InternetTekno

5 Strategi Honor ini Bakal Kalahkan Penjualan Xiaomi di Indonesia

Strategi Honor kalahkan penjualan Xiaomi – Ditengah persaingan smartphone yang semakin ketat munculah beberapa vendor ponsel yang dapat menarik hati pecinta gadget dengan cepat.

Seperti Honor yang dulunya merupakan bagian dari unit bisnis Huawei yang ditujukan khusus pada ponsel kelas menengah ke bawah.

Akan tetapi, manajemen Honor memutuskan untuk memisahkan diri agar dapat berkembang dengan lebih leluasa. Mengalahkan saudaranya sendiri merupakan salah satu strategi Honor untuk menjadi vendor dengan penjualan terlaris.

BacaHuawei Mengalahkan Apple Sebagai Vendor Smartphone Terlaris Kedua Setelah Samsung

Strategi Honor ini untuk bersaing di pasar smartphone Indonesia dengan menargetkan menjadi smartphone terlaris nomor satu dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Hal ini akan menjadi kenyataan, sebab Honor selalu menghadirkan smartphone dengan teknologi inovatif pada varian flagship namun dengan harga murah.

Bahkan, Honor juga harus bersaing dengan beberapa vendor smartphone di Indonesia, sebut saja Oppo, Vivo dan Xiaomi.

Kalangan Anak Muda

Penggunaan gadget di zaman milenial ini memang didominasi oleh anak muda sehingga menjadi strategi Honor untuk meluncurkan smartphone.

Salah satu caranya adalah dengan menggelar festival musik yang didukung oleh musik-musik indie dan orisinil yang disebut Honor Voice Maker.

Strategi ini sudah diterapkan di negara asal vendor ini dengan menjaring sebanyak 130 grup band kampus pada ajang tersebut.

Strategi Honor ini merupakan cara mereka dalam mendekatkan generasi muda, berkat gelaran Honor Gaming Arena pengunjung bisa merasakan langsung menggunakan smartphone Honor.

Strategi ini tersebut terbukti menjadikan Honor sebagai vendor penjualan yang paling laris di Tiongkok dengan mengalahkan Xiaomi berkat seri Honor X.

Harga yang Menggiurkan

Salah satu daya tarik smartphone agar laris terjual adalah spesifikasi dan harga murah yang membuat pecinta gadget tertarik untuk membelinya.

Salah satu ponsel Honor yang baru diluncurkan adalah Honor 8X yang dilabeli sebagai flgaship killer karena spesifikasinya yang menggiurkan.

Sepertinya sebelum merilis gadget ini, Honor sudah memperhatikan langkah para vendor pesaing dalam merilis jeroannya.

Jika dibandingkan dengan Oppo F9 dan Mi A2 yang memiliki harga sama, Honor 8X lebih unggul karena memiliki kapasitas baterai yang besar.

Xiaomi A2 memiliki baterai dengan kapasitas 3.010 mAh dan Oppo F9 berkapasitas 3.500 mAh. Sementara itu kapasitas Honor 8X sedikit lebih baik dibandingkan kedua pesaingnya tersebut dengan kapasitas 3.750 mAh.

Untuk dapur pacunya ketiganya memiliki prosesor yang berbeda Xiaomi A2 dengan menggunakan Snapdragon, Oppo F9 dengan MediaTek serta Honor 8X dengan Kirin.

Penambahan kapasitas baterai merupakan salah satu strategi Honor untuk merebut hati anak muda karena membutuhkan gadget dengan power lebih besar.

Meluncurkan Ponsel dalam Waktu Berdekatan

Image via androidauthority.com

Honor 9 Lite merupakan smartphone yang pertama kali dirilis di Indonesia pada April 2018lalu, setelah itu Honor selalu meluncurkan smartphone setiap bulan.

Jika dikalkulasikan, setiap 45 hari Honor merilis generasi baru dari produknya tiap enam hingga delapan bulan.

Baca5 Smartphone Honor Terbaru 2018, Harga dan Spek Siap Bersaing

Meskipun strategi Honor ini bakal membuat para konsumen bingung karena begitu banyaknya varian yang dikeluarkan. Akan tetapi, Honor memberi alasan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sepertinya strategi Honor ini mulai ditiru oleh Xiaomi selaku pesaingnya dengan meluncurkan smarpthone pada hari yang sama dengan banyak varian.

Pihaknya juga meluncurkan Honor 8X berbarengan dengan Redmi Note 6 Pro milik Xiaomi.

Sebenarnya Honor terlebih dahulu memutuskan tanggal perilisan dua bulan sebelum diluncurkan sementara Xiaomi dua hari sebelumnya.

Sepertinya Xiaomi sengaja merusak strategi Honor agar mereka dapat menyaingi perangkat yang akan dirilis oleh Honor.

Kerjasama dengan Perusahaan di Indonesia

Salah satu strategi Honor untuk bisa menjadi pesaing utama Xiaomi dan vendor lainnya di Indonesia adalah dengan melakukan berbagai kerjasama.

Produsen smartphone ini berkolaborasi bersama KLY Media Group selaku media berbasis internet terkemuka di Indonesia dalam memberikan pelayanan informasi.

Honor juga melakukan kerjasama dengan Happa, yaitu perancangan casing untuk ponsel ternama di Indonesia dengan rancangan yang telah mendunia.

Agar dapat menarik simpati anak muda, Honor juga menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan bekerjasama dengan penyedia layanan hiburan.

Honor menggandeng Viva Video, KWAI GO, Tantan dan juga Platform Live Streaming. Beberapa perusahaan penyedia layanan tersebut menyiarkan peluncuran Honor 9i untuk berinteraksi langsung dengan pemirsa.

Produk Inovatif

Image via cnet.com

Strategi Honor dengan produk inovatif dengan diluncurkannya Honor 10 pada Agustus 2018 lalu yang mengusung konsep Beauty in AI.

Sementara fitur unggulan kedua yaitu desain CMF1 dengan kaca 3D pada bodi belakangnya, dilengkapi dengan lapisan optik berskala nano yang terdiri dari lapisan warna berkilau.

Pengalaman dari Huawei sebelumnya, menjadi hal berharga bagi Honor untuk mengejar target penjualan smartphone terlaris di Indonesia dalam 5 tahun kedepan.


Loading...
Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close