Struktur Data Blog

Apakah Error Struktur Data Blog Berpengaruh Pada Peringkat Situs?

Lagi-lagi sebuah post yang cukup kontroversial saya tulis dengan pertimbangan sebuah ekperimen beberapa minggu lalu. Tentang memperbaiki error struktur data blog yang kebetulan secara sengaja saya terapkan di blog ini, namun hanya sementara.

Ini menyangkut Struktur Data blog (Structured Data) dari theme yang terdeteksi eror ketika dilakukan uji / test di Structured Data Testing Tool , Dan biasanya akan menampilkan pesan Warning/Error: Missing Required Field “Updated” dan “Author”. Nah, itu pula yang terjadi pada theme di blog ini.

Setidaknya saya melakukan eksperimen ini selama 15 hari, karena pada theme blog ini mengalami hal serupa. Tetapi eror tersebut memang sepenuhnya saya sengaja, karena saya menghilangkan tanggal posting  blog dari hasil pencarian google sejak menulis di blog ini.

Error Struktur Data Blog “Date Published”

Beberapa waktu lalu struktur data blog telah diperbaharui oleh google, diantaranya  Date Published, Publisher, Author, Name, Image DateModifie dan MainEntityOfPage. Ini berlaku juga untuk setiap testing template pada Structured Data Testing Tool .

Semua struktur data blog ini sangat penting, tetapi saya melakukan pengecualian untuk Date Published karena tanggal posting blog ini dihilangkan, Otomatis structure Date Published akan mengalami eror dan akan terbaca juga di halaman Search Console atau Google webmaster. Seperti gambar dibawah ini.

Struktur Data blog

Dan jika kita menghilangkan atau tidak mencantumkan struktur data blog atau meta Publisher dan Author yang akan terjadi di halaman webmaster adalah seperti gambar dibawah ini.

 struktur data blog

Loading...

Jumlahnya akan terus bertambah setiap kita menambahkan posting baru dan tetap akan terus tercatat dihalaman structure data pada google webmaster.

Apakah Eror Struktur Data Blog pada template mempengaruhi peringkat situs?

Sebelum menjawab pertanyaan ini beberpa waktu lalu saya coba memperbaiki kesalahan Struktur Data Blog pada bagian Date Published, Publisher dan Author, hasilnya sangat memuaskan karena dalam Structured Data Testing Tool tidak terjadi eror sama sekali.

Dengan konsekwensi itu setiap saya mempublish artikel baru maka tanggal dalam posting blog akan kembali muncul, begitu juga pada pencarian dihalaman google, tanggal, bulan dan tahun akan kembali terlihat, seperti gambar dibawah ini.

struktur data blog

Keterangan gambar.

  1. Tanggal posting mulai nampak dipencarian google (5 Days ago)
  2. Pada posting yang lain, tanggal, bulan dan tahun sudah muncul dengan jelas di pencarian google.

Setelah itu saya kembalikan ke posisi template semula, yaitu menonaktifkan fungsi Date Published dan dalam waktu 3- 4 hari tanggal posting sudah tidak nampak di pencarian google lagi. Seperti gambar dibawah ini.

Struktur Data Blog
Urutan 11 halaman ke 2 google

Sewaktu pertama dipublish dengan kata kunci di atas, artikel tersebut mempunyai struktur tanggal yang lengkap di pencarian google dan menempati urutan ke 31, setelah tanggal dihilangkan menempati urutan ke 11.

Nah dari hasil eksperimen diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa kesalahan Struktur Data Blog tidak mempunyai pengaruh sama sekali pada peringkat situs. Terbukti jika artikel tersebut justru menempati peringkat SERP yang lebih bagus.

Kesimpulan

  • Eksperimen ini hanya berlaku untuk Struktur Data Blog khususnya pada bagian Date Published, Publisher dan Author yang mengalami eror terutama jika memang secara disengaja, misalnya menghilangkan tanggal posting atau tidak menampilkan author blog.
  • Eror atau masalah yang terjadi dan tercatat di google webmaster tidak akan mempunyai pengaruh banyak pada peringkat situs.
  • Contoh lain bisa kita lihat pada halaman Wikipedia, dalam pencarian google kita tidak akan menemukan tanggal, bulan dan tahun. Tetapi setiap artikel Wikipedia selalu menempati peringkat teratas.

Walaupun google menyarankan untuk memperbaiki Struktur Data Blog, tetapi google sendiri juga tidak menampilkan tanggal, bulan dan tahun serta nama author untuk setiap halaman bantuan google (Google support) yang kita temukan di mesin pencarinya sendiri.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Cekdidot

    ( - 02:40)

    mas mau tanya kalau MISSING:UPDATE yang perlu di perbaiki bagian mana ya?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:06)

      Untuk theme WordPress, bisa tambahkan entry-date di single . php

    Avatar

    Kalau template blog sy kemaren struktur datanya error semua, setelah sy perbaiki webmaster tools kq belum deteksi struktur data sy, kira2 kenapa ya dan solusinya gimana ne ?
    Terima kasih

    Avatar

    thanks infonya kak .. udah takut nanti page rank saya turun gara gara kebanyakan eror hehe

    Avatar

    Hmmm,, saya pernah baca struktur data itu penting banget ya mas? Katanya sih bair Google lebih mudah mengekstrak informasi dari blog kita. Ada markup khusus ga sih mas buat nambahin struktur data itu?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 17:25)

      Kalau saya menggunakan default dari Theme ini mas, nggak pernah utak-utik sih 😀

    Avatar

    Idrisdris

    ( - 06:53)

    Saya juga mau hilangkan tanggal di url postingan atau date published bagaimana caranya?apakah agan membuat artikel tentang cara menghilangkan date published?apakah memang dengan menghilangkan date published postingan akan lebih berpotensi menjadi ranking karena url menjadi pendek?

    Avatar

    Kalau untuk web berita sepertinya tanggal posting diperlukan juga ya mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:07)

      Kalau situs berita jelas penting mas Widodo :D, kalau blog semacam kita akan terlihat artikel lama jika tanggal tidak dihilangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *