5 Smartphone Paling Kencang Di Dunia Dengan RAM 8GB

Smartphone Paling Kencang. Belakangan ini perkembangan teknologi smartphone memang sudah semakin pesat. Jika dulu kebutuhan akan ponsel adalah kebutuhan untuk melakukan panggilan telepon dan berkirim pesan, maka tidak demikian lagi dengan sekarang.

Tidak bisa dipungkiri jika perkembangan smartphone saat ini memang sudah mencapai level yang luar biasa. Banyak aktivitas yang seharusnya menggunakan alat lain, sekarang mudah dikerjakan hanya dengan mengandalkan smartphone. Salah satunya adalah urusan fotografi, mengedit dokumen, mengedit video, sampai berkirim file.

Kebutuhan akan ponsel yang dulunya hanya sebagai kebutuhan tersier, sudah berubah menjadi kebutuhan tersier. Maka tidak heran juga jika spesifikasi ponsel memang semakin ditingkatkan. Semua itu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bukan hanya sekedar gaya – gayaan atau untuk unjuk kekayaan.

Dengan kebutuhan manusia yang banyak mengandalkan fitur keren smartphone dan spesifikasi tinggi, maka beberapa vendor pun mencoba untuk semakin meningkatkan performa ponsel besutan mereka masing – masing. Bukan hanya sekedar spesifikasi, banyak orang juga yang menuntut performa tinggi dari smartphone dan layak disebut sebagai smartphone paling kencang.

Untuk urusan fotografi, diutamakan kamera dengan resolusi dan fitur kamera yang mumpuni. Untuk keperluan mengedit dokumen, diperlukan smartphone dengan layar yang lumayan besar, begitu seterusnya. Walaupun banyak smartphone yang mengunggulkan salah satu bidang tertentu, namun pada umumnya akan tetap memperhatikan ukuran RAM juga.

Ukuran RAM memang tidak selamanya menjadi penentu dari lancarnya multitasking sebuah smartphone. Ukuran RAM yang besar tidak selamanya akan mendongkrak naik performa dari smartphone. Namun, dengan ukuran RAM yang besar, sedikit banyaknya akan mendongkrak performa smartphone tersebut.

Berbicara mengenai ukuran RAM, saat ini beberapa vendor smartphone sudah berani mengeluarkan smartphone dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan beberapa vendor smartphone sudah menggunakan RAM sebesar 8GB untuk mendukung dan mendongkrak kinerja dari smartphone.

Smartphone dengan ukuran RAM 8GB ini tentu bukan smartphone kelas menengah atau smartphone yang dibanderol dengan harga murah. Namun, sesuai dengan kebutuhan, maka harga smartphone yang mahal ini tentu bukan menjadi halangan.

Berikut adalah beberapa smartphone dengan ukuran RAM sebesar 8GB.

One Plus 5 – Smartphone Paling Kencang

Vendor smartphone OnePlus memang selalu hadir dengan smartphone dengan spesfikasi yang tinggi. Tidak pernah bermain di dalam kelas menengah atau murah, membuat vendor ini memiliki pasar dan prestige tersendiri. Salah satu ponsel paling bergengsi dari OnePlus adalah OnePlus 5.

Smartphone Paling Kencang

OnePlus 5 via wccftech.com

OnePlus 5 ini hadir dengan RAM sebesar 8GB, lebih besar dari RAM flagship sekelas Samsung sekalipun. Tidak cukup dengan ukuran RAM yang besar, smartphone yang satu ini juga memiliki segudang kelebihan yang mumpuni, membuatnya digadang – gadang sebagai killer dari smartphone falgship dari vendor lain.

OnePlus 5 hadir dengan layar 5.5 inchi yang sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan pengaman Corning Gorilla Glass ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi akan layar dari OnePlus 5, karena akan mampu bertahan dari goresan benda tajam sekalipun. Layar ini juga sudah menggunakan teknologi AMOLED Capacitive Touchscreen.

Tidak cukup hanya disitu, smartphone ini juga memiliki kamera yang sangat mumpuni. Berbedal dual camera di bagian belakang dengan resolusi 16MP, dipastikan kalau foto hasil jepretan smartphone ini akan sangat detail dan jelas.

Pada bagian kamera depannya, OnePlus juga menggunakan kamera dengan resolusi 16MP. Bisa dipastikan jika para penggila selfie akan sangat tergoda dengan smartphone yang satu ini. OnePlus tahu betul kalau aktivitas selfie tidak bisa lagi dilepaskan dari sebuah smartphone mahal, makanya mereka menggunakan resolusi yang tinggi pada kamera selfienya.

Untuk versi Androidnya, OnePlus 5 ini sudah dibekali dengan Android 7.1.1 Nougat. Sedangkan dapur pacunya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, versi tertinggi dari Snapdragon untuk saat ini. Chipset tersebut berisikan 8 inti (Octa-Core) dengan clock speed 2.45GHz.

Sama seperti smartphone lainnya dari OnePlus, smartphone yang satu ini juga meletakkan sensor fingerprint nya pada bagian depan berbarengan dengan tombol home. Penempatan ini tentu akan memudahkan pengguna untuk menjangkau sensor fingerprint. Harganya sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp. 7.1 Jutaan.

Asus Zenfone AR – Smartphone Paling Kencang

Vendor samrtphone yang satu ini memang sempat menghebohkan pasar Indonesia karena menggunakan chipset Intel. Chipset intel ini biasanya digunakan untuk komputer atau laptop. Waktu itu, vendor ini digadang – gadang sebagai vendor yang akan berjaya dan menguasai pasar smartphone di Indonesia. Namun, ternyata tidak demikian dengan sekarang.

Smartphone Paling Kencang

Asus Zenfone AR via asus.com

Kendati demikian, vendor ini selalu berusaha mengeluarkan samrtphone dengan spesifikasi tinggi, salah satunya adalah Asus Zenfone AR. Smartphone ini dibekali dengan RAM 8GB juga, membuat performanya dipastikan tinggi dan kinerja multitasking yang lancar.

Asus Zenfone AR hadir dengan layar yang agak besar, yakni 5.7 inchi. Layar ini juga sudah menggunakan teknologi AMOLED Capacitive Touchscreen dengan resolusi yang sangat tinggi, mencapai 1440 x 2560 piksel.

Untuk urusan keamanan dan ketahanan layar, smartphone ini menggunakan pengaman Corning Gorilla Glass 4, yang membuatnya tahan goresan benda tajam sekalipun. Selain itu, layar ponsel ini juga sanggup menerima dan mendeteksi hingga 10 sentuhan sekaligus, dengan istilah lain Multitouch.

Pada bagian kamera belakang ponsel ini menyematkan kamera ganda dengan resolusi ukuran 23MP. Tentu bukan ukuran yang rendah untuk kelas smartphone sekalipun. Dipastikan dengan resolusi tinggi seperti ini, pengambilan foto menggunakan Asus Zenfone AR akan menghasilkan foto yang memuaskan dengan detail yang sangat jelas.

Sayangnya, kamera depan tidak diimbangi dengan resolusi tinggi pada kamera belakangnya. Kamera depannya hanya menggunakan resolusi sebesar 8MP saja. Nampaknya Asus tidak begitu tertarik untuk menjadikan smartphone flagship mereka ini sebagai kamera selfie yang handal.

Asus Zenfone AR sudah menggunakan versi Android 7.0 Nougat. Sedangkan pada dapur pacunya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821, lebih rendah sedikit dibandingkan chipset yang digunakan oleh OnePlus 5. Chipset ini berisikan 4 inti (Quad-Core) dengan clock speed 2.35GHz.

Ponsel ini juga sudah menggunakan sensor fingerprint pada bagian depan berbarengan dengan tombol home. Baterai dengan kapasitas 3.300 mAh dan sudah menggunakan teknologi fast charging. Ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 10 Jutaan.

ZTE Nubia Z17 – Smartphone Paling Kencang

Walaupun masih terbilang baru dalam mengikuti panasnya persaingan smartphone di Indonesia, namun ZTE Nubia memang lumayan diperhitungkan. Terbukti beberapa smartphone yang mereka jual secara resmi di Indonesia termasuk laris manis di pasaran.

Smartphone Paling Kencang

ZTE Nubia Z17 via theverge.com

Tidak ingin bermain setengah – setengah, vendor inipun mengeluarkan dan memperkenalkan smartphone falgshipnya di tanah air, yakni ZTE Nubia Z17. Smartphone ini hadir dengan segala fitur dan kelebihan, salah satunya adalah penggunaan RAM besar, yakni 8GB.

Smartphone ini hadir dengan layar sebesar 5.7 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Layar ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass yang tidak disebutkan versi berapa. Walaupun demikian, pengguna tentu tidak perlu lagi khawatir akan ketahanan dari layar smartphone ini.

Hadir dengan teknologi dual camera pada bagian belakang menjadikan smartphone ini sangat layak untuk dipinang oleh para pecinta fotograpi. Kamera dual belakang sudah menggunakan resolusi sebesar 23MP dan 12MP. Tentu bukan ukuran yang kecil lagi walaupun harus disandingkan dengan resolusi kamera DSLR sekalipun.

Pada bagian kamera depan, terdapat lensa dengan ukuran 16MP. Resolusi yang tergolong sangat besar untuk ukuran kamera depan smartphone. ZTE Nubia tahu betul kalau kegiatan selfie memang sudah semakin terend sekarang ini, makanya mereka mengeluarkan smartphone dengan kamera selfie yang mumpuni.

Smartphone ZTE Nubia Z17 ini sudah menggunakan Android versi terbaru, yakni Android 7.1.1 Nougat. Sedangkan dapur pacunya sendiri menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, sama seperti chipset yang digunakan oleh OnePlus 5, dan merupakan chipset tertinggi dari Qualcomm untuk sekarang ini.

Chipset ini berisikan 8 inti (Octa-Core) dengan clockspeed 2.35 GHz. Chipset tertinggi dengan clockspeed yang tinggi ini tentu akan memperlancar kinerja dari ZTE Nubia Z17. Hal ini akan dibantul lagi berkat penggunaan RAM yang berukuran jumbo, yakni pilihan antara RAM 6GB dan RAM 8GB.

Smartphone ini menggunakan baterai kapasitas 3.200mAh yang tentunya sudah menggunakan teknologi fast charging. Smartphone yang satu ini dibanderol dengan harga Rp. 7.7 Jutaan.

Xiaomi Mi Mix 2 – Smartphone Paling Kencang

Sejak diperkenalkan di Indonesia, Xiaomi memang sangat sukses dalam merebut perhatian konsumen samrtphone di tanah air. Vendor Xiaomi selalu identik dengan vendor ponsel yang memiliki spesifikasi tinggi, namun dengan harga yang terjangkau dan murah.

Smartphone Paling Kencang

Xiaomi Mi Mix 2 via thenextweb.com

Salah satu smartphone terbaru dari Xiaomi adalah Xiaomi Mi Mix 2, yang merupakan generasi penerus dari Xiaomi Mi Mix sebelumnya. Smartphone ini juga merupakan flagship tertinggi daari pabrikan Xiaomi berkat penggunaan RAM sebesar 8GB dan segudang kelebihan lainnya.

Dengan layar 5.99 inchi, tentu ponsel ini memang akan sedikit merepotkan jika harus digenggam dengan satu tangan saja. Ukuran ini sekaligus menjadikanya sebagai smartphone dengan layar paling lebar jika harus dibandingkan dengan para rivalnya dalam daftar kali ini.

Smartphone ini sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835. Chipset ini berisikan 8 inti (Octa-Core) dengan clockspeed yang sangat tinggi, yakni 2.45GHz. Chipset ini kemudian dipasangkan dengan Adreno 540 sebagai pengolah grafisnya. Untuk versi Androidnya sendiri sudah menggunakan Android 7.1 Nougat.

Sebagaimana smartphone Xiaomi pada umumnya, memang tidak pernah terlalu mengunggulkan sektor kamera, demikian juga dengan Xiaomi Mi Mix 2. Smartphone ini hanya menggunkan kamera dengan resolusi 12MP dan masih menggunakan single camera.

Pada kamera depan, disematkan juga kamera berukuran 5MP. Memang termasuk ukuran yang sangat kecil untuk smartphone sekelas ini. Namun, itulah Xiaomi yang memang tidak pernah mengunggulkan sektor kamera semenjak memperkenalkan smartphone-nya di Indonesia.

Smartphone ini menempatkan sensor fingerprint pada bagian belakang, yang tentunya akan sedikit menyulitkan pengguna untuk meraih sensor, mengingat ukurannya yang lumayan besar. Untuk urusan daya, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.400mAh yang sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 3.0.

Satu hal yang paling ditonjolkan dari smartphone ini adalah penggunaan bahan keramik pada bagian belakangnya. Walaupun memang tergolong licin, namun akan mampu mendongkrak penampilan smartphone. Smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 9.4 Jutaan, yang tentunya sudah bukan banderol murah lagi.

Elephone Z1 – Smartphone Paling Kencang

Sama seperti vendor lainnya, samrtphone paling kencang selanjutnya masih berasal dari Negeri Tiongkok. Belakangan ini, smartphone yang berasal dari negeri Tiongkok memang semakin diminati, berkat banderol harganya yang memang lebih murah.

Smartphone Paling Kencang

Elephone Z1 via elephonestore.com

Smartphone paling kencang yang terakhir datang dari vendor Elephone, yakni Elephone Z1. Walaupun tidak dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon seperti yang digunakan oleh vendor lain, namun kapasitas RAM dari smartphone ini patut dibanggakan, yakni 8GB.

Smartphone ini menggunakan layar dengan ukuran 5.7 inchi dengan resolusi yang tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel. Layar smartphone ini juga dibuat melengkung, atau dengan kata lain Curved Display, sama seperti layar yang digunakan pada Samsung S8 series dan Samsung Galaxy Note 8.

Body smartphone ini menggunakan material berbahan kaca yang tentunya akan membuatnya tampil menawan dan cantik, dan tentunya akan lebih kuat. Selain itu, layar dengan tipe bezelles akan semakin menambah value dari smartphone ini.

Elephone Z1 ini menggunakan chipset Mediatek Helio X30 yang dipadu dengan RAM 8GB dan memori internal sebesar 256GB. Walaupun memang bukan merk terkenal seperti intel atau Qualcomm, namun performa Mediatek Helio X30 sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pada sektor kamera, smartphone ini menggunakan resolusi sebesar 22MP untuk kamera belakang dan 8MP pada kamera depan. Sama seperti Xiaomi, smartphone besutan Elephone juga tidak terlalu mengunggulkan sektor kamera.

Baterainya sendiri sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 4.070 mAh, menjadikanya sebagai smartphone dengan kapasitas baterai tertinggi pada daftar kali ini. Tidak lupa, Elephone juga sudah menanamkan teknologi fast charging pada smartphone ini.

Peletakan sensor fingerprintnya berada di bagian belakang, tepat di bawah lensa kamera belakang. Penempatan seperti ini tentu sedikit menyulitkan pengguna untuk meraihnya, mengingat ukuran smartphone ini yang lumayan besar. Smartphone paling kencang yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 5.2 Jutaan.

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua vendor juga selalu berlomba – lomba untuk menghadirkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan pengguna terhadap smartphone yang memang semakin meningkat dan semakin intens.

Tidak cukup hanya spesifikasi, setiap vendor juga harus berusaha memberikan harga yang kompetitif untuk setiap smartphone yang dikeluarkanya. Walaupun memiliki spesifikasi mumpuni, tentu akan kurang laris jika dibanderol dengan harga mahal.

Kita tentu tahu betul bagaimana Samsung dan Apple membanderol harga smartphone-nya. Banderol harga inilah yang seringkali menjadi benturan atau halangan konsumen dalam meminang smartphone dari kedua vendor terkenal ini.

Saat Samsung dan Apple membanderol smartphone-nya dengan harga tinggi, disitulah masuk para vendor dari negeri Tiongkok yang memberikan harga yang lebih kompetitif, namun dengan kualitas dan spesifikasi tidak kalah jauh dari kedua pabrikan ini.

Persaingan ini tentu akan menguntungkan para konsumen smartphone di tanah air. Dimana konsumen dapat bebas memilik smartphone bukan hanya berdasarkan kebutuhan saja, namun juga berdasarkan banderol harga yang terjangkau. Konsumen akan dihadapkan pada banyak pilihan untuk membeli smartphone.

Itulah tadi beberapa smartphone paling kencang di dunia yang dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB. Walaupun masih dibanderol dengan harga mahal, namun bukan tidak mungkin jika di kemudian hari akan semakin murah dan terjangkau.

Baca Juga :

Apple iPhone X, Ponsel Dual Kamera Tanpa Tombol Home

Vivo V7 Plus : Layar 6 Inchi dengan Kamera Selfie 24MP

Xiaomi Mi A1, Smartphone Murah Kamera Belakang Ganda

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment