Review ProdukTekno

Sony Umumkan Jadwal Perilisan PlayStation 5, Apa yang Baru?

Setelah terbilang sukses dengan seri-seri sebelumnya, kini Sony dikabarkan telah mengumumkan jadwal perilisan PlayStation 5. Generasi konsol terbaru ini rencananya akan resmi diluncurkan pada musim liburan 2020 mendatang.

Sebagai seri terbaru, PS 5 dibekali dengan kualiyas grafis yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya, yakni PS 4. Selain itu, beberapa aspek lain dari konsol (unit pengendali) juga mengalami peningkatan.

Baca juga: Ulang Tahun ke-40, Sony Kembali Merilis Walkman dengan OS Android

Sony Umumkan Jadwal Perilisan PlayStation 5, Apa yang Baru?

Sumber: thesun.co.uk

Pada PS 5 ini, Sony melakukan peubahan terhadap sistem penyimpanan. Dengan adanya Solid-state drive baru, akan membuat game memuat lebih cepat dan pastinya akan mengurangi waktu menunggu game terbuka. Ini karena PS 5 dirancang dengan pemuatan data yang lebih halus.

“Daripada memperlakukan game seperti sekumpulan data yang besar, kami mengizinkan akses yang lebih halus ke data,” ungkap arsitek sistem Mark Cerny kepada Wired, Selasa (8/10/2019).

Sony juga telah melakukan pengujian dan membandingkannya dengan PS 4. Hasilnya, PS 5 dapat membuka game beberapa kali lebih cepat dan bahkan tidak mengalami perlambatan ketika membuka jendela game.

Perubahan signifikan lainnya juga terjadi pada perubahan kontroler baru yang menggunakan teknologi haptic feedback untuk menghasilkan efek getaran yang lebih halus.

Dengan sistem baru ini, efek getar juga akan menjadi lebih luas dan berbeda-beda. Jadi, efek getar akan terasa berbeda misalnya ketika pemain berada di rerumputan atau di genangan lumpur.

Pada bagian kiri dan kanan kontroler juga dibekali dengan teknologi adaptif untuk menciptakan sensasi yang lebih nyata dan realistis ketika memainkan game. Selain itu, ada pula teknologi speaker serta port USB-C yang disematkan pada kontroler.

Untuk sektor grafik, Sony menggunakan menggunakan teknologi ray tracing yang berfungai untuk menangani efek pencahayaan dalam video game.

Perusahaan asal Jepang tersebut juga telah bekerja sama dengan AMD untuk menghadirkan perangkat keras yang mendukung sistem baru tersebut.

Selain itu, teknologi GPU konsol juga akan mengalami peningkatan pada gameplay dan alat lainnya.

“Secara umum, kami melihat GPU dapat memperkuat pembelajaran mesin untuk semua jenis kemajuan yang sangat menarik dalam gameplay dan alat lainnya,” tutur Laura Miele selaku Chief Studio Officer Sony seperti dikutip dari Wired.

Pada PlayStation 5 ini juga terdapat fitur hemat energi yang jika ada 1 juta pemain menggunakan fitur tersebut, itu bisa setara dengan penggunaan listrik rata-rata bagi 1.000 rumah di AS.


Loading...

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close