Review ProdukTekno

Sony Rilis DualSense Controller untuk Playstation 5, Usung Fitur Canggih!

DualSense Controller: Tampil Elegan dan Futuristik Dengan Fitur-Fitur Canggih

Mengenal Lebih Dalam Sony DualSense Controller – Sony sedikit demi sedikit terus memamerkan fitur Playstation 5 sebelum rilis dan kali ini, perusahaan raksasa asal Jepang tersebut telah memamerkan Controller yang diperuntuk untuk PS5.

Controller terbaru tersebut tidak lagi dinamakan DualShock, melainkan Controller yang nantinya akan digunakan oleh console generasi ke-lima milik Sony diberi nama DualSense.

DualSense controller masih mengadopsi layout dari DualShock 4 namun dengan desain yang lebih futuristik dan grip yang lebih tebal.

Untuk menambah kesan baru, DualSense controller tersebut juga hadir dengan dual-tone finish yang menggabungkan warna putih dan hitam dengan aksen berwarna biru.

DualSense Controller
Sumber: blog.us.playstation.com

Selain itu, DualSense controller juga menambahkan fitur-fitur baru untuk membuat game yang kamu mainkan terasa lebih imersif.

Kamu pasti penasaran bukan? langsung saja kita bahas.

Sony Pamerkan DualSense Controller Untuk Playstation 5

Fitur

Tidak hanya desain, Sony juga menambahkan beberapa fitur untuk controller console generasi ke-lima miliknya.

DualSense kini sudah tidak lagi menggunakan teknologi rumble vibration yang sebelumnya digunakan oleh DualShock controller.

Sony menggunakan teknologi terbaru yang dikenal dengan nama “haptic feedback”. Teknologi tersebut bertujuan agar membuat feedback/umpan-balik seperti getaran untuk terasa lebih baik, akurat dan responsif.

L/R Trigger-nya yang digunakan juga kini bersifat adaptive. Artinya tingkat feedback/umpan-balik dari tombol tersebut juga di-sesuaikan dengan berbagai jenis permainan dan situasi di-dalam game yang dimainkan.

Dengan menggunakan adaptive L/R trigger, Sony berharap agar DualSense controller miliknya akan memberikan nuansa yang realistis terutama untuk game seperti Racing dan FPS.

Sumber: blog.us.playstation.com

Fitur lain dari controller terbaru tersebut adalah dengan tersedianya integrated microphone. Hal iniĀ  menunjukkan niat jelas Sony dalam upaya mendorong online-games untuk console generasi ke-lima miliknya.

Dengan mikrofon yang menjadi bagian inti dari eSports, DualSense controller akan membuka jalan yang lebih lebar bagi game online untuk datang ke platform PlayStation.

Controller tersebut juga akhirnya sudah menggunakan USB Type-C Port dimana sudah mejadi fitur yang wajib untuk tahun 2020 ini.

Desain

Selain fitur-fitur di atas, Sony DualSense juga terlihat mengadopsi desain dari Xbox Controller. Bahkan, telah muncul banyak “memes” yang menjadi bahan canda’an.

Sony DualSense memiliki grip yang lebih tebal dengan kesulurahan desain estetika yang lebih bulat terutama pada bagian sudut dan tombol D-pad. Sedangan joystick dan tombol aksi masih di posisikan di tempat yang sama.

Sumber: blog.us.playstation.com

Logo PS yang sebelumnya berperan sebagai tombol kini hanya terukir pada permukaan controller tersebut. Sementara tombol “Share” telah diganti namanya menjadi “Create”.

Sony sendiri mengatakan bahwa melalui “Create”, Sony akan membuka peluang untuk para pembuat konten (content creators) untuk menghasilkan konten yang menarik di platform tersebut.

Tombol touchpad-nya juga masih terletak di posisi yang sama. Namun, sekarang Sony menambahkan lampu underlay untuk menyinari bagian sisi-sisinya.

Penutup

Secara keseluruhan, controller terbaru Sony memang terlihat mengesankan. Namun karena belum diluncurkan, masih belum ada website atau reviewer yang menilai aspek ergonomic dari controller tersebut.

Dan seperti yang kita ketahui, ergonomic merupakan faktor terpenting untuk perangkat seperti mouse, keyboard, kursi dan juga controller yang pastinya akan digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Dan jika ergonomikanya buruk, maka hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat membuat pengguna enggan untuk memakainya.

Jadi, kita berharap saja agar perusahaan raksasa asal Jepang dan para developernya dapat memanfaatkan semua teknologi tersebut dengan baik.

Bagaimana pendapat kamu mengenai DualSense Controller? jangan sungkan untuk meninggalkan komen dibawah.

Sumber


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close