Smartphone Kamu Lemot? Gunakan Cara Ini Untuk Mempercepat Kinerjanya!

Apakah kamu pernah mengalami ketika sedang asik-asiknya menggunakan smartphone dan ternyata secara tidak terduga jadi lemot atau lelet? Atau smartphone kamu semakin hari kinerjanya semakin menurun dan tentunya kondisi ini membuat kamu sering jengkel!

Seperti yang diketahui bahwa sistem operasi Android hadir dengan sistem khususnya dari tampilan yang mudah dikostumisasi alias dirubah oleh pemiliknya. Sehingga tidak jarang smartphone yang mengalami lemot akibat terlalu berlebihan dalam merubah tampilan yang membuat kinerja smartphone menjadi menurun.

Selain itu, faktor dari hardware atau perangkat keras yang dimiliki oleh smartphone juga sangat berpengaruh besar pada kinerja smartphone, karena ketika kita menjalankan sebuah aplikasi seperti game yang membutuhkan dukungan hardware yang kuat dan smartphone kamu belum mumpuni pasti smartphone kamu akan mengalami lemot.

Nah, untuk membantu mengatasi permasalahan smartphone yang lemot, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa penyebab dari smartphone yang lambat dan tentunya kamu bisa mencobanya.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone yang Lemot

lemot

Jangan memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan kekuatan hardware smartphone

Tips yang pertama adalah memasang aplikasi yang sesuai dengan kekuatan hardware smartphone, karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa jika smartphone mengalami lemot saat menjalankan aplikasi kemungkinan besar aplikasi yang dijalankan tersebut tidak sesuai dengan kapasitas atau kekuatan hardware smartphone kamu.

Menghapus aplikasi Yang tidak terpakai

Loading...

Menghapus aplikasi yang tidak terpakai menjadi langkah selanjutnya yang kamu bisa coba guna kinerja smartphone kamu tidak lelet. Karena setiap kita mengistall aplikasi pada smartphone ternyata akan memakan ruang penyimpanan memori dan RAM. Dan tentunya hal tersebut membuat kapasitas penyimpanan memori maupun RAM akan semakin kecil dan membuat kinerja smartphone menjadi lemot.

Sehingga bagi kamu sangat disarankan untuk menginstall aplikasi pada smartphone sesuai kebutuhan, guna kinerja smartphone yang digunakan berjalan secara lancar.

Nonaktifkan Aplikasi yang tidak digunakan

Kebanyakan aplikasi yang diinstall di smartphone akan berjalan di background atau latar belakang untuk melakukan proses sinkronasi, menentukan lokasi via GPS dan lainnya. Sehingga proses ini akan sangat menguras baterai bahkan dapat membebani kinerja RAM dan akibatnya smartphone kamu menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kami menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, namun kamu jangan khawatir karena menonaktifkan aplikasi beda dengan menghapus aplikasi sehingga kamu dapat mengaktifkan kembali dikala kamu ingin menggunakannya.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan, kamu dapat mengikuti perintah berikut :
Buka Settings>Application>App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol Disable.

Baca : 2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

Menghindari penggunaan wallpaper bergerak

Penggunaan wallpaper bergerak dan berlebihan pada smartphone juga menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi lemot, karena wallpaper yang bergerak atau efek animasi sangat membebankan bagi kinerja GPU dan RAM dan membuat smartphone menjadi lebih lambat.

Memperbarui Aplikasi smartphone kamu

Lakukan pembaruan aplikasi yang sudah terinstall pada smartphone secara berkala di Google Play Store. Karena memperbarui (update) akan memperbaiki bugs, meningkatkan performa dan menambahkan fitur baru pada aplikasi.

Nah, itulah beberapa tips cara mengatasi smartphone yang lemot dan mudah-mudahan bisa membantu kamu yang smartphone-nya mengalami lemot. Semoga membantu!


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Komentar

    Avatar

    thanks infonya hp saya lemot sekarang gara-gara banyak group tapi sudah saya hapus masih saja lemot kenapa ya?

    Avatar

    bunga

    ( - 16:39)

    Thanks Informasi hp sering lemot niih sekarang

      Avatar

      Dadan Hermansah

      ( - 03:10)

      Iya Sis, sama-sama 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *