Yota Phone 2

Smartphone Yota Phone 2 dengan dual screen

Yota phone 2 – Sekarang semua orang membutuhkan sebuah smartphone untuk memenuhi kepentingan harian untuk segala kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, dan bahkan pebisnis. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak vendor elektronik dari seluruh penjuru dunia.

Mungkin kita sudah sangat mengenal negeri Tiongkok yang merupakan sarang perkembangan smartphone dan juga tidak ketinggalan negara Eropa dengan ponsel super mereka. Kebanyakan orang untuk saat ini sangat mempertimbangkan suatu produk ponsel sebelum membelinya karena banyak persaingan ponsel pada spesifikasi.

Sebuah perusahaan elektronik asal Rusia unjuk gigi dengan mengajukan sebuah ponsel dengan dua layar dengan sistem operasi Android OS. Smartphone dengan dual screen tersebut adalah Yotaphone 2 yang diperkenalkan pada Februari 2014 silam dan kemudian mulai dipasarkan sejak bulan Desember 2014. Perusahaan asal Russia tersebut berani mengambil langkah baru dalam dunia smartphone dunia yang menghadirkan ponsel dengan dua layar aktif.

Sekilas mengenai smartphone Yota Phone 2 dengan dual screen active

Yota Phone 2
Yota Phone 2

Sebelum kita membahas ponsel dual screen ini secara mendalam maka kita harus mengetahui sekilas mengenai ponsel Yota phone 2 ini terlebih dahulu. Ponsel asal Russia ini telah mulai diedarkan pada Desember 2014 silam dan memasuki pasaran Indonesia saat Januari 2015.

Smartphone Yota Phone 2 ini diluncurkan dengan dual screen. Pada layar depan dari ponsel ini kita akan menjumpai layaknya ponsel touchsreen biasa dan pada layar belakang atau backcase kita akan menemui sebuah layar . Untuk layar belakang dari Yota Phone 2 ini kita akan menemui sebuah layar yang menampilkan, status cuaca, dan notifikasi pada sisi bawah ponsel ini.

Smartphone Yota Phone 2 ditujukan untuk kalangan menengah kebawah dengan desain yang simple dan modern. Selain itu untuk fisik dari ponsel ini sudah dibalut dengan casing plastik berkualitas dengan pilihan warna hitam dan putih yang glossy.

Yota Phone 2 juga hadir dengan ukuran lima inchi yang nyaman digenggam dan resolusi layar yang terasa pas yaitu 1080 x 1920 dengan kerapatan 442 ppi pixel. Untuk proteksi layar pada ponsel ini sudah mengusung anti gores Corning Gorilla Grass 3 yang tahan terhadap bermacam goresan ringan.

Ponsel dual screen tersebut sudah dibekali dengan sistem operasi Android KitKat OS yang dapat ditingkatkan menuju Android Lollipop OS. Untuk urusan pengoperasian pada ponsel ini sudah terbilang ringan, dikarenakan ponsel ini membawa RAM berkapasitas 2 GB dengan kolaborasi chipset Qualcomm Snapdragon 801. Teknologi pada Snapdragon 801 sudah terbilang maju pada generasinya. Yang membawa GPU Adreno 303 untuk mengolah grafis dan CPU Quad Core membuat multitasking ringan.

Loading...

Dalam urusan pemotretan pada Yota Phone 2 sudah terbilang memuaskan dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2.1 MP. Meskipun pada ponsel ini tidak terdapat slot external memory tetapi untuk internal memory berkapasitas 32GB. Yota Phone 2 sudah dibekali kapasitas baterai 2500 mAh yang mampu bertahan dioperasikan selama satu harian.

Spesifikasi dari smartphone Yota Phone 2 dengan dual screen

Yota Phone 2
Yota Phone 2 White
Network2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE band 3(1800), 7(2600), 20(800)
SpeedHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
BODYSIMNano-SIM
Dimension144.9 x 69.4 x 9 mm (5.70 x 2.73 x 0.35 in)
Weight145 g (5.11 oz)
BuildCorning Gorilla Glass 3 back panel
DISPLAYDisplay typeAMOLED capacitive touchscreen, 16M color
Display size5.0 inches (~68.2% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 1920 pixels (~442 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 3
– Secondary display always-on grayscale capacitive touchscreen, 540 x 960 pixels (235 ppi), 4.7 inches
SOUNDAlert typeVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
MEMORYInternal memory32 GB, 2 GB RAM
Card slotNo
PLATFORMOSAndroid OS, v4.4.3 (KitKat), upgradable to v5.0 (Lollipop)
ChipsetQualcomm Snapdragon 801
CPUQuad-core 2.3 GHz Krait 400
GPUAdreno 330
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
NFCYes
USBmicroUSB v2.0
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioFM radio
CAMERAPrimary camera8 MP, autofocus, LED flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video[email protected]
Secondary camera2.1 MP
FEATURESSensorsAccelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
JavaNo
ColorsBlack, White
– Active noise cancellation with dedicated mic
– Wireless charging
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/Flac player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATTERYNon-removable Li-Ion 2500 mAh battery
Stand-byUp to 397 h (2G) / Up to 406 h (3G)
Talk timeUp to 41 h 40 min (2G) / Up to 26 h (3G)
Music playUp to 92 h

Smartphone Yota Phone 2 yang hadir dengan dual screen active

Yota Phone 2
Yota Phone 2 Dual Screen Active

Baiklah saya akan membahas hal pertama yang sangat mengundang perhatian publik yaitu dual screen active yang melekat pada smartphone asal Russia ini. Hal ini jelas menjadi sebuah konsep baru dalam dunia smartphone diseluruh dunia.

Mungkin jika ponsel ini suskses maka akan menjadi kiblat konsep bagi banyak vendor ponsel pintar dunia. Meskipun cukup baru memasuki hangatnya persaingan pasaran perangkat tetapi Yota Phone 2 sudah dibekali dengan segudang fitur.

Smartphone dengan ukuran lima inchi ini memiliki layar depan layaknya sebuah smartphone layar sentuh pada umumnya. Untuk navigation pad tidak dihadirkan dalam bentuk fisik melainkan disematkan pada layar ponsel ini menjadikannya virtual Navigation Bar.

Untuk layar utama kita sudah dapat multitouch dan sudah terdapat fitur medium sensitive touch yang menjadikannya optimal ketika disentuh. Sebagai proteksi, pada ponsel ini dari benturan dan goresan. Maka perusahaan Russia tersebut sudah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3.

Sementara itu untuk layar belakang pada ponsel ini kita akan mendapati layar yang berisi banyak pemberitahuan yang bisa kita modifikasi sesuai kebutuhan kita. Pada layar belakang dari Yota Phone 2 kita dapat menemukan tampilan waktu dalam bentuk analog dan digital, prediksi status cuaca, dan notifikasi dari aplikasi.

Selain itu, untuk layar belakang pada smartphone ini mendukung fitur always-on dengan grayscale. Yang memiliki resolusi sentuh 540 x 960 dengan kerapatan 235 ppi. Sama seperti layar utama pada smartphone ini yang memiliki proteksi Corning Gorilla Glass 3 begitu juga untuk perlindungan pada layar kedua ponsel ini.

Smartphone Yota Phone 2 yang didesain simple dan modern

Baiklah saya akan mengulas pada opsi pertama yang dipandang oleh para konsumen adalah tampilan bodi pada sebuah gadget. Saat ini banyak vendor elektronik yang saling berlomba dalam menciptakan sebuah desain smartphone yang simple tetapi berkelas atau memikat perhatian.

Jika kita melihat pada perusahaan raksasa Apple yang menjadi kiblat pada desain sebuah ponsel yang menciptakan desain pada Iphone yang simple tertapi berkelas. Sebenarnya lebih sulit ketika menciptakan sebuah desain yang simple dan menarik ketimbang desain yang sangat heboh yang terlihat desain pasaran.

Smartphone Yota Phone 2 didesain dengan cukup simple dan menarik ketika dilihat. Smartphone asal Russia tersebut dibalut dengan bodi fisik yang terbuat dari plastik dengan pilihan warna hitam dan putih yang glossy.

Untuk tampilan dari depan kita tidak akan menemukan tombol navigasi fisik yang telah disematkan kedalam layar alias virtual navigation bar. Perpaduan antara warna dasar hitam atau putih  dengan warna dari layar belakang dari ponsel ini terbilang elegan yang memiliki warna grayscale.

Yota Phone 2 juga mengambil ukuran 5 inchi yang nyaman digenggam. Pada layar belakang dari ponsel ini berukuran 4.7 inchi. Hal ini jelas menjadikannya ponsel dengan desain yang simple dan sangat menarik perhatian.

Smartphone Yota Phone 2 yang dapat bertahan pemakaian seharian lebih

Yota Phone 2
Yota Phone Baterai

Maka seperti orang awam pada umumnya yang setelah melihat tampilan fisik dari sebuah ponsel adalah melihat dari kapasitas baterai. Banyak orang sekarang sangat mempertimbangkan pilihan mereka sebelum membeli suatu perangkat ponsel. Dan pastinya melihat pada bagian kapasitas baterai dikarenakan untuk pemakaian sehari hari.

Pada saat itu perusahaan raksasa Google masih merilis sistem operasi Andorid KitKat. Untuk ponsel terbaru maka smartphone Yota Phone 2 juga kebagian Android KitKat. Sistem operasi Android KitKat tidak membutuhkan banyak data baterai karena terdapat pengoptimal penggunaan baterai.

Yota Phone 2 telah membawa baterai dengan kapasitas 2500 mAh yang terbilang tahan seharian karena dipadukan dengan Android KitKat. Untuk aktivitas bermain game dan internetan pada ponsel Yota Phone 2 ini sanggup bertahan hingga satu hari lebih.

Hal ini sangat mengejutkan banyak orang dikarenakan pendatang baru asal Russia tersebut memiliki kapasitas baterai yang besar dan kemampuan bertahan yang tinggi. Jadi anda tidak perlu gelisah ketika ingin berpergian jauh tanpa membawa charger ataupun power bank.

Smartphone Yota Phone 2 yang cocok untuk fotografi dan selfie

Yota Phone 2

Setelah membahas mengenai desain fisik yang keren dan ketahanan baterai yang tinggi. Maka kita akan membahas hal ketiga yang sangat umum dilihat oleh para calon konsumen yaitu kekuatan dari kamera ponsel untuk kegiatan fotografi dan selfie.

Mungkin jika kita melihat sekarang banyak perusahaan yang saling bersaing untuk menciptakan sebuah camera phone yang canggih dan spesifikasi tinggi. Maka Yota Phone 2 juga tidak kalah saing dengan camera phone besutan perusahaan besar lainnya.

Perusahaan asal Russia tersebut telah menyematkan kamera belakang pada Yota Phone 2. Dengan lensa berkekuatan 8 MP dengan LED Flash untuk memotret dalam keadaan gelap. Selain itu untuk kamera belakang juga telah mendukung fasilitas auto focus, geo tagging, face detector dan bahkan manual focus. Hal ini sudah tidak asing lagi dengan banyaknya smartphone med-low yang maju dengan kamera belakang 8 MP.

Sementara itu untuk urusan foto selfie pada Yota Phone 2 sudah membawa kamera depan dengan lensa berkekuatan hingga 2.1 MP untuk selfie atau video call. Meskipun hanya memiliki kualitas lensa 2.1 MP tetapi dapat dioptimalkan dengan aplikasi pengeditan yang telah disematkan pada Yota Phone 2 ini.

Jadi untuk urusan fotografi dan aktivitas foto selfie, ponsel Yota Phone 2 ini sudah terbilang memuaskan para konsumennya.

Smartphone Yota Phone 2 yang dibekali internal memory sangat besar

Setelah membahas mengenai desain bodi simple, kapasitas baterai besar dan kamera yang memuaskan pada Yota Phone 2 ini. Maka saya akan mengulas pada opsi keempat yaitu penyimpanan pada ponsel ini. Pada subheading ulasan singkat mengenai Yota Phone 2 diatas sudah tampak jelas bahwa internal memory pada ponsel ini sangat memuaskan para konsumen. Hal ini dikarenakan pada Yota Phone 2 memiliki internal memory yang berkapasitas 32 GB.

Perusahaan asal Russia tersebut tidak menyediakan slot untuk External Memory atau MicroSD pada ponsel dual screen ini tanpa adanya keterangan resmi. Tetapi untuk menutupi salah satu kekurangan dari Yota Phone 2 ini maka pada internal memory sudah memiliki kapasitas gajah yaitu 32 GB. Hal ini sungguh terbilang mengejutkan karena hanya ponsel High-low saja yang biasanya menanam internal memory sebesar itu.

Anda tidak usah gelisah lagi dengan tidak adanya slot MicroSD karena pada internal memory pada Yota Phone 2 saja anda sudah bisa menyimpan semua file anda. Meskipun banyak foto, video, musik, game, dan aplikasi yang membebani pada internal memory tetapi tidak akan mengusik kinerja dari smartphone ini.

Jadi untuk urusan penyimpanan file melalui Yota Phone 2 sudah sangat memuaskan karena sebanding dengan kelasnya.

Smartphone Yota Phone 2 yang ditanam Android KitKat OS yang sudah optimal

Sudah puas dengan desain yang elegan, kapasitas baterai yang besar, kamera yang memuaskan dan memori internal yang luas. Maka selanjutnya saya akan membahas mengenai sistem operasi yang ditanamkan pada Yota Phone 2 adalah Android KitKat OS. Pada saat itu perusahaan Google masih mengedarkan Android KitKat OS sebagai sistem operasi untuk ponsel pada umumnya. Dan Yota Phone 2 juga mendapatkan sistem operasi terbaru untuk saat itu.

Sistem operasi KitKat sudah optimal dioperasikan pada ponsel Yota Phone 2. Selain itu jika anda merasa sistem operasi anda ketinggalan jaman maka anda dapat meningkatkanya menuju Android Lollipop OS. Penggunaan Yota Phone 2 yang memiliki kapasitas baterai 2500 mAh ini sudah terbilang sangat awet yang mampu bertahan selama satu harian lebih.

Jadi untuk urusan sistem operasi pada Yota Phone 2 sudah sangat optimal dan tampilan yang cantik ala Android KitKat.

Smartphone Yota Phone 2 yang dilengkapi segudang fitur ponsel pintar

Mungkin kita telah melihat banyak kelebihan utama yang disuguhkan oleh smartphone Yota Phone 2. Baiklah saya akan mengulas beberapa fitur ringan yang telah disematkan pada smartphone dual screen ini. Mungkin pada perangkat smartphone pada umumnya telah memiliki fasilitas ataupun fitur yang akan saya uraikan pada opsi ini. Tetapi mungkin anda ingin tahu apa saja yang tertanam pada Yota Phone 2 ini.

Yota Phone 2 sudah dilengkapi dengan fitur WiFi untuk mengakses jaringan hotspot yang suka internetan gratisan dan fitur Bluetooth untuk fasilitas berbagi file. Selain itu juga terdapat banyak fitur lain untuk keperluan harian seperti telponan, pesan singkat, email, dan internetan.

Mungkin masih banyak lagi fitur atau fasilitas yang umumnya sudah tertanamkan pada sebuah smartphone. Jadi untuk keperluan harian kamu sudah dapat menyelesaikannya dengan Yota Phone 2.

Kelebihan dan Kelemahan dari smartphone Yota Phone 2 asal Russia

Yota Phone 2
Yota Phone 

Baiklah setelah anda tahu mengenai spesifikasi mendalam dari ponsel asal Russia yakni Yota Phone 2 ini. Maka saya akan menjabarkannya kembali dalam bentuk poin kelebihan dan kelemahan dari Yota Phone 2 ini.

Kelebihan dari smartphone Yota Phone 2

  • Desain pada Yota Phone 2 yang simple dan menarik perhatian dengan balutan warna glossy hitam dan putih serta layar belakang dengan desain grayscale.
  • Kapasitas baterai pada Yota Phone 2 yang besar yakni 2500 mAh yang mampu tahan pemakaian selama satu hari lebih dan memutar musik selama 92 jam lebih.
  • Kualitas kamera pada ponsel dual screen ini sudah sangat jernih dengan kamera depan 8 MP dengan LED Flash dan kamera depan 2.1 MP untuk selfie momen kamu.
  • Internal memory pada ponsel asal Russia ini yang berkelas high-end yang berkapasitas 32 GB.
  • Sudah mengusung sistem operasi Android KitKat OS yang sudah optimal dan mampu ditingkatkan menuju Android Lollipop OS.
  • Telah dibekali dengan segudang fitur untuk kelas ponsel pintar untuk keperluan harian.

Kelemahan dari smartphone Yota Phone 2

  • Tidak adanya slot MicroSD atau external memory pada ponsel ini.
  • Kamera depan yang terbilang kurang memuaskan pada kelas smartphone mid-end yaitu hanya 2.1 MP saja.
  • Kapasitas RAM yang sangat standar dikelasnya yang berkapasitas 2 GB saja.
  • Harga pasaran pada Indonesia yang terbilang cukup menguras kantong.

Penutup

Akhirnya kita sudah tiba juga pada opsi terakhir dari pembahasan kita mengenai smartphone Yota Phone 2 yang memiliki dual screen active. Menurut saya ponsel sekelas Mid-end ini sangat menarik untuk dimiliki, karena banyaknya fitur yang disematkan pada inti mesinnya. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dan wajar saja karena tidak ada yang sempurna didunia ini.

Untuk harga pasaran dari ponsel dual Screen ini dibanderol seharga delapan jutaan. Harga ini berdasarkan survei dari beberapa online shop di Indonesia. Meskipun smartphone ini keluaran tahun 2015 tetapi untuk sekarang masih dapat anda dapatkan dalam keadaan baru pada website online shop kepercayaan anda.

Saya berharap melalui artikel ulasan singkat saya ini dapat memberikan pertimbangan kepada anda sebelum membeli suatu perangkat ponsel. Apalagi sekarang sedang banyaknya persaingan vendor dan menjadi kesempatan bagi kita untuk mendapatkan smartphone dengan harga terjangkau.

Referensi lain: Sony Experia Play dengan game pad ala PSP

Apakah anda tertarik membawa pulang ponsel dual screen ini ?


Loading...

Bagikan

Aditya Irzal

Penulis

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *