Dunia Internet

5 Software Pembuat Slide Presentasi Gratis Pengganti Microsoft PowerPoint

Program atau software pembuat slide presentasi gratis memiliki banyak fitur serupa dengan Microsoft PowerPoint. Termasuk template gratis, fitur desain slide, efek transisi, spell check, dll. Karenanya, software presentasi gratis adalah alternatif terbaik pengganti PowerPoint.

Software presentasi gratis bisa digunakan untuk membuat dan mengedit presentasi. Baik untuk keperluan sekolah, kerja, atau membuat video slide untuk ditampilkan di YouTube. Software presentasi ini bisa digunakan tanpa harus membayar sepeser pun.

Banyak pengguna komputer di Indonesia menggunakan Microsoft Office bajakan, karena untuk mendapatkan Microsoft Office yang legal, termasuk PowerPoint, pengguna harus membayar lisensi resmi seharga ratusan dolar.

Karena itu, program dengan fungsi mirip Microsoft Office banyak dibuat supaya semua orang bisa menggunakan komputer tanpa harus membayar mahal. Seperti program software pembuat presentasi gratis yang mirip PowerPoint ini:

5 Software pembuat slide presentasi Gratis Alternatif PowerPoint

1. Apache OpenOffice Impress

Apache OpenOffice Impress memiliki semua fitur yang penting pembuat presentasi multimedia yang hebat. Dengan Wizard sederhana untuk mengatur background, desain slide, dan efek transisi jika anda tidak ingin mulai dengan kanvas kosong.

Apache OpenOffice Impress menyediakan fitur 2D dan 3D clip art, drawing tools, animasi, spesial efek spell check otomatis, dan dukungan monitor ganda. Tersedia pula template dan ekstensi gratis jika anda membutuhkannya.

File presentasi yang sudah jadi bisa disimpan dalam format .ODP standar berbasis XML. Selain itu, juga mendukung file format .PPT dan .PPTX dari Microsoft PowerPoint. serta format .SWF untuk membuat presentasi versi Flash.

Loading...

2. Kingsoft Presentation

Software Pembuat Slide Presentasi

Kingsoft Presentation Free 2013 adalah software pembuat slide presentasi gratis yang memiliki banyak fitur. Dengan layout yang rapi dan tidak membuat bingung, bahkan pemula pun akan bisa membuat presentasi slideshow dengan mudah.

Kingsoft Presentation dilengkapi dengan antarmuka tab yang rapi, UK english spell checker di semua slide, bisa bekerja dengan Flash, mendukung penyimpanan ke jenis file populer seperti .PPT, dan bisa ekspor slideshow ke PDF.

Kingsoft Presentation juga menyediakan fitur Document Encryption. Semua data rahasia bisa dienkripsi dengan RC4 encryption dalam password panjang. Sehingga dokumen presentasi anda akan tetap aman.

3. Express Points Presentation Software

Express Points Presentation Software memiliki tampilan antarmuka yang intuitif, lengkap dengan fitur pemformatan teks, slide master template, transisi, gambar, dan kemampuan untuk memasukkan audio dari mikrofon langsung ke slide.

Express Points Presentation Software juga bisa impor file .PPTX dari Microsoft PowerPoint, dan bisa menyimpan file presentasi secara otomatis setiap menit.

Meskipun tidak memiliki fitur lengkap seperti yang dimiliki program presentasi lainnya, tapi software pembuat slide presentasi ini memiliki pilihan fitur yang diatur dengan baik dan mudah diakses untuk membuat presentasi slideshow profesional.

4. SlideDog

SlideDog sedikit berbeda dari software pembuat slide presentasi lainnya, karena SlideDog dibuat hanya untuk presentasi file, bukan untuk membuat file presentasi.

Artinya, SlideDog tidak menyediakan kanvas kosong untuk membuat presentasi dari awal.

SlideDog justru bekerja dengan membuat playlist media seperti video, gambar, PDF, dan file PowerPoint. Anda bisa dengan mudah menambahkan semua file ini ke playlist, lalu menggunakan SlideDog untuk menampilkannya di depan audiens.

SlideDog menyediakan banyak alat untuk menyajikan file melalui browser sehingga audiens bisa mengakses presentasi anda dari mana saja. Tersedia pula fitur live chat dan fitur jajak pendapat.

Intinya, SlideDog adalah alat yang bagus untuk mengatur presentasi, sehingga anda bisa menyajikan sesuatu yang lebih dari sekadar presentasi sederhana.

5. Apple Keynote

Software Pembuat Slide Presentasi

Apple Keynote adalah software pembuat slide presentasi gratis untuk pengguna iOS dan Mac yang memungkinkan kolaborasi sehingga seluruh tim bisa dengan mudah bekerja sama dalam menciptakan presentasi.

Apple Keynote mendukung file PowerPoint, dan anda bahkan bisa menyimpan file Keynote sebagai presentasi PowerPoint. Tersedia pula pilihan tema, transisi slide, efek objek, efek teks, dan banyak alat lainnya.

Selain software presentasi, tersedia pula website pembuat presentasi online yang layanannya bisa digunakan untuk membuat dan mengedit slide presentasi secara online. Kualitasnya tak kalah dari Microsoft PowerPoint.

Atau anda butuh software gratis alternatif pengganti MS Word? Anda bisa mendapatkannya di sini: 10 Software Word Processor Gratis, Pengganti MS Word.



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Kalau ane, dan cukup lah pakai template gratis di internet soalnya kalau terlalu ribet ya lama dan keburu habis waktu yang di berikan dosen hehehehe

    1. Berarti pakai Website Pembuat Presentasi Online Gratis cocok dong? Kan mereka menyediakan banyak template gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *