Bisnis OnlineDunia Internet

Tips Mendulang Sukses Menggunakan Media Sosial Sebagai Ladang Usaha

Sukses menggunakan media sosial bisa jadi tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Namun pada dasarnya, sukses adalah cita-cita setiap manusia di muka bumi ini. Kebanyakan orang mulai merintis kesuksesan dengan sebuah rencana yang matang. Walaupun terkadang hasilnya tidak selalu seindah angan-angan yang diharapkan.

Namun tenang saja, karena semuanya bisa saja terjadi dan tidak menutup kemungkinan kita dapat meraih kesuksessan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Dan tentu saja, ada juga orang yang sukses tanpa direncanakan karena ada faktor lain. Ataupun ada juga yang gagal meraih kesuksesan walau sudah direncanakan dengan matang.

Semua itu tidak dapat diprediksi dengan tepat, karena yang menentukan kesuksesan seseorang adalah kerja keras dan kerja cerdasnya. Kedua hal itu haruslah dilakukan dan dijalani berdampingan agar mampu menyeimbangkan usaha kita menuju kesuksesan.

Untuk meraih sukses ada berbagai macam jalan yang dapat ditempuh. Setiap orang memiliki pandangan sendiri-sendiri mengenai jalan menuju kesuksesan. Dan salah satu jalan yang dapat ditempuh dan akan dibahas kali ini adalah jalan sukses menggunakan media sosial. Hal ini kita bahas karena sepertinya bumi sudah mulai padat oleh manusia, dan ini saatnya kita berpindah ke dunia lain yang lebih praktis dan luas, yaitu dunia media sosial.

Perlu diketahui bahwa banyak orang dari berbagai kalangan mulai melirik keampuhan media sosial dalam meraih kesuksesan. Karena tentu saja di era sekarang ini manusia hampir tidak dapat lepas dari kemajuan teknologi.

Dan dapat dikatakan bahwa media sosial merupakan kebutuhan hidup manusia yang sudah sangat lengket. Walaupun memang ada banyak sekali sisi negatif yang diberikan oleh media sosial, namun tentu lebih banyak pula sisi positifnya. Semua itu tergantung pada kedua tangan kita sebagai pengguna media tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial hadir di dunia dengan berbagai macam manfaat yang dapat memudahkan kita mengakses segala komunikasi dan informasi dari seluruh penjuru dunia. Itu semua menjadikan manusia mulai merasa nyaman dan konsumtif karena semua sudah dapat diakses hanya dengan sekali tekan.

Kemudahan tersebut telah mengalihkan pandangan manusia dari tujuan menuju suksesnya. Dan tentu hal ini menjadi peluang besar bagi orang-orang yang berpikir untuk memanfaatkan akses media sosial sebagai lahannya meraih kesuksesan.

Adanya media sosial justru, jika kita mampu mengelolanya dan memanfaatkannya dengan maksimal maka akan memberikan keuntungan yang maksimal pula kepada kita. Orang yang sadar akan peluang sukses tersebut kemungkinan besar akan menggunakan akun media sosialnya sebagai alat ysng efektif untuk mengembangkan diri dan usahanya.

Semakin bergesernya waktu yang kian menepi kepada modernisasi, mulailah banyak orang membuka matanya mengenai media sosial. Sudah banyak yang kemudian terjun di media sosial untuk meraih suksesnya. Seperti menjual barang, membuat iklan, memasarkan jasa dan lain sebagainya.

Dari berbagai macam cara yang telah dilakukan oleh pengguna media sosial yang sukses. Kemudian dapat diambil beberapa benang merah mengenai tips mendulang sukses menggunakan media sosial. Dari sana kita dapat melihat bagaimana cara mereka memasarkan diri dan bisa dikenal oleh khalayak ramai.

Beberapa Hal Penting yang Wajib Kita Perhatikan

1. Memilih Passion yang Tepat

Sukses Menggunakan Media Sosial
Menentukan Passion yang Tepat Adalah Kuncinya via belajarforex.biz

Untuk menunjukkan identitas dirimu di media sosial maka yang harus kamu lakukan adalah memberi tahu apa yang kamu miliki. Ini merupakan salah satu aspek penting sebagai ajang promosi atau branding sukses menggunakan media sosial.

Sebelumnya, sebelum masuk ke tahap ini kamu harus lebih dulu mengetahui keahlian yang kamu miliki, dalam bidang apa dan kamu harus mengetahui minatmu dalam hal apa.

Selanjutnya yaitu mengembangkan hal tersebut dan menampilkannya di media sosial. Tentu saja menggunakan platform jejaring yang paling sesuai dengan passion, bakat, dan atau minatmu. Sehingga nantinya tidak salah dalam menyampaikan dirimu kepada pengikut yang menjadi target.

Dalam hal ini kamu akan lebih mudah berkomunikasi di media sosial karena hal tersebut sesuai dengan jati dirimu. Namun, salah dalam tahap ini bisa jadi bakal menjadi mimpi buruk. Itu karena banyak pengguna yang memaksa dirinya agar sukses menggunakan media sosial namun tidak tepat dalam memilih passion, sehingga di tengah perjalanan mengalami kemandegan dan bahkan malah mengganggu diri mereka sendiri.

Dengan menemukan passionmu, akan memberikan kemantapan dalam melangkah sukses menggunakan media sosial.

2. Branding di Media Sosial Dengan Konten Visual yang Kuat

Sukses Menggunakan Media Sosial
Strategi Branding via digitalmarketer.id

Branding merupakan hal sangat penting sebagai simbol atau identitas kita di media sosial. Mungkin ada yang masih terasa asing dengan sebutan branding. Branding adalah semacam simbol atau identitas yang menjadi ciri khas dari apa yang kita jual. Brand dapat berupa sebuah merk atau logo sebagai tanda pengenal kita terhadap konsumen atau pengikut di media sosial.

Manfaat brand salah satunya adalah agar apa yang kita jual mudah dikenal oleh orang-orang dan di ingat. Brand yang diciptakan haruslah konsisten dan memiliki ciri tersendiri agar mudah diingat dan diterima oleh calon konsumen.

Baca : 5 Tips Memilih Nama Brand Produk Untuk Meningkatkan Angka Penjualan

Jika brand kita berubah-ubah dan tidak memiliki ciri khas tersendiri maka akan membingungkan orang-orang yang melihat. Mereka tidak akan mengenal kita karena brand yang diberikan susah untuk dikenal. Jika brand sudah dikenal oleh orang banyak, maka tentu akan lebih mudah bagi kita memuluskan jalan selanjutnya untuk meraih sukses menggunakan media sosial.

3. Menentukan Platform Media Sosial yang Tepat

Sukses Menggunakan Media Sosial
Jangan sampai salah menggunakan media sosial via maxmanroe.com

Ada berbagai macam media sosial yang beredar di dunia ini. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah serta dapat dioperasikan dimana saja, baik menggunakan personal computer maupun smartphone. Beberapa contoh media sosial tersebut diantaranya berupa website, blog, Twitter, Facebook, WhatsApp. Line, Path, Instagram, dan banyak lagi lainnya. Semua media tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun perlu diingat, bahwa dari daftar media sosial yang tadi disebutkan jangan lupa untuk mempertimbangkan tingkat kepopulerannya. Artinya selain jenis medianya yang patut kita pertimbangkan, seberapa banyaknya pengguna media sosial tersebut dapat menjadi acuan yang bagus untuk pelaku usaha.

Atau jika diharuskan, maka boleh saja kita menggunakan semua platform yang ada, agar usaha kita dapat membuahkan hasil yang maksimal. Selain itu, juga agar kita dapat selalu mengikuti perkembangan era teknologi yang silir berganti.

Jika kita menggunakan platform semacam Facebook, dapat dengan membuat status, mengunggah foto, video atau lainnya. Sementara untuk Twitter juga hampir mirip dengan Facebook manfaat dan kegunaannya. Namun beda lagi dengan website dan atau blog, media ini bisa diisi dengan konten-konten berupa tulisan informatif yang berguna bagi pengunjungnya.

Kemudian ada lagi satu media jejaring sosial yang memanfaatkan pesan instan, seperti WhatsApp, BBM, Telegram dan lainnya. Jejaring ini lebih dapat digunakan untuk berkomunikasi dan mengabarkan diri serta membuat kesepakatan dalam hal jual-beli, layanan konsumen dan sebagainya.

Sementara itu ada juga seperti instagram yang lebih menekankan pada media-media visual seperti foto-foto dan video. Anda bisa baca mengenai 7 Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal.

4. Tampilkan Konten yang Menarik

Sukses Menggunakan Media Sosial
Sampaikan Pesan Lewat Konten yang Menarik via edtechreview.in

Konten merupakan bahan yang paling utama untuk memberikan nilai wajah kita di dalam media sosial. Jika konten yang kita sebarkan menarik perhatian tentu akan mengundang banyak perhatian pengguna lainnya untuk melirik apa yang ingin kita sampaikan. Namun akan berbeda jika konten yang kita bagikan adalah konten yang tidak komunikatif dan tidak memiliki daya tarik. Maka akan susah menyapa para pengguna media sosial lainnya.

Konten juga harus selalu berisikan materi-materi yang sedang hangat di tengah-tengah masyarakat. Sehingga akan mudah ditangkap dan menjadi sebuah rujukan. Selain itu, hal yang berkaitan dengan konten adalah perlunya pergantian secara berkala agar mereka yang melihat tidak bosan. Mereka selalu butuh disuguhi suatu hal yang baru untuk dikonsumsi. Dan juga diwajibkan konten harus memiliki unsur kreatif, inovatif, dan aktual

Membuat konten yang berkualitas dan layak untuk dinikmati bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini dapat dilihat dari kondisi target marketing atau konsumen. Untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan, maka sebelum membagikan sebuah informasi alangkah baiknya menyiapkan dengan betul konten-konten yang berkualitas.

Kesiapan itu harus dapat diwujudkan agar mampu mengundang pengguna media sosial lainnya untuk tertarik kepada apa yang kita sampaikan.

5. Membangun Sebuah Komunitas

Sukses Menggunakan Media Sosial
Jaringan yang luas adalah salah satu potensi utama kesuksesan via bisnisbandung.com

Dengan adanya komunitas maka akan membuat banyaknya relasi. Banyaknya relasi tersebut tentu akan membuat kita lebih dekat dan kenal dengan orang-orang sekitar. Orang-orang sekitarpun akan mendukungmu menuju kesuksesan. Memperbanyak jaringan tentu akan membuat relasi-relasimu mengenalmu dan kamu lebih mudah memasarkan diri, karena kita akan memiliki masa yang banyak dari komunitas yang dibentuk itu.

Baca : Potensi Blog Komunitas Jika Di Maksimalkan Dengan Baik

Relasi-relasimu kemudian akan dapat membuat jaringan lain dan tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang ingin sukses menggunakan media sosial. Karena seseorang pada hakikatnya hidup sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain sehingga dengan adanya komunitas, dirimu dapat lebih diakui secara umum dan komunitas tersebut mampu membuatmu lebih hidup.

6. Memberikan Wadah Untuk Orang-orang Berpendapat

Sukses Menggunakan Media Sosial
Pendapat sangat dibutuhkan oleh pengguna media sosial via rikaaltair.blogspot.com

Pendapat sangat dibutuhkan oleh pengguna media sosial seperti kita. Kita memiliki hak untuk berkomentar mengenai konten-konten yang dikonsumsi di media sosial. Maka buatlah ruang yang nyaman untuk pendapat mereka, karena pendapat-termasuk kritik adalah masukan yang baik bagi kita meraih sukses menggunakan media sosial.

Dari kaca mata lain pun kita mampu mengoreksi diri kita sendiri dalam membagikan konten agar kita tahu kesalahan yang dibuat. Dengan tahu, kita bisa memperbaiki, memperbaharui, dan tentu mengembangkan apa yang menjadi kelebihannya.

7. Menjual Sesuatu yang Bermanfaat

 

Sebaik-baik Manusia Adalah yang Memberikan Manfaat via teknologital.blogspot.com

Tips untuk sukses menggunakan media sosial dan mendulang untung di baliknya bermuara pada tahap ini. Dimana ini adalah hal yang paling sering dilupakan namun paling penting bagi para pelaku usaha. Karena pada kenyataannya mereka seringkali terkungkung oleh paradigma sukses yang tercapai dengan meraup materi sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil-kecilnya. Pandangan ini tentu saja wajar jika memang tolok ukur kesuksesan bagi kita hanyalah soal materi.

Namun sekarang coba sedikit membuka wawasan dan mata hati. Bagaimana kalau kita mengubah paradigma tersebut dengan hal seperti ini: jika kita memberikan manfaat kepada orang lain, maka tentu mereka tidak akan ragu dan atau enggan memberikan apa yang kita inginkan.

Sebagai contoh kita ambil Facebook. Pada dasarnya facebook didirikan untuk memberikan kemudahan penggunakan menjalin komunikasi. Dan karena dirasa Facebook berhasil memberikan manfaat tersebut. Mark Zuckerberg saat ini dapat sukses di dunianya, dan bukan hanya materi melainkan juga kepuasan batin.

Media Sosial Adalah Ladang yang Hijau

Di era digital seperti ini semua hal dituntut untuk serba cepat dan instan. Setiap mereka yang ingin bertahan dalam hidupnya ditantang untuk dapat beradaptasi setiap waktu. Karena perubahan-perubahan yang ada sekarang ini tidak lagi dihitung dengan siklus matahari berjalan. Melainkan dihitung setiap manusia tersebut menghembuskan nafas. Ibarat kata, sekali tertinggal maka akan selamanya terasingkan.

Sebagai contoh kita tengok saja fenomena transportasi online yang hampir mewabah ke seluruh pelosok negeri. Dimana pun kita berada dan kapanpun kita membutuhkannya, bisa dipastikan mereka akan menyediakan jasa yang pas untuk memenuhi hasrat konsumennya.

Namun coba kita tengok juga mereka yang belum siap terhadap perubahan tersebut, yaitu mereka para ojek pangkalan. Karena telat sepersekian detik saja dalam mengikuti perubahan zaman. Mereka pun sedikit demi sedikit mulai tersingkirkan. Dan yang dapat dilakukan ojek pangkalan tersebut hanyalah melakukan protes terhadap pemangku kebijakan dan memohon untuk dibuatkan regulasi bisnis yang adil.

Dalam contoh tersebut kita tidak sedang menghakimi salah satu pihak, mana yang benar mana pula yang salah. Namun itu hanya sebagian kecil contoh dari kemajuan teknologi yang selalu berubah setiak waktunya.

Mulailah Sukses Menggunakan Media Sosial

Dalam pembahasan kali ini kita menitik beratkan pada sukses menggunakan media sosial. Dimana saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan bahasan yang ringan ala keluarga atau sahabat. Melainkan fungsinya sudah bergeser kepada pemasaran online. Para pelakunya tentu saja mereka yang sadar akan perubahan dan perkembangan teknologi.

Pemanfaatan media sosial memanglah sesuatu hal yang sederhana. Karena hampir sebagian besar orang di era modern ini sudah terbiasa menggunakannya. Namun perlu diketahui, bahwa mereka yang menggunakan media sosial kebanyakan hanyalah konsumen dari pada pelaku usaha. Dan karena demikian, kita dapat mengambil celah yang masih terbuka lebar untuk mengembangkan sayap.

Kita dapat sukses menggunakan media sosial dengan menjadikannya sebagai ladang usaha. Entar itu jenis usaha seperti dagang, jasa, atau pun entertainment. Kunci pertama yang harus dilakukan adalah melakukannya sekarang juga. Karena sudah tidak ada waktu lagi.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa perubahan di era ini terjadi pada setiap hembusan nafas. Karena jika berbicara media sosial, maka kita akan digiring pada popularitas. Semakin cepat kita mulai, maka semakin cepat pula kita mendapatkan popularitas.

Jadi, tunggu apalagi jika kamu ingin mendulang sukses menggunakan media sosial. Semuanya tergantung pada dirimu sendiri. Apa yang kamu bawa, seperti sebuah perusahaan atau brand tertentu atau pula dirimu sendiri tidak akan pernah berhasil jika yang dilakukan hanyalah menanti dan menanti.

Penantian yang tepat adalah yang tidak pernah dilakukan. Dan tidak ada kesempatan yang bagus jika yang kamu lakukan hanyalah mengunggu dan menunggu saja.

Kesuksesan itu dijemput dengan kerja keras dan kerja cerdas. Maka manfaatkanlah media sosialmu untuk membawa perubahan pada hidupmu sekarang ini. Karena semua orang dapat suskses menggunakan media sosial.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang laki-laki biasa yang ingin sukses dalam damai

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close