spesifikasi Samsung Gear

Review Spesifikasi Samsung Gear S dan Gear S2 Lengkap

Spesifikasi Samsung Gear S  – Kamu sudah siap membongkar isi celenganmu yang sudah terisi penuh ?. Atau, bonus akhir tahun dari kantor anda akan segera cair pada awal bulan depan ?. Jika ingin digunakan untuk belanja, maka pastikan uang tersebut digunakan untuk membeli produk yang bermanfaat.

Misalnya, membeli produk bermanfaat yang dapat membuat penampilanmu jadi lebih trendy dan inovatif. Porduk apakah itu ? Jawabannya adalah Samsung Gear S.

Spesifikasi Samsung Gear S
Foto : Samsung via Googleimage

Apa itu Samsung Gear S

Samsung Gear S adalah salah satu wearable device, yang dapat digunakan pada tubuh, yang diproduksi oleh Samsung dalam beberapa pilihan model seri, dan telah dipopulerkan sejak tahun 2014.

Fungsi Samsung Gear S

Aksesoris canggih Samsung Gear S memiliki beberapa fungsi utama, diantaranya yaitu sebagai :

  1. Penunjuang lifestyle
  2. Penunjuk waktu dan arah
  3. Pemantau kebugaran tubuh
  4. Pemutar musik
  5. Menerima dan melakukan panggilan telp
  6. Menerima dan membalas pesan
  7. Membuka dan menjalankan aplikasi
  8. Sebagai Media penyimpanan
  9. Berbagi File

Peluncuran Samsung Gear S R750 di Indonesia

Samsung Gear S mulai tersedia untuk pasar Indonesia pada akhir tahun 2014, tepatnya pada 18/12/2014. (Kompas.com)

Pilihan Samsung Gear S

Hingga saat ini ada dua Samsung Gear S yang sudah beredar di pasar Indonesia. Samsung Gear S, adalah genarasi pertama yang lebih dulu diluncurkan ke Indonesia. Selanjutnya di akhir tahun 2015, Samsung kembali menawarkan pilihan seri model terbaru yang disebut sebagai Samsung Gear S2.

Menjadi generasi penerus Gear S, Samsung Gear S2 tersedia dalam dua pilihan yaitu :

  1. Samsung Gear S2 Reguler
  2. Samsung Gear S2 Classic.

Review Sepsifikasi Samsung Gear S

Desain Body & Teknologi Layar

Samsung Gear S memiliki bentuk body yang cukup unik. Keunikan ini dihasilkan dari layar yang didesain melengkung dengan strap yang menyatu terbuat dari karet sintetis berkualitas.

Loading...

Kesan mewah Gear S terlihat dari tepian yang mengitari seluruh layar kotak Gear S. Samsung memasukan unsur stainless seel pada tepian layar kota gear S, dan menambahkannya juga pada sisi pengait strap Gear S.

Layar Samsung Gear S, berbentuk kotak dengan dimensi dua inci dan didukung teknologi Super Amoled multi sentuh.

Jam tangan pintar Samsung Gear S dapat menyajikan gambar beresolusi 360 x 480 dengan sangat baik.

Prosesor & Sistem Operasi

Untuk urusan Smartphone, Samsung selalu menggandeng Android sebagai OS nya. Tapi pada jajaran smartwatch Samsung menawarkan sesuatu yang baru kepada seluruh konsumen.

Spesifikasi Samsung Gear S menggunakan sistem operasi Tizen. Samsung mengklaim Tizen jauh lebih ringan bila dibandingan dengan Android.

Berkat dukungan Tizen, semua program dan aplikasi yang ada di dalam Samsung Gear S dapat dijalankan dengan lancar tanpa macet. Multi sentuh pada layar juga lebih halus.

Kinerja Sistem Operasi ini menjadi begitu sempurna, karena Samsung Gear S juga dibekali dengan prosesor dual core dengan clock speed 1 GHz dan dipadukan RAM 512 MB.

Kapasitas Baterai & Penyimpanan

Samsung Gear dibekali baterai Li-ion berkapasitas 300 mAh. Berdasarkan pengalaman para reviewer yang berkesempatan langsung mencicipi Samsung Galaxy secara Hands On, Samsung Galaxy Gear S hanya bertahan 1 hari jika terhubung dengan internet.

Namun, anda tidak perlu khawatir, Samsung sudah membekali jam tangan pintar ini dengan sistem charger A1. Sistem terbaru yang memungkinkan pengguna melakukan pengisian ulang dalam waktu yang cukup cepat.

Fitur

Untuk membedakannya dengan jam tangan pada umumnya, Samsung membekali Smartwatch Gear S dengan beberapa fitur inovatif yang tidak pernah ditemukan pada jam tangan konvensional sebelumnya.

Jam tangan Gear S milik Samsung ini dilengkapi dengan fitur bluetooth dan WiFi. Fitur ini memungkinkan anda untuk melakukan pairing ke perangkat Samsung lainnya atau terhubung ke internet melalui jaringan Wi-Fi dengan mudah dan cepat.

Samsung Gear S juga dilengkapi dengan slot nano sim card. Ini adalah slot untuk menyimpan sim card dengan ukuran yang sangat kecil bahkan lebih kecil dari micro sim card.

Slot nano sim card diletakan di bagian bawah layar. Dengan adanya sim card di dalam Samsung Gear S, hal ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan dan menerima telepon.

Fitur ini juga memungkinkan Gear S terkoneksi ke internet melalui jaringan seluler kartu sim card yang terpasang.

Fitur Pemutar audio degan beragam pilihan format. Samsung Gear S dapat digunakan sebagai pemutar musik terbaik.

Anda dapat memainkan musik atau audio tidak hanya berformat mp3. Tapi audio dengan format M4A, WMA, AAC dan OGG, juga dapat diputar pada Gear S.

Samsung juga menambahkan aplikasi inovatif yang ada pada Samsung Galaxy Note 4. Samsung Gear S dilengkapi dengan aplikasi S Health. Aplikasi ini dapat menampilkan riwayat kesehatan penggunanya. Mulai dari menampilkan data kondisi detak jantung, durasi tidur, dan mengukur sinar UV.

Spesifikasi Samsung Gear S dan Foto Produk

foto-produk-samsung-gear-s

 

Detai SpesifikasiSamsung Gear S
OSTizen-based wearable platform
ProsesorDual-core 1.0 GHz Cortex-A7
RAM512 MB
Memori4 GB
Dimensi58.1 x 39.9 x 12.5 mm
Bobot67 g
JaringanGSM / HSPA
KonektifitasWi-Fi 802.11 b/g/n & v4.1
SIMNano SIM
Layar2 inci, Super AMOLED, Gorilla Glass 3
Anti AirYa, sertifikasi IP67
BateraiLi-ion 300 mAh

Dimana Saya Bisa Membeli Samsung Gear S ?

Samsung Gear S sudah tersedia dan bisa anda beli secara langsung melalui situs resmi Samsung untuk Indonesia. Namun jika anda ingin mendapatkan promo khusus, serta cara pembelian dengan program cicilan. Saya merekomendasikan anda untuk membeli Samsung Gear S melalui beberapa toko online terbesar di Indonesia. Anda juga akan mendapatkan fasilitas pengiriman gratis.

Tabel Perbandingan Harga Samsung Gear S

ProdukTokopediaLazada
Samsung Gear SRp. 3.550.000Rp. 3.492.000

Catatan: Harga Samsung Gear S pada masing-masing toko online tersebut di ambil pada 21 September 2016, pukul 23:53. Harga bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan lebih dulu. 

Apakah ada garansi ?

Ya, Samsung Gear S dilindungi dengan garansi resmi 1 tahun.

Review Spesifikasi Samsung Gear S2

Samsung Gear S2, merupakan generasi penerus dari Samsung Gear S. Smartwatch ini tersedia dalam dua pilihan yaitu model reguler dan model classic. Samsung Gear S2 diperkenalkan pada Rabu 2/11/2015 di Jakarta.

Dan pemesanan pre order saat itu mulai dibuka untuk seluruh konsumen di Indonesia pada tanggal 13 Desember 2015.

Sementara perangkat baru bisa diperoleh pada 20 Desember 2015.

Selama peluncuran perdananya, Samsung menawarkan promo menarik. Mulai dari cashback hingga Rp 800.000 serta tambahan strap senilai Rp 650.000 (liputan6.com).

Desain Body & Teknologi Layar

Berbeda dengan generasi sebelumnya. Samsung Gear S2 memiliki disajikan dengan rancangan bentuk bulat, dengan dua tombol navigasi di sebelah kanan.

Samsung membawa konsep jam konvensional pada umumnya. Gear S2 reguler mengusung tema stylish, sporty dan kekinian dengan strap karet sintetis. Sementara Gear S2 classic mengusung tema klasik dengan strap berbahan kulit original.

Namun yang menjadi pembeda kedua jam tangan ini dengan jam tangan konvensional adalah teknologinya. Teknologi Samsung Gear S2 dan Gear S2 Classic jauh di atas jam konvensional.

Tidak hanya sebagai penampil waktu, jam ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti menerima dan membalas pesan, alat kebugaran, dan masih banyak lagi.

Body di bagian atas dilengkapi dengan bazel canggih yang dapat diputar (Rotating Bazel). Bazel ini memberikan pengalaman baru dalam menggunakan dan mengakses semua aplikasi yang ada pada jam tangan pintar.

Menu spesifikasi Samsung Gear S2 tersaji dalam bentuk lingkaran dan dapat di akses menggunakan bazel tersebut secara memutar. Sementara tombol navigasi berfungsi sebagai tombol Home dan Back.

Gear S2 reguler dan S2 classic didukung dengan layar berteknologi Super AMOLED dengan dimensi 1,2 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 360×360 dengan jernih dengan tingkat kerapatan mencapai 302 ppi. Layar juga sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3.

Sistem Operasi dan Prosesor

Samsung tetap menggunakan Sistem Operasi yang sama yaitu Sistem Operasi Tizen. Hanya saja tampilan antar muka atau UI pada Gear S2 dan Gear S2 Classic lebih lengkap dan beragam.

Anda dapat memilih dan merubah tampilan antar muka dengan mudah dan cepat sesuai dengan selera dan karakter anda.

Dari sektor dapur pacu, Gear S2 dan S2 Classic tetap menggunakan prosesor dual core dengan clock speed 1,0 GHz dan dipadukan RAM sebesar 512 MB.

OS Tizen yang ringan serta dukungan prosesor yang mumpuni, terbukti membuat pengguna dapat menjalankan berbagai program dan aplikasi dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Kapasitas Baterai & Penyimpanan

Bila dibandingkan dengan Gear S, kapasitas baterai pada Gear S2 dan S2 klasik di downgrade sedikit lebih kecil sekitar 50 mAh.

Gear S2 dan S2 Classic menggunakan baterai berkualitas Li- ion dengan kapasitas sebesar 250 mAh. Meski lebih kecil, Samsung mengklaim baterai ini dapat bertahan 2 sampai dengan 3 hari. Dan dapat diisi ulang dengan cepat hanya dalam waktu 1,5 jam.

Samsung Gear S2 dan S2 Classic dapat juga digunakan sebagai media penyimpanan. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 4 GB.

Anda dapat memutar banyak musik, menyimpan dokumen, dan menyimpan cukup banyak gambar atau foto di dalam Gear S2 dan S2 Classic.

Fitur

Selain didukung dengan fitur konektifitas Bluetooth dan WiFi. Spesifikasi Samsung Gear Gaear S2 dan S2 Classic mendapatkan tambahan fitur NFC.

NFC (Near Field Communication), sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan pairing untuk berbagai macam aktiftas salah satunya berbagi file, hanya dengan menempelkan atau mendekatakan perangkat ke perangkat lain, yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC, dalam jarak beberapa sentimeter saja.

Sejumlah sensor canggih seperti Accelerometer, Gyroscope, Heart Rate, Ambient Light, dan Barometer, juga sudah ditambahkan pada Samsung Gear S2 dan S2 Classic.

Aplikasi pemantau kebugaran S Health juga dipasang pada Gear S juga dipasang pada Gear S2 dan S2 Classic. Hanya saja fiturnya lebih lengkap dan data yang ditampilkan lebih mudah dipahami.

S Health pada Gear S2 dan S2 Classic, tidak hanya dapat memantau detak jantung dan menghitung jejak langkah penggunanya. Apalikasi ini juga menambahkan fitur menarik yang mampu menampilkan data mengenai asupan air dan kafein penggunanya, dan juga memberikan notifikasi langsung saat pengguna dirasa kurang beraktifitas atau berolahraga.

Samsung Gear S2 dan S2 Classic juga dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik, yang dapat memainkan berbagai file musik dalam format yang berbeda-beda.

Spesifikasi Samsung Gear S2 & Foto Produk

Foto : AndroidPIT via Googleimage
Foto : AndroidPIT via Googleimage
DetailSpesifikasi Samsung Gear S2
OSTizen-based wearable platform
ProsesorDual-core 1.0 GHz Qualcomm MSM8x26
RAM512 MB
Memori4 GB
Dimensi51.8 x 44 x 13.4 mm
Bobot51 g
JaringanGSM / HSPA
KonektifitasWi-Fi 802.11 b/g/n & Bluetooth v4.1
SIME-SIM
Layar1,2 inci, Super AMOLED, Gorilla Glass 3
Anti AirYa, sertifikasi IP68
BateraiLi-ion 250 mAh

Dimana Saya Bisa Membeli Samsung Gear S2 ?

Samsung Gear S2 dan Gear S2 Classic dapat dibeli melalui wesbsite resmi Samsung. Tapi saya melihat beberapa toko online terbesar di Indonesia menawarkan harga Gear S2 dan S2 Classic dengan harga yang cukup murah. Bahkan ada program cicilan, dan fasilitas pengiriman gratis.

Tabel Perbandingan Harga Samsung Gear S2 & S2 Classic

ProdukTokopediaLazada
Samsung Gear S2 MR720Rp.3.450.000Rp.3.325.000
Samsung Gear S2 MR 732Rp.3.832.000Rp.3.999.000

Catatan: Harga Samsung Gear S2 dan S2 Classic pada masing-masing toko online tersebut di ambil pada 21 September 2016, pukul 23:53. Harga bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan lebih dulu. 

Apakah Ada Garansi ?

Ya Samsung Gear S2 dan S2 Classic dilindungi dengan garansi resmi 1 tahun.

Anda Butuh Pilihan Samsung Gear yang Lainnya ?

Samsung Gear Fit 2 juga bisa menjadi pertimbangan untuk anda. Ini adalah salah satu produk terbaru Samsung, yang disajikan untuk menjadi gap antara smartwatch dan gelang kebugaran.

Dari segi desain hampir mirip dengan Samsung Gear S. Namun Gear Fit 2 lebih slim dan unsur stainless steel dihilangkan secara total.

Layar juga lebih ramping dengan ukuran 1,5 inci beresolusi 432 x 216 pixel. Dan tetap melengkung menggunakan teknologi Super AMOLED yang mengikuti bentuk pergelangan tangan. Sehingga benar-benar nyaman ketika digunakan.

Strap dirancang dari bahan karet atau silikon dengan pattern khusus, serta pengait lebih sederhana tapi cukup kencang.

Fitur canggih terbaru yang ditawarkan adalah Wake Up Gesture. Fitur ini akan membuat layar menyala otomatis ketika anda menggerakan tangan hendak melihat Gear Fit 2. Layar akan otomatis mati kembali ketika tangan anda ke posisi semula.

Fitur Wake Up Gesture juga dapat diatur sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat dengan mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Prosesor tetap sama dengan Gear S dan Gear S2. Gear Fit 2 didukung prosesor handal Dual Core berkecepatan 1.0 GHz dengan paduan RAM 512 MB. Sementara dari Sistem Operasi pun demikian. Gear Fit 2 menggunakan OS Tizen.

Fitur Fitness disajikan lebih lengkap. Selain dapat memantau detak jantung, langkah kaki, serta berapa jumlah kalori pengguna. Gear Fit 2 dapat digunakan untuk beberapa kegiatan olahraga lainya seperti hiking, bersepeda, yoga dan pilates.

Spesifikasi Samsung Gear Fit 2 & Foto Produk

foto-produk-samsung-gear-fit-2

Detail Spesifikasi Samsung Gear Fit 2
OSTizen 2.3
ProsesorDual-core 1.0 GHz
RAM512 MB
Memori4 GB
Dimensi23.4 x 57.4 x 11.95 mm
Bobot27 g
Layar1,84 inci, Super AMOLED, Gorilla Glass 3
BateraiLi-ion 200 mAh

Dimana Saya Bisa Membeli Samsung Gear Fit 2 ?

Samsung Gear Fit  2 bisa anda beli melalui situs resmi Samsung. Namun saya melihat salah satu toko online terbesar di Indonesia menawarkan Gear Fit dengan harga promo hingga 25 September. Pembelian Gear Fit 2 di salah satu toko online tersebut dapat dibeli secara pre order dengan cash back sebesar Rp.400.000 rupiah.

Apakah Ada Garansi ?

Ya, Samsung Gear Fit 2 dilindungi garansi resmi selama 1 tahun.

Penutup

Setelah menyelesaikan membaca seluruh postingan ini, saya yakin anda sudah mengetahui persamaan dan perbedaan spesifikasi Samsung Gear S, S2 dan Fit 2. Dan saya berharap review ini juga dapat memudahkan anda dalam menentukan Samsung Gear yang manakah,  yang benar-benar anda butuhkan yang sesuai dengan budget anda. Sehingga, nantinya anda benar-benar dapat tampil trendy dan inovatif dalam segala situasi dan kondisi.

Referensi lain : Samsung Galaxy S7 Review “Varian, Spesifikasi & Perbandingan”


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *