Lite dengan angka radiasi 1,38
11. iPhone 7 dengan angka radiasi 1,38
12. Sony Xperia XZ1 Compact dengan angka radiasi 1,36
13. iPhone 8 dengan angka radiasi 1,32
14. ZTE AXON 7 Mini dengan angka radiasi 1,29
15. Blackberry DTEK60 dengan angka radiasi 1,28
16. iPhone 7 Plus dengan angka radiasi 1,24

Seperti yang kita tahu, dewasa ini banyak sekali masyarakat yang sudah kecanduan smartphone. Bahkan banyak yang bilang, “lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone.”

Semoga kita lebih bijak untuk menggunakannya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *