Smartphone Kodak Ektra

Smartphone Kodak Ektra Review Indonesia, “Spesifikasi, Fitur & Harga”

Smartphone Kodak Ektra – Apa yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar kata “Kodak” ? Yup “Kamera”. Nama atau brand ini, memang akrab sekali dalam dunia fotografi. Di Indonesia, Kodak cukup populer dan mendapatkan tempat yang cukup baik di hati para konsumennya.

Belum lama ini, beberapa di antara pembaca mungkin sudah mengetahui rumor bahwa perusahaan ini segera meluncurkan produk terbarunya ke pasar. Rumor tersebut ternyata terbukti, dan Kodak akhirnya benar-benar memproduksi produk terbarunya yang cukup menarik untuk diulas (review).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, Sabtu 22/10/2016, Kodak akhirnya secara resmi merilis produk terbaru mereka yang dikenal dengan sebutan Ektra. Ini adalah salah satu smartphone premium terbaru Kodak ke 2, yang dirancang Kodak bekerja sama dengan Bullitt. Yaitu, sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris yang berpengalaman memproduksi smartphone tahan banting.

Smartphone Kodak Ektra ini secara resmi akan diluncurkan pertama kali di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya pada Desember 2016 mendatang. Kodak baru akan meluncurkan smartphone kodak ektra pada awal tahun 2017 mendatang ke pasar Amerika Serikat dan wilayah lainnya.

Smartphone Kodak Ektra
Smartphone Kodak Ektra via http://www.pcadvisor.co.uk

Nah, sambil menunggu smartphone terbaru milik Kodak ini benar-benar datang ke Indonesia. Berikut saya sajikan ulasan (Review) ekslusif Kodak Ektra.

Melalui postingan ini, kamu akan mengetahui bagaimana desain smartphone Ektra, mengetahui spesifikasi Kodak Ektra, bagaimana kualitas kameranya, dan bagaimana daya tahannya. Jadi pastikan kamu dalam posisi santai, untuk membaca review Kodak Ektra ini hingga selesai.

Smartphone Kodak Ektra Review Indonesia

Smartphone Kodak Ektra via http://www.pcadvisor.co.uk
Smartphone Kodak Ektra via http://www.pcadvisor.co.uk

Desain Kodak Ektra

Jika melihat dari bentuk body Ektra keseluruhan, Kodak bersama Bullit sepertinya tetap ingin mempertahankan pamor Kodak sebagai brand berpengalaman dalam dunia fotografi.

Ektra memiliki desain yang sedikit berbeda dengan desain smartphone pada umumnya. Rangka utama bagian bawah smartphone ini dirancang melengkung ke belakang.

Loading...

Desain ini mengingatkan saya kembali pada sebuah kamera yang pernah dipasarkan Kodak pada tahun 1941. Hanya saja desain Ektra jauh lebih modern.

Selain untuk tetap dapat berfungsi secara optimal untuk keperluan komunikasi. Desain khas Kodak Ektra yang lebih mirip kamera saku ini sepertinya ingin menyampaikan pesan bahwa, smartphone ini juga dapat digunakan untuk keperluan fotografi. Ini terbukti dimana Kodak melengkapi Ektra dengan hand grip dan tombol shutter seperti kamera pada umumnya.

Prosesor dan RAM Kodak Ektra

Meski tidak begitu mengesankan, bila dibandingkan dengan smartphone flagship dari brand ternama lainnya. Tapi prosesor MediaTek Helio X-20 dengan perpaduan RAM sebesar 3 GB, sepertinya cukup mampu membuat pengguna Kodak Ektra untuk melakukan browsing, chatting, dan bersosial media tanpa kendala macet atau lag.

Kamera Kodak Ektra

Smartphone Kodak Ektra
Smartphone Kodak Ektra via http://www.pcadvisor.co.uk

Ini adalah bagian yang mengesankan. Didukung dengan dual kamera berkualitas 21 MP dan 13 MP, smartphone Kodak Ektra dipastikan akan menawarkan pengalaman baru para fotografer yang ingin mengambil foto berkualitas melalui sebuah smartphone.

Kamera utama yang terletak di bagian belakang Kodak Ektra berkualitas 21 MP telah didukung dengan lensa berdiagfragma f/2.0. Kamera utama ini juga dilengkapi dengan sensor Sony IMX230, yaitu sensor canggih yang juga pernah digunakan pada kamera ponsel Xperia Z3+ dari edisi 2015 lalu. Agar jepretan dapat menghasilkan gambar yang berkualitas dan tajam, Kamera Kodak Ektra juga dilengkapi dengan fitur Optical image stabilization.

Kodak juga memastikan kamera depan dapat digunakan secara maksimal untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari video call, merekam video 4K, hingga kebutuhan selfie. Kamera depan berkualitas 13 MP ini menggunakan lensa berdiagframa F/2.2 yang sudah dilengkapi dengan fitur autofokus Phase Detection.

Antarmuka kamera Kodak Ektra memiliki nuansa khas yang tidak jauh berbeda dengan antarmuka pada sebuah kamera DSLR. Agar dapat memberikan pengalaman memotret yang optimal, Kodak Ektra menyediakan beragam pengaturan manual, seperti pengaturan kecepatan rana kamera, ISO, White Blance dan yang lainnya.

Beragam pilihan mode fotografi juga disediakan untuk memudahkan penggunanya, dua diantaranya adalah scanes mode dan smart mode yaitu mode pemotretan foto otomatis. Semua mode ini dapat diakses dengan mudah dial virtual yang berada pada antarmuka kamera.

Memori Internal

Untuk memastikan dapat menampung lebih banyak foto hasil jepretan penggunanya, serta video rekaman dan beberapa file dokumen penting lainnya. Kodak Ektra dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB. Bagi anda yang menganggap kapasitas ini terlalu kecil dan khawatir jika memori akan mudah penuh dengan cepat, maka Kodak telah menambahkan slot microSD yang dapat digunakan untuk memperluas memori penyimpanan smartphone ini.

Kualitas dan Kapasitas Baterai

Kodak Ektra didukung dengan baterai berkualitas Li Polymer (Li-Po) tidak dapat dilepas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baterai Li Po merupakan salah satu baterai yang memiliki kualitas lebih baik bila dibandingkan dengan Li Ion. Baterai ini memiliki ukuran yang lebih tipis, namun dapat menampung kapasitas daya yang lebih besar. Baterai Kodak Ektra berkapasitas 3000 mAh.

Sistem Operasi

Kodak Ektra didukung dengan Sistem Operasi populer open source Android. Meski belum diketahui secara pasti apakah Kodak akan menyediakan antarmuka default. Tapi, yang sudah diketahui secara pasti adalah Kodak Ektra merupakan smartphone terbaru yang sudah didukung dengan OS Android versi 6.0 Marshmallow.

Dimensi dan Kualitas Layar

Kodak Ektra memiliki layar multi sentuh canggih seluas 5 inci berkualitas Full HD beresolusi 1920 x 1080 pixel, dengan tingkat kerapatan mencapai 441 ppi. Meski belum diketahui secara resmi apakah sudah didukung dengan proteksi tambahan, tapi sepertinya layar Kodak Ektra dapat bekerja secara optimal dalam menampilkan gambar beresolusi tinggi dengan jelas dan tajam.

Fitur atau Aplikasi Ekstra

Kodak melengkapi smartphone premium baru mereka dengan beberapa fitur atau aplikasi tambahan yang memang dirancang untuk keperluan fotografi dan edit video.

Fitur atau aplikasi ekstra tersebut diantaranya adalah : Super 8 untuk keperluan perekaman video berkualitas. Snapseed untuk keperluan editing foto, dan aplikasi pencetak foto dalam berbagai ukuran.

Kodak juga melengkapi Kodak Ekstra dengan aksesoris tambahan yaitu berupa casing smartphone yang menggunakan kulit asli sebagai bahan utamanya.

Harga Kodak Ektra

Kodak Ektra secara resmi dilepas oleh perusahaan ini dengan bandrol yang cukup tinggi. Kodak Ektra akan dijual dengan harga 449 pounds atau sekitar Rp 7,1 juta.

Foto Produk dan Tabel Spesifikasi Kodak Ektra

[Foto Produk ]

Detail SpesifikasiKodak Ektra
ProsesorMediaTek Helio X-20 2.3 GHz
Dimensi Layar5.0 inci full HD 1080p
RAM3 GB dengan microSD hingga 128 GB
ROM32 GB
OSMarshmallow 6.0
BateraiLi-Po 3000 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Total Dimensi147.80 x 73.35 x 9.69 mm
SIMDual SIM (Micro-SIM)
Kamera21 MP, f/2.0, LED flash & 13 MP, f/2.2

 Pro

  • Kamera dengan sensor dan lensa berkualitas
  • Kapasitas baterai besar
  • Fitur fotografi lengkap
  • Android terbaru 6.0 Marshmallow

Kontra

  • Harga Mahal
  • Tidak didukung sensor sidik jari
  • Belum anti air

Siapa Rival Terdekat Kodak Ektra ?

Sebagai smartphone ekslusif yang sempurna digunakan untuk keperluan fotografi dan rekam video. Kodak Ektra tidak bermain sendiri di pasar. Brand Oppo dipastikan akan menjadi pesaing terberat Kodak Ektra.

Seperti yang kita ketahui bersama, Oppo sendiri adalah salah satu brand yang cukup gencar dalam memproduksi smartphone ekslusif yang sempurna untuk keperluan fotografi.

Nah, baru-baru ini yang sedang hangat diperbincangkan adalah produk terbaru mereka yang disebut sebagai Oppo R9s.

Purported Oppo R9S
Purported Oppo R9S via http://xtreme-mobile.com

Meski kualitas sensor kamera tidak sebesar Kodak Ektra, seri Oppo R9s diklaim sudah banyak mengalami peningkatan dibandingkan genarsi R9 tanpa “S” sebelumnya.

Smartphone Oppo R9s dibekali dengan dual kamera di bagian depan dan belakang dengan menggunakan sensor 16 megapixel serta lensa berdiagfragma f/1.7 dan f/2.0.

Kamera smartphone premium terbaru Oppo ini juga sudah didukung dengan electronic image stabilization dan optical image stabilization. Hampir sama dengan kamera Kodak Ektra.

Oppo R9s juga didukung dengan kualitas baterai yang sama dengan Kodak Ektra, yaitu baterai berkualitas Li-Po tidak dapat dilepas, dengan kapasitas sebesar 3010 mAh. Sistem Operasi yang digunakan Oppo R9s juga sama dengan Kodak Ektra, yaitu OS Android Marshmallow 6.0.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, produk smartphone terbaru untuk fotografi dari Oppo ini akan meluncur lebih dulu dibandingkan Kodak Ektra. Yaitu tepatnya pada 28 Oktober mendatang di Cina.

Untuk bocoran harga, Oppo R9s akan dijual dengan harga US$415 atau sekitar 5,4 juta rupiah, dengan 3 pilihan warna yaitu Black, Gold, dan Rose Gold. Harga ini lebih murah bila dibandingkan dengan Smartphone Kodak Ektra.

Tabel Perbandingan Spesifikasi antara Kodak Ektra & Oppo R9s

[Foto Produk Oppo R9S]

Detail SpesifikasiKodak EktraOppo R9s
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
ProsesorMediaTek Helio X-20 2.3 GHzOcta-core SoC Qualcomm Snapdragon 625
Dimensi Layar5.0 inci full HD 1080p5,5 inci 1080p dengan proteksi 2.5D Gorilla Glass 5
RAM3 GB4 GB
Memori Internal32 GB64 GB
BateraiLi-Po 3000 mAhLi-Po 3010 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DPWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaHitam dan PutihHitam, Gold, dan Rose Gold
SIMDual SIM (Micro-SIM)Dual SIM (Micro-SIM)
Kamera21 MP, f/2.0, LED flash &13 MP VGA, f/2.216 MP, f/1.7, LED flash & 16 MP VGA, f/2.0

Penutup

Dibekali dengan dua kamera handal serta dukungan aplikasi fotografi yang cukup lengkap, Kodak Ektra dipastikan sangat direkomendasikan untuk mereka yang hobi fotografi dan selfie.

Menjadi salah satu produk terbaru kedua, Kodak Ektra sepertinya benar-benar akan menawarkan berbagai kelebihan bila dibandingkan pendahulunya Kodak IM5.

Namun, bagi kamu yang mungkin lebih mempertimbangkan masalah harga. Anda tetap dapat melanjutkan hobi fotografi anda melalui sebuah smartphone baru yang lebih murah dari Kodak Ektra. Oppo R9s bisa menjadi alternatif pilihan.

Semoga saja smartphone Kodak Ektra juga akan dipasarkan di Indonesia sesuai dengan rencana yang sudah dijadwalkan. Sementara untuk Oppo R9s sendiri, belum ada keterangan resmi, apakah smartphone flagship ini akan dipasarkan juga di Indonesia dalam waktu dekat. Sebaiknya mari kita tunggu saja.

Terakhir, jika kamu punya tanggapan atau pertanyaan seputar smartphone Kodak Ektra dan rivalnya Oppo R9s ? Silahkan sampaikan tanggapan atau pertanyaan anda melalui kolom komentar yang tersedia.

Reverensi lain : Review Apple Watch Series 2, Desain, Layar dan Edisi Khusus

Jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui review smartphone Kodak Ektra dan rivalnya, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam Teknologi.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *