Camtasia, Software Editor Video Ramah Untuk Laptop Minim Kemampuan

Software Editor Video CamtasiaMenjadi seorang YouTubers memang membutuhkan modal seperti ide, tenaga, uang, dan  juga skill. Modal ini akan menunjang keberhasilan kamu untuk dapat bertahan dibisnis yang mengandalkan iklan dari Google ini.

Banyak para YouTubers berguguran dikarenakan minimnya modal yang mereka punya. Salah satunya adalah tidak memiliki Laptop yang mampu bekerja secara prima dengan software editor video yang rata-rata memerlukan spesifikasi Laptop handal.

Pastinya sangat kita ketahui bahwa setiap Software akan memerlukan spesifikasi minimal untuk dapat bekerja secara maksimal. Seperti Adobe Premiere CC Pro yang membutuhkan Spesifikasi Laptop dengan RAM minimal 1GB, HDD 500 GB, dan Processor Core Two Duos.

Namun dengan menggunakan spesifikasi minimal, tentu saja kamu sebagai seorang YouTubers akan menghadapi kendala disaat melakukan proses editing untuk membuat video Youtube.

Dalam pembuatan sebuah video, proses input plugin dan render menjadi salah satu proses yang akan memakan waktu cukup lama. Laptop dengan spesifikasi Core i3 dengan RAM 2GB saja, akan membutuhkan waktu lebih dari 15 menit untuk proses render sebuah video dengan penanaman plugin standar berkualitas High Definition (HD).

Sebut saja Adobe Premiere Pro CC yang paling sering saya gunakan. Software ini saya gunakan pada Laptop Dell Core i3 dengan RAM 2GB dan HDD 500 GB. Dengan spesifikasi tersebut, saya tetap tidak dapat melakukan pekerjaan sekaligus ketika proses render berlangsung misalnya membuka Adobe Photoshop untuk editing foto.

Saya harus menunggu proses render selesai untuk dapat menggunakan aplikasi lainnya. Karena jika saya membuka aplikasi lain saat render berlangsung, maka proses rendering akan semakin lama.

Nah, bagi kamu yang memiliki Laptop dengan spesifikasi standar, saat ini terdapat software ramah dan dapat berjalan dengan baik pada Laptop minimalis yang kamu punya.

Loading...

Software Editor Video Camtasia

Camtasia adalah sebuah software besutan TechSmith yang dapat digunakan sebagai editor video. Software ini dapat bekerja secara maksimal dan memiliki plugin yang cukup mumpuni untuk sebuah video yang diupload pada YouTube. Jika kamu seorang YouTubers yang tertarik pada kategori tutorial dan berita, maka kamu dapat menggunakan software ini.

Apa saja yang bisa dilakukan Software Editor Video Camtasia ini? Berikut kemampuan Camtasia yang akan membuat kamu tertarik menggunakannya.

Fitur Screen Recording

Software editor video Camtasia dibekali fitur yang mampu merekam layar laptop kamu menjadi sebuah file video. Video yang direkam melalui fitur ini juga dapat merekam suara secara langsung saat proses rekaman video. Fitur ini sering digunakan untuk video tutorial yang sering kamu jumpai pada channel YouTube.

Fitur Screen Recording Camtasia
Fitur Screen Recording Camtasia

Fitur ini merupakan fitur yang paling sering dimanfaatkan oleh sebagaian banyak pengguna Camtasia. Dikarenakan hasil video yang direkam dapat langsung di edit pada storyboard.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu dapat menemukannya secara langsung ketika kamu membuka aplikasi saat pertama kali. Kamu akan menjumpai tiga pilihan yaitu New Project, New Record, dan Open Project. Klik New Record untuk memulai merekam layar video dan mulailah membuat video tutorial yang kamu inginkan.

Untuk mensetting kualitas video rekaman, kamu dapat mengganti ukuran layar hingga resolusi gambar yang kamu inginkan. Selain itu, jika kamu ingin langsung membuat rekaman suara untuk narasi, kamu cukup mengubah setingan suara pada icon microphone seperti gambar dibawah ini.

Screen Recording Camtasia
Screen Recording Camtasia

Fitur Transisi

Untuk mempercantik tampilan video yang akan kamu buat, diperlukan pengaturan transisi diantara satu video atau gambar ke video lainnya. Hal ini dimaksudkan agar video yang dipotong tidak terlihat terlalu mencolok.

Terdapat banyak efek transisi yang dapat kamu gunakan seperti efek transisi Fade pada awal video dan Fade Trough Black pada bagian akhir video.

Fitur Transisi Camtasia
Fitur Transisi Camtasia

Walau fitur Behaviors merupakan fitur yang terpisah dari fitur transisi, sebenarnya fungsi dan kegunaannya sama saja. Yang membedakannya adalah, fitur transisi berfungsi untuk perpindahan pada setiap satu Frame ke frame yang lainnya, sedangkan fitur Behaviors merupakan efek perpindahan pada masing-masing video, gambar, dan teks pada satu frame.

Fitur Animations

Selain fitur screen recording dan transisi, terdapat fitur Animations yang akan membuat kamu semakin tertarik menggunakan software editor video Camtasia ini.

Fitur Animations sering kamu jumpai pada siaran televisi seperti On The Spot dan lain sebagainya. Fitur ini mampu melakukan efek zooming in (perbesar) yang sangat halus serta sekaligus  zooming out (mengecil) dengan model perpindahan pada spot lainnya.

Misalnya saja kamu memiliki sebuah foto yang terdiri dari beberapa orang didalamnya. Kamu dapat melakukan Zoom In pada wajah orang paling kiri, dan zoom out pada orang paling kanan. Sehingga kamu akan mendapatkan efek transisi yang terlihat profesional.

Tekhnik ini dapat kamu gunakan pada video maupun gambar lainnya yang memiliki resolusi yang tinggi. Jika kamu menggunakan video atau gambar dengan resolusi rendah, maka ketika kamu melakukan Zoom In, video atau gambar tersebut akan terlihat buruk.

Fitur Cursor Effect

Untuk video berjenis tutorial, fitur cursor effect akan sangat berguna untuk mempermudah kamu menjelaskan kepada para penonton tentang tahapan tutorial.

Fitur ini akan menjadikan icon cursor mouse kamu menjadi lebih besar dan dapat disetting menjadi berwarna. Dengan fitur ini, kamu dapat menunjukkan arah yang lebih jelas kepada penonton.

Fitur Audio Effect

Dan fitur yang terakhir adalah fitur audio effect. Dengan menggunakan fitur ini kamu dapat membuat suara kamu menjadi lebih jelas dan rapi. Terdapat empat plugin pada fitur ini, yaitu Noise Removal, Volume Leveling, Fade In, dan Fade Out.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan fitur Fade in dan fade out pada suara narasi kamu. Hal ini untuk membuat efek halus pada suara ketika video dimulai dan selesai diputar.

Ditambah lagi plugin ini sangat berguna bagi kamu yang hobby meletakkan lagu pada awal video. Tentunya kamu tidak ingin bukan suara yang ditimbulkan oleh lagu tersebut tiba-tiba muncul dengan volume yang keras.

Cara Menggunakan Software Editor Video Camtasia

Untuk menggunakan software ini, kamu cukup melakukan beberapa hal mudah dan praktis. Namun sebelumnya kamu harus mengumpulkan bahan-bahan yang akan kamu masukkan pada storyboard. Berikut cara menggunakan software editor video camtasia.

Import Media

Masukkan file video kamu di kolom media dengan mengklik tombol “import media”. Kamu bisa memasukkan Video, Gambar, dan Lagu sesuka kamu. Namun disarankan untuk memasukkan bahan media sesuai urutannya saja agar mempermudah kamu dalam mengedit.

Pindahkan Ke Story Board

Untuk mulai mengedit video, seret media yang akan kamu edit ke story board menggunakan mouse. Letakkan Narasi Suara kamu pada bagian paling bawah, dan setelah itu letakkan lagu pada narasi suara kamu.

Urutan terbawah merupakan urutan pertama yang akan dibaca oleh software ini, sehingga jika kamu meletakkan media lain tepat diatasnya, maka media yang dibawahnya akan tertutupi.

Kamu dapat mengurangi volume suara pada tombol Audio properties seperti gambar dibawah ini. Kamu cukup mengurangi atau menambah volume dengan menggeser tombol Gain.

Software Editor Video Camtasia
Setting Volume Suara

Render Video

Setelah kamu berhasil membuat video dan menggunakan semua fitur yang sudah dijelaskan pada penjelasan diatas tadi, maka langkah terakhir adalah melakukan render video. Kamu dapat memilih kualitas video yang kamu inginkan.

Dengan software editing video Camtasia ini, kamu dapat langsung mengupload video pada Channel YouTube kamu.

Cara rendernya juga sangat mudah, yaitu klik tombol “share” dan pilih “Local File”. Setelah itu pilih kualitas video yang kamu inginkan. Untuk video YouTube yang berkualitas, sangat disarankan untuk menggunakan kualitas pada resolusi Up To 720.

Download Software Editor Video Camtasia

Untuk mendownload software video editor Camtasia ini, kamu bisa mengunjungi situs pada tautan ini. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Proses Render ini sendiri juga tidak akan memakan waktu lama.

Untuk konten video berdurasi 10 menit dengan full effect, kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit saja. Dan video tersebut akan tersimpan secara otomatis pada Laptop kamu.

Selamat berkerja ya, dan semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

etrosinaga

Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *