Stitch, Layanan Jejaring Sosial Unik Khusus Manula

Stitch – Hadirnya jejaring sosial membuat berbagai macam pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan. Jejaring sosial ini banyak yang menggunakannya sebagai sarana komunikasi antar client dalam suatu pekerjaan penting. Tidak heran bila seseorang tiba-tiba menjadi sangat dekat saat bertemu setelah saling berkomunikasi melalui jejaring sosial. Bahkan ada kemungkinan semua orang telah memiliki jejaring sosial.

Fenomena saat ini, anak bayi yang baru lahir pun juga ada yang sudah memiliki akun sosial media yang khusus dibuatkan oleh orang tua mereka. Hal tersebut dilakukan agar memori dan kenangan masa kecilnya dapat ia lihat melalui akun jejaring sosialnya sendiri. Melihat fenomena tersebut, orang tua pun tak mau kalah.

Banyaknya jejaring sosial baru menjadikan inovasi baru dengan munculnya jejaring sosial yang dibuat khusus untuk manula. Jejaring sosial tersebut dinamakan dengan “Stitch”.

Screen-Shot-2012-11-22-at-1.26.43-AM
Stitch Jejaring Sosial Untuk Manula (1) via http://wilkes.discoveryeducation.com
Screen-Shot-2012-11-22-at-1.27.03-AM
Stitch Jejaring Sosial Untuk Media (2) via http://wilkes.discoveryeducation.com

Stitch merupakan situs jejaring sosial layaknya Facebook yang dirancang khusus untuk manula atau orang-orang yang telah berumur lebih dari 50 tahun. Salah satu tujuan Stitch dicitakan adalah karena banyaknya lansia yang memiliki banyak hal yang ingin dilakukan tetapi tidak memiliki teman untuk melakukan hal tersebut bersama. Unik memang, di umur yang umumnya diklaim banyak orang sulit untuk bersentuhan dengan teknologi. Layanan jejaring sosial ini justru berusaha untuk menggali potensi di bidang ini.

Stitch Didirikan Oleh Marcie Rogo

Marcie Rogo yang merupakan co-founder atau pendiri dari Stitch mengungkapkan. Bahwa hadirnya jejaring sosial untuk manula ini adalah untuk membantu anggotanya mencari teman hingga membuat hubungan yang romantis. Dengan adanya jejaring sosial yang didirikan oleh Rogo ini akan sangat membantu manula untuk mengisi usia senjanya.

Karena itulah Stitch muncul dan mencoba memenuhi hal tersebut sebagai situs jejaring sosial yang unik dan akan berguna untuk mempertemukan penggunanya. Dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan melakukan aktivitas menggunakan Stitch. Selain itu untuk mempermudah komunikasi antar anggota, situs jejaring sosial ini juga memiliki platform layanan pelanggan berbasis telepon sehingga pengguna dapat menelfon dan berbicara langsung dengan pengguna lainnya.

Menariknya lagi, Stitch ini merupakan layanan yang gratis. Kecuali bagi anggota premium yang bertujuan untuk mengaktifkan fitur privacy dan tidak semua orang bisa melihat profil pengguna yang menggunakan layanan premium ini.

Meskipun untuk meng-upgrade menjadi anggota premium dikenakan tarif sebesar 60 dollar atau sekitar 827 ribu rupiah tiap tahunnya, tidak jarang para pengguna untuk menggunakan layanan ini. Menurut Stitch, sudah ada sebanyak 10 persen dari pengguna yang meng-upgrade­ menjadi anggota premium.

Loading...

Sebagai bagian dari 500 startup tahap 9, Stitch merupakan sebuah spinout dari startup yang disebut dengan Tapestry. Hal tersebut merupakan solusi tablet untuk membantu para manula untuk tetap terhubung dalam komunitas yang memiliki umur tidak jauh dengannya dan bahkan mencari pasangan hidup. Dengan situs jejaring sosial ini akan membantu para manula yang merasa kesepian. Karena ditinggal oleh anak-anaknya yang telah berumah tangga dan memiliki kehidupan masing-masing.

Stitch Dapat Diakses melalui iOs

Hingga saat ini, situs jejaring sosial khusus manula yang berpusat di Australia ini telah memiliki lebih dari 20 ribu anggota aktif. Baik anggota biasa maupun premium dan sudah bisa diakses menggunakan perangkat sistem operasi iOs. Rogo sebagai pendiri jejaring sosial ini mengkaim bahwa jumlah anggota tersebut akan terus bertambah.

Selain itu ada lebih dari 50 komunitas yang aktif dan berhasil mendapatkan dana sebesar satu juta dollar pada bulan Agustus 2015 lalu. Umumnya komunitas-komunitas tersebut terdiri dari kelompok veteran, teman sependidikan atau orang-orang yang memiliki hobi yang serupa. Dari komunitas-komunitas inilah kemudian hubungan solid para anggota dapat terjalin.

Di Indonesia memang Stitch masih cukup sulit untuk diterima oleh masyarakat luas. Yang menjadi hambatannya adalah faktor minimnya pengetahuan bahasa yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan anggota jejaring sosial ini adalah para manula dari Negara Australia. Sehingga cukup sulit bagi manula Indonesia untuk berkomunikasi menggunakan layanan ini.

Referensi lain : Aplikasi PRIMA IDAI Sebagai Pemantau Tumbuh Kembang Anak

Nah itulah Stitch yang dapat menghubungkan para manula di berbagai belahan dunia untuk mengatasi kesepian mereka. Manula Indonesia juga dapat bertambah dan menemukan teman lebih banyak jika semakin banyak pula anggota yang berasal dari Indonesia.

Dari aplikasi ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa hal kecil yang sepertinya lucu dan tidak berguna bagi kita, justru berarti bagi orang-orang yang tidak kita ketahui, maka teruslah berinovasi jika memang menurut kita dapat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga bermanfaat, utamanya para manula yang kesepian.


Loading...

Bagikan

Penulis

ArifaNida
ArifaNida
"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer-
Email: [email protected]
IG: @arifa_nida
ArifaNida

Penulis

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Komentar

    Avatar

    fandi

    ( - 19:15)

    Hehehe, ini semacem panti jompo gitu ya.

    Avatar

    Kok ya ada-ada saja ya, trus mba Arifa dapat aja idenya 😀

      ArifaNida

      ArifaNida

      ( - 10:58)

      Semakin maju teknologi, semakin banyak ide baru yang muncul mas 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *