in

Sudah Tahu? Ini Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

cara menghilangkan noda oli di baju
TIDE

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain kebutuhan akan makanan dan juga tempat tinggal. Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dirinya dan juga menutupi auratnya, dan itulah fungsi dasar dari pakaian.

Mengingat pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, maka menjaganya agar tetap awet sangat diperlukan. Jika pakaian tidak diperhatikan kondisinya, maka biaya untuk membeli pakaian baru juga harus dikeluarkan, karena manusia juga harus memakai pakaian yang bersih sebagai simbol penghormatan untuk dirinya sendiri.

Lindungi Pakaian dari Noda Agar Awet

Penyebab utama pakaian tidak awet adalah noda. Noda sendiri bermacam-macam penyebabnya, di antaranya adalah noda kopi, teh, darah, hingga oli. Adapun untuk noda yang terakhir, yaitu oli, tentu kita harus membersihkannya dengan ekstra mengingat noda yang satu ini tidak mudah untuk dihilangkan.

Masalah akan semakin runyam ketika pakaian yang terkena oli tidak segera langsung dibersihkan sehingga noda oli akan menempel di serat pakaian hingga proses pembersihan membutuhkan waktu lama, bahkan bisa tidak hilang yang akhirnya membuat kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli pakaian baru.

Apabila oli menodai pakaian kita, tentu solusinya bukanlah membeli pakaian baru. Namun solusinya adalah dengan membersihkan noda tersebut. Noda oli sendiri bisa dibersihkan dengan beberapa cara, dan berikut ini cara untuk membersihkan noda oli yang ada di pakaian kamu.

1. Gunakan Sabun Cuci Piring Cair

Meski dibuat untuk membersihkan noda yang menempel di perabotan rumah tangga, sabun cuci piring cair juga bisa untuk membersihkan noda yang ada pada baju, khususnya oli. Jadi ketika pakaian kamu ternodai dengan oli, sedangkan deterjen di rumah habis, maka kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa membersihkannya dengan sabun cuci piring.

Sabun cuci piring sendiri bisa digunakan untuk membersihkan pakaian dikarenakan komposisinya memang dibuat untuk melawan minyak dan lemak yang menempel di perabotan rumah tangga. Oli sendiri berbahan dasar minyak, jadi sabun cuci piring bisa digunakan untuk membersihkannya.

2. Gunakan Deterjen

Kebanyakan orang menggunakan cara yang satu ini untuk menghilangkan noda oli, karena formula deterjen memang dirancang untuk membersihkan berbagai macam noda yang menempel di pakaian. Namun agar hasil pembersihan lebih maksimal, sebaiknya kamu gunakan deterjen cair seperti Rinso Anti Noda cair.

Deterjen cair keluaran Unilever tersebut bekerja dua kali lebih efektif daripada deterjen bubuk dalam menghilangkan noda yang ada di pakaian, karena cairannya mampu meresap cepat ke sela-sela kain terdalam dan bisa langsung bekerja secara efektif pada noda, khususnya noda oli.

Perhatikan Ini Sebelum Menghilangkan Noda Oli

Sebelum membersihkan pakaian yang terkena noda oli, kamu harus benar-benar memperhatikan genangan oli yang menodai pakaian. Jika oli masih menggenang, jangan membersihkannya langsung, karena kamu harus menghilangkan genangan terlebih dahulu agar noda tidak menyebar mengotori bagian lain dari pakaian.

Adapun untuk menghilangkan genangannya, kamu bisa menggunakan tisu dengan meletakkannya di atas oli. Dengan menggunakan tisu, noda oli akan diserap. Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa menggunakan handuk atau lap bekas. Bedak bayi, bubuk soda kue, dan tepung maizena juga bisa digunakan untuk menyerap genangan oli yang ada di pakaian dengan cara menaburkannya.

Cara menghilangkan noda oli di baju sebenarnya tidaklah susah, karena noda oli memang bisa dihilangkan asalkan kita mengetahui caranya. Dan apabila setelah mempraktikkan langkah-langkah yang sudah disebutkan, noda oli di baju kamu masih belum juga hilang, maka silakan rendam bagian yang kotor dengan air hangat disertai dengan deterjen cair semalaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0