Software ZIP

10 Software ZIP dan UnZIP Gratis Pengganti WinZip

Software ZIP dan UnZIP berguna untuk membuat dan membuka arsip file, membantu mengekstrak dokumen yang ada dalam file yang dikompresi. Arsip file yang dikompresi biasanya ditandai dengan ekstensi seperti ZIP atau RAR, dan banyak ekstensi lainnya.

Program file ekstraktor kadang disebut juga program zipper/unzipper, kompresi/dekompresi, atau packer/unpacker. Namanya boleh beda, tapi fungsinya sama yaitu: membuat dan membuka arsip file.

Dengan software ZIP, banyak file bisa dimasukkan ke dalam satu arsip yang lebih ringkas dan teratur, ukuran folder jadi lebih kecil tanpa merusak kualitas file. Arsip ZIP sangat penting jika anda suka mengirim banyak file via internet.

Ada banyak software gratis untuk membuat dan membuka arsip ZIP, tapi tidak semuanya berkualitas bagus. Karena itu anda perlu membaca daftar Software ZIP dan UnZIP Gratis ini supaya bisa memilih software yang tepat untuk anda.

10 Software ZIP dan UnZIP Gratis

1. 7-Zip

Software ZIP

7-Zip mungkin adalah salah satu pembuat arsip file dan pengekstrak file yang paling dikenal luas, karena mendukung berbagai format file populer. 7-Zip tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, macOS, ReactOS.

7-Zip terintegrasi dengan File / Windows Explorer, dan bisa membuat file self-extracting yang ada dalam format aplikasi EXE. Ini adalah fitur bagus untuk mengirim arsip ke orang yang tidak memiliki software pengekstrak file.

Intinya: dengan 7-Zip, anda bisa membuat arsip baru dan membuka puluhan jenis file arsip. Ada pula UnzipLite, yaitu program dekompresor gratis yang didasarkan pada proyek 7-Zip, sehingga tampilan dan fungsinya mirip dengan 7-Zip.

Loading...

2. jZip

Software ZIP

jZip adalah ekstraktor arsip gratis yang bisa mendekompresi format file yang menggunakan lebih dari 40 ekstensi file yang berbeda, seperti 7Z, EXE, ISO, WIM, LZH, TBZ2, dan ZIP.

Membuka arsip dengan jZip sangat mudah, hanya perlu seret dan jatuhkan arsip ke jZip atau klik kanan file yang didukung dan pilih untuk mengekstrak konten. Arsip baru yang dibuat dengan jZip bisa dilindungi dengan kata sandi.

Program jZip sangat bersih. jZip tidak mencoba untuk menginstal toolbar atau hal lain yang tidak diperlukan selama proses setup, tanpa pop-up, tanpa iklan, tanpa spyware, dan tidak ada trojan dalam program ini.

3. PeaZip

Software ZIP

PeaZip bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, ReactOS, Wine, GNU/Linux.

PeaZip adalah program unzipper file gratis yang bisa mengekstrak konten dari lebih 180 format file arsip. Selain itu, PeaZip bisa dekompres file, dan membuat lebih dari 10 format arsip baru.

PeaZip bisa dilindungi kata sandi dan enkripsi AES 256-bit, serta ada jaminan keyfile untuk perlindungan tambahan. PeaZip juga memiliki beberapa fitur canggih seperti arsip terjadwal dan pembuat file self-extracting.

4. IZArc

Software ZIP

IZArc memiliki fitur lengkap, gratis bahkan untuk kebutuhan komersil sekalipun. IZArc bisa digunakan pada Windows, iPhone, iPad dan iPod Touch. Arsip yang dibuat dengan IZArc bisa dilindungi oleh password enkripsi AES.

IZArc bekerja dengan lebih dari 40 jenis file arsip seperti 7-ZIP, ARC, RAR, TAR, WAR, ZOO, dan lainnya. IZArc juga bisa memperbaiki arsip yang rusak, dan mendukung pemindaian virus sebelum membuka arsip.

IZArc memiliki tampilan antarmuka modern yang mudah digunakan, fitur drag and drop file dari dan ke Windows Explorer, fitur konversi jenis arsip. Kemudian ada fitur untuk menulis dan melihat komentar.

5. CAM UnZip

CAM UnZip adalah software gratis untuk membuka, membuat, memodifikasi, dan mengekstrak file ZIP. CAM UnZip memiliki fitur drag and drop untuk membuka file ZIP dengan cepat, dan bisa membuat arsip yang dilindungi sandi.

CAM UnZip juga menyediakan versi portable yang bisa diluncurkan dari removable drive seperti USB, atau, digunakan dari DropBox, Google Drive, dan lainnya tanpa merubah sistem yang sudah ada.

Sekarang CAM UnZip sudah support Windows 10, 8, 7, Vista, 2000, XP. Juga ada fitur enkripsi password untuk melindungi arsip file yang anda buat.

6. TUGZip

TUGZip adalah dekompresor arsip gratis yang terintegrasi dengan Windows Shell, sehingga proses ekstraksi arsip jadi jauh lebih cepat.

TUGZip bisa membuat arsip self-extracting, menambahkan perintah khusus yang dijalankan setelah ekstraksi selesai, memperbaiki arsip yang rusak, dan mengkonversi arsip ke beberapa format seperti 7Z, CAB, RAR, atau ZIP.

Anda bisa menambahkan virus scanner yang terinstal ke setting-an TUGZip supaya bisa memindai file secara otomatis. Ini adala fitur yang bagus untuk mencegah file berbahaya dari arsip menginfeksi komputer anda.

7. Zipeg

Zipeg bisa membuka arsip file dengan baik, meski tidak bisa membuat arsip baru. Zipeg mendukung format file populer seperti .zip, .rar, .7z, .iso dan format file langka seperti .arj, .lha .lzh, .cpio, .rpm, .chm, .z, .war, .ear

Salah satu fitur khusus dalam program Zipeg adalah opsi pembuka arsip bersarang otomatis, yang berarti Zipeg akan membuka arsip yang disimpan dalam arsip secara otomatis. Meski tak umum, tapi kadang fitur ini sangat dibutuhkan.

Zipeg memang tidak menyediakan dukungan penampil Zipeg di menu konteks klik-kanan, tapi Zipeg menyediakan fitur drag and drop ke dalam jendela programnya.

8. ZipGenius

ZipGenius adalah software gratis untuk membuat dan mengekstrak arsip file yang hanya bisa digunakan pada Windows.

Dengan ZipGenius, anda bisa mengatur program antivirus untuk secara otomatis memindai hasil ekstrak arsip, supaya anda tidak membuka arsip yang terinfeksi virus atau malware.

Arsip yang baru dibuat dengan ZipGenius bisa dilindungi oleh kata sandi, dan secara otomatis mengecualikan jenis file tertentu saat mengompresi file. Arsip file bisa dipisah jadi beberapa bagian supaya mudah untuk disimpan ke web.

9. BiGZiP

BiGZiP adalah alat kompresor file gratis berbasis Java. Meski sudah lama tidak di-update, tapi BiGZip bisa digunakan pada komputer Windows dan Mac terbaru tanpa masalah, selama komputer anda bisa menjalankan program Java.

BiGZIP memiliki sembilan tingkat pengaturan kompresi yang berbeda yang bisa anda pilih untuk mengatur supaya arsip terkompresi hingga level yang anda inginkan.

Fitur BiGZiP memang tak banyak, tapi source-nya terbuka untuk dikembangkan oleh software developer umum. Jadi kalau anda seorang software developer, anda boleh kembangkan BiGZiP hingga jadi seperti yang anda inginkan.

10. Filzip

Filzip adalah ekstraktor file untuk membuat dan membuka arsip, mengonversi arsip, mencari file dalam arsip berdasarkan nama / tanggal / ukuran, membuat file EXE yang dikeluarkan sendiri dari arsip ZIP, dan membagi arsip jadi lebih kecil.

Filzip memang sudah lama tidak diperbarui. Tapi, Filzip mendukung tingkat kompresi kustom, enkripsi, pemindaian virus.  dan opsi lainnya. Sayangnya, agak sulit untuk menambahkan file dan folder ke arsip menggunakan Filzip.

Itulah 10 software ZIP dan UnZIP gratis yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti WinZip. Masing-masing software memiliki keunikan fitur dan opsi, maka pilihlah software yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *