Ulasan Bisnis

7 Strategi Pemasaran Facebook untuk Membangun Merek dan Pendapatan

Strategi Pemasaran Facebook – Dengan pengguna aktif yang mencapai 2,2 miliar, Facebook merupakan tempat yang tepat dan memungkinkan untuk membangun sebuah merek, sekaligus meraup pendapatan yang berlipat.

Sosial media buatan Mark Zuckerberg itu memang menyimpan potensi yang sangat luar biasa, karena orang tua maupun anak muda zaman sekarang masih gemar memainkan Facebook.

Namun, untuk melakukan penetrasi bisnis di sosial media Facebook bukanlah sesuatu yang mudah. Seorang pelaku bisnis harus bersabar dan melakukan beberapa strategi untuk mencapai tujuannya.

Kiat Strategi Pemasaran Facebook

Facebook sudah menyediakan Fan Page untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah untuk bisnis. Di Fan Page Facebook ada banyak hal yang bisa dilakukan, karena fitur-fitur yang diberikan jauh lebih lengkap, ketimbang menggunakan akun pribadi.

Kini, apabila kamu sudah menggunakan Fan Page Facebook, mulailah menerapkan beberapa strategi berikut agar merek usaha yang sedang dijalankan semakin terkenal dan pendapatan pun semakin berlipat.

7 strategi pemasaran Facebook:

1. Bagikan ulasan

Ada banyak sekali jenis usaha diluaran sana yang sudah memiliki nama dan dapat dipercaya oleh pelanggannya. Lantas, apa yang harus dilakukan, ketika sebuah usaha baru merangkak dan ingin berjalan?

Yang harus dilakukan adalah mencari bukti. Ya, bukti adalah senjata yang ampuh untuk menggaet pembeli, karena dengan bukti inilah para konsumen akan percaya bahwa usaha yang sedang dijalankan benar-benar ada dan bisa dipercaya.

Loading...

Strategi:

1. Screenshot ulasan positif dari situs lain.

Jika kamu menggunakan beberapa situs untuk berjualan. Dan di situs A sudah mendapatkan ulasan positif, maka buatlah tangkapan layar (screenshot) untuk di posting ke Fan Page.

Lakukan cara ini secara rutin agar pengikut Fan Page percaya, dan jangan sungkan untuk memberikan link ke situs yang terdapat ulasan positif tersebut.

2. Mintalah pelanggan untuk berbagi ulasan.

Ini adalah cara yang wajar dan lumrah, karena siapapun berhak meminta feedback positif. Katakanlah kepada pelangganmu dengan baik-baik mengenai hal ini, maka para pelanggan tidak akan menolak. Bahkan, bisa saja mereka memberikan ulasan yang sangat terperinci dan memuaskan.

2. Berbagi konten

Fan Page tak harus melulu tentang dagangan, tentang jualan, tentang bisnis. Selingilah semua itu dengan konten yang berguna bagi para pengikut agar mereka juga merasakan manfaat lebih, ketika mengunjungi Fan Page yang kita buat.

Buatlah berbagai macam konten yang selalu berubah-ubah, seperti promosi (soft selling), meme, menautkan link artikel ke dalam pos, kuis, dsb.

Dan jika kamu sudah membuat video yang ada kaitannya dengan usaha, maka postinglah di Fan Page agar konten yang diberikan semakin bervariasi.

Intinya, boleh-boleh saja membahas seputar jualan. Namun, kamu harus tetap memperhatikan atau menyelipkan konten lain agar pengunjung tak hanya mampir lewat.

3. Gunakan grup

Grup adalah tempat yang tepat untuk menciptakan komunitas yang terkontrol dan tertarget. Grup memungkinkan kamu membangun komunitas mikro yang terfokus pada satu titik.

Misalnya, bisnis yang kamu jalankan adalah laptop. Maka kamu bisa membuat sebuah grup yang di dalamnya membahas tentang masalah laptop, baik dari kegunaan, jenis, harga, kualitas produk hingga cerita pelanggan.

Srategi:

Sebagai admin grup, sudah seharusnya kamu memberikan aturan yang ketat kepada siapapun. Bahkan, kamu bisa menolak sebuah postingan, apabila postingan yang dibuat memang tidak ada sangkut pautnya dengan titik atau topik pembahasan.

4. Mainkan tag

Tidak di Instagram, tidak di Twitter dan tidak pula di Facebook yang namanya tag itu penting. Tag dibutuhkan agar para pengunjung lebih mudah dalam menemukan merek atau usaha yang sedang kita jalankan.

Jika nama merek yang kamu jalankan saat ini adalah AAA. Maka di tiap postingan jangan lupa memberi #AAA. Tak hanya merek usaha, kamu pun juga bisa memberikan tag untuk nama usahamu.

Banyak cara dalam memainkan tag ini. Bahkan, kamu juga bisa memention orang lain dalam sebuah pos, sebagaimana yang dilakukan oleh merek pakaian ternama, Puma.

Lihat:

Strategi Pemasaran Facebook

5. Buat acara

Jika keuangan bagus dan memang ingin menjangkau pasar yang lebih luas, membuat acara adalah salah satu terobosan yang patut diperhitungkan.

Misalkan kamu memiliki sebuah usaha di bidang kuliner. Maka kamu bisa membuat acara dengan judul “Pembukaan Rumah Makan AAA” dan memasukkannya di kolom acara Fan Page.

Dalam membuat acara ini kamu juga harus memperhatikan berbagai hal, seperti:

1. Tanggal dan waktu.

2. Kategori acara.

3. Kata kunci acara.

4. URL tiket.

Dengan membuat acara yang seperti ini, akan banyak sekali calon konsumen yang bakal digaet. Apalagi ketika acara berlangsung, kamu akan bertatap muka dan berbincang langsung dengan para calon konsumen.

6. Jalankan kontes

Semua orang suka memenangkan sesuatu, dan menjalankan kontes adalah salah satu cara agar orang lain memenangkan sesuatu.

Biasanya ketika opsi kontes ini dipilih, seorang pengunjung atau pengikut diharuskan mengikuti akun Fan Page. Bahkan, ada yang mensyaratkan untuk mengajak orang lain, sehingga Fan Page yang tadinya hanya diikuti 1.200 orang berubah menjadi 3.000 orang.

Kamu bisa menjalankan cara yang satu ini. Namun, cara ini bukanlah suatu keharusan, karena dalam menjalankan kontes membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

7. Berikan hadiah

Jika kamu punya usaha di bidang kaos, misalkan AAA. Kemudian, kamu ingin menjalankan promosi atau marketing yang unik. Mintalah pelanggan untuk berfoto di sebuah bangunan, pohon, atau jembatan.

Kemudian, di setiap foto yang mereka upload harus memasang tag #AAA. Setelah itu, katakan kepada pelanggan jika foto terbaik akan memenangkan hadiah atau mendapatkan diskon.

Cara yang satu ini layak untuk dicoba, karena selain mengundang kebahagian kepada para pelanggan, Fan Page usaha juga akan semakin dikenal dan merek usaha yang dijalankan pun akan semakin dikenal pula.

Memberikan hadiah seperti ini bisa dilakukan tiap minggu atau tiap bulan agar strategi pemasaran tetap berjalan dengan baik dan lancar. Bagaimana, apakah kamu tertarik memberikan hadiah?

Baca: Facebook Marketing: Trik Jitu Meningkatkan Penjualan dari Facebook

Cukupkah dengan 7 Cara?

Ketujuh cara yang sudah disebutkan tadi harusnya sudah cukup untuk membantu strategi pemasaran Facebook, karena apabila cara-cara yang sudah disebutkan tadi dijalankan dengan sebaik-baiknya pasti akan membuahkan hasil.

Facebook sampai saat ini masih menjadi primadona untuk membantu pemasaran, karena jumlah penggunanya tergolong cukup besar.

Selain menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, kamu juga bisa menggunakan Instagram, karena kedua platform tersebut berada dibawah naungan Mark Zuckerberg.

Bagaimanapun sosial media menjadi tempat promosi yang menjanjikan, karena faktor biaya yang dikeluarkan lebih sedikit daripada berpromosi di media lain.

Kesimpulan

Jika di sosial media sukses menjalankan promosi dan banyak produk yang laku terjual, maka yang namanya pendapatan berlipat bukanlah sebuah impian. Memang dibutuhkan sedikit kesabaran dan beberapa strategi agar usaha yang dijalankan dapat berkembang.

Baca: Apakah Anda Sudah Mencoba Melakukan Pemasaran Melalui Internet?

Semoga 7 kiat strategi pemasaran Facebook yang sudah disebutkan tadi membantu kamu dalam menjalankan usaha. Dan apabila ada tambahan, jangan lupa untuk mencantumkannya di kolom komentar.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *