Adsense On Blog

Syarat Daftar Adsense Buat Blog Agar di Setujui (Update)

Syarat dan ketentuan sebuah blog untuk mendaftar google adsense – Blog harus mempunyai kriteria agar di terima pihak review google adsense, banyak blog yang ditolak karena masalah kelayakan.

Untuk berpartisipasi di AdSense sebagai publisher, sebuah blog harus sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah disepakati oleh pihak google adsense sebagai penyelenggara.

Khususnya para blogger Indonesia, sebaiknya jangan terlalu terburu buru dalam mengajukan permohonan ke google adsense. Perhatikan kelengkapan yang seharusnya mejadi syarat mutlak untuk sebuah blog, persiapkan materi blog yang memang khusus untuk google adsense.

Karena tujuan adsense adalah menayangkan iklan dari sebuah produk kepada khalayak ramai dengan blog sebagai media. (untuk iklan youtube khusus video yang di monetize)

Syarat Daftar Adsense Untuk Blog

Pertanyaan yang sama pernah di alami para blogger, mengapa blog Anda belum juga di terima adsense? untuk itu saya mengupdate artikel tentang tata cara sebuah blog agar diterima google adsense sepenuhnya, tanpa nada harus merasa “galau” karena masalah penolakan dan penolakan lagi setelah mengajukan review blog Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan akun adsense reguler atau akun non hosted yang bisa Anda pasang di semua jenis blog Anda harus menggunakan TLD domain. Anda bisa cek nama domain di DomaiNesia, Harga domain di DomaiNesia mulai dari Rp. 14.000. DomaiNesia adalah tempat beli domain dan hosting paling recomended untuk blogger.

Atau Anda hanya cukup meng-custom domain saja, terutama yang memakai flatform blogger (blogspot).

Silahkan baca penjelasan dibawah ini :

Loading...

Tetapi jika Anda hanya ingin mendapatkan akun google adsense hosted, Anda cukup menggunakan blog gratisan seperti blogspot.

Untuk artikel kali ini saya hanya mengupdate dan memberi penambahan hal-hal yang seharusnya diperhatikan tentang kelayakan sebuah blog dalam berpartisipasi menjadi publisher adsense.

Baca dahulu Kebijakan program AdSense.

1. Membuat blog baru (blogspot) atau Anda bisa menggunakan blog lama Anda

2. Perhatikan umur atau usia blog

Daftarkan blog Anda setelah berumur 3 bulan (untuk blog baru), dalam kasus tertentu bisa lebih dari 3 bulan atau 6 bulan tergantung isi posting dalam blog.

3. Buat materi posting yang banyak di cari /berguna bagi orang banyak

Buat 1 niche blog saja, jangan membuat posting yang beragam atau bermacam macam kategori. Misalnya Anda membuat blog yang membahas tentang pariwisata, tulis artikel yang berhubungan dengan pariwisata semua.

Atau Anda bisa mencari artikel sesuai dengan keahlian Anda yang belum banyak dibahas orang lain.

Blog dengan Niche yang belum banyak di ulas justru banyak berpeluang untuk diterima, asalkan juga memenuhi persyaratan dan kebijakan dari google adsense.

Syarat penunjang lain agar di terima dalam pengajuan google adsense

  1. Menggunakan template bawan dari blogger atau Anda bisa menggunakan template lain yang tidak menggunakan read more. Tujuannya agar posting bisa terbaca semua secara keseluruhan.
  2. Jangan lupa untuk menulis diskripsi blog Anda, diskripsi ini terletak pada dashboard blogger > pengaturan > Setelan > Dasar.  Contoh : Blog yang membahas tentang lingkungan dan pariwisata.
  3. Mengisi Preferensi penelusuran ( Tag meta) untuk blog Anda, yang letaknya di  dashboard blogger > pengaturan > Setelan > Preferensi penelusuran. Isi dengan kata penelusuran, maksimal 140 karakter (huruf).
  4. Pasang navigasi blog denagn baik, seperti widget popular post, artikel terkait, dan menu widget seperlunya saja.
  5. Membuat halaman about me, privacy policy dan disclaimer pada blog Anda.
  6. Daftarkan dan verifikasi blog Anda ke google webmaster.

Baca : Cara Daftar dan verifikasi blog ke google webmaster tools.

Setelah itu daftarkanlah peta situs blog (sitemap) Anda ke google webmaster juga.

Baca : Cara submit sitemap untuk custom domain di google webmaster.

Hal hal yang harus di hindari dalam mendaftar google adsense

  1. Jangan memasang link aktif yang menuju ke halaman blog lain.
  2. Jangan dulu memasang widget seperti histats, alexa rank dan sejenisnya dalam masa pengajuan ke google adsense.
  3. Jangan membiarkan komentar blog spam, jika kebetulan blog Anda sudah ada komentarnya, Jangan biarkan komentar blog menaruh link aktif pada komentar. Kalau perlu moderasi kolom komentar Anda. Hapus komentar yang menambahkan link aktif.
  4. Jangan ada halaman eror tidak di ketemukan (404) pada google webmaster, periksa dahulu sebelum Anda mengajukan pendaftaran google adsense.

Baca :  Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

Artikel dan pembahasan ini sudah saya posting sebelumnya pada Alternatif  Daftar Google Adsense Melalui Blog Agar Tidak Di Tolak . Ini versi terbaru dan paling update dalam blog ini, mengingat masih banyak peminat para blogger yang ingin mendaftarkan blog ke google adsense. Semoga artikel ini bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

305 Comments

  1. Mas gani, kalo udah full approved, bahaya gak kalo blog yang didaftarkan adsense tsb langsung kita copot/tidak dipasangi adsense lagi? Kita ganti blog lain yang lebih banyak visitornya.

  2. Terimakasih ulasannya mas, punya saya lagi nunggu(review) dari GA mas. Ohya proses review apa bisa lebih dari 2 mingguan. Punya saya udah 16 hari proses reviewnya mas.

  3. mas, apa harus punya paypal? kalau engak harus, nanti seandainya keteriman pembayarannya lewat mana? mau buat paypal cuman gak punya crdt card
    thanks

  4. mas gani saya dah buat blog tapi sampai sekarang belum disetujui adsense.. coba mas nilai dimana kesalahan web saya.. tutorialvalid.com

  5. Mudah-mudahan dijawab sama mas gani. Saya masih newbie di dunia blogging mas. Mohon koreksi blog saya ya mas, langkah apa yang harus saya ambil berikutnya agar setidaknya bisa untuk ada kemungkinan diterima google adsense.

  6. Selamat malam mas Gani, salam kenal saya krist dari Solo.
    Mau tanya ni mas, kebetulan saya bikin blog self hosted, tapi ni udah terlanjur alamatnya pake sub domain. Coba daftar GA, ternyata harus pake main domainnya. Pdhl main domain ku kosong.
    Trus dapet info dari GA, kalo konten belum memadai. Apakah itu pengaruh sub domain juga?
    fyi: alamat blog saya tutorial[dot]4sanka[dot]com.
    Terima kasih sebelumnya mas. Sukses selalu.

  7. Mas, sebenarnya udah mulai stress juga ga diterima blog ane, soalnya blog ane itu udah berumur 6,5 bulan plus artikel udah 117 dan rata-rata per artikel itu berisikan kurang lebih 500 kata. Trafik rata-rata perhari udah 500 tapi masih ditolak, katanya konten tidak memadai mas, gimana itu mas ? Mohon pencerahannya

  8. Min, kalau blog tentang tutorial pendidikan ada kemungkinan diapprove g ya? trafik lumayan lah, artiket yang terindek di page 1 juga lumayan. sudah 3 kali daftar tapi review tahap 2 konten tidak memadai. apa mungkin karena pengiklan untuk keyword pendidikan kurang pengiklan ya?

  9. Sebelumnya saya sudah punya adsense youtube yang sudah diverifikasi alamat dan rekening bank, namun sekarang akun youtube saya sudah di suspend, sementara adsensenya masih aktif.
    Nah pertanyaan saya apakah adsense youtube saya tersebut bisa digunakan/dikaitkan dengan blog blogspot saya?
    Makasih sebelumnya mas Gani, sukses selalu.

  10. Mas Gani, bagi sarannya dong tentang konten. Saya newbie blogger. Pekerjaan saya penulis lepas (offline), nulis buku buat institusi atau perorangan, nerjemah buku, nulis kolom di suratkabar, juga nulis buku atas nama sendiri. Sebetulnya saya sudah lama membuat blog, ymusthofa.wordpress.com, sekitar pertengahan tahun 2013. Tapi, waktu itu saya sekadar meniatkannya jadi semacam buku harian dari pengalaman, kegiatan dan renungan, atau…uneg-uneg yang tak tertuang dalam penulisan artikel, atau sekadar menyimpan gagasan yang mungkin suatu saat perlu saya dalami menjadi buku. Nah, belakangan, baru beberapa bulan ini, saya belajar tentang dunia blog, dan benar-benar saya merasa seperti spesies purba di dalamnya. Kalau berkenan dan ada waktu, silakan menengok blog saya yang baru, http://www.mitrakreativa.blogspot.com. Saya tidak tahu apakah konten yang saya buat cocok untuk dunia blog. Saya ingin tahu juga ada ngga sih batasan panjang pendeknya tulisan dalam blog. Satu lagi, seandainya ada sebagian konten di blog lama yang layak untuk dibuat blog tersendiri, bagaimana cara memindahkannya. Soalnya, dari baca-baca tentang dunia blog, kata banyak orang, tak boleh ada yang namanya content duplication.
    Terimakasih sebelumnya atas waktu dan sarannya, Mas Gani.
    Salam

    Yanto

    1. Blognya bagus mas, banyak template gratis yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan.
      Saya lihat post hanya 3 buah, untuk memindahkan ke blog baru tinggal copy saja mas. Untuk menghindari duplikat content bisa hapus URL blog lama di pengaturan webmaster google.

      1. Got it, Matur suwun, Mas Gani. Ntar kalau mau nanya-naya lagi, boleh, ya.

  11. Posting okay, Tapi Admin kurang perhatian kepada Pengunjungnya…
    /6
    ___; (
    ))

  12. mas saya buat blog lewat blogspot tapi custom domain, apa itu masuk kategori hosted karna pke hosting blogspot..?

  13. Mas saya terburu2 buat daftar adsense akhirnya di tolak hehe, bener ga sih kalo udah pernah ditolak kedepannya susah buat d terima?

  14. benar-benar aku sadari ternyata membuat iklan adsense butuh modal besaaar.. terutama tenaga dan pikiran… harus cari info kesana kemari… hufff…

    tp itulah perjuangan om… hahaha meskipun sampai sekarang iklan adsense ku blum muncul hahahah

  15. Sangat menarik untuk dipahami dan juga untuk dilakukan oleh blogger seperti kami. Sayangnya aku sudah terlanjur mengulang banyak bahasan di blog mungil yang baru aku buat. Sudah mempunyai akun adsense, akan tetapi sudah untuk upgrade mungkin dikarenakan terlalu banyak kategori yang sehingga masih dianggap konten tidak memadai. Tetap semangat menjalankan hobi sebagai blogger. Namun, hobi ini tentu juga ingin aku rubah menjadi uang sebagaimana diutarakan oleh om google. Terpaksa melanjutkan menulis apa yang terekam di kepala untuk blog yang sudah terlanjur banyak topik. Harapan tetap bisa menjadi penayang iklan sebagai non hosted.

  16. mas bisa liatin ga yang kurang d web saya apasih??ko rasa nya suliiit banget ingin muncul iklan nya pada semua syarat nya udh di jalanin domain juga udah pake top level domain tapi ko tetep ga muncul iklanya, bisa bantu liatin mas kira kira apa yg masih kurang d blog saya.
    makasih sebelumnya mas

  17. Maaf mas, pengen nanya saya sudah daftar adsense tapi sudah 6 hari belum juga dapet kirimian email dari pihak GA, apa saya harus cancel pedaftaran lalu di daftari lagi mas, silakan mas saran nya tentang blog saya ini, mungkin ada yang pengen di tambahin menurut mas.

  18. Mas Maaf Saya sudah 2kali daftar Google Ads tp ndk diterima-terima
    kira-kira apa kekurangan blog saya ini
    jnk-drama.blogspot.com