Spesifikasi Moto Z2 Play, Ponsel Gahar dengan Moto Mod Terbaru

Lenovo dan Motorola membawa konsep fungsional modular mereka dengan meluncurkan Moto Z Play tahun lalu. Sekarang telah diluncurkan generasi keduanya yaitu Moto Z2 Play. Spesifikasi Moto Z2 Play dilengkapi beberapa perbaikan penting dan bahkan lebih banyak lagi aksesoris Moto Mod.

Ponsel modular memang memiliki pesona yang menarik. Pada akhir tahun 2016, Google menggunakan Proyek Ara, proyek mobile modular. Pada tahun 2017, seri LG G terbaru tidak membuang modul “Friends” perusahaan. Motorola, di sisi lain, terus maju dengan Moto Mods (Moto Snaps) yaitu aksesoris panel belakang berupa klip magnetik dengan fungsi berbeda yang terhubung dengan smartphone seri Z-nya.

Spesifikasi Moto Z2 Play memiliki fitur high-end yang sangat menarik, termasuk layar 5.5 inci yang terang dibungkus bingkai logam ramping. Ini adalah fungsi modular yang menjadikannya perangkat inovatif dan tidak ada di produsen lain. Namun entah mengapa Moto Z2 Play memiliki baterai jauh lebih kecil dari sebelumnya dan juga harganya lebih mahal dibandingkan Moto Z Play.

Harga Moto Z2 Play baru di salah satu toko online Indonesia adalah Rp. 6.499.000,- atau sekitar USD 499. Harga Moto Z2 Play sedikit lebih mahal dibandingkan Moto Z Play. Sedangkan harga Moto Z2 Play Bekas atau Second belum tersedia.

Moto Z2 Play dengan Desain Tipis

  • Seluruh body dari logam dan ketebalan hanya 6mm
  • Sesuai dengan semua Moto Mods
  • Konektor Moto Mod di bagian bawah bagian belakang telepon
  • Soket headphone 3.5mm dan konektor USB-C di bagian bawah telepon

Moto z2 Play

Pict via androidauthority.com

Motorola tidak merubah desain terlalu banyak dari Moto Z. Hal ini tentu beralasan, yaitu agar semua smartphone generasi Z kompatibel dengan Moto Mods.

Namun salah satu perubahan yang paling mencolok dalam hal desain adalah Moto Z2 Play lebih tipis 1 mm dari pendahulunya. Moto Z2 Play memiliki ketebalan bodi ponsel hanya 6mm. Ponsel tipis tentu memberikan nuansa yang lebih baik.

Beberapa Moto Mods baru dirilis bersamaan dengan Moto Z2 Play ini. Semuanya sesuai dan dapat dipasang sempurna dengan perangkat baru ini. Selain itu Moto Mods terbaru juga kompatibel dengan Moto Z Play, Moto Z, dan Moto Z Force.

Bahkan, Motorola menjamin kompatibilitas Moto Mod dengan perangkat perangkat generasi Z yang akan datang. Jadi Anda tidak perlu khawatir denagn Moto Mod yang lama.

Fitur modular Moto Z2 Play ini memiliki desain yang unik bila dibandingkan dengan iPhone 7, HTC U11 atau Samsung Galaxy S8. Tanpa Moto Mod, ini adalah ponsel yang sangat ringan, dan terasa aneh digenggam karena memiliki desain belakang yang datar dan licin. Beberapa mods akan memberi Anda pegangan yang lebih baik.

Smartphone ini memiliki benjolan kamera besar lebih tebal, yang mungkin mengganggu beberapa orang. Anda juga harus ingat bahwa menambahkan berbagai Moto Mod akan berarti telepon menjadi lebih tebal. Jika Anda akan menambahkan modul proyektor atau speaker akan menjadi sangat tebal dan tidak nyaman apabila dimasukkan kantong.

Smartphone Moto Z2 Play ini memiliki sensor sidik jari (fingerprint) kecil di bawah layar. Posisi ini mudah dijangkau dan cepat bekerja saat Anda memegang telepon di satu tangan. Di bagian bawah telepon terdapat port USB-C dan di sampingnya terdapat jack headphone 3.5mm.

Display layar Moto Z2 Play yang Luas dan Tajam

  • layar AMOLED 5.5 inchi resolusi 1920×1080 dan 401ppi
  • Layar Dilindungi Corning Gorilla Glass 3

Moto z2 Play

Pict via androidauthority.com

Moto Z2 Play hadir dengan layar AMOLED 5.5 inci dengan resolusi 1920 x 1080, menghasilkan kerapatan piksel 401 ppi. Seperti yang diharapkan dari layar AMOLED, Anda bisa menikmati warna-warna cerah serta sudut pandang yang bagus. Namun, tampilan tidak menjadi sangat cerah, sehingga sulit dibaca di bawah sinar matahari langsung meski dengan brightness set maksimal.

Ukuran 5.5 inchi adalah ukuran yang nyaman dan panel Full HD memiliki resolusi cukup tinggi sehingga Anda tidak akan melihat dot piksel saat menggunakan telepon. Kerapatan 401 piksel per inci akan menyajikan gambar yang sangat bagus dan tidak pecah.

Motorola telah menyertakan panel AMOLED, yang menjadikan warna terlihat begitu dalam, dan saat Anda menonton video, Anda akan sangat mendapatkan tampilan gambar yang jelas di layar. Tidak seperti LCD, teknologi ini menerangi per pixel, tidak seperti menggunakan lampu latar. Sehingga lebih baik untuk konsumsi daya dan palet warna yang lebih terang.

Layar Moto Z2 Play ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Kemampuannya menahan goresan dan sidik jari akan membauat anda nyaman saja untuk bermain game di ponsel ini.

Moto Z2 Play Kompatibel dengan Semua Moto Mods

  • Tiga Moto Mods baru
  • Kompatibel dengan semua Moto Mods

Moto z2 play

Pict via techaeris.com

Pada peluncuran Moto Z2 Play ini juga bersamaan dengan peluncuran Moto Mods terbaru. Terdapat tiga Moto Mods terbaru yang diluncurkan dan kompatibel dengan Moto Z2 Play. Yang pertama adalah JBL SoundBoost 2 yang merupakan versi kedua dari speaker attachable dengan kickstand.

Moto Mods kedua adalah Paket TurboPower Moto dengan kapasitas baterai 3490 mAH untuk baterai tambahan. Yang ketiga adalah Moto Style Shell atau case belakang dengan tekstur seperti kayu.

Moto Mods adalah implementasi terbaik dari aksesori modular untuk perangkat yang pernah kita lihat. Tarik Mod dari bagian belakang Ponsel, pasang Moto Mods yang lain ke tempatnya. Sama sekali tidak ada tombol, tombol pelepas atau pemasangan yang rumit. Kemudahan ini tentu akan membuat nyaman para pengguna untuk mengganti Moto Mods tanpa membutuhkan waktu lama.

Potensi masa depan Mods menjadi sesuatu yang menarik juga. Salah satu Moto Mod yang menarik adalah GamePad, sebuah buaian yang sangat cocok untuk penggemar game. Atau contoh lainnya adalah kamera Zoom Zoom Hasselblad 10x dan Proyektor Proxy Insta-Share. Ada pula ruang untuk penambahan kapasitas baterai.

Saat anda memilih untuk menggunakan Moto Mods, maka anda akan mengeluarkan jauh lebih banyak uang. Karena Moto Mods sepenuhnya dijual terpisah dan tidak ada yang disertakan dalam pembelian smartphone.

Moto Mod yang Anda pilih perlu pertimbangan misalnya TurboPower Pack. Moto Mods satu ini sangat besar dan dengan demikian mengubah Moto Z2 Play menjadi sebuah batu bata. Tentu saja hal ini membuat tampilan epik dari Moto Z2 Play menjadi sangat aneh.

Performa Kuat dan Cepat

  • Chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626
  • Prosesor Octa-core
  • GPU Adreno 506

Moto z2 play

Pict via androidauthority.com

Moto Z2 Play dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626. chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626 membawa prosesor Octa-core yang memiliki kecepatan 2.2 GHz Cortex-A53. Selain itu Smartphone ini sudah dibekali dengan pengolah grafis Adreno 506. Ditambah lagi ponsel ini memberikan dua pilihan RAM 3GB dan 4GB.

Ponsel Moto Z2 Play dibekali dengan Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626. Hal ini tidak terlalu buruk untuk ponsel kelas menengah. Kecepatannya masih bisa mengimbangi penggunaan aplikasi dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan untuk bermain game dengan grafis tinggi sekalipun tidak akan ngelag.

Selain itu didukung oleh GPU atau pengolah grafis Adreno 506 yang tengah menjadi GPU yang populer di kalangan ponsel kelas menengah. Dengan Adreno 506 ini, ponsel akan memberikan visualisasi yang tajam tetapi terkesan lembut.

Pilihan ukuran memori RAM 3GB atau 4 GB memberikan pengguna untuk memilih kapasitas RAM yang diinginkan. Ukuran RAM yang cukup besar ini sangat mendukung penggunaan aplikasi yang bisa didukung Moto Mod, sehingga mengurangi resiko lagging.

Dari sisi perangkat lunak, Moto Z2 Play sudah memboyong sistem operasi android terbaru yaitu Android 7.1.1 Nougat. Sistem operasi terbaru ini dipercaya memiliki kecepatan yang cukup tinggi dan memiliki efisiensi penggunaan memori dan juga baterai.

Moto Z2 Play dengan Hardware Berkualitas

  • RAM 3 GB Memori 32 GB
  • RAM 4 GB Memori 64 GB

Selain pilihan memori RAM 3GB dan 4 GB, Moto Z2 Play juga menawarkan dua pilihan memori internal yaitu sebesar 32GB dan 64GB. Ukuran memori ini bisa dibilang kecil bila dibandingkan dengan fitur-fitur di dalamnya yang membutuhkan memori sangat besar. Namun kabar baiknya adalah Smartphone ini dilengkapi dengan slot microSD dengan kapasitas hingga 256GB.

Smartphone Moto Z2 Play ini sayangnya tidak memberikan pengalaman audio yang cukup bagus. Hanya ada satu unit speaker yang tertanam di lubang suara. Untuk menutupi kekurangan ini, Anda bisa meningkatkan kualitas audio dengan menambahkan JBL SoundBoost Moto Mod.

Yang cukup menarik adalah terdapat speaker yang menghadap ke depan, sehingga memberikan pengalaman menarik saat menonton video maupun bermain game. Selain itu bahkan dengan ponsel yang berukuran lebih tipis dari pendahulunya, masih ada cukup ruang bagi Motorola untuk memasukkan jack headphone.

Sensor sidik jari (finger print) telah didesain ulang dengan bentuk oval yang hampir sama dengan Moto G5 Plus. Fitur ini sangat membantu saat membuka telepon dengan kehandalan dan kecepatan. Dengan fitur finger print ini, satu satunya orang yang bisa membuka kunci ponsel adalah si pemilik yang sidik jarinya telah dipindai.

Selain itu, Anda dapat menggunakan berbagai isyarat pada pemindai yang dapat anda sesuaikan sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan tampilan.

Baterai Kapasitas Kecil Tetap Awet

  • Kapasitas 3000 mAH
  • Daya hidup sampai 2 hari

Spesifikasi Moto Z2 Play ini memang penuh dengan kejutan. Dibalik pembaruan pembaruan yang dihadirkan, Moto Z2 Play hanya membawa kapasitas baterai sebesar 3000 mAH. Padahal pendahulunya, Moto Z Play generasi pertama mengusung kapasitas baterai sebesar 3510 mAH. Ketebalan ponsel yang lebih tipis ini memang tidak terlalu memungkinkan untuk membawa baterai dengan kapasitas yang besar.

Kemampuan baterai yang hanya 3000 mAH ini memang tidak boleh diragukan. Karena bisa dibilang bahwa ponsel ini memiliki kemampuan untuk menggunakan baterai secara efisien. Dalam penggunaan biasa, Moto Z2 Play bisa hidup selama 15 sampai 16 jam sehari dan masih menyisakan 30-40% baterai saat malam hari. Sehingga Moto Z2 Play ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup hingga dua hari penuh untuk penggunaan normal.

Kamera Super Bokeh

  • Kamera belakang 12 Mega Piksel
  • Aperture f/1.7
  • Kamera depan 5 Mega Piksel

Kamera yang diusung oleh Moto Z2 Play ini hampir standar dengan kamera kelas menengah lainnya, yaitu 12 Mega Piksel. Namun yang menarik adalah lensa kamera ini memiliki aperture atau bukaan yang sangat lebar yaitu f/1.7.

Bukaan yang lebar ini memungkinkan kamera mengambil gambar dalam kondisi kekurangan cahaya tetapi menghasilkan hasil yang cerah. Namun kecepatan rana yang rendah dan bukaan yang terlalu besar ini akan menyebabkan banyak noise pada hasil jepretan.

Bukaan atau aperture sebesar f/1.7 memberikan Anda pengalaman yang sangat menarik untuk menghasilkan gambar yang bokeh. Bahkan kemampuan ini bisa digunakan untuk macro fotografi. Didukung oleh kualitas layar dengan resolusi yang tinggi, hasil jepretan akan menjadi sangat tajam dilihat.

Kamera depan dari smartphone ini memang tidak terlalu mengakomodir untuk para penggemar swafoto. Pasalnya smartphone ini hanya dibekali dengan kamera depan 5 MP. Tetapi menariknya adalah kamera depan dilengkapi dengan lampu kilat atau flash. Hal ini membantu anda untuk melakukan swafoto pada tempat yang kurang cahaya.

Kelebihan dan Kekurangan Moto Z2 Play

KelebihanKekurangan
Body metal tampak berkelasHarga lebih mahal dari Moto Z Play
Desain ramping dan inovatifMoto Mods masih mahal
Kompatibel semua Moto ModsKamera depan kurang mantap
Slot microSD besarKamera terlalu menonjol
Kinerja halus dan cepat
Sensor sidik jari cepat
Tampilan terang

Detail Spesifikasi Moto Z2 Play

NETWORK
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 19(800), 20(800), 28(700), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
BODY
Dimensi156.2 x 76.2 x 6 mm (6.15 x 3.00 x 0.24 in)
Berat145 g (5.11 oz)
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY
LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M warna
Ukuran5.5 inches
Resolusi1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
Sistem operasiAndroid 7.1.1 (Nougat)
ChipshetQualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626
CPUOcta-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
MEMORY
Card slotmicroSD, up to 256 GB
Internal32 GB, 3 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
CAMERA
Belakang12 MP, f/1.7, phase detection and laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, Auto-HDR
Video2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps
Depan5 MP, f/2.2, 1.4 µm pixel size, dual-LED (dual tone) flash, 1080p
SOUND
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
– Active noise cancellation with dedicated mic
Koneksi
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, EDR, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
NFCYes
RadioFM radio
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector, magnetic connector, USB On-The-Go
FITUR LAIN
SensorsFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingSMS, MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
JavaNo
– Fast battery charging: 50% in 30 min
– MP3/AAC+/WAV/Flac player
– MP4/H.264 player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATTERYNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery
Talk timeUp to 30 h (3G)

Related Posts

About The Author

Add Comment