Peluang usahaUlasan Bisnis

Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Jika anda adalah seorang yang sedang berusaha sukses dengan membangun usaha sendiri, atau biasa kita sebut dengan pengusaha, tentu saja anda dituntut untuk mengetahui apa-apa saja faktor yang termasuk dalam strategi bisnis. Hanya saja beberapa dari pegusaha muda, ada saja yang tidak tau, atau bahkan tidak mau tau tentang teknik atau strategi agar produk anda laku di pasaran.

Biasanya mereka yang tidak memperdulikan teknik pemasaran produk, ialah mereka yang masih pemula dalam bidang bisnis, sehingga mereka akan beranggapan bila membuka sebuah toko saja sudah cukup, dan membiarkan konsumen datang dengan sendirinya, tanpa ada daya dan upaya untuk “menarik hati” konsumen tersebut.

Jika hanya menunggu orang yang kebetulan lewat dan mampir di toko anda, saya rasa bisnis anda tidak akan berkembang dengan pesat. Maka dari itu, seorang pengusaha juga perlu “menarik hati” masyarakat, agar mau mengunjungi toko usaha anda.

Lalu apa saja strategi bisnis yang perlu diperhatikan agar produk yang ditawarkan bisa laku dipasaran ??

Tentu saja agar produk anda semakin laku di pasaran, anda perlu melakukan yang namanya promosi atau beriklan. Sedangkan dalam Mempromosikan barang dagangan atau produk, anda dapat memanfaatkan media online maupun offline sebagai sarana berpromosi atau beriklan. Andapun dapat menggunakan kedua media tersebut secara bersamaan, dan bila anda mampu menggunakannya secara seimbang, maka semakin besar pula pendapatan yang bisa anda dapatkan dari hasil berpromosi tersebut.

Usaha yang saya jalankan masih tergolong baru, jadi apa saja yang perlu saya lakukan agar usaha saya berbuah manis di kemudian hari ??

Jangan kawatir bila usaha yang anda jalankan masih tergolong baru, toh semua pengusaha sukses pastinya pernah mengalami masa-masa di mana usaha yang mereka jalankan tergolong baru. Bahkan artikel ini pula berisi tentang strategi yang memang lebih dikhususkan untuk mereka-mereka yang usahanya masih tergolong baru.

Kuncinya adalah Sabar dan Telaten.

Benar sekali, dalam memulai karir sebagai pengusaha, anda tentu diwajibkan untuk selalu sabar dalam segala kondisi dan rintangan yang menghadapi usaha baru anda, sedangkan sabar saja tidak akan membuahkan hasil, bila anda tidak telaten dalam bekerja maupun mempromosikan produk yang anda tawarkan.

Baca Juga : Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Gagalnya Berwirausaha

Berikut ini, saya telah merangkum beberapa strategi bisnis yang dapat anda praktekkan bagi bisnis atau usaha baru anda, meskipun saya tidak meberikan jaminan akan kesuksesan yang akan anda dapatkan, tetapi bila anda selalu sabar dan telaten dalam mempraktekkan strategi ini, niscaya usaha baru anda akan membuahkan hasil yang manis untuk anda.

Loading...

Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

 

1# Tentukanlah lokasi usaha yang strategis

Poin pertama saya rasa lebih diperuntukan untuk anda yang belum mempunyai usaha, tetapi sedang berncana untuk membuat usaha anda sendiri. Atau bisa juga untuk anda yang sedang mencoba untuk membuat lokasi usaha anda sendiri, karena sebelumnya usaha anda hanya dilakukan di rumah, atau usaha rumahan.

Menentukan lokasi usaha sendiri, menurut saya hal yang wajib dan paling penting untuk diperhatikan oleh pengusaha muda, pasalnya dengan memilih tempat yang strategis, dalam artian tempat yang ramai orang berlalu lalang, maka kesempatan untuk tempat usaha, atau toko anda dilihat dan dikunjungi semakin besar.

Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Tempat strategis sendiri bukan hanya dilihat dari ramainya orang berlalu lalang saja, tetapi harus memperhatikan juga target konsumennya. Maksudnya, anda dapat berjualan souvenir khas daerah tempat tinggal anda pada lokasi-lokasi wisata, yang notabene banyak wisatawan lokas maupun asing. Sedangkan untuk berjualan sembako atau kebutuhan rumah tangga, anda dapat mendirikan usaha anda pada loaksi seperti pasar tradisional.

Jadi, jangan sampai anda salah memilih lokasi usaha, karena lokasi juga menentukan siapakah target konsumen dari produk yang anda tawarkan.

2# Jangan meremehkan promosi dari mulut kemulut

Yang kedua dalam strategi bisnis yang bisa anda praktekkan, yakni menjalankan promosi yang telah ada sejak jaman nenek moyang dulu. Apa lagi kalau bukan mempromosikan barang dagangan dari mulut kemulut.

Jadi anda bisa memanfaatkan saudara, atau teman yang anda miliki, untuk dimintai tolong menyebarkan usaha baru yang sedang anda jalankan.

Mengapa saudara dan teman yang dimintai pertolongan ???

Hal ini tentu karena mereka tidak akan segan untuk meminta bayaran dari mempromosikan barang dagangan anda, sehingga anda bisa menghemat pengeluarang dalam bisnis atau usaha baru yang sedang anda jalankan.

Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Selain itu teknik berpromosi ini tidak akan berhenti sampat saudara dan teman anda saja, selebihnya orang-orang yang diceritakan tentnag bisnis anda, biasanya akan secara spontan menceritakan kembali kepada saudara dan teman mereka mengenai produk anda. Sehingga proses berpromosi anda juga akan berjalan terus menerus.

Meskipun gratis, tetap ingat untuk memberikan hasil untuk sekedar berterimakasih, atau istilahnya duit ngopi untuk teman anda yang anda mintai bantuan. Dengan begitu teman anda akan semakin semangat dan terus membantu anda dalam mempromosikan barang yang anda tawarkan.

3# Promosikan produk anda secara online

Selain berpromosi secara online, ada baiknya anda mencoba untuk mempromosikan juga produk anda melalui internet. Sedangkan cara berpromosi melalui internet juga sangat beragam, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram, atau bisa juga melalu situs jual beli dan toko online pribadi.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Selain itu, keunggulan dalam mempromosikan produk secara online juga membuat anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, produk anda tetap dapat dilihat oleh orang banyak, tanpa harus mahal-mahal beriklan.

4# Buatlah usaha anda berbeda dari saingan anda

Bila memposisikan diri sebagai seorang konsumen, saya sendiri lebih memilih untuk berbelanja di toko yang berbeda dari toko pada umumnya, ketimbang berbelanja di toko-toko yang sama saja seperti toko lain.

Berbeda maksud saya, usaha atau toko yang anda kelola mempunyai ciri khasnya sendiri, dan tidak ada toko lain yang menyamainya.Ini salah satu strategi agar produk Anda aku di pasaran.

Saya umpakan usaha anda adalah sebuah warung terang bulan, toko anda memiliki nama yang biasa dan terkesan pasaran pada setiap menunya, contoh seperti terang bulan coklat, terang bulang keju. dsb-

Sedangkan terang bulan saingan anda, memiliki dereta menu dengan nama yang unik, seperti terang bulan cinta segitiga, terang bulan blogger sukses, dan terang bulan keju maknyoss. Meskipun sebenarnya cita rasa menu yang ditawarkan sama, namun saya sebagai konsumen akan lebih tertarik untuk berbelanja pada toko saingan anda ketimbang toko anda.

Mengapa bisa begitu ? ?

Karena toko saingan anda memiliki ciri khasnya sendiri, dan saat saya berbelanja di sana, saya merasakan sesuatu yang berbeda dan unik, padahal menu dan citarasanya sama saja.

Hal tersebut hanya sebagai contoh, dalam kenyataannya membuat usaha yang berbeda dari yang lain, bukan sekedar nama menu yang dirubah, tetapi bisa juga meliputi desain tempat usaha anda, bentuk barang yang anda tawarkan, atau cara anda melayani konsumen, bisa juga menjadi sesuatu yang berbeda dan unik untuk menarik minat konsumen memilih berkunjung ke toko atau tempat usaha milik anda.

5# Maksimalkan pelayanan anda kepada konsumen yang berkunjung

Pada poin kelima ini, saya masih akan memposisikan diri saya sebagai konsumen, saya sedang mencari barang yang saya cari, dan dalam pencarian tersebut saya “nyasar” kedua toko yang meyediakan produk yang agak mirip.

Pada toko yang anda saya berhasil mencari barang yang saya cari, namun saya tidak akan berkunjung kesana lagi

Mengapa ??

Hal ini karena pelayanan anda kurang maksimal, meski anda merasa pelayanan anda saat itu sangat maksimal, tetapi saya sebagai konsumen merakasakan hal yang berbeda.Hal ini didasari oleh sikap anda yang sebenarnya ramah, tetapi terkesan ingin cepat-cepat mendapatkan uang saya, saya memang mendapatkan barang yang saya cari, tetapi sikap yang anda tunjukkan saat saya “banyak tanya” sepertinya kurang bagus, anda tidak mau menyertakan detail produk kepada saya yang saat itu benar-benar sedang kebingungan.

Sedangkan saya memutuskan untuk membeli produk yang baru pada toko yang berbeda.

Pada toko milik saingan anda, saya tidak mendapatkan barang yang saya cari, namun saya rasa saya akan kembali lagi ke toko tersebut untuk mencari barang lain.

Mengapa bisa ??

Sedangkan barang yang saya cari tidak saya dapatkan ?

Hal ini karena pelayanan si pemilik toko sangat ramah, meskipun barang yang saya cari tidak ada, namun dia senantiasa menjelaskan produk tersebut secara detail, dan si pemilik toko tersebut juga mau menjawab pertanyaan-pertanyaan saya saat itu, meskipun pada saat itu saya tidak membeli apa-apa.

Nah, dari perumpamaan saya di atas, jelas sekali mengapa saya lebih tertarik untuk mencari produk pada toko milik saingan anda, karena konsumen tidak hanya menilai kualitas usaha atau toko anda dari tersedianya produk ataupun sikap ramah anda saat pertama kali konsumen berkunjung, tetapi mereka juga akan menilai anda dari sikap ramah anda sampai mereka memutuskan untuk pergi dari toko anda.

Jadi, meskipun anda “dihujani” berbagai pertanyaan yang sebenarnya tidak penting, tetap usahakan untuk menunjukkan sikap ramah, dan jangan sekali-kali memberikan konsumen kode agar mereka cepat membayar dan segera pergi dari toko anda.

6# Sediakan layanan Cash on delivery atau mengantarkan produk ke rumah pelanggan

Kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat adalah malasnya pergi ke toko, meskipun sebenarnya mereka membutuhkan barang tersebut, bahkan tak jarang untuk anda yang memasarkan produk secara online, mereka pasti sempat-sempatnya bertanya apakah barang bisa di antar kerumah atau tidak.

Hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih dalam memulai usaha baru anda, jadi anda juga bisa mengiklankan anda, dengan menyertakan kalimat bila produk bisa diantar dan di bayar di rumah pelanggan.

Hal ini juga sangat membuka kemungkinan untuk produk dagangan anda semakin laku di pasaran, mengingat banyaknya masyarakat yang malas untuk pergi ke toko, selain itu mereka bisa saja menjadi pelanggan tetap anda karena mereka mereasa dimudahkan dengan pelayanan yang anda tawarkan.

7# Berikan harga yang relatif lebih murah dari saingan anda

Selanjutnya agar produk anda laku di pasaran, yaitu dengan cara memberikan harga produk yang lebih murah dari saingan anda. Tentu hal ini karena semua orang pastinya lebih menyukai dan tertarik bila mendengar harga murah.

Bila produk yang anda tawarkan lebih murah dari tempat lain, tentu saja konsumen lebih memilih untuk mengunjungi dan membeli barang yang mereka cari pada tempa anda, hal ini tentu saja akan membuat anda untung, karena semakin banyak pelanggan yang bisa anda dapatkan.

Namun perlu diingat, meskipun menurunkan harga agar produk anda laku di pasaran, tetapi jangan sampai menurunkan harga terlalu jauh, sampai-sampai membuat anda merugi. Jadi turunkan sedikit saja agar anda juga tidak mengalami kerugian.

8# Berikan juga diskon pada hari biasa

Poin kedelapan ini agak mirip, namun sebenarnya berbeda dengan yang ada pada poin nomor tujuh, bila pada poin nomor tujuh saya menyarankan anda untuk merendahkan harga jual produk anda, pada poin kedelapan ini anda bisa memberikan penawaran diskon yang cukup besar, namun tidak harus pada hari-hari besar.

Mengapa saya menyarankan untuk mengadakan diskon pada hari biasa ???Berikan diskon diskon yang tidak hanya ada pada hari besar tertentu

Sebenarnya memang rugi, bila diskon di adakan bukan pada hari besar, atau hari raya. Namun bila menawarkan diskon pada hari besar atau hari raya, dan dengan keadaan usaha anda yang masih terbilang baru, saya rasa konsumen akan lebih memilih untuk berkunjung ke berbagai tempat lain yang telah memiliki nama, dan juga sedang memberikan diskon.

 

Tetapi bila menawarkan diskon pada saat hari biasa dan bukan hari raya, maka bisa jadi tempat anda adalah satu-satunya yang memberikan diskon saat itu. Sehingga akan besar kemungkinan konsumen akan “lari” ke tempat anda, selain itu mereka yang telah menjadi konsumen biasanya akan mengajak keluarga serta teman mereka untuk berkunjung ke tempat anda.

9# Berikan bonus pada pembelian barang tertentu

Cara ini sangat klasik, tetapi terbukti sangat efektif agar produk anda laku di pasaran. Tentu saja hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang rata-rata, sangat menyukai sesuatu yang berbau bonus atau gratisan.

Untuk meminimalisir kerugian, anda dapat memberikan bonus setiap pembelian barang yang bernilai tinggi, serta bonusnyapun bisa berupa barang lama atau barang yang kurang laku di pasaran, dengan begitu konsumen akan merasa senang dengan bonus yang anda berikan, serta anda tidak terlalu merasa rugi.

Selain itu mereka yang telah membeli produk anda, biasanya akan kembali lagi bersama keluarga atau teman mereka untuk berburu barang dengan bonus yang anda tawarkan tersebut.

10# Membangun membership

Dengan membangun membership pada usaha yang anda jalankan, maka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan tetap sangat terbuka lebar.

Hal ini dikarenakan mereka yang telah menjadi member biasanya tidak mau rugi dengan status member yang mereka dapatkan, sehingga mereka akan kembali berbelanja lagi, lagi, dan lagi.

Usahakanlah ketika anda telah memiliki member pada usaha yang anda jalankan, sangat usahakan agar anda memperlakukan mereka dengan baik, hal ini bertujuan agar mereka tidak merasa kecewa, dan berujung menutup member mereka pada perusahaan yang anda miliki.

Baca Juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Itulah strategi dalam bisnis yang dapat anda praktekkan , terutama untuk usaha anda yang masih tergolong baru agar produk anda laku di pasaran.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *