Internet

Sudah Diluncurkan, Seberapa Cepat Jaringan 5G di China?

China adalah negara yang saat ini menjadi rival utama Amerika Serikat dalam bidang ekonomi maupun teknologi. Di sektor teknologi, negara yang dipimpin Xi Jinping itu selangkah lebih maju dari Negeri Paman Sam, khususnya dalam jaringan 5G.

Bahkan gara-gara pesatnya perkembangan teknologi 5G China ini, Amerika Serikat melakukan berbagai macam cara untuk meredamnya. Alhasil, Huawei dan ZTE pun mereka cap sebagai perusahaan yang mengancam keamanan negara karena dianggap melakukan aksi spionase.

Bukan hanya itu saja, Amerika Serikat pun juga memaksa negara-negara lain untuk tidak melibatkan perusahaan asal China dalam pengadaan jaringan 5G. Alasannya pun sama, yaitu perusahaan-perusahaan China dapat membahayakan keamanan negara karena AS meyakini pemerintah China berada di belakangnya.

Baca juga: AS Larang Negara Lain Gunakan 5G Huawei, Malaysia Justru Pakai

5G China Resmi Diluncurkan

Negeri Tirai Bambu telah menghadirkan teknologi 5G di 50 kotanya. Dilansir dari South China Morning Post, ZTE selaku penyedia infrastruktur sudah melakukan pengetesan terhadap kecepatan download jaringan 5G selama 15 menit.

Dari hasil pengetesan, diketahui kecepatan maksimal yang didapati adalah 1.300 megabit per detik (Mbps). Adapun untuk kecepatan rata-rata berada di angka 1.000 Mbps, dan untuk kecepatan terendah berada di angka 800 Mbps.

Menurut Zheng Zhaojun selaku Engineer ZTE, kecepatan download 5G mencapai 10 kali lebih cepat dari kecepatan internet 4G. Dengan peluncuran 5G ini, maka China sukses mengungguli negara-negara lain dalam urusan teknologi 5G.

Baca juga: Semakin Terdepan, Singapura Akan Terapkan 5G di Tahun 2020

Bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan laporan OpenSignal untuk bulan Juli kemarin, kecepatan download dan upload jaringan 4G Indonesia berada di angka 4 hingga 9 Mbps. Telkomsel sendiri berhasil menduduki posisi puncak dalam segi kecepatan internet.

Berikut ini datanya:

Telkomsel 9,8 Mbps
XL Axiata 7,4 Mpbs
3 5,2 Mbps
Indosat 4,8 Mpbs
Smartfren 4,5 Mbps

Baca juga: India Ingin Hadirkan 5G, Tapi Masih Bingung Tentukan Pilihan

Harga 5G di China sendiri tergolong murah. Tiga operator telekomunikasi utama China, yaitu China Mobile, China Unicom, dan China Telecom mulai menjual paket data 5G bulanan pada 1 November kemarin. Harga paket data yang dijual ketiga operator pun sama, yaitu 128 yuan (US$ 18) per bulan untuk 30 GB dan 599 yuan untuk 300 GB.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close