Review ProdukTekno

Sony Pamerkan Spesifikasi dan Fitur Canggih Playstation 5, Berikut Informasi Selengkapnya!

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5

Setelah menunggu cukup lama, Sony akhirnya telah memamerkan spesifikasi dan fitur canggih yang akan digunakan oleh game console generasi ke-5 miliknya yakni Playstation 5 (PS5).

Di acara Game Developers Conference 2020, game developer dan pemimpin arsitektur sistem Mark Cerny menjelaskan berbagai macam fitur yang nantinya akan tersedia untuk Playstation 5.

Namun sayagnya, Sony masih malu-malu untuk menunjukan desain Playstation 5. Memang benar, berbagai macam penampakan PS5 sudah bermunculan di Internet.

Namun, penampakan PS5 yang beredar bukanlah  berasal dari Sony, jadi jangan gampang percaya terlebih dahulu.

Melainkan, di acara tersebut Sony hanya membahas spesifikasi dan fitur Playstation 5. Detail menyangkut desain dan harga PS5 kabarnya baru akan diumumkan menjelang rilis.

Ok Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita bahas.

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5 (PS5)

PS5 Implementasikan SSD & DDR6 Memory

Perubahan yang signifikan pada playstation generasi ke-5 milik Sony tersebut adalah dengan mulai digunakanya Solid State Drve (SSD).

Untuk PC, SSD memang sudah menjadi hal biasa namun bagi console, hal ini merupakan fitur baru karena sejak Playstation Generasi 3 (PS3) Sony masih menggunakan Hard Disk Drive yang sekarang dianggap sudah ketinggalan jaman.

Mengikuti jejak Xbox Series X, Sony sudah mulai mengganti Hard Disk Drive di console generasi sebelumnya dengan teknologi penyimpanan yang lebih cepat untuk PS5.

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5
Sumber: Sony via EuroGamer

Tentunya, SSD memang lebih dari HDD namun seberapa cepat perbandingkannya dengan HDD yang digunakan oleh PS4?

Sony meng-klaim bahwa SSD yang mereka gunakan untuk PS5 memiliki performa yang 100x lebih cepat dari HDD pada PS4 dengan raw I/O throughput hingga 5.5GB/s.

Seperti layaknya PC yang menggunakan SSD, digunakanya Solid State Drive akan mempercepat waktu loading yang artinya game dapat bekerja lebih cepat terutama di saat memuat level atau fast-travel.

Itu artinya, para developer tidak perlu lagi menggunakan trik untuk menyembunyikan loading yang sebelumnya sangat penting untuk memanjakan player disaat game berusaha memuat level atau area selanjutnya.

Sony kali ini juga menggunakan memori generasi terbaru yakni DDR6 sebesar 16GB yang tentunya akan berperan penting untuk meningkatkan performa PS5.

Sumber: Sony via EuroGamer

Digunakanya kedua komponen tersebut juga akan mempercepat proses peng-installan sebuah game atau saat update dan install patches terutama untuk game AAA yang ukuranya bisa mencapai 50 hingga 100GB+.

Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Internalnya?

Untuk tempat menyimpanan, Sony memutuskan bahwa 825GB adalah konfigurasi optimal yang dapat bekerja sama dengan komponen-komponen terbaru pada Playstation 5.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga membantu menekan biaya produksi agar harga jual PS5 tidak terlalu tinggi.

Tidak seperti Microsoft, PS5 juga akan mendukung external USB Storage dan juga M.2 SSD. Akan tetapi, pengguna hanya dapat memainkan game dari PS4 jika menggunakan external USB Storage di PS5.

Hal tersebut mungkin karena games PS5 telah dirancang secara spesifik untuk hanya dapat dijalankan menggunakan Internal Storage pada PS5.

Namun setidaknya, kamu tidak perlu menggunakan dua console yang berbeda untuk memainkan game PS4.

Sedangkan untuk M.2 SSD, uintuk sekarang Sony masih meng-evaluasi aspek yang satu ini karena kabarnya, M.2 NVME berbasis PCIe 3.0 tidak mempunyai bandwidth yang cukup untuk menjalankan game PS5.

Sumber: Sony via EuroGamer

Kabarnya Sony akan menggunakan PCIe 4.0 M.2 SSD yang akan segera dirilis, namun tipe SSD tersebut masih langka dan sangat mahal.

Hardware: CPU & GPU

Sekarang kita bahas komponen inti dari PS5.

Seperti yang sudah kita ketahui, Playstation 5 akan menggunakan prosessor atau lebih tepatnya System-on a-Chip (SoC) dari AMD.

SoC tersebut menggunakan 8x CPU Cores berbasis ZEN 2 CPU yang dikolaborasikan dengan custom RDNA 2 GPU.

Seperti console generasi sebelumnya, spesifikasi Sony Playstation 5 dibuat untuk bersaing dengan Xbox Series X.

Namun PS5 akan hadir dengan konfigurasi yang berbeda untuk membedakan kedua perangkat.

Sumber: Sony via EuroGamer

Graphic Processing Unit (GPU) pada PS5 memiliki 36 compute unit dan 10.28 TFLOPS. Akan tetapi, jangan membedakanya dengan performa GPU pada PS4 karena PS5 dibuat menggunakan arsitektur yang berbeda.

Jadi meskipun performa GPU pada PS5 terlihat lebih rendah dari PS4, karena dibuat menggunakan arsitektur yang lebih canggih, performa GPU PS5 akan jauh lebih cepat dari PS4.

Dan membahas perbandingan, GPU yang digunakan PS5 juga identik dengan yang dipakai oleh Xbox Series X. Jika melihat spesifikasi, performa GPU pada PS5 juga lebih rendah dari Xbox Series X.

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, PS5 akan hadir dengan konfigurasi dan menggunakan solusi yang berbeda yang tentunya akan mempengaruhi performa.

PS5 Dukung Games PS4 & Ray Tracing

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5
Sumber: Sony via EuroGamer

Berkat digunakanya arsitektur RDNA 2, Sony PS5 juga mendukung ray tracing dan sanggup memberikan kualitas grafis seperti Minecraft RTX dan Quake II RTX.

Sumber: Nvidia
Sumber: NVIDIA

Cerny juga mengatakan bahwa PS5 dapat mencapai hasil yang sama namun dengan pengurangan performa yang minimal seperti yang berhasil dicapai oleh kompetitornya.

Sony PS5 juga akan dapat memainkan semua game PS4 tanpa harus melalui proses pengerjaan yang rumit yang harus dilakukan oleh team developer.

Selain itu, Cerny juga berbicara tentang konsumsi daya PS5 dan bagaimana mereka berhasil mendesain sistem pendinginan pada PS5 agar tidak mengeluarkan suara kipas/fans yang dapat menganggu seperti PS4.

Playstation 5 Audio Akan Jauh Lebih Baik

Hal terakhir yang dibahas oleh Sony adalah Audio atau lebih tepatnya 3D Audio.

PS5 akan hadir dengan hardware accelerated 3D Audio yang menggunaakn co-prosessor khusus yang diberi nama Tempest 3D Audio Engine.

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5
Sumber: Sony via EuroGamer

Fitur terbaru ini didesain untuk dapat menghasilkan kualitas audio yang realistis dan memberikan kesan seolah-olah kamu sedang berada didalam permainan (Surround Sound).

Spesifikasi dan Fitur Sony Playstation 5
Sumber: Sony via EuroGamer

Tidak seperti perangkat lain yang pada umumnya menggunakan Dolby Atmos, Tempest 3D Audio dapat memberikan 3D audio untuk semua sounds system seperti headphone.

Dan untuk kedepanya, fitur tersebut juga akan dapat digunakan oleh TV dan Surround Speaker Sound System.

Penutup

Demikian spesifikasi dan fitur Sony Playstation 5 yang dipamerkan di acara Konferensi Game Developer 2020.

Walaupun desain dan harga PS5 masih belum diketahui, setidaknya kita sudah mengetahui spesifikasi dan fitur yang nantinya akan tersedia di console tersebut.

Jika melihat dari segi spesifikasi, Xbox Series X memang terlihat lebih bertenaga. Akan tetapi karena Microsoft dan Sony menggunakan solusi yang berbeda, perbedaan performa nyata kedua console tersebut kemungkinan tidak akan terlalu signifikan.

Bagaimanapun juga, backwards compatibility pada PS5 tidak sebaik Xbox Series X dimana console tersebut dapat memainkan semua game dari Xbox One, Xbox 360 bahkan beberapa game dari Original Xbox.

Walaupun begitu, Sony dikenal dengan selalu memberikan price to performance ratio yang baik untuk setiap console yang mereka rilis.

Artinya, harga yang mereka tawarkan sebanding atau bahkan lebih rendah dari performa yang diberikan oleh console miliknya. Tidak hanya itu, game-game ekslusif yang tersedia untuk Playstation juga lebih baik dari Xbox.

Sayangya, dikarenakan wabah virus Corona yang sampai saat ini masih ramai. Tanggal perilisan PS5 telah di-undur hingga bulan Oktober-Desember 2020.

Sumber


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close