Ulasan Bisnis

Solusi dan Cara Mengajukan Pinjaman Uang Pribadi

Banyak alasan mengapa seseorang memerlukan pinjaman uang pribadi, keputusan untuk meminjam uang ini biasanya didasarkan pada keadaan atau kebutuhan darurat atau keperluan mendesak.

Namun sekarang, meminjam uang justru lebih dimanfaatkankan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Misalnya untuk modal usaha, mengembangkan produk atau memperluas jaringan bisnis yang sudah dijalani.

Perlu diketahui, pinjaman uang pribadi atau sering disebut hutang, tidak selamanya bersifat negatif.

Dalam dunia bisnis, urusan pinjam dana merupakan hal yang sangat lumrah. Melalui pinjaman, seseorang bisa mengatasi berbagai masalah dalam urusan bisnis.

Jenis pinjaman uang pribadi

Pinjaman uang pribadi atau hutang ini biasanya dikembalikan atau dibayar dengan cara tunai, di angsur (dicicil) dengan jangka waktu yang telah ditetapkan dan ditambah dengan bunga yang sudah disetujui sebelumnya.

Setidaknya ada dua jenis pinjaman pribadi atau hutang ini, yaitu pinjaman produktif dan pinjaman konsumtif.

Pinjaman uang pribadi untuk keperluan usaha, biasanya sering disebut pinjaman produktif. Artinya, jenis hutang atau kredit ini berpotensi meningkatkan pendapatan, melalui usaha yang sedang dijalani.

Pada umumnya, pinjaman produktif ini ditawarkan dalam bentuk Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Investasi (KI) atau jenis kredit lain untuk keperluan usaha.

Lain halnya dengan jenis pinjaman konsumtif, pinjaman ini biasanya untuk keperluan yang sifatnya memang sebagai pengeluaran.

Dana pinjaman komsumtif bisa diperoleh melalui kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), atau jenis kredit lain untuk keperluan yang sifatnya untuk dibelanjakan.

Dari dua jenis pinjaman uang pribadi ini, tergantung dari Anda yang menggunakannya, sebab semuanya harus dikembalikan sesuai jatuh tempo dan kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Pinjaman uang pribadi dengan jaminan dan tanpa jaminan

Untuk mendapatkan pinjaman pribadi ini, beberapa penyedia jasa keuangan mewajibkan untuk menggunan agunan atau jaminan. Jumlah uang pinjaman yang didapat, biasanya tergantung dari nilai jaminan itu sendiri.

Pinjaman dengan jaminan, biasanya memiliki jangka waktu pengembalian yang cukup panjang, bisa 3, 6 atau 12 bulan. Beberapa jasa keuangan lain juga memberi jangka waktu pengembalian  2 sampai 5 tahun.

Namun, beberapa jasa keuangan tidak memerlukan jaminan sebagai syarat utama untuk mendapatkan pinjaman. Cukup dengan KTP, NPWP, surat ijin usaha, dan beberapa syarat pendukung lainnya.

Biasanya, jumlah uang yang didapatkan juga tidak terlalu besar dan jangka pengembaliannya juga tidak terlalu lama, antara 1 sampai 36 bulan.

Ada juga jenis pinjaman instan, dengan syarat yang tidak begitu sulit dan biasanya hanya menggunakan KTP dn nomor handphone saja.

Namun, periode pengembalian pinjaman juga singkat antara 7 sampai 21 hari.

Masing-masing jenis pinjaman pribadi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Pihak jasa keuangan juga menetapkan suku bunga yang berbeda-beda pula. Biasanya bunga yang paling besar adalah pinjaman dana instan,

Solusi dan Cara Mengajukan Pinjaman Uang Pribadi agar cepat disetujui

pengajuan Pinjaman uang pribadi

Anda bisa mendapatkan dana yang bisa dibayar secara kredit dengan cara mengajukan pinjaman uang pribadi. Untuk jangka waktu pengembaliaanya, tergantung pada perjanjian yang disepakati.

Ada beberapa jasa keuangan sebagai penyedia pinjaman uang peribadi, diantaranya adalah Bank, Koperasi, Pegadaian, pinjaman peribadi untuk sektor swasta serta jasa keuangan lain yang dikelola oleh pemerintah, badan usaha ataupun perseorangan.

Meskipun terlihat mudah dalam mencari pinjaman, namun beberapa orang seringkali mengalami kesulitan dalam pengajuan untuk mendapatkan pinjaman yang di inginkan.

Dibawah ini adalah solusi dan cara mengajukan pinjaman uang pribadi agar bisa disetujui oleh pihak jasa keuangan atau bank.

Pinjaman dengan jaminan

Dana pinjaman yang akan didapatkan bervariasi sesuai nilai jaminan. Biasanya pinjaman akan diproses cepat dengan bunga ringan.

  • Dana yang didapat : 1 Juta – 5 Miliar
  • Periode Pinjaman : 6 – 96 Bulan
  • Periode Proses : 3 – 14 Hari
  • Bunga Pinjaman : 0,58% – 2.25%

Jaminan utama : Sertifikat tanah, sertifikat rumah, sertifikat bangunan, BPKB Mobil, BPKB motor.

Syarat kelengkapan lain adalah kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pinjaman tanpa jaminan

Pinjaman uang pribadi ini tanpa perlu jaminan, aplikasi pinjaman akan diproses dan dana segera cair apabila disetujui.

  • Jumlah Pinjaman : 1 Juta – 500 Juta
  • Periode Pinjaman : 1 – 36 Bulan
  • Periode Proses : 1 – 7 Hari
  • Bunga Pinjaman : 1,09% – 3%

Syarat untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan ini juga bervariasi, tergantung pada jasa keuangan yang menetapkan.

Biasanya ada persyaratan berupa surat ijin usaha, Akte pendirian usaha/SIUP/TDP, Surat Izin Profesi, bukti penghasilan, kartu kredit dengan reputasi baik dan beberapa syarat lain.

Dana Instan

Untuk mendapatkan pinjaman dana instan, hanya dibutuhkan waktu 1 menit – 24 jam, syarat mudah dan tak diperlukan jaminan.

  • Jumlah Pinjaman : 600.000 – 1.200.000
  • Periode Pinjaman : 1 Menit – 24 Jam
  • Bunga Pinjaman : 14% – 21%

Syarat untuk mendapatkan dana instan ini hanya berupa KTP dan nomor telephone saja. Syarat lain biasanya hanya sebagai tambahan.

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi selengkapnya mengenai pengajuan pinjaman uang pribadi atau informasi keuangan lain bisa berkunjung eratuku.com

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button