Review ProdukTekno

7 SSD Murah Terbaik Yang Dapat Dibeli di Indonesia

Rekomendasi 7 SSD Murah Berkualitas Yang Dapat Dibeli di Indonesia

7 SSD Murah Terbaik di Indonesia – Di jaman modern ini, SSD sudah menjadi kebutuhan wajib. Bahkan, para manufaktur-pun sudah mengganti HDD dengan SSD untuk laptop atau komputer yang mereka jual sebagai boot-drive (tempat OS di install). Tidak heran jika rata-rata, laptop atau komputer model terbaru telah di-kirim dengan SSD di-dalamnya.

Menggunakan SSD sebagai boot-drive akan membuat performa laptop menjadi lebih cepat dan lebih responsif saat digunakan. Jadi, jika laptop atau komputer kamu masih menggunakan HDD sebagai boot-drive, sudah saatnya untuk menggantinya dengan SSD.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, harga SSD juga menjadi lebih terjangkau. Hal ini memungkinkan semua orang dari berbagai kalangan untuk mampu membelinya.

Di artikel ini, kami telah mengumpulkan beberapa SSD pilihan terbaik kami yang dapat kamu beli di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Berikut 7 SSD murah terbaik yang dapat kamu beli di Indonesia

7 SSD Murah Terbaik Yang Dapat Dibeli di Indonesia

1. Silicon Power A55

Nama Silicon Power mungkin jarang kamu dengar. Sebagian besar, mereka menjual flash memory card, DRAM, dan USB flash drive dengan harga yang terjangkau.

Namun, Silicon Power lebih dikenal dengan produk SSDnya yang juga dijual dengan harga murah. Dan di artikel ini, kita akan membahas salah satu SSD mereka yang dapat kamu beli di Indonesia yakni Silicon Power A55.

A55 merupakan SSD kelas budget yang menggunakan SM2258XT DRAMless controller. SSD ini juga menggunakan PCB yang sama seperti yang dipakai oleh Colorful SL500 Series.

Sumber: Team Group

Silicon Power sendiri tidak memberikan informasi mendalam mengenai spesifikasi A55 terutama tentang tipe Nand Flash yang digunakan.

Namun mengingat SSD ini dibandrol dengan harga yang murah, aman untuk berasumsi bahwa A55 menggunakan 2D TLC nand flash.

Menggunakan Crystaldiskmark, Silicon Power A55 (512GB) mampu memberikan performa 4K single threaded yang cukup tinggi. Namun untuk performa sequantial R/W-nya masih terbilang biasa-biasa saja.

SSD Murah Terbaik
Sumber: Crystaldiskmark

Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan Silicon Power A55 SSD dengan harga dibawah 400 ribuan saja untuk kapasitas 128GB.

2. Patriot Burst

Dengan mulai ditinggalkan-nya HDD, SSD menjadi sangat populer namun NVME M.2 SSD juga sudah mulai mengambil alih pasaran dikarenakan performanya yang lebih cepat dan form factornya yang lebih kecil.

Akan tetapi, jika kamu hanya menggunakan Desktop/Laptop sebagai mesin sosial media atau bermain game offline/online baik itu multiplayer ataupun singleplayer, menggunakan HDD sepertinya sudah mulai terasa lambat dan menggunakan NVME SSD juga terlalu berlebihan.

Oleh karenanya, banyak dari kita yang masih menggunakan SATA SSD dikarenakan harganya yang terjangkau dan performanya yang cukup untuk kebutuhan kita.

SSD rekomendasi kami selanjutnya adalah Burst SSD dari Patriot.

Meskipun tidak terlalu terkenal di Indonesia, merek Patriot sudah berada di pasaran selama lebih dari satu dekade. Bahkan, saya sendiri memiliki kenangan terhadap brand ini karena PC pertama saya menggunakan salah satu produk SSD dari Patriot.

Meskipun dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni kurang dari 300ribu untuk kapasitas 128GB, Patriot Burst merupakan SSD yang menggunakan 3D TLC NAND dengan Phison S11 Controller.

SSD Murah Terbaik
Sumber: Patriot

Phison S11 Controller adalah salah satu controller yang diperkenalkan pada awal tahun 2017. Controller ini memiliki fitur seperti Smart ECC, Smart ZIP, Guaranteed Flush, dan built-in dynamic static wear leveling dan end data path protection untuk menjamin performa, integritas, dan keamanan data pengguna.

SSD ini mampu mencapai maksimum R/W speed hingga 500-550 MB per detik untuk performa sequential dan 85K – 95K untuk random IOPS.

Performa ini berhasil di-capai berkat digunakanya DRAM Cache dengan kapasitas 32MB yang sangat jarang ditemukan pada SSD seharga 300 ribuan.

Patriot Burst memang bukan SSD tercepat di-pasaran. SSD ini ditargetkan untuk pasar umum dan konsumer biasa yang ingin membuat performa Laptop/Desktop mereka menjadi lebih cepat dan responsif.

3. WD Green SSD

Seperti SSD kelas entry-level pada umumnya, WD Green menggunakan TLC NAND yang menyimpan tiga informasi data (bits) dalam satu cell.

Biaya produksi TLC NAND flash yang rendah membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk budget SSD. Jadi tidak heran jika rata-rata SSD dengan harga dibawah 300-450ribuan menggunakan tipe NAND flash yang satu ini.

Namun, TLC flash memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan MLC atau SLC yakni umurnya yang lebih pendek dan performanya yang lebih rendah.

Sumber: WD

Meskipun demikian, konsumer tidak perlu khawatir karena secara umum, meskipun umur suatu SSD bergantung kepada seberapa sering kita menulis dan menghapus data pada SSD tersebut. TLC SSD rata-rata dapat bertahan hingga 4-5 tahun untuk pemakaian umum.

Baca juga: Sering Menulis Data/Defrag akan Beresiko Memperpendek Umur SSD?

Dibandingkan dengan SSD di atas, WD Green dibandrol dengna harga yang beragam yakni berkisar dari 380 hingga 450 ribuan untuk kapasitas 128GB.

Performa SSD ini juga terbilang biasa-biasa saja. Namun, WD terkenal dengan customer service dan proses retur produknya yang responsif dan cepat.

Jadi jika kamu rela membayar lebih untuk kedua hal tersebut, tidak ada salahnya untuk membeli WD Green SSD.

4. ADATA SU650

ADATA Ultimate SU650 merupakan salah satu DRAMless SSD murah terbaik yang dapat kamu beli di Indonesia.

SSD ini meng-implementasikan 3D NAND flash dengan high speed controller dan menawarkan kapasitas hingga 1.92TB bagi yang membutuhkanya.

SU650 memberikan performa R/W speed hingga 520/459MB/s dan ketahanan yang lebih baik dari SSD yang masih menggunakan 2D NAND.

SSD Murah Terbaik
Sumber: ADATA

Selain itu, SSD ini juga menggunakan SLC caching dan teknologi advanced error correction (ECC) untuk memastikan kinerja dan integritas data agar lebih optimal.

Kamu bisa mendapatkan SU650 SSD seharga 300 hingga 400 ribuan di Indonesia.

5. ADATA SU800

Seperti SU650, ADATA Ultimate SU800 juga menggunakan 3D NAND flash memory yang memberikan SSD dengan storage density, efisiensi, serta realibilitas yang lebih baik dari 2D NAND SSD.

SSD ini juga memiliki fitur SLC Caching namun tidak seperti SU650, ADA SU800 dilengkapi dengan DRAM Cache buffer untuk meningkatkan kecepatan R/W yang membuatnya lebih cepat dari SU650.

SSD Murah Terbaik
Sumber: ADATA

Selain itu, SU800 juga dipersenjatai dengan fitur seperti LDPR ECC, high TBW, dan DEVSLP (Device Sleep).

ADATA Ultimate SU800 merupakan pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari SSD yang menawarkan stabilitas, ketahanan, dan performa yang terjamin.

SSD yang satu ini dapat kamu temukan di Indonesia seharga 400 ribuan untuk kapasitas 128GB.

6. Kingston A400

Kingston adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang menawarkan SSD berkapasitas cukup besar dengan harga serendah mungkin.

Perusahaan multinasional asal Amerika ini bersaing dengan perusahaan lain seperti ADATA, WD, Samsung, Transcend, Zotac, dan masih banyak lagi.

Dan membahas SSD, Kingston memiliki dua lining produk yakni A400 Series dan UV400 Series. Keduanya memiliki beberapa kesamaan dari segi spesifikasi dan harga. Namun, keduanya juga memiliki sedikit perbedaan yang akan kita bahas nanti.

SSD kali ini adalah A400 dari Kingston. Bisa dilihat, Kingston A400 adalah SSD 2.5-inchi yang ditargetkan untuk pasar umum dan konsumer biasa.

Hal ini dapat dinilai dari pengemasan A400 yang sangat sederhana demi menekan biaya produksi agar mereka dapat menjual SSD ini dengan harga yang terjangkau.

SSD Murah Terbaik
Sumber: Kingston

Kamu hanya akan mendapatkan si SSD saja. Kingston tidak menyertakan kabel SATA, baut, ataupun manual sekalipun.

SSDnya sendiri memiliki desain simpel yang terbuat dari bahan plastik dengan logo Kingston di permukaanya.

Kingston A400 menawarkan tiga kapasitas yakni 120GB, 240GB dan 480GB. Untuk segi performa, ketiganya mencapai 500MBps untuk sequential reads. Namun untuk kecepatan Sequential Write, A400 mencapai 320MBps (120GB), 350MBps (240GB), dan 450MBps (480GB).

Kamu pasti menyadari bahwa semakin besar kapasitas SSD, maka semakin cepat juga performanya. Memang benar, hal itu dikarenakan cara kerja SSD itu sendiri yang mungkin akan kita bahas lain kali.

Seperti SSD murah lainya, Kingston A400 menggunakan planar TLC NAND flash. SSD ini mampu memberikan daya tahan (TBW rating) hingga 40TB, 80TB, dan 120TB of R/W Cycle untuk masing-masing kapasitas.

Namun untuk spesifikas, Kingston tidak memberikan detail mengenai controller yang digunakan. Dan perbedaan antara Kingston A400 dan UV400 terdapat pada controller yang digunakan.

Kingston UV400 menggunakan Marvel 88SS1074 yang performanya terbilang cukup baik dikelasnya. SSD tersebut menawarkan performa yang lebih cepat, namun dengan rating TBW yang identik dengan A400.

Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan Kingston A400 seharga 300-400 ribuan untuk kapasitas 120GB.

7. Team Group GX1 & GX 2

Pada acara Computex 2019, Team Group memamerkan beberapa produknya yang fenomenal dimulai dari DDR4 memory hingga RGB SSD dan External Drives. Namun Team Group lebih dikenal dengan produksi RAM/Memori terutama untuk komputer Desktop.

Akan tetapi, di artikel ini kita akan membahas salah satu produk SSD milik mereka yang dibandrol dengan harga terjangkau yakni Team Group GX1.

Sumber: Team Group

Sama seperti semua SSD di artikel ini, Team Group GX1 merupakan SSD yang ditargetkan untuk segmen budget.

Kemasan SSD ini juga sama sederhananya seperti A400 dari Kingston. Kamu hanya akan mendapatkan SSD tanpa aksesoris dan manual.

Namun, karena harganya yang terjangkau, akan lebih baik jika Team Group memberikan 9mm caddy agar SSD ini dapat di-install ke laptop model lama. Lagipula, selain RAM, SSD merupakan satu-satunya upgrade yang dapat di-lakukan untuk laptop.

Team Group GX1 SSD juga hanya terbuat dari bahan plastik dengan stiker Team Group dibagian depan dan belakang yang memberikan lebih banyak info tentang produk tersebut.

Beberapa mungkin akan mengatakan bahwa desain SSD ini nampak membosankan untuk dilihat. Namun menurut saya, desain monolitiknya yang gelap memungkinkan SSD ini cocok digunakan untuk sebagian besar tema build.

Team Group GX1 tersedia dalam 4 varian kapasitas yakni 120GB, 240GB, 480GB, dan 960GB. Seperti kebanyakan SSD, semakin besar kapasitasnya maka semakin cepat juga performanya.

Membahas kecepatan, performa R/W Team Group GX1 sendiri masih berada di dalam batasan SATA III bus.

  • 120GB – 500MB/s Sequential Read / 320MB/s Sequential Write
  • 240GB – 500MB/s Sequential Read / 400MB/s Sequential Write
  • 480GB – 530MB/s Sequential Read / 430MB/s Sequential Write
  • 960GB – 530MB/s Sequential Read / 480MB/s Sequential Write

Tentunya, SSD ini jauh lebih cepat dari HDD. Namun masih kalah jika dibandingkan dengan NVME atau high-end SSD sekalipun.

Akan tetapi, wajar saja karena Team Group GX1 sendiri merupakan SSD kelas entry-level bagi individual yang mencari solusi murah untuk mengatasi komputer lemot.

Team Group juga menyediakan GX2, namun kami gagal untuk mencari perbedaan di-antara keduanya mengunakan fitur komparasi yang disediakan oleh Team Group.

SSD Murah Terbaik
Sumber: Team Group

Team Group GX1 dijual seharga 300 ribuan untuk kapasitas 120GB, sementara GX2 dijual seharga 400 ribuan.

Penutup

Demikian 7 SSD murah terbaik yang dapat kamu beli di Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari SSD murah tapi berkualitas.

Jika kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komen dan antu share artikel ini jika anda berkenan.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close