strategi bisnis online

9 Strategi Bisnis Online Yang Perlu Diketahui Oleh Para Pebisnis Pemula

Seiring perkembangan jaman model bisnispun mengalami perubahan. Kalau dulu orang dalam menjalankan usahanya hanya secara offline (dunia nyata) sekarang adalah eranya bisnis online. Untuk anda yang baru dalam bisnis online tentunya memerlukan strategi bisnis online yang tepat untuk menaklukkan persaingan di dalamnya.

Semua karena internet. Ya….siapa yang tidak kenal dengan internet. Hampir semua orang sudah melek internet saat ini.

Dengan semakin pesatnya perkembangan jaman di era globalisasi ini kita setiap saat disuguhi berbagai macam informasi dan hiburan di internet sebagai sebuah media online.

Sebagai media informasi dan hiburan, internet merupakan media yang paling cepat untuk mencari berbagai informasi yang berasal dari seluruh dunia, mulai dari bisnis, berita, animasi sampai media social seperti facebook atau twitter.
Oleh sebab itu, saat ini para pebisnis mulai beralih untuk memanfaatkan media internet ini guna menjalankan usaha mereka, tentunya tujuannya adalah agar pendapatan dari bisnis mereka dapat meningkat lebih pesat dan usaha mereka dapat dikenal luas di masyarakat.

strategi bisnis online

Inilah saat yang tepat menjalankan strategi bisnis online anda

Nah untuk mulai terjun di ranah digital ini baik berjualan produk, menjadi publisher dan lain sebagainya diperlukan beberapa strategi bisnis online yang tepat. Berikut ini beberapa strategi yang dapat anda lakukan agar bisnis anda di internet semakin berkembang.

Bekali diri dengan skill dan pengetahuan

Karena anda akan terjun di bisnis online, tentu alangkah baiknya jika anda menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan bisnis anda di internet, anda bisa mengikuti workshop-workshop baik secara langsung maupun online.

Hal ini akan membuat skill anda meningkat, anda harus belajar bagaimana cara membuat situs/blog sampai dengan memasarkan dan menggaet pelanggan produk anda.

Loading...

Fokus pada produk anda

Jika anda adalah supplier atau produsen dari suatu produk, anda hanya perlu fokus pada bidang tersebut dan anda bisa mencari reseller atau mereka yang memiliki situs/komunitas yang bisa menjadi jalur distribusi produk anda di internet.

Anda tidak harus membuat web e-commerce, anda bisa bekerja sama dengan beberapa situs atau web penyedia layanan jual beli seperti bukalapak maupun evoucher. Melalui website www.evoucher.co.id sebagai pemilik bisnis, anda cukup melisting produk anda lalu pihak evoucherlah yang akan menjualkan produk/jasa anda di internet.

Anda hanya cukup memberikan penawaran terbaik, maka customer akan datang kepada anda.

Kunjungi komunitas di internet

Kalau anda lihat di sosial media ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar di internet, seperti komunitas pecinta hewan, pecinta otomotif, penghobi makanan dan lain sebagainya.

Anda bisa mencari komunitas yang sekiranya cocok dengan jenis bisnis anda. Setelah itu lakukan promosi. Anda harus berani menampilkan produk anda kepada anggota komunitas tersebut.
Semakin banyak yang mengenal produk anda, semakin banyak pula kemungkinan anda mendapat customer.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. Ini adalah salah satu yang terpenting dalam strategi bisnis online.

Ada satu hal lagi, anda mesti pengikuti peraturan yang ada di komunitas tersebut jangan sekali-kali anda melanggarnya.

Baca juga : Toko Onlinemu Sepi? Nih Cobain Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online

Ikuti komunitas secara offline

Selain mengikuti komunitas secara online, anda juga bisa ikuti acara komunitas secara offline yang diadakan oleh mereka sehingga anda akan lebih mengenal mereka dan bisa mendengar pendapat mereka tentang produk anda.

Rutin update di social media

Social media saat ini memiliki peranan penting dalam bisnis, usahakan untuk selalu update status baik itu lewat facebook, twitter dan lain sebagainya sehingga anda di mata customer adalah orang yang benar-benar aktif  dan serius di bisnis yang anda geluti

Update situs/blog secara berkala

Sangat penting untuk memperbarui situs/blog untuk strategi bisnis online. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Hal ini untuk memberi kesan situs anda benar-benar dikelola dan produk anda benar-benar laku di pasaran.

Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tidak tertarik untuk kembali mengunjungi situs anda.

Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko anda.

Update tidak harus dalam bentuk besar-besaran. Hanya dengan menambahkan satu jenis barang baru saja sudah cukup.

Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran dan pengantaran barang mesti diinformasikan dalam situs.

Miliki cukup produk dan foto barang

Dalam memulai usaha tidak harus memiliki stok barang yang melimpah, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, setidaknya untuk 6 kali update.

Anda bisa menampilkan produk anda secara bertahap dan kontinue agar anda bisa terus mengupdate produk anda. Cicillah foto barang-barang anda sedikit demi sedikit dan sesuaikan dengan produk baru anda.

Buatlah foto semenarik mungkin

Karena dalam bisnis online calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang anda tawarkan, maka foto produk anda menjadi sangat penting.

Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya tentang produk anda atau malah jadi tidak tertarik karena menganggap produk yang anda tawarkan hanya biasa saja.

Ambillah foto produk dari berbagai model dan jarak. Sediakan rincian produk dalam versi umum dan mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya.

Anda bisa menambahkan ornamen atau hiasan hiasan yang menarik dalam foto produk anda supaya menambah nilai jual produk tersebut.

Berbeda dengan value

Anda boleh saja menjual produk atau memiliki usaha yang sama seperti yang lain, tapi tentu usaha anda jadi tidak istimewa kan ?

Misalnya kalau anda menjual produk gamis, maka anda bisa menambahkan produk untuk segmen customer yang berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pakaian terlihat langsing dan anda tambahi dengan nilai plus berupa delivery order kepada customer, maka ini baru bisa dikatakan usaha anda berbeda dari kebanyakan.

Temukanlah keunikan dan keunggulan produk anda dibanding produk competitor dalam setiap jenis usaha yang anda jalankan. Pelayanan memuaskan juga bisa dijadikan nilai plus.

Demikian beberapa strategi bisnis online yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan produk anda.


Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *