Optimasi Blog

5 Strategi SEO Beresiko Yang Mungkin Akan Berhasil Untuk Website Kamu (Part 1)

Dalam artikel ini kamu akan menemukan berbagai cara yang disebut dengan ” Strategi Seo Beresiko”. Teknik yang mungkin saja akan berguna untuk meningkatkan rangking website kamu di Google (SERP).

Jenis Teknik SEO

Strategi untuk meningkatkan trafik website yang utama adalah dengan melakukan teknik Search Engine Optimization atau biasa kita sebut dengan SEO. Teknik SEO secara garis besar dibagi menjadi 3 jenis, ‘White Hat’, ‘Black Hat’ dan ‘Grey Hat’.

White Hat SEO

Ini merupakan teknik terbaik dalam meningkatkan trafik suatu website. Karena itu, SEO jenis inilah yang paling populer. Website yang menggunakan White Hat SEO akan menyediakan konten yang teroptimasi baik untuk para pembacanya (manusia) dibandingkan mesin pencari (bot).

Black Hat SEO

Dengan cara ini suatu website akan menyajikan suatu konten dengan dimana isinya terfokus hanya untuk mesin pencari. Karena teknik ini sangat agresif teroptimasi untuk mesin (bot), maka tentu saja kualitas konten yang disediakan akan menjadi rendah di mata visitor.

Walau teknik ini akan secara cepat meningkatkan trafik suatu website, Black hat ini mengandung banyak resiko di dalamnya. Penalti dari Google pun akan mengintai setiap saat dan tinggal menunggu waktu untuk website tersebut jatuh dari rangking pencarian (SERP).

Grey hat SEO

Teknik ketiga SEO berada diantara kedua cara tersebut yaitu ‘Grey hat’. Area abu-abu dimana teknik ini masih dianggap dalam hal kewajaran untuk meningkatkan trafik suatu website. Tapi ingat, tahap kewajaran ini juga mengandung resiko jika dilakukan.

Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa teknik Grey Hat SEO yang mungkin bisa meningkatkan trafik untuk websitemu. Teknik ini mempunyai resiko lebih besar dibandingkan ‘White Hat’ SEO namun tidak masuk dalam kategori  ‘Black Hat’ SEO. Perlu diingat bahwa teknik “beresiko” ini bisa saja membuatmu masuk dalam masalah, tapi bisa juga tidak.

Sebelum melanjutkan, saya ingatkan bahwa cara-cara yang akan kita bahas mungkin saja telah dianggap Black Hat atau melanggar guideline dari Google, tergantung dari update algoritma mesin pencari terpopuler tersebut. Di sini saya tidak bertanggung jawab akan hasil yang kamu dapatkan, karena artikel ini ditujukan untuk sekedar berbagi.

5 strategi SEO beresiko untuk meningkatkan rangking

Masih tertarik? Mari kita lanjutkan, kita akan membahas strategi SEO beresiko yang mungkin saja berhasil untuk meningkatkan trafik visitor untuk website kamu.

Cara yang pertama dari 5 strategi SEO beresiko adalah

1. Tambahkan 1000 kata untuk home page maupun artikel

Kenapa ini beresiko?

Dengan cara ini, websitemu akan terlihat penuh dengan text dan membuat pembaca ‘malas’ untuk melanjutkan. Tren design website terkini lebih menekankan  pada penggunaan gambar dari pada teks untuk home page.

Kenapa ini berhasil?

Mesin pencari tentu saja suka dengan isi konten berkualitas, terutama dengan detail dan pembahasan yang panjang.

Pada dasarnya, mesin pencari memberi lebih banyak peluang suatu website yang mengandung konten berkualitas untuk berada di atas rangking pencarian.

Menambah banyak kata dalam artikel memang bukan teknik terbaik. namun jika itu berimbang dengan tingkat pembahasan yang detail dan berguna untuk pembaca, maka akan menjadi suatu teknik yang layak untuk diterapkan.

Berdasar statistik, rata-rata halaman yang berada di peringkat 1 SERP mengandung lebih dari 2000 kata atau lebih di dalamnya.

5 Strategi SEO beresiko yang mungkin berhasil untuk website kamu-SERP rank average

Bagaimana cara melakukannya?

Coba mulai bereksperimen dengan menulis artikel dengan pembahasan lebih panjang, detail dan berisi hal yang membantu para pembaca. Lalu lihat perkembangan dalam 1 minggu

Cara ini tidak terbatas hanya untuk artikel, kamu juga bisa terapkan di home page, contact, about us dan halaman manapun di web kamu.

2. Menggunakan Negative SEO

Kenapa ini Beresiko?

Negative SEO dilakukan dengan fokus menurunkan ranking website competitor dari pada mengingkatkan rangking websitemu sendiri.

Ada yang bilang cara ini tentu saja kurang etis, namun strategi SEO beresiko ini sering kali berhasil. Perlu diingat, dengan cara ini bisa saja malah berbalik padamu jika kompetitor juga melakukan hal yang sama.

Kenapa cara ini berhasil?

Karena jika memang kompetitor kamu benar menggunakan Black Hat SEO, berarti kamu membantu Google. Dan jika itu terbukti, maka akan hilang satu pesaing untuk website kamu.

Bagaimana caranya?

Negative SEO mempunyai macam-macam pembahasan dan teknik.

Cara paling efektif, etis dan aman adalah dengan cara melaporkan website pesaing yang menggunakan teknik ‘Black Hat’ SEO. Lihat dan teliti dengan seksama website rival kamu. Kamu bisa menganalisa berbagai teknik yang dipakai kompetitor sebagai berikut:

  • Membeli backlink
  • Menggunakan komen spam (bot)
  • Plagiarisme (duplicate content)
  • Artikel spinning
  • dan cloaking (redirect maupun ketidaksesuaian keyword dengan isi konten)

Setelah memastikan, kamu bisa menggunakan Google spam report di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport?pli=1

5 Strategi SEO beresiko yang mungkin berhasil untuk website kamu-google report

3. Membeli Domain Expired

Kenapa Beresiko?

Jika membeli domain yang telah kadaluarsa dan menggunakan redirect 301 untuk backlink website kamu, google kemungkinan bisa mendeteksi dan membuat usahamu sia-sia. Terutama jika kamu membeli domain yang sudah lama.

Kenapa ini berhasil?

Redirect domain ke website dengan domain authority yang tinggi tentu saja meningkatkan peringkat website. Cara kedua bisa dilakukan dengan memanfaatkan expired domain untuk membuat backlink website utama kamu.

Bagaimana melakukannya?

Beli domain lama yang telah expired yang sesuai dengan niche di website utamamu.

Untuk membeli domain expired kamu bisa cek di expireddomains.net.

5 Strategi SEO beresiko yang mungkin berhasil untuk website kamu-expired domain

Untuk mengecek ketersediaan domain, kamu hanya perlu sign up secara gratis. Kamu akan menemukan berbagai jenis domain yang telah expired dengan harga yang tercantum. Belilah website yang sesuai dengan tema (niche) dengan website utama.

Catatan: Pastikan website yang kamu beli adalah bukan bekas web spam.

4. Membeli domain aktif

Kenapa ini beresiko?

Sebenarnya strategi SEO beresiko ini lebih aman dilakukan dari pada membeli expired domain, namun terdapat pula resiko.

Kenapa ini berhasil?

Karena jika kamu membeli domain yang telah ada, sesuai dengan niche website, dan terlebih lagi telah mempunyai backlink, maka akan sangat membantu menaikan website kamu. Kamu bisa saja meneruskan mengelola website tersebut ataupun kamu gunakan sebagai backlink untuk website utama.

Bagaimana melakukan?

Beli domain yang telah tersedia yang sesuai dengan niche kamu

Untuk referensi kamu bisa membeli berbagai jenis domain tersedia di Domainsbot.com.

5 Strategi SEO beresiko yang mungkin berhasil untuk website kamu-Domain Bot

Di domainbot.com kamu bisa langsung mencari ketersediaan domain berdasar kata kunci yang kamu masukan. Cek apakah tersedia ataupun tidak.

5. Buat artikel kamu selalu update dengan membuat sedikit perubahan

Kenapa ini beresiko?

Karena perubahan isi artikel yang terlalu sering akan membuat pembaca yang sadar akan bingung. Lagipula, dengan sering membuat perubahan maka google akan lambat laun mendeteksi ketidak normalan konten yang kamu sajikan, dan bisa saja membuatmu terkena penalti dengan strategi SEO beresiko ini.

Kenapa ini berhasil?

Cara ini telah terbukti memberikan peningkatan dalam SEO. Dengan melakukan sedikit perubahan, kita akan memperdaya Google dan mengira konten kita telah update demi kepentingan pembaca. Dan Google suka dengan konten yang fresh dan terupdate.

Setelah Google mendeteksi perubahan di website kamu, maka Google Spider akan segera datang dan mengganggap konten yang kamu sajikan adalah yang terbaru.

Bagaimana cara melakukan?

Mengubah atau menambah satu kalimat tidak akan telihat perubahan yang berarti di rank SERP. Namun bisa dengan mengubah font, navigasi, h2 dan lainnya. Untuk hal ini bisa kamu bereksperimen menggunakan satu page di website kamu, lakukan sedikit element perubahan, dan lihat hasilnya.

Kesimpulan

Berbagai cara dalam Gray Hat SEO memang terbukti membantu meningkatkan rangking kamu di Google. Walau cara ini tidak terlepas dari resiko penalti Google ataupun pemutusan sepihak dari ads affiliasi.

Strategi SEO beresiko di atas merupakan contoh dari Grey Hat. Kamu bisa menerapkan tiap teknik yang telah dibahas dan melakukan eksperimen. Apapun hasilnya, kamu sudah diperingatkan sebelumnya. Itulah 5 strategi SEO beresiko, jika artikel ini berguna buat kamu, jangan lupa untuk share. Selamat mencoba


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close