Review ProdukTekno

Intip Ponsel Gaming Sony Experia Play dengan GamePad

Sony Experia Play – Aktivitas bermain game merupakan salah satu aktivitas hiburan yang banyak digemari mulai kalangan anak anak hingga orang dewasa. Hingga saat ini aktivitas bermain game sudah memasuki salah satu aktivitas penting untuk hiburan dalam waktu senggang. Perkembangan dalam dunia teknologi game pun juga terus berkembang hingga saat ini. Mungkin dahulu kita bermain game dengan sebuah console game yang besar dan sulit dibawa.

Mungkin bagi kamu yang lahir pada tahun dua ribuan sudah tidak asing lagi dengan kata game portablet. Portable Gaming adalah salah satu perkembangan tekologi bermain game yang tidak lagi membutuhkan sebuah console game yang besar melainkan hanya sebuah console portable. Nama console Portable Gaming semakin tenar saat datangnya console portable dari perusahaan raksasa Sony dengan Sony PSP dan Nintendo.

Kebanyakan orang lebih memilih opsi Portable Gaming dibandingkan menggukan game dengan console besar. Hal ini dikarenakan console portable lebih mudah dibawa kemana saja dan biasanya dibanderol lebih murah dibandingkan console game besar seperti Playstation dan Xbox. Setelah suksesnya perusahaan raksasa Sony dengan portable console gaming nya yaitu PSP (Playstation Portable) dan Sony juga mengambil langkah baru dengan meluncurkan Sony Experia Play.

Sony Experia Play
Sony Experia Play

Sekilas Mengenai Sony Experia Play ponsel gaming

Sony Experia Play sebenarnya termasuk ponsel android antik yang diluncurkan secara perdana pada Februari tahun 2011. Ponsel pintar besutan Sony ini juga sudah memiliki sebuah store game sendiri yang rutin mendapatkan diskon bahkan game gratisan setiap bulannya. Experia Play juga memiliki kamera belakang dengan lensa berkekuatan 5MP dengan LED Flash untuk pemotretan ruangan gelap.

Selain kamera depan juga terdapat kamera depan untuk kamu yang hobi selfie dengan lensa VGA Camera yang terbilang cukup ketimbang tanpa kamera depan. Karena hanya dibekali sistem operasi Android Ginger Bread maka ponsel ini hanya butuh RAM sebesar 512mb saja.

Sony Experia Play juga sudah mengusung baterai dengan kapasitas sebesar 1500 mAh yang sanggup tahan dalam bermain game dan internetan selama delapan jam lebih. Sementara itu untuk mendengarkan musik ponsel ini sanggup bertahan selama tiga puluh satu jam. Sementara itu untuk ukuran layar pada Sony Experia Play ini sudah dibekali layar selebar 480×854 dengan kerapatan layar 245 ppi yang lebih lebar dari PSP.

Sony juga telah membekali ponsel Sony Experia Play ini dengan slot MincroSD yang sanggup menyuplai data hingga 32GB. Hal itu sungguh membuat para gamer sangat lega dengan space eksternal yang luas. Selain memiliki space eksternal yang bikin para gamer lega juga terdapat internal memory dengan kapasitas 400 MB.

Mungkin untuk urusan memori internal cukup mengecewakan hati para konsumen dan untuk menutupi kekurangan itulah dihadirkannya external memory hingga 32GB.

Loading...

Spesifikasi penuh dari Sony Experia Play

Sony Experia Play
Sony Experia Play white via http://www.tuvie.com

  Body

  • Tipe layar : LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran layar : 4 inci
  • Dimensi : 119 x 62 x 16 mm
  • Berat : 175 g

Memory

  • Internal : 400 MB, 512 MB RAM
  • Eksternal : microSD, up to 32 GB

Kamera

  • Primer : 5 MP, 2592 х 1944 pixels
  • Fitur Kamera : autofocus, LED flash, Geo-tagging
  • Sekunder : VGA
  • Video : 720p

Data

  • SIM : Mini SIM
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, hotspot
  • Bluetooth : v2.1, A2DP, EDR
  • GPS : Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio : No
  • USB : microUSB v2.0, USB Host

Platform

  • OS : Android OS, v2.3.4 (Gingerbread)
  • Chipset : Qualcomm MSM8255 Snapdragon
  • CPU : 1 GHz Scorpion
  • GPU : Adreno 205

Fitur

  • Sensors : Accelerometer, proximity, compass
  • Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser : WAP 2.0/xHTML, HTML5, Adobe Flash
  • Java : Yes, via Java MIDP emulator
  • Pilihan Warna SOny Xperia Play : Black, White, Stealth Blue (for Play 4G), Orange
  • Baterai : 1500 mAh

Baiklah setelah anda melihat sekilas mengenai Sony Experia Play dan tabel spesifikasi penuh dari ponsel gaming besutan Sony. Maka sekarang saya akan menjelaskan kelebihan-kelebihan dari Experia Play ini secara detail.

Sony Experia Play yang dibalut dengan desain yang elegan dan mewah

Sony Experia Play
Sony Experia Play white via http://www.tuvie.com

Baiklah saya akan mengulas pada opsi pertama yang dipandang oleh para konsumen adalah tampilan bodi pada sebuah gadget. Sony sangat serius ingin membuat ponsel gaming besutan mereka ini menjadi booming pada masanya dan mendesain Sony Experia Play dengan sangat matang dan memikat gamer.

Mungkin pada tampilan depan dari ponsel ini terlihat layaknya ponsel android tetapi jika melihat pada sisi belakang akan tampak sangat berbeda. Desain dari Sony Experia Play ini mengambil DNA dari desain Playstation Portable GO yang naik daun pada masanya.

Pada tampilan depan kita akan disuguhkan ponsel empat inchi dengan layar 480 x 854 pixel dengan kerapatan layar 245 ppi yang lebih besar dari layar PSP series sekaligus.

Selain itu ponsel ini juga sudah mendukung multitouch yang menginginkan bermain game tanpa game pad yang disediakan pada bodi kedua ponsel ini. Selain memiliki fitur multitouch juga sudah mendukung super sensitive touch untuk gaming dan bagi anda yang bosan dengan touchsreen gaming maka sudah ada gamepad.

Jika anda menggeser ponsel ini kebawah maka anda akan mendapatkan bodi kedua dari ponsel ini dengan gamepad seperti Portable Playstation atau PSP. Dikarenakan pada tahun 2011 belum terlalu terkenal touch navbar maka pada Sony Experia Play ini mempunyai navigation pad berbentuk fisik yang berjumlah empat tombol.

Jadi ponsel Sony Experia Play ini sangat memikat mata para orang yang melihatnya karena desain yang keren dan modern.

Sony Experia Play memiliki kapasitas baterai yang awet seharian

Sony Experia Play

Maka seperti orang awam pada umumnya yang setelah melihat tampilan fisik dari sebuah ponsel adalah melihat dari kapasitas baterai. Banyak orang sekarang sangat mempertimbangkan pilihan mereka sebelum membeli suatu perangkat ponsel dan sangat melihat pada bagian kapasitas baterai dikarenakan untuk pemakaian sehari hari.

Pada saat itu perusahaan raksasa Google masih merilis sistem operasi Andorid Gingerbread untuk ponsel terbaru maka smartphone Sony Experia Play juga kebagian Android Gingerbread. Sistem operasi Android Ginger Bread tidak membutuhkan banyak data baterai karena terbatasnya fitur pada saat itu.

Sony Experia Play telah membawa baterai dengan kapasitas 1500 mAh yang terbilang tahan seharian karena hanya dipadukan dengan Android Gingerbread. Untuk aktivitas bermain game dan internetan pada ponsel Experia Play ini sanggup bertahan hingga delapan jam lebih.

Dan jika anda bosan bermain game atau internetan dan ingin mendengarkan musik maka Experia Play sanggup bertahan memainkan musik hingga tiga puluh satu jam. Jika anda tidak mengoperasikan ponsel pintar gaming ini dapat bertahan selama 425 jam dalam keadaan standby.

Maka dapat kita simpulkan untuk urusan ketahanan baterai ponsel besutan perusahaan Sony tersebut tidak kalah dibandingkan ponsel masa kini yang dengan baterai lebih besar.

Sony Experia Play

Sony Experia Play yang cocok untuk fotografi dan selfie

Setelah membahas mengenai desain fisik yang keren dan ketahanan baterai yang super. Maka kita akan membahas hal ketiga yang sangat umum dilihat oleh para calon konsumen yaitu kekuatan dari kamera ponsel untuk kegiatan fotografi dan selfie.

Mungkin jika kita melihat sekarang perusahaan sony sudah tidak asing lagi dengan peluncuran ponsel Android dengan kamera canggih yang bahkan dapat masuk kedalam laut. Maka Sony Experia Play juga kebagian dari kecanggihan kamera pada ponsel ini.

Pada tahun itu kebanyakan ponsel bahkan smartphone hanya dibekali dengan kamera dengan lensa hanya 2 MP saja dan Sony Experia Play maju dengan kamera 5MP. Kamera belakang pada Sony Experia Play ini dengan lensa berkekuatan 5 MP dengan fitur Auto Focus dan Geo tagging. Selain kamera belakang yang cukup besar ditambah lagi dengan fasilitas LED Flash untuk pemotretan dalam daerah gelap.

Perusahaan Sony tampaknya tidak hanya berhenti menjadikan ponsel ini sebagai smartphone gaming saja dna melainkan untuk pemakaian harian segala kalangan. Maka ponsel Experia Play ini sudah mengusung kamera depan dengan lensa VGA kamera yang terbilang cukup untuk aktivitas foto selfie. Hasil dari kamera depan pada Sony Experia Play ini tidaklah buruk dan cukup memuaskan pada saat pengambilan dengan cahaya cukup terang.

Jadi untuk urusan fotografi dan aktivitas foto selfie, ponsel Sony Experia Play ini sudah terbilang memuaskan para konsumennya.

Sony Experia Play yang dibekali external memory besar

Setelah membahas mengenai desain bodi modern, kapasitas baterai besar dan kamera yang memuaskan pada Experia Play ini. Maka saya akan mengulas pada opsi keempat yaitu penyimpanan pada ponsel ini.

Pada subheading ulasan singkat mengenai Sony Experai Play diatas sudah tampak jelas bahwa internal memory pada ponsel ini cukup mengecewakan para konsumen. Hal ini dikarenakan pada Sony Experia Play hanya memiliki kapasitas internal memory yang hanya sebesar 400 MB.

Internal memory pada ponsel ini sebenarnya haya ditujukan untuk pemyimpanan game saja yang sudah cukup untuk menyimpan belasan game. Tetapi untuk menyimpan banyak foto, video dan musik pada internal memory akan terasa tidak memuaskan. Karena kebanyakan dokumen untuk saat ini memiliki kapasitas yang besar. Maka dari itu untuk menutupi kekurangan dari Internal Memory pada Sony Experia Play ini sudah disematkan slot External Memory.

Sony Experia Play ini sudah dibekali dengan slot memori eksternal dengan jenis MicroSD yang sanggup menyuplai hingga kapasitas 32 GB. Mungkin jika kita melihat kebanyak smartphone keluaran kini memiliki slot MicroSD yang sanggup menyuplai data hingga kapasitas 64 GB dan bahkan lebih. Jangan berkecil hati terlebih dahulu karena untuk kelas smartphone dengan memori eksternal 32 GB sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan.

Jadi untuk urusan penyimpanan data apapun baik penyimpanan game, foto, video, dan musik sudah sangat cukup dengan memori eksternal.

Sony Experia Play sudah ditanamkan Android Gingerbread OS yang optimal

Sudah puas dengan desain yang elegan, kapasitas baterai yang cukup, kamera yang memuaskan dan memori eksternal yang luas. Maka selanjutnya saya akan membahas mengenai sistem operasi yang ditanamkan pada Sony Experia Play adalah Android Ginger Bread OS.

Pada saat itu perusahaan Google masih mengedarkan Android Ginger Bread OS sebagai sistem operasi untuk ponsel pada umumnya dan Experia Play juga mendapatkan sistem operasi terbaru untuk saat itu.

Sistem operasi Android Ginger Bread sudah optimal dioperasikan pada ponsel Experia Play. Selain itu ponsel android gaming ini sudah mendukung banyak game dan aplikasi dari Google maupun developer lain. Penggunaan Sony Experia Play yang hanya memiliki kapasitas baterai 1500 mAh ini sudah terbilang sangat awet yang mampu bertahan selama delapan jam lebih.

Meskipun saat ini perkembangan dari Android OS sudah jauh melesat dari Ginger Bread OS tetapi masih banyak dukungan game dan aplikasi untuk OS lawas ini. Mungkin sekarang kebanyakan aplikasi terkenal tidak lagi mendukung Android Gingerbread OS seperti Instagram dan Snapchat.

Tetapi jangan berkecil hati dahulu dengan keterbatasan aplikasi veri baru untuk Sony Experia Play ini dikarenakan masih banyak game game keren yang support dengan ponsel gaming ini.

Sony Experia Play yang dilengkapi segudang fitur

Mungkin kita telah melihat banyak kelebihan utama yang disuguhkan oleh Sony Experia Play. Baiklah saya akan mengulas beberapa fitur ringan yang telah disematkan pada smartphone gaming ini. Mungkin pada Playstation Portable kita juga akan mendapatkan banyak fitur yang telah disematkan pada console game portable ini tetapi Sony Experia Play perangkat berbasis ponsel. Ponsel gaming ini sudah dibekali segudang fitur melebihi Playstation portable.

Sony Experia Play sudah dilengkapi dengan fitur WiFi untuk mengakses jaringan hotspot, fitur Bluetooth untuk fasilitas berbagi file, dan Game Store khusus untuk Experia Play. Selain itu juga terdapat banyak fitur lain untuk kegiatan ponsel harian seperti telponan, pesan singkat, email, dan internetan.

Selain itu jika kamu tidak mendapatkan game premium secara gratis di Play Store atau Game Store Experia Play maka kamu dapat mendownload melalui internet. Hal ini sungguh membuat gembira para gamer yang gemar dengan game bajakan yang bisa didapat melalui internet.

Jadi untuk mendukung aktivitas harian, ponsel Sony Experia Play sudah memiliki segudang fitur untuk memenuhi kegiatan harian.

Kelebihan dari Sony Experia Play dengan segudang fasilitas

  • Desain dari smartphone Sony Experia Play sangat stylish dan modern yang cocok untuk para gamer dengan pilihan warna glossy dan strip aluminium seperti PSP GO.
  • Bodi kedua dari Sony Experi Play yang memiliki game pad yang nyaman seperti PSP GO.
  • Experia Play yang memiliki kapasitas baterai kualitas medium yang sanggup tahan pemakaian hingga delapan jam
  • Terdapat sebuah game store sendiri yang menyediakan banyak game baru dengan harga diskon dan gratis pada setiap bulannya
  • Memiliki slot MicroSD yang sanggup menyuplai data hingga 32 GB
  • Ditanami sistem operasi dengan Android Ginger Bread OS yang sudah optimal dan ringan digunakan
  • Memiliki banyak fasilitas seperti ponsela android pada umumnya

Kekurangan pada Sony Experi Play

  • Desain bodi fisik yang lumayan tebal dan membengkak saat dimasukkan kedalam saku
  • Kapasitas memori internal yang cukup kecil yaitu hanya 400 MB yang hanya cukup untuk penyimpanan game saja
  • Kualitas kamera depan yang sangat standar yaitu kamera dengan lensa VGA Cam untuk selfie
  • Hanya mengusung sistem operasi Android Ginger Bread OS yang cukup ketinggalan jauh dengan teknologi aplikasi masa kini

Penutup

Baiklah akhirnya selesai juga saya mengulas mengenai ponsel gaming Sony Experia Play ini. Selain untuk aktivitas bermain game juga sudah optimal untuk pemakaian harian. Saya berharap dengan saya mengulas secara mendetail mengenai ponsel ini dapat memberikan anda pertimbangan dalam membeli sebuah perangkat baru.

Mungkin jika anda ingin mendapatkan ponsel gaming besutan Sony ini dalam keadaan baru akan kesulitan dikarenakan ponsel ini keluaran tahun 2011 silam. Anda masih bisa mendapatkannya secara second melalui website online shop yang anda percaya.

Untuk harga second pada beberapa online shop barang bekas yang terdapat di Indonesia untuk saat ini dibanderol sekitar empat ratus ribuan. Mungkin harga ini akan melesat beberapa persen dari harga banderol yang telah disurvei melalui banyak website olshop di Indonesia maupun manca negara.

Referensi Lain : Prince PC 9000 dengan baterai 10.000 mAh

Bagaimana apakah anda tertarik memilikinya ?



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *