Review ProdukTekno

Smartphone Desain Metal dan Baterai Besar Dari Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X. Gebrakan baru kembali diluncurkan oleh ponsel pabrikan Tirai Bambu, yakni baterai besar dan desain metal unibody yang sangat memanjakan para calon pembelinya di tanah air. Xiaomi Redmi 4X sangat dapat diandalkan dengan baterai besar 4100mAh. Desainnya juga sangat dinamis dengan desain metal unibody.

Ponsel ini diluncurkan dalam 2 tipe, yakni Xiaomi Redmi 4X berkapasaitas memory 2/16 dan berkapasitas 3/32. Seperti pada ponsel Xiaomi pada umumnya.Xiaomi memasarkan ponsel ini lewat jalur distributor untuk pasar Indonesia. Lantas, dengan harga sekitar 1,4 juta dan 1,6 juta, apakah ponsel ini mampu memenuhi ekspektasi calon pembeli di tanah air?, simak selengkapnya sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Desain  Xiaomi Redmi 4X

Desain dari ponsel ini memang sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengusung desain unibody berbahan metal, ditambah dengan bentuk melengkung pada sisi – sisinya, membuat ponsel ini akan sangat nyaman digenggam dan tidak licin di tangan. Walaupun bodynya agak tebal, tetapi tetap nyaman untuk digenggam karena ukuran layarnya yang hanya 5 inchi.

Desain Redmi 4X via clickbuy.com.vn

Ukuran layar yang tidak terlalu besar ini tentu saja akan memberikan nilai plus tersendiri untuk Xiaomi Redmi 4X. Dibandingkan dengan ponsel berukuran layar 5,5 inchi atau lebih, ponsel ini tentu akan lebih rigid dan nyaman digenggam dengan satu tangan saja.

Pada bagian sebelah kanan ponsel ini, terdapat 3 tombol, yakni tombol power dan tombol volume up down. Sementara pada bagian kiri, terdapat SIM tray, bagian atas terdapat noise cancelation mic dan IR blaster, dan untuk bagian bahwa terdapat lubang mic dan speaker, serta port USB di tengahnya.

Layar , Antarmuka, dan Software

Dengan resolusi HD diatas bentang layar seluas  5 inchi, ponsel ini memang bukanlah ponsel dengan layar yang istimewa. Tingkat kecerahan bisa diatur secara manual ataupun otomatis. Terdapat pula mode baca, yang memungkinkan pembaca akan merasa lebih nyaman saat ponsel digunakan dalm jangka waktu yang lama. Layar jenis 2,5D juga semakin mempercantik penampilan dari ponsel ini.

Untuk segi software, ponsel ini sudah mendukung Android 6.0 Marshmallow, yang dipercantik dengan tampilan antarmuka milik Xiaomi, yakni MIUI 8.2. Xiaomi juga menyediakan beberapa tema yang dapat diganti sesuka hati oleh penggunanya ataupun mendownload untuk memiliki lebih banyak tema.

Banyak yang bilang jika MIUI milik Xiaomi adalah UI yang boros memakan RAM dan baterai, tetapi dengan RAM besar yang disematkan, hal tersebut tentu tidak akan menjadi permasalahan besar.

Antarmuka Redmi 4X via metrotvnews.com

Walaupun masuk dalam jajaran kelas menengah kebawah, tetapi ponsel ini sudah mengusung fitur canggih seperti ponsel flagshipnya, yakni dual aplikasi dan ruang kedua. Dual apps memungkinkan pengguna untuk mengkloning sebuah aplikasi, sehingga bisa digunakan untuk dua akun sekaligus. Sedangkan ruang kedua adalah fitur yang menyediakan space ponsel untuk keperluan lain, yang memungkinkan pengguna seolah – olah memiliki dua ponsel.

Seperti smartphone pada umumnya sekarang ini, ponsel ini sudah dilengkapi dengan dual SIM dan memory eksternal. Adapun konektivitas yang didukung sudah mengusung 4G LTE Cat6. Sayangnya untuk slot memory dan SIM kedua adalah hibryd. Hal ini berarti pengguna tidak akan bisa menggunakan SIM 2 jika ingin menggunakan kartu memory, begitu juga sebaliknya.

Baterai dan Performa

Tidak tanggung – tanggung, Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas yang sangat besar untuk jagoannya, yakni sebesar 4100mAh. Untuk pemakaian sehari – hari, baterai sebesar ini tentu sudah terbilang lebih dari cukup. Sayangnya, charger yang disediakan masih sebatas 5V/2A yang tergolong kecil dengan baterai 4100mAh.

Dengan alasan menekan harga, Xiaomi juga harus meniadakan fitur fast charging, sehingga membuat ponsel ini akan terasa lama untuk mengisi daya.

Performa baterai Redmi 4X via handphone.me

Ponsel ini mengusung procesor Qualcomm Snapdragon 435, dipadukan dengan RAM pilihan antara 2 dan 3GB. Chipset Redmi 4X ini ditenagai procesor delapan inti cortex A-53, dengan clock speed1,4Ghz. Walaupun sudah termasuk procesor lawas, tetapi tidak membuat ponsel ini terasa lag saat digunakan Disinilah letak keahlian Xiaomi menggabungkan hardware dan software.

Dengan Qualcomm Snapdragon 435 dan RAM 2GB atau 3GB, ponsel ini sudah sangat bisa diandalkan. Ponsel ini bisa digunakan untuk bermain game 3D tanpa mengalami kendala yang berarti. Browsing, foto dan video, serta berganti satu aplikasi ke aplikasi yang lain bisa berjalan dengan mulus. Hanya saja, media sosial seperti seperti Facebook sering mengalami crash saat digunakan.

Kamera dan Video

Mengusung kamera dengan resolusi sebesar 13MP dan 5 MP, hasil kamera yang didapatkan tidaklah begitu buruk mengingat harganya yang berada di kelas menengah kebawah. Untuk kamera belakang sanggup menghasilkan foto yang cukup detail, walaupun akan berkurang drastis di saat berada pada kondisi pencahayaan yang kurang.

Sedangkan kamera depannya sudah dilengkapi fitur beautify, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kamera sesuai dengan keinginan sendiri.

Kamera Xiaomi Redmi 4X via teslet.id

Untuk sektor perekaman video, ponsel ini patut diacungi jempol. Karena baik kamera depan ataupun kamera belakang, keduanya sanggup merekam video dengan resolusi Full HD. Dengan harga yang hanya berada di angka 1 jutaan saja, hal ini tentu sudah lebih dari cukup, mengingat ponsel ini bukanlah ponsel yang mengandalkan fitur kamera sebagaimana rivalnya dari perusahaan Tiongkok.

Dengan rentang harga yang berada di angka 1 jutaan, ponsel ini tentu masih memiliki banyak rival yang siap merebut hati konsumen. Tetapi dengan spesifikasi dan performa baterai yang ditawarkan, ponsel ini mungkin akan menjadi pilihan bagi sebagian orang yang tidak ingin direpotkan dengan urusan membawa power bank saat bepergian. Hal ini berkat penggunaan baterai sebesar 4100mAh.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close