Blogging

Strategi Membangun Blog dengan Metode yang Jarang Digunakan

Banyak sekali artikel tentang metode yang di gunakan untuk mengembangkan blog. Namun kebanyakan menurut saya isinya hampir sama, yaitu cara tentang bagaimana agar artikel bisa di pejwan atau page one di mesin pencari google. Memang hal itu sangat baik, namun menurut saya terlalu susah jika menarget semua artikel duduk di posisi pertama SERP, lantas bagaimana strategi membangun blog blog agar maksimal?

Nah, berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya tak harus semua artikel duduk di posisi page one agar blog bisa ramai pengunjung. Cukup di optimalkan saja beberapa artikel sebagai penunjang artikel lainnya. Hal ini akan membuat artikel lain pun akan ikut terangkat rangking SERPnya

Sedikit cara dan strategi membangun blog yang mungkin patut di coba, dan menurut saya jarang yang menulis tentang metode ini

Strategi membangun blog dengan memaksimalkan artikel

strategi membangun blog

1. Maksimalkan artikel yang akan di optimasikan dalam satu kategori

Meskipun blog di buat gado – gado namun perlu untuk dipertimbangkan bahwa blog sobat memiliki satu tabel/ categori unggulan. Maksudnya adalah, misalkan blog gado – gado sobat bisa menitik beratkan blog pada kategori adsense. Nah di kategori adsense inilah sobat harus membuat artikel yang benar – benar membuat pelanggan merasa sangat mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Kategori yang digarap maksimal ini dimaksudkan sebagai penarik pengunjung blog agan yang utama. Secara otomatis nantinya pengunjung akan melihat ada artikel lain yang agan miliki. Misalkan kategori livestyle, olahraga, dan lain – lain.

Harap diperhatikan juga dalam pemilihan kategori yang di optimasi maksimal, usahakan kategori yang di angkat adalah kategori dengan pencarian yang tinggi. Sobat bisa reset keyword dahulu untuk mengetahui kategori yang banyak dicari.

Buatlah artikel yang banyak dengan ulasan mendalam pada kategori yang di unggulkan sobat. Pasalnya jika banyak artikel di kategori ini akan semakin banyak related post yang mendukung. Blog seperti klik Mania, Juragancipir menurut saya adalah blog yang memiliki kategori unggulan tentang blogging dan adsense. Kategori unggulan itu menunjang artikel lain di blog mereka.

Loading...

Baca : Cara Membangun Pondasi Blog Yang Kokoh Dengan Struktur Internal Link

2. Buat artikel yang bersifat lokal

Kebanyakan blogger menggunakan strategi untuk membuat artikel yang banyak dicari dalam membangun sebuah blog, nah cara sebaliknya pun patut dicoba. Maksudnya adalah, jika keyword yang banyak di cari pasti banyak blogger yang membuatnya. Hal ini akan membuat persaingan semakin ketat.

Artikel yang bersifat lokal akan lebih mudah untuk duduk di page one SERP. Artikel lokal contohnya adalah : ‘curug cipendok, destinasi wisata menarik daerah cilongok banyumas’, ‘Andang Pangrengan, tempat nongkrong asik di purwokerto yang wajib di kunjungi’

Jadi, selain sobat membuat artikel yang banyak dicari buatlah artikel yang jarang dicari juga sehingga akan saling menunjang dalam strategi membangun blog.

3. Sering perbaharui artikel

Jika sobat sedang malas membuat artikel atau sedang tidak ada ide untuk membuat artikel, sobat bisa membuka – buka artikel lama sobat. Cara ini menurut saya memiliki arti, karena mungkin google beranggapan bahwa ketika artikel sudah diperbaharui berarti semakin bagus artikelnya dan berkualitas.

Pengalaman saya, artikel yang sering diperbaharui ternyata lambat laun duduk di peringkat pertama. Sementara yang tak pernah disentuh malah makin tenggelam entah kemana.

4. Jangan takut membuat artikel dengan pandangan subjektif

Kebanyakan blogger tidak berani membuat artikel berdasarkan sudut pandangannya sendiri. Alasan inilah yang menurut saya menjadikan para blogger melakukan rewriting pada pembuatan artikel. Padahal tulisan yang rewriting kualitasnya kurang unik dari pada ulasan berdasarkan sudut pandang sendiri

Jangan takut salah dalam menulis jika menggunakan sudut pandang subjektif, toh pembaca pasti akan menilai bagaimana tulisan sobat. Strategi membangun blog situs populer seperti hipwee dan idntime saat membuat konten lifestyle menurut saya adalah tulisan berdasarkan sudut pandang si penulis itu sendiri. Kualitas tulisan subjektif terletak pada kedalaman analisa yang sobat gunanakan dalam melihat dinamika.

Jika sobat sedikit ragu mau menulis tulisan yang sifatnya subjektif, sobat bisa membuat wawancara kecil tentang tulisan ke temen yang lain. Misalknan sobat mau menulis tentang ‘cewek idaman cowok yang membuat jatuh cinta pada pandangan pertama’, sobat bisa tanya – tanya ke temen sobat tentang tipe – tipe cewek kaya apa saja yang menurut mereka menarik. Semakin banyak sudut pandang maka tulisan sobat nantinya akan semakin komprehensif.

Keuntungan lain jika sobat membuat artikel original adalah pembaca tahu bagaimana pemikiran dan gaya tulisan sobat, jika pembaca suka dengan ulasan – ulasan sobat maka mereka bakal jadi pengunjung setia blog sobat. Ini yang tidak didapatkan jika sobat hanya menulis rewriting, kalaupun sobat rewriting buatlah agar ada sisi yang menjadi karakter tulisan sobat. Konsep tulisannya jangan dibuat sama dengan artikel aslinya.

Itulah sedikit cara dan strategi membangun blog yang bisa sobat lakukan jika sepakat dengan tulisan ini. Disini pembangunan blog yang saya maksudkan lebih dalam sisi artikelnya, karena menurut saya artikel adalah inti atau nyawa dari sebuah blog.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Zaen D. Ach

Penikmat kopi hitam dan mendoan anget banyumasan

Artikel terkait

2 Comments

  1. Nah benar ini mas,sama sekali tak pernah terpikirkan untuk optimasi artikel yang harusnya jadi artikel jagoan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *